Urgensi Integrasi Nasional sebagai Salah Satu Parameter Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Sejak zaman penjajahan, Indonesia tidak pernah bisa memberikan perlawanan yang berhasil pada penjajah. Hal itu disebabkan karena perjuangan yang dilakukan bersifat kedaerahan. Hanya sejak diikrarkannya Sumpah Pemuda persatuan antar daerah di seluruh Indonesia mulai terbentuk.

Dari sejarah di atas, persatuan Indonesia adalah sangat penting. Namun untuk mewujudkan itu, diperlukan suatu usaha yang kuat dan harus dilakukan oleh setiap individu. Penyebab sulitnya persatuan untuk terwujud adalah :

  1. Beragamnya suku bangsa
  2. Wilayahnya luas dan terpisah secara geografis
  3. Sumber daya alam yang berbeda

Menyadari hal ini, para Founding Father Indonesia telah merumuskan suatu pandangan yang dapat menyatukan seluruh masyarakat Indonesia yang majemuk, yaitu Pancasila. Pancasila mampu menyatukan rakyat Indonesia dikarenakan isinya digali dari kebudayaan masyarakat nya sendiri. Terlebih lagi terdapat di sila ke 3 Pancasila, “Persatuan Indonesia”. Bangsa Indonesia sejak masih di bawah penjajahan, telah menganggap penting adanya persatuan bangsa.

Langkah selanjutnya yang harus diambil adalah menjaga persatuan dengan menjauhi isu yang berbau SARA. Kemajemukan adalah sumber perpecahan yang utama, namun dengan toleransi dan tenggang rasa, maka persatuan akan terwujud dan kemakmuran dapat diraih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>