Jurnal Perkuliahan Pekan 12 ~Design Concept~

DESIGN CONCEPT

Desain dilakukan agar kualitas dapat diukur dan dijamin jauh sebelum dilakukan implementasi fisik, sehingga resiko dan dampak dari resiko yang ditimbulkan akan menjadi seminimal mungkin.

Teknik desain Perangkat Lunak berbeda dengan teknik desain pada umumnya (desain bangunan, desain mikrokontroller, desain karya seni), karena Perangkat Lunak bersifat intangible (tidak nyata, tidak bisa diraba). Namun, telah dikembangkan berbagai macam metode yang dapat digunakan spesifik untuk keperluan desain Perangkat Lunak.

Konsep Desain Perangkat Lunak

Sebuah Perangkat Lunak harus didesain dengan mengejar faktor :

  • Firmness : Terhindar dari bugs dan error yang dapat mengganggu jalannya perangkat lunak.
  • Commodity : Sesuai dengan keperluan dan kebutuhan.
  • Delight : Nyaman digunakan oleh pengguna perangkat lunak.

4 Layer dalam desain Perangkat Lunak

    • Desain Data
    • Desain Arsitektur
    • Desain Antarmuka
    • Desain Komponen

Software Engineering : Design Engineeing- Component Level Design ( Part 2 )

1. Desain Data : Translasi ERD & Data Dictionary ke dalam konteks lingkungan implementasi.

2. Desain Arsitektur : Rancang bangun dari PL, relasi dan posisi antar bagian utama dari PL dengan memanfaatkan “design patterns”.

3. Desain Antarmuka : Merancang metode interaksi antar komponen PL dan terhadap pengguna.

4. Desain Komponen : Desain detail masing-masing prosedur di dalam komponen.

Mengukur Kualitas Desain Perangkat Lunak

  • Desain Perangkat Lunak memiliki arsitektur yang :
    • Dibuat berdasarkan template dan design patterns yang telah teruji.
    • Berisi komponen yang memiliki karakteristik desain yang baik.
    • Dapat diimplementasikan secara bertahap.
  • Desain Perangkat Lunak bersifat modular
  • Desain Perangkat Lunak berisi representasi yang jelas dari data, arsitektur, antarmuka, komponen
  • Desain Perangkat Lunak memiliki struktur data yang pantas untuk setiap kelas
  • Desain Perangkat Lunak memiliki komponen yang functionally independent
  • Desain Perangkat Lunak memiliki antarmuka yang simpel
  • Desain Perangkat Lunak dilakukan dengan metode yang jelas dan telah terbukti
  • Desain Perangkat Lunak menggunakan representasi yang dapat dimengerti bersama

Arsitektur Perangkat Lunak

Arsitektur perangkat lunak mencakup “struktur keseluruhan perangkat lunak dan cara dimana struktur memberikan integrasi konseptual suatu sistem”.

Arsitektur Perangkat Lunak adalah penggambaran secara konseptual terhadap keseluruhan struktur dari Perangkat Lunak. Pada engineering yang tangible, arsitektur dapat dengan mudah dilakukan lewat penggambaran 2 dimensi maupun 3 dimensi. Lain halnya dengan Perangkat Lunak yang tidak memiliki wujud fisik.

Shaw dan Garlan menjelaskan properti yang seharusnya ditetapkan sebagai bagian dari desain arsitektural :

  • Properti struktural.
    Menentukan komponen suatu sistem dan cara dimana komponen-komponen tersebut dikemas dan berinteraksi dengan yang lain.
  • Properti ekstra-fungsional.
    Menekankan bagaimana desain arsitektur memenuhi persyaratan kinerja, kapasitas, reliabilitas, keamanan, adaptibilitas, dan karakteristik sistem yang lain.
  • Keluarga dari sistem yang berhubungan.
    Desain harus memiliki kemampuan untuk memakai lagi blok bangunan arsitektural tersebut.

Model yang dapat digunakan dalam representasi Arsitektur Perangkat Lunak :

  • Model Struktural : Komponen-komponen apa saja yang ada pada Perangkat Lunak.
  • Framework Models : Kerangka & pola apa yang digunakan.
  • Dynamic Models : Bagaimana Perangkat Lunak bereaksi pada setiap use case.
  • Model Proses : Proses teknis dari berjalannya Perangkat Lunak.
  • Model Fungsional : Hirarki secara fungsional dari komponen Perangkat Lunak.

Design Patterns

Design Patterns adalah pola-pola desain khusus yang dapat diguna-ulang untuk keperluan tertentu. Analoginya, jika ingin membangun jembatan layang, gunakan pattern cakar ayam untuk pondasinya. Tujuan utama design patterns adalah implementasi cara yang sudah teruji, dan memudahkan komunikasi.

