9 Tips Menulis Surat Pengantar untuk Mata HRD

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Tentang surat lamaran

Surat lamaran merupakan salah satu hal penting yang menentukan diterima atau tidaknya Anda oleh perusahaan yang Anda lamar. Dengan melamar seefektif mungkin, Anda harus bisa menampilkan diri dengan benar, transparan dan tidak dibuat-buat. Untuk ini, Anda harus bisa menulis lamaran yang tepat untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan.

Anda harus tahu bahwa dengan persaingan yang ketat saat ini, tidak mudah untuk bekerja di sebuah perusahaan. Namun jangan pernah berkecil hati, tetap semangat dan terus bekerja keras untuk mencapai impian yang Anda dambakan. Dan ingat, jangan lupa untuk belajar bagaimana menulis surat lamaran yang benar untuk menarik perhatian HRD!
9 kunci untuk membuat aplikasi untuk Mata HRD

Secara umum, penulisan aplikasi untuk setiap perusahaan memiliki konten yang tidak jauh berbeda. Aplikasi yang baik harus mengandung beberapa elemen penting, seperti: B. Bahasa yang baik dan benar, sesuai dengan format permintaan, transparan dan deskripsi lengkap tentang keahlian Anda. Untuk membantu Anda mendapatkan resume yang sempurna dan HRD terlihat cepat, berikut adalah 9 kunci penting untuk dipelajari saat menulis surat lamaran.
1. Tambahkan lokasi dan tanggal

Hal yang paling sederhana tetapi paling penting adalah untuk menunjukkan tempat dan tanggal dalam aplikasi. Ini berguna untuk menunjukkan apakah surat yang Anda kirim baru. Pastikan Anda berhati-hati karena ada banyak contoh di mana pelamar salah menyebutkan tanggal, bulan, dan bahkan tahun. Yang jelas karakter pelamar yang tidak hati-hati akan langsung ditendang oleh HRD.
Baca Juga: Cara Mendapatkan Private Key Bitcoin dengan Mudah

Selain tanggal surat lamaran, tanggal dan waktu Anda menerima iklan pekerjaan juga penting dalam lamaran. Dengan begitu HRD mengetahui apakah posisi yang Anda lamar masih terbuka atau tidak.
2. Jelajahi untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin

Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum melamar bukanlah hal yang sulit, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Dengan sedikit Googling, Anda bisa langsung menemukan berbagai contoh surat lamaran umum.

Jangan lupa untuk mencari informasi tentang perusahaan yang Anda lamar, tentu saja informasi detail dan profil perusahaan sudah diposting di internet. Untuk lebih memahami apa yang diinginkan perusahaan, Anda perlu mempelajari fitur utama dari posisi yang Anda lamar. Ini membuat aplikasi Anda terlihat lebih personal dan profesional.
3. Selalu gunakan EYD dan jangan salah ketik

Selalu ingat dan pastikan untuk menggunakan aturan bahasa Indonesia yang baik dan benar saat melamar. Dan jangan pernah menggunakan bahasa informal karena takut akan menimbulkan kesan tidak profesional. Selain itu, hindari salah ketik atau typo untuk menjaga karakter profesional dan menyeluruh Anda tetap terlihat.

Sebagai saran, Anda dapat menggunakan bahasa yang sederhana, to-the-point, lugas, namun sesuai dengan EJT. Jangan pernah berpikir untuk menjadi berbeda saat menulis surat lamaran resmi. Selain diterima, lamaran juga bisa diajukan langsung oleh HRD.
4. Format sesuai permintaan

Selalu mendesain sesuai format permintaan juga mencakup cara membuat surat lamaran yang benar. Biasanya, beberapa perusahaan yang memposting lowongan akan menentukan format surat lamaran yang diinginkan, meskipun tidak semua melakukannya. Jika perusahaan tempat Anda melamar sudah memiliki format sendiri, pastikan Anda mengikuti format tersebut dan tidak melamar secara sukarela

Sumber :