Esensi dan Urgensi Indentitas Nasional sebagai Salah Satu Determinan Pembangunan Bangsa dan Karakter

Identitas adalah kata yang sering diucapkan kita. Biasanya kita menganggapnya sebagai nama dari seseorang, atau daerah asal orang tersebut. Namun apakan sebenarnya arti dari indentitas itu?

Identitas adalah sesuatu yang melekat pada suatu individu yang menjadi ciri khas dari individu yang memilikinya. Selain dibawa sejak lahir, identitas juga dapat terbentuk dari kebiasaan yang dilakukan oleh seorang individu.

Sebagai bangsa yang berdaulat, kita pasti memiliki identitas diantara bangsa lain. Suatu ciri yang hanya dimiliki oleh bangsa kita, dan tidak dimiliki oleh bangsa lain. Itulah ciri dari bangsa kita. Identitas sebagai kesatuan negara Indonesia, terdapat dalam UUD 1945 Bab XV tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Hal yang termuat di dalam bab itu merupakan identitas yang melekat pada seluruh warga negara Indonesia.

Suatu identitas, pasti terikat dengan jati diri. Jati diri kita sebagai bangsa Indonesia berasal dari Pancasila, yang merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Maka dari itu, kita sebagai bangsa Indonesia memiliki jati diri sebagai berikut :

1. Sifat religius

2. Menghormati bangsa dan manusia lain

3. Persatuan

4. Gotong royong dan musyawarah

5. Keadilan sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>