Aspects

Sebuah aspect adalah fitur yang beririsan dengan fitur-fitur lainnya pada saat desain Perangkat Lunak. Misal :

    • Fitur A : Mahasiswa dapat membuka halaman kuliah virtual yang dia ikuti.
    • Fitur B : Dosen dapat membuka halaman kuliah virtual yang dia ampu.
    • Fitur C : Pengguna yang membuka halaman kuliah harus tervalidasi terdaftar pada Mata Kuliah tersebut.

C beririsan dengan A dan B (karena Mahasiswa dan Dosen harus terlebih dahulu tervalidasi sebelum dapat membuka halaman kuliah virtual), C adalah aspect dari desain PL tersebut.

Aspects harus diakomodir pada desain PL, sehingga dapat diimplementasikan pada fitur-fitur lain yang beririsan. Misalnya dengan membuat modul Session yang bertugas khusus melakukan autentikasi dan validasi untuk seluruh sistem.

Refactoring

Desain dilakukan secara iterative, berulang-ulang. Pada setiap iterasi, dilakukan refactoring yaitu optimasi dengan menghilangkan / memperbaiki :

    • Redundansi
    • Elemen desain tak terpakai
    • Algoritma yang tidak efisien / tidak perlu
    • Struktur Data yang badly designed
    • Faktor lain yang dapat diperbaiki.

Prinsip terpenting dalam refactoring : perubahan yang dilakukan tidak boleh mempengaruhi berjalannya system secara keseluruhan.

 

Sumber Referensi :

Roger Pressman, Edisi 7 Buku 1 Pendekatan Praktisi Edisi 7, Penerbit Andi Yogyakarta (Versi Indonesia)

Ian Sommerville, Edisi 6, Rekayasa Perangkat Lunak, Penerbit Erlangga (Versi Indonesia)

http://eprints.undip.ac.id/52811/1/Book_Chapter_-_Software_Design.pdf

Jurnal Perkuliahan Pertemuan 10 ~System Design dan Class Diagram~

SYSTEM DESIGN

Untuk memahami system design kita perlu mengetahui apa itu Software Development Life Cycles (SDLC). SDLC atau siklus hidup pengembangan sistem merupakan tahapan, metode, atau proses pekerjaan yang dilakukan oleh analis sistem dan programmer dalam membangun sistem informasi agar dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. SDLC berfungsi sebagai sebuah mekanisme untuk mengidentifikasikan perangkat lunak. Secara umum, ada 4 tahapan dalam SDLC yaitu planning, analysis, design, dan implementation. System design merupakan tahap atau fase ketiga dalam metode SDLC tersebut.

Screenshot (734)

System design berkonsentrasi pada bagaimana sebuah sistem akan bekerja agar memenuhi kebutuhan pada fase analysis. System design akan menghasilkan prototype juga dokumen yang berisi desain, pola, dan komponen yang diperlukan untuk mewujudkan proyek tersebut. Setelah spesifikasi, kemudian dilakukan perancangan sistem sebagai tahapan kelanjutannya. Tahap ini akan memberikan gambaran rancang bangun (blue print) yang lengkap, sebagai guideline bagi programmer dalam membuat aplikasi.

CLASS DIAGRAM

Untuk memahami class diagram, sebelumnya kita harus mengetahui apa itu Unified Modelling Language (UML). Untuk membuat sebuah aplikasi kita membutuhkan suatu pemodelan yaitu bentuk implementasi sistem bagaimana suatu rancang bangun ditampilkan sebagai sebuah gambar yang berbentuk diagram. Pemodelan untuk memahami, menganalisa, dan mempermudah pembuatan suatu aplikasi atau program tersebut disebut UML. UML merupakan sebuah pemodelan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis object oriented.

Salah satu jenis dari diagram Unified Modelling Language yang sering digunakan adalah class diagram. Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan object oriented design. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi). Class diagram atau diagram kelas merupakan suatu diagram yang digunakan untuk menampilkan kelas-kelas (classes) berupa paket-paket sehingga dapat memenuhi salah satu kebutuhan paket yang akan digunakan nantinya. Class diagram memberikan pandangan secara luas dari suatu sistem dengan menunjukan kelas-kelasnya dan hubungan mereka. Class diagram memiliki sifat statis yang menggambarkan hubungan apa yang terjadi bukan apa yang terjadi jika mereka berhubungan.

Model Class Diagram

Model class diagram memiliki tiga komponen penyusun, yaitu komponen atas yang berisikan name class, komponen tengah yang berisikan atribut dari class, dan komponen bawah yang berisikan metode atau operasi dari class.

Screenshot (735)

Name class atau nama kelas merupakan nama dari masing-masing kelas tersebut. Setiap kelas harus memiliki sebuah nama untuk membedakannya dari kelas lain. Name class dapat menggunakan kata benda tunggal. Name class dapat ditulis dengan dua cara yaitu dengan hanya menuliskan nama dari kelas (simple name) dan nama kelas diberi prefix nama package letak class tersebut (path name). Untuk menulis nama kelas, huruf pertama dari setiap kata pada name class ditulis dengan menggunakan kapital.

Atribut adalah variabel data, yang dapat memberikan informasi keadaan dimana tiap objek dari suatu kelas mempunyai nilai tersendiri. Sebuah class mungkin memiliki beberapa atribut atau tidak sama sekali. Untuk menemukan atribut, kita dapat menggunakan dua cara yaitu dari dokumentasi use case dan dari memeriksa struktur basis data. Sedangkan untuk penulisan atribut kelas, biasanya huruf pertama dari setiap kata ditulis dengan menggunakan kapital, kecuali untuk huruf awal.

Metode/operasi atau sering disebut layanan (service) adalah prosedur atau fungsi yang menjadi perilaku kelas-&-objek dan menjadi tanggung jawab objek tersebut. Sama seperti atribut, sebuah class mungkin memiliki beberapa operasi atau tidak sama sekali.

Atribut dan metode dapat memiliki salah satu sifat berikut :

  1. Private (-), tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan.
  2. Protected (#), hanya dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya.
  3. Public (+),  dapat dipanggil oleh siapa saja.

Jenis-Jenis Class Diagram

Screenshot (736)

Boundary Class, merupakan class yang terdapat batasan sistem dan dunia nyata serta mengakomodasi interaksi antara aktor dengan sistem. Singkatnya, boundary class merupakan class yang berinteraksi dengan aktor langsung (user interface). Hal ini  mencakup semua form, report, dan hardware interface. Kita dapat mengidentifikasikan  Boundary class dari Use Case Diagram. Minimal terdapat satu buah boundary class dalam relasi actor dengan use case.

Entity Class, merupakan class yang berhubungan dengan data seperti penyimpanan data/file. Entity class menyimpan informasi yang mungkin akan disimpan ke sebuah storageEntity class dapat ditemukan di flow of event (scenario dari use-case diagram), interaction diagram, dan struktur database.

Control Class, merupakan class yang berhubungan dengan pemrosesan, penghitungan, kalkulasi, komputasi, query, dan lain-lain. Control class bertanggung jawab dalam mengatur kelas-kelas yang lain dan dalam mengetahui dan menyampaikan business rule dari sebuah organisasi. Class ini menjalankan alternate flow dan mampu mengatasi error. Maka dari itu, control class sering disebut sebagai manager class.

Hubungan Antar Class Diagram

Diagram Class memiliki tiga macam jenis hubungan antara lain:

Association, merupakan hubungan statis antar class atau suatu hubungan antara bagian dari dua kelas. Terjadi association antara dua kelas jika salah satu bagian dari kelas mengetahui yang lainnya dalam melakukan suatu kegiatan. Ditandai dengan anak panah dan seringkali ditambahkan label dan multiplicity untuk memperjelas hubungan.

Aggregation, merupakan suatu association dimana salah satu kelasnya merupakan bagian dari suatu kumpulan atau induknya terhubung dengan bagian-bagiannya. Aggregation merepresentasikan relasi “has-a”, artinya sebuah class memiliki/terdiri dari bagian-bagian yang lebih kecil.

Generalization, merupakan suatu hubungan turunan dengan mengasumsikan satu kelas merupakan suatu superClass dari kelas yang lain. Generalization dinotasikan dengan anak panah mengacu ke superClass, dalam notasi namanya dituliskan huruf miring.

Simbol-Simbol Class Diagram

simbol-classs-diagram

Referensi

Dicoding Intern. (2021). Apa itu UML? Beserta Pengertian dan Contohnya. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-uml/

Dr. Eng. Mardiana, S.T., M. T. (2016). Requirements Modeling: Scenarios, Information, and Analysis Classes.

Dwanoko, Yoyok S. (2016). “Implementasi Software Development Life Cycle (Sdlc) Dalam Penerapan Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak.” Jurnal Teknologi Informasi: Teori, Konsep, dan Implementasi, vol. 7, no. 2.

Memahami System Development Life Cycle. (2020). https://accounting.binus.ac.id/2020/05/19/memahami-system-development-life-cycle/#:~:text=Apa yang dimaksud dengan SDLC%3F Pengertian SDLC –,informasi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah secara efektif.

Paramitha Fadillah, A. (2015). Pertemuan 5.

Setiawan, R. (2021). Memahami Class Diagram Lebih Baik. https://www.dicoding.com/blog/memahami-class-diagram-lebih-baik/

Judul Project : iReminder

List Nama Kelompok

Inas Safitri  (2115061121)

Marselinus Heris Adyatma  (2155061014)

Nabila Firzariani  (2115061065)

Sandi Aditya Saputra  (2155061002)

Kuis MK Pengetahuan Lingkungan

Nama: Inas Safitri

NPM: 2115061121

Kelas: PSTI-D

Dosen: Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I

 

Masalah disini boleh terkait hal berikut (pilih salah satu saja) :

  • Polusi Udara
  • Polusi Air
  • Polusi Tanah
  • Tata kelola sampah
  • Penyakit
  • Kependudukan
  • Pangan
  • Kemiskinan

Setelah mendapatkan permasalahan terkini berdasarkan sumber yang terpercaya, kemudian silahkan analisa hal berikut :

  1. Apa akar masalah yang terjadi?
  2. Siapa yang terdampak
  3. Analisa solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah
  4. Siapa saja yang harus menerapkan solusi berdasarkan analisa no.3?

 

Jawaban:

Polusi Udara di Kota Bandar Lampung

 

Duh, Ini Bahayanya Tinggal di Kota yang Tinggi Polusi

Hidup di bumi tidak lagi bisa bebas dari polusi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan polusi sebagai pengotoran atau pencemaran. Bentuk polusi cukup beragam saat ini mulai dari polusi udara, polusi air, polusi tanah, hingga polusi suara. Semua polusi membawa dampak yang kurang baik, terutama untuk kesehatan. Polusi udara, misalnya, selain dapat memicu masalah kesehatan paru-paru juga dapat meningkatkan risiko glaukoma yang dapat berakibat kebutaan. Polusi udara adalah pelepasan gas, padatan halus, dan aerosol cair ke udara dengan kecepatan yang melebihi kecepatan alami lingkungan untuk menghilangkannya.

 

Apa akar masalah yang terjadi?

Polusi udara saat ini telah terjadi di berbagai kota besar di Indonesia termasuk salah satunya kota Bandar Lampung. Keadaan udara yang tercemar di kota kota besar sangat memprihatinkan dan membahayakan bagi kehidupan masyarakatnya. Sumber polusi udara dapat berasal dari kegiatan manusia maupun berasal dari alam. Dari kegiatan manusia sendiri diantaranya adalah industri, transportasi, perkantoran, dan perumahan. Sementara itu, dari alam terdiri dari gunung meletus, kebakaranhutan dan sebagainya. Penyumbang terbesar pencemaran udara di kota kota di Indonesia adalah emisi kendaran bermotor.

Penyebab Pencemaran Udara di Bandar Lampung
Bandar Lampung merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia dan juga kota terbesar yang ada di Provinsi Lampung. Bandar Lampung merupakan kota dengan penduduk terpadat ketiga di Pulau Sumatra. Sedangkan, di posisi kedua terdapat Medan dan di posisi pertama diraih Lampung. Dengan penduduk yang padat tentu saja banyak sumber pencemar yang dihasilkan oleh masyarakat, seperti kegiatan rumah tangga, industri, dan transportasi. Kegiatan industri yang terus berkembang mengakibatkan banyak limbah dan cemaran udara. Contohnya Industri manufaktur yang melepaskan sejumlah besar karbon monoksida(CO), hidrokarbon, senyawa organic serta bahan kimia ke udara. Namun, penyumbang polutan udara terbesar dihasilkan oleh gas buangan kendaraan bermotor. Kontribusi gas buang kendaraan bermotor di kota Bandar Lampung sebagai sumber polusi udara mencapai 60-70%. Sedangkan kontribusi gas buang dari cerobong asap industri berkisar antara 10-15%, lalu sisanya berasal dari sumber pembakaran lain, misalnya yang berasal dari rumah tangga, pembakaran sampah, dan kebakaran hutan (Jusuf dan Aniwidianingsih, 2001).

 

Siapa yang terdampak?

Polusi udara tidak hanya sebatas merusak lingkungan, tapi juga berdampak pada kesehatan lingkungan bahkan mengancam kematian. Polusi udara ini tentu saja berdampak kepada seluruh elemen masyarakat, baik yang berada di kota maupun di desa, baik dari kalangan muda sampai dewasa, baik dari kalangan biasa sampai pejabat pemerintahan sekalipun dapat terpapar polusi udara yang tidak sehat. Namun ada perbedaan tingkat terpapar nya yang mana kemungkinan besar yang lebih parah terpaparnya ialah masyarakat yang tinggal dikota dari pada masyarakat yang tinggal di desa.

 

Analisa solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah

1. Beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum

Asap dari kendaraan pribadi merupakan salah satu penyumbang utama kemacetan dan polusi udara di kota. Dengan beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum, pencemaran udara akibat asap kendaraan pun bisa dikurangi.

2. Bersepeda dan berjalan kaki

Bersepeda atau berjalan kaki merupakan cara mudah yang bisa dilakukan saat ingin bepergian dalam jarak dekat. Selain tidak menghasilkan polusi, bersepeda dan berjalan kaki juga baik untuk kesehatan tubuh.

3. Tidak membakar sampah

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa membakar sampah dapat mengurangi masalah timbunan sampah. Padahal, kebiasaan buruk ini merupakan salah satu penyebab pencemaran udara. Asap hasil pembakaran sampah berbahaya bagi kesehatan tubuh karena mengandung zat-zat beracun. Paparan asap pembakaran sampah atau kabut asap dalam jangka panjang diketahui dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti infeksi saluran penapasan, gangguan jantung dan paru-paru, PPOK, serta kanker.

4. Menghentikan kebiasaan merokok

Asap rokok merupakan salah satu sumber polusi udara yang tidak boleh dianggap sepele. Hampir sama dengan asap pembakaran sampah, asap rokok juga mengandung beragam jenis bahan kimia berbahaya yang dapat menimbulkan polusi udara.

5. Membatasi pemakaian listrik

Tenaga listrik di Indonesia kebanyakan masih diperoleh dari mesin pembangkit listrik yang menggunakan minyak atau batu bara, sehingga menciptakan banyak asap dan polusi. Oleh karena itu, untuk mengurangi polusi udara di kota, kita bisa membatasi pemakaian listrik guna mengurangi emisi pembangkit listrik penyebab pencemaran udara tersebut.

6. Memelihara lebih banyak tanaman

Jika memungkinkan, kita juga bisa mengurangi polusi dengan cara memperbanyak tanaman di dalam rumah atau berkebun di sekitar rumah maupun melakukan urban farming. Tanaman akan melepaskan oksigen dan menarik karbon dioksida dari udara, sehingga udara di dalam rumah dan lingkungan sekitarnya menjadi lebih segar.

 

Siapa saja yang harus menerapkan solusi tersebut?

Tentu saja pemerintah dan semua kalangan masyarakat baik dari yang muda sampai yang dewasa. Namun lebih terkhusus pada pemerintah harus menyediakan sarana transportasi yang memadai, transportasi di sini berperan penting agar setiap orang tidak menggunakan kendaraan pribadi sebagai salah satu penyebab polusi udara. Kemudiaan untuk masyarakat itu sendiri kesadaran agar dapat menghemat energi, tidak membakar sampah sembarangan, menanam tanaman dan menghindari penggunaan bahan kimia yang berlebihan.

 

 

REFERENSI

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/28/200454769/penyebab-polusi-udara-di-kota-besar

https://tirto.id/polusi-udara-penyebab-dampak-dan-bagaimana-penanganannya-gbtL

https://id.scribd.com/document/449262501/MAKALAH-PENCEMARAN-UDARA-DI-KOTA-BANDARLAMPUNG-1-docx

https://www.suara.com/health/2018/09/21/210000/duh-ini-bahayanya-tinggal-di-kota-yang-tinggi-polusi

https://www.alodokter.com/menepis-polusi-udara-di-kota

Kuis MK Pengantar Teknologi Informasi

Nama: Inas Safitri

NPM: 2115061121

Kelas: PSTI-D

 

1. Menurut anda bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) pada saat ini di Indonesia? menurut pandangan anda dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi apa yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara umum dan bagaimana kita menyikapinya?

Jawaban:

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu teknologi informasi dan komunikasi sering tidak terpisahkan satu sama lain.

Pandemi Covid-19 membuat teknologi memiliki banyak kemajuan. Pandemi membuat banyak hal berubah, salah satunya dalam hal teknologi e-commerce semakin populer. Kalangan UMKM dipaksa untuk lebih melek teknologi yang berkecimpung dunia digital agar bisnis tetap bisa berjalan walau di masa pandemi. Pemerintah memaksa masyarakat untuk melek teknologi agar semakin terbiasa terutama di masa pandemi ini.

Pandemi juga memaksa percepatan di sektor pendidikan. Pembelajaran sekolah jarak jauh ini memaksa anak-anak dengan dibantu dengan orang tua untuk akrab dengan internet. Oleh sebab itu, akses internet dan teknologi di Indonesia belum merata di semua wilayah. Beberapa anak di berbagai daerah di Indonesia tidak dapat mengakses internet dengan mudah. Mereka harus bersusah payah mencari tempat yang dapat menjangkau internet agar depat melaksanakan sekolah daring. Permasalahan ini muncul dan membuat pemaksaan terhadap pemerintah untuk melakukan pemerataan akses internet ke seluruh wilayah. Apabila anak-anak yang sama sekali tidak bisa melakukan akses internet maka dengan terpaksa mengumpulkan tugas sekolah secara offline. Penyebaran virus Corona yang belum berhenti ini menjadikan acuan agar akses internet dan teknologi dapat lebih merata ke seluruh penjuru Indonesia.

Teknologi yang juga mulai berkembang pesat di masa pendemi ini adalah teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan robot yang telah berjalan selama lebih dari enam bulan ini. Dengan adanya peraturan pemerintah dalam menjaga jarak atau PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19 maka banyak startup dan periset mencoba bermacam cara untuk berinovasi membuat robot agar bisa mengurangi kontak dengan sesama manusia. Teknologi yang memiliki kegunaan ‘tanpa sentuh’ kini sudah mulai banyak digunakan khususnya di tempat umum. Penggunaan robot di masa pandemi ini semakin masif untuk berbagai keperluan membantu manusia. Salah satu contohnya adalah robot digunakan untuk menyemprotkan desinfektan di ruangan. Robot digunakan untuk untuk membantu memeriksa kondisi pasien. Teknologi Artificial Intelligence pun kian banyak digunakan di masa pandemi. Kecerdasan buatan dipakai untuk membantu banyak hal seperti mendiagnosa penyakit dan membantu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pandemi.

Asosiasi Internet of Things Indonesia memperkirakan teknologi 5G akan segera hadir seusai pendemi berlalu. Meski belum jelas pandemi kapan berakhir dan persiapan infrastruktur 5G di Indonesia, teknologi ini menjanjikan banyak sekali yang bisa dimanfaatkan. Memiliki kecepatan hingga 100 kali lipat dengan 4G, teknologi 5G dapat memungkin bekerja secara jarak jauh lebih efisien dan kompeten baik bagi masyarakat maupun instansi pemerintah dan swasta.

Di samping itu, pemanfaatan TIK dalam pelayanan instansi pemerintah selaras dengan Inpres No 3 tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintahan secara Elektronis di Indonesia. Penggunaan TIK oleh pemerintah atau E-Government membantu memperbaiki kualitas pelayanan, meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah. Secara tidak langsung, pandemi yang terjadi sekarang memaksa pemerintah dalam melakukan pembenahan dan penerapan E-Government.

Adanya pemanfaatan TIK oleh instansi pemerintah dalam melakukan layanan di masa pandemi merupakan salah satu strategi dalam mengefektifkan pelayanan publik dan mendukung E-Government. Masyarakat yang terbiasa menggunakan TIK juga akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan selama di rumah. TIK juga mendukung pemerintah dalam mengatasi permasalahan selama pandemi Covid-19.

Perkembangan teknologi sangat cepat, tentunya 10 tahun mendatang akan lebih banyak lagi teknologi-teknologi modern yang sebelumnya bahkan kita tak akan menyangka akan seperti itu, menurut saya 10 tahun ke depan akan ada beberapa kemungkinan perkembangan teknologi sebagai berikut:

  • Semakin banyak robot membantu pekerjaan manusia

Berbagai rumah sakit hingga perusahaan saat ini telah mengintegrasikan pekerjaan manusia untuk dilakukan oleh robot . contohnya, robot bernama Tommy dipekerjakan di rumah sakit Circolo di Varese, Italia untuk membatasi kontak langsung antara dokter dan perawat dengan pasien, sehingga mengurangi risiko infeksi. Ada pula robot yang membantu kedokteran bedah, yang bertujuan untuk memungkinkan konduksi prosedur bedah dari jarak jauh tanpa menyentuh pasien. Tak hanya itu, Korea Selatan juga punya robot yang telah digunakan untuk mengukur suhu dan mendistribusikan hand sanitizer. McDonald bahkan telah menguji coba robot untuk memasak di dapurnya.

  • Mengendalikan komputer dengan pikiran

Beragam penelitian soal teknologi nano sudah dijalankan di berbagai negara. Bahkan, implan microchip di tubuh manusia dan hewan juga sudah mulai dilakukan untuk meneliti potensi sinkronisasi antara manusia dan komputer. Salah satu perusahaan yang sedang meneliti integrasi antara komputer dan manusia adalah Neuralink yang didirikan oleh Elon Musk, miliuner Amerika Serikat pemilik Tesla dan SpaceX. Buat yang belum tahu, Elon Musk memamerkan demonstrasi hasil implan chip di seekor babi pada bulan Agustus lalu. Dari hasil demonstrasi ini, chip yang ditanam ternyata mampu terhubung ke sistem saraf dari babi tersebut dan menangkap sinyal yang dihasilkan oleh neuron. Dengan pengembangan lebih lanjut, sinyal otak tersebut bisa diterjemahkan ke dalam serangkaian perintah. Dengan demikian, kita bisa mengendalikan perangkat komputer hanya dengan pikiran.

  • Mobil listrik akan berseliweran di jalanan

Kemajuan teknologi yang semakin canggih, mobil listrik diprediksi akan menjadi pilihan transportasi utama dalam 10 tahun mendatang. Meskipun saat ini produsen mobil listrik masih bisa dihitung dengan jari, namun tuntutan untuk menciptakan akses transportasi yang ramah lingkungan dan minim emisi menjadi semakin mendesak dan mobil listrik adalah solusinya. Namun, harga mobil listrik saat ini masih selangit karena pabrikan mobil listrik masih terbatas. Jika industri mobil listrik sudah diisi oleh banyak pemain, maka harga mobill listrik bisa semakin turun, sehingga bisa dijangkau oleh kita semua. Sehingga, jangan heran kalau di masa depan jalanan Indonesia nantinya bisa bebas polusi karena diisi oleh lebih banyak mobil listrik.

 

2. Analisa kasus berikut ini. Anda adalah seorang yang paham tentang dunia TIK, kemudian seorang kawan meminta bantuan berdasarkan kemampuan anda di bidang TIK. Kawan anda adalah seorang vlogger terkenal, dia meminta bantuan anda untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO)yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vlogger teman anda, dengan bantuan anda rumah ini akan menjadi sebuah SOHO yang nyaman digunakan untuk kerja. Saat ini tempat ini adalah rumah besar dua lantai yang kosong dengan 1 ruang besar dan 5 kamar tidur yang akan dijadikan ruang kerja. Tempat kerja dengan teknologi multimedia yang terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi agar memudahkan pekerjaan tim vlogger. Di tempat itu menjadi kantor soho tim dan akan dikerjakan produksi video, research market, podcast studio, broadcast stream live. Menurut analisa anda apa saja yang harus anda kerjakan dan apa saja yang anda butuhkan untuk membangun sebuah multimedia soho untuk mendukung kerja tim vlogger kawan anda?

Jawaban:

large-6c695394ac828842dbeb038c6f9efff0

SOHO (Small Office Home Office) adalah istilah yang mengacu pada bisnis atau usaha kecil yang dilakukan dirumah. Mobilitas kita yang semakin tinggi dan semakin terbatasnya jarak dan waktu membuat rumah bisa sebagai pilihan untuk melakukan usaha dengan nilai strategis yang tinggi. Suasana kantor dirumah menjadi nyaman karena rumah kita sendiri dan dekat dengan kehangatan keluarga. Pada dasarnya jaringan SOHO menggunakan konsep jaringan sederhana yang biasanya menggunakan switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah seperti DSL (Digital subscriber line) atau internet kabel.

Jaringan SOHO juga memungkinkan berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar dan musik dapat di akses antara beberapa komputer lokal. Konsep sederhana jaringan SOHO sama seperti type jaringan LAN (Local Area Network) yang tidak terhubung dengan jaringan luar (internet). Topologi yang digunakan yaitu dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wifi. Sehingga dengan menerapkan konsep seperti ini maka proses pengiriman data dari client ke server akan berlangsung cepat.

Berikut adalah beberapa perangkat yang di butuhkan untuk membangun sebuah jaringan SOHO (Small Office Home Office):

  1. PC SERVER

Yaitu perangkat yang berbentuk CPU yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data atau file aplikasi dan server inilah yang di akses oleh semua client yang terhubung kedalam satu jaringan. Sehingga server harus cukup spesifikasi untuk bisa menangani akses dari client.

  1. PC Client

Adalah perangkat yang digunakan oleh client untuk mengakses data ke server. Sama fungsinya seperti PC client, ada juga client menggunakan laptop atau smartphone menggunakan media wifi untuk koneksinya.

  1. SWITCH

Switch dipergunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat menjadi dalam satu jaringan dengan menggunakan media kabel.

  1. Wifi

Wi-Fi adalah perangkat yang digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dengan menggunakan media wireless. Kemudahan dengan menggunakan media wireless yaitu perangkat yang terkoneksi dengan wireless lebih mudah untuk bisa pindah tempat.

  1. Router Mikrotik

Router adalah bertugas sebagai jembatan antara komputer jaringan lokal dengan komputer yang berada di jaringan lain. Dapat diartikan juga bahwa router adalah media penghubung dalam jaringan berskala besar dengan berbagai macam segmen ip yang berbeda-beda. Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencangkup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider Hotspot.

REFERENSI

https://sevima.com/tren-teknologi-di-tahun-2021/

https://catatanshand.blogspot.com/2018/03/Pengertian-jaringan-soho.html

https://mahaprian.blogspot.com/2019/04/jaringan-sohoprian-mahaditya.html?m=1

https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/karsa-adiguna-2/teknologi-10-tahun-mendatang-csc

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-yogyakarta/baca-artikel/14031/Teknologi-Informasi-dan-Komunikasi-Sebagai-Sarana-Peningkatan-Layanan-di-Masa-Pandemi.html

Jurnal Perkuliahan Topik 10 ~Communicating Digital Content~

COMMUNICATING DIGITAL CONTENT

 

Apa itu communicating digital content?

Communicating digital content atau konsep komunikasi digital adalah konsep komunikasi berbasis komputer untuk mengirim dan menerima pesan atau bertukar kabar lewat platform digital. Konsep komunikasi digital selalu berkembang tergantung pada penemuan-penemuan alat berbasis teknologi internet. Komunikasi digital disebut juga komunikasi di dunia maya. Dalam dunia maya terdapat hidup yang transparan, tempat privasi mencair. Dunia digital, tanpa kabel ini telah membuat kita terhubung dengan orang lain secara global dan saling berbagi pengalaman.

 

Jenis–Jenis Jaringan Komputer

  1. PAN (Personal Area Network) Jenis jaringan ini mencakup wilayah yang lebih kecil, misalnya saja pada kantor, dan rumah. Biasanya, banyak digunakan hanya untuk keperluan internet, serta printer. Dan tidak memerlukan resources yang besar untuk menggunakan jaringan PAN.
  2. LAN (Local Area Network) Jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil. Contoh penerapan jaringan LAN yaitu sistem jaringan pada sekolah, kantor, maupun rumah. Banyak orang yang cenderung menggunakan konektivitas tertentu, terutama pada token ring dan ethernet. Selain itu, LAN juga menyediakan teknologi jaringan wireless dengan menggunakan WIfi dan lebih dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area Network).
  3. CAN (Campus Area Network) Jaringan CAN dapat dibilang memiliki kesamaan dengan MAN, namun lebih terbatas dalam ruang lingkup kampus atau akademisi. Untuk jaringan ini, lebih banyak digunakan untuk keperluan praktek lab, email, pembaruan kelas, dan lain sebagainya.
  4. MAN (Metropolitan Area Network) MAN adalah jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat yang lain dalam ruang lingkup kota pada jaringan yang sama. Jenis jaringan ini lebih besar dari dari jaringan LAN.
  5. WAN (Wide Area Network) WAN merupakan kumpulan dari LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN cenderung untuk menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.
  6. Internet, adalah jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Ruang lingkup dari internet mencakup hampir seluruh penjuru dunia. Siapapun dapat mengakses berbagai sumber informasi dalam berbagai perangkat komputer, seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV, dan lain sebagainya.
  7. VPN (Virtual Private Network) VPN merupakan salah satu solusi untuk menyediakan koneksi internet yang lebih aman. VPN dapat membuat jalur aman untuk kebutuhan transmisi data. Saat ini, banyak sekali platform yang menjual VPN secara gratis, maupun menyediakan akses premium.

 

Standar dan Protokol Komunikasi Jaringan

  • Ethernet

Internet adalah standar jaringan yang tidak menentukan pusat komputer atau perangkat di jaringan (node) harus mengontrol ketika data dapat ditransmisikan.

  • Cincin Token (Token Ring)

Token ring standar menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan berbagi atau melewati sinyal khusus.

  • TCP/IP

TCP / IP protokol adalah jaringan yang mendefinisikan bagaimana pesan (data) dirutekan dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

  • Wifi

Wi-Fi mengidentifikasi jaringan apa pun berdasarkan standar 802.11 yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara satu sama lain.

  • Bluetooth

Bluetooth adalah protokol jaringan yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk mengirimkan data.

  • UWB

UWB (ultra-wideband) adalah standar jaringan yang menentukan bagaimana dua Perangkat UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi dengan kecepatan tinggi satu sama lain.

  • IrDA

IrDA mentransmisikan data secara nirkabel melalui gelombang cahaya inframerah (IR).

  • RFID

RFID adalah protokol yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan di atau dilampirkan ke objek, hewan, atau seseorang.

  • NFC

NFC (komunikasi jarak dekat) adalah protokol, berdasarkan RFID, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio jarak dekat untuk berkomunikasi antara dua perangkat atau objek yang dilengkapi dengan teknologi NFC.

  • LTE

LTE adalah standar jaringan yang menentukan seberapa tinggi kecepatan transmisi seluler menggunakan radio siaran untuk mengirimkan data untuk komunikasi seluler.

 

Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer

Sekarang, telah banyak dikembangkannya berbagai macam perangkat jaringan komputer untuk membantu dan mengoptimalkan kinerja sistem jaringan. Berikut ini merupakan beberapa macam perangkat yang sering anda jumpai dan anda gunakan.

1. Server

Server berfungsi sebagai tempat atau media untuk menyimpan informasi, serta mengelola jaringan komputer. Server memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari client. Karena tujuan dari dibuatnya server memang untuk melayani