KULIAH KUNJUNGAN LAPANGAN PT.TELKOM

KULIAH KUNJUNGAN LAPANGAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG KE PT.TELKOM

Hari Selasa tepatnya tanggal 4 Mei 2016,kami mahasiswa Teknik Informatika Universitas Lampung megunjungi PT.Telkom untuk mendapatkan ilmu mengenai perkembanhan IT di Indonesia. Selain melakukan kunjungan kami juga diberi ulasan sedikit mengenai PT. Telkom ini, disini terdapat pelayanan IndiHome, IndiHome Fiber merupakan layanan Triple Play dari Telkom yang terdiri dari Internet Fiber atau High Speed Internet (Internet Cepat), Interactive TV (UseeTV) dan Phone (Telepon Rumah). Layanan internet super cepat menggunakan FIBER optik dari Telkom Indonesia yang memiliki keunggulan.

INTERNET CEPAT

Fiber optik mampu mentransfer data (bandwidth) hingga ratusan Mbps (jauh lebih cepat dibandingkan kabel coax atau copper).

INTERNET STABIL
Kecepatan fiber optik jauh lebih stabil dibandingkan coax atau copper pada saat dilakukan sharing (akses internet secara bersamaan).

INTERNET CANGGIH
Fiber optik merupakan teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.

Selain pelayanan diatas PT. Telkom juga tersebar luas di Indonesia, yukk kita lihat seberapa luas penyebaran layanan ini.

Itulah yang saya dapatkan dalam kuliah kunjungan kerja di PT.TELKOM,semoga dapat bermanfaat.

 

 

Tugas Algoritma shorting

Muhammad Rizkie Aziz

1415061031

T.Informatika

Algoritma Shorting

Jenis Jenis Algoritma Sorting : 

1. Selection Sort (Ascending):

Pengurutan dilakukan dengan memilih elemen terbesar dan menempatkan pada posisinya, kemudian mencari element terbesar berikutnya dan menempatkan pada tempatnya, dan seterusnya.

Proses pengurutan dengan menggunakan metode selection sort secara terurut naik adalah :

1. Mencari data terkecil dari data pertama sampai data terakhir, kemunian di tukar posisinya dengan data pertama.
2. mencari data terkecil dari data kedua sampai data terakhir, kemudian di tukar dengan posisinya dengan data kedua.
3. mencari data terkecil dari data ketiga sampai data terakhir, kemudian di tukar posisinya dengan data ketiga
4. dan seterusnya sampai semua data turut naik. apabila terdapat n buah data yang akan di urutkan, maka membutukan (n – 1) langkah pengurutan, dimana data terakhir yaitu data ke-n tidak perlu di urutkan karena hanya tinggal satu satunya.

2. Bubble Sort

Konsep Buble Sort
Metode pengurutan gelembung (Bubble Sort) diinspirasikan oleh gelembung sabun yang berada dipermukaan air. Karena berat jenis gelembung sabun lebih ringan daripada berat jenis air, maka gelembung sabun selalu terapung ke atas permukaan. Prinsip di atas dipakai pada pengurutan gelembung.
Bubble sort (metode gelembung) adalah metode/algoritma pengurutan dengan dengan cara melakukan penukaran data dengan tepat disebelahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan. Jika tidak ada perubahan berarti data sudah terurut. Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci akan dengan lambat menggelembung ke posisinya yang tepat

3. Metode Penyisipan Langsung (Insertion sort)
Data dicek satu per satu mulai dari yang kedua sampai dengan yang terakhir.Apabila ditemukan data yang lebih kecil daripada data sebelumnya,maka data tersebut disisipkan pada posisi yang sesuai. Akan lebih mudah apabila membayangkan pengurutan kartu.Pertama-tama anda meletakkan kartu-kartu tersebut di atas meja, kemudian melihatnya dari kiri ke kanan. Apabila kartu di sebelah kanan lebih kecil daripada kartu di sebelahkiri, maka ambil kartu tersebut dan sisipkan di tempat yang sesuai.

4.Metode Penggabungan (Merge Sort) 
Metode penggabungan biasanya digunakan pada pengurutan berkas. Prinsip dari metode penggabungan sebagai berikut : mula-mula diberikan dua kumpulan data yang sudah dalam keadaan urut. Kedua kumpulan data tersebut harus dijadikan satu table sehingga dalam keadaan urut.
5.Quick Sort
Algoritma sortir yang efisien yang ditulis oleh C.A.R. Hoare pada 1962. Dasar strateginya adalah “memecah dan menguasai”. Quicksort dimulai dengan menscan daftar yang disortir untuk nilai median. Nilai ini, yang disebut tumpuan (pivot), kemudian dipindahkan ke satu sisi pada daftar dan butir-butir yang nilainya lebih besar dari tumpuan di pindahkan ke sisi lain.
Spesifikasi Laptop
kom
Perbandingan Dari Masing-Masing Algoritma Sorting (Bubble Sort, Insertion Sort, Merge Sort, Quick Sort, Selection Sort, Shell Sort)
1.Iterasi
iterasi
2.Grafik
hasil  itersai
Dari hasil data Algoritma Sorting tersebut pada Bubble Sort, Insertion Sort, Merge Sort, Quick Sort, Selection Sort, Shell Sort dapat disimpulkan bahwa menggunakan bubleshort paling lama yaitu dengan rata-rata waktu 17,0547 detik,sementara tercepat menggunakan quickshort yang membutuhkan waktu 0,063 detik.

Sejarah Internet

Sebelum Internet ada, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Jadi bila satu bagian dari sambungan network terganggu dari serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu Internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Dan baru setelah itu Pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin ke arah komersial pada awal tahun 1990.

Internet (Inteconnected-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.

Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error- handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protokol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Adapun manfaat-manfaat  yang di dapat dari internet adalah:

  1. Internet bisa sebagai media informasi selain koran, majalah, televisi dan lainnya.

Dengan internet kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang kita inginkan yang mana informasi ini bisa bersifat global atau tidak terbatas waktu dan jarak serta letak geografis.

  1.   Internet menjadi media promosi.

Melalui internet kita juga bisa melakukan promosi secara mendunia, berbeda kalau promosi lewat TV, koran, radio, majalah atau yang lainnya yang terbatas oleh jarak dan waktu. Dengan internet kita bebas untuk berpromosi.

  1.   Internet sebagai media pendidikan.

Dengan internet kita bisa meanfaatkan sebagai media pendidikan, kita dapat mencari ilmu pengetahuan di internet, kita juga bisa belajar jarak jauh melalui internet secara langsung.

  1.   Internet sebagai media dakwah.

Internet juga bisa dipakai sebagai media dakwah, penyebaran informasi-informasi keagamaan dan juga bisa membuat forum diskusi keagamaan di internet.

  1.   Internet sebagai media komunikasi.

Melalui internet kita bisa melakukan komunikasi global dari penjuru dunia dengan cepat dan akurat. Kita bisa berkirim surat, gambar, video atau yang lainnya.

  1.   Internet sebagai media hiburan.

Dengan internet kita juga bisa mencari berbagai hiburan baik musik atau film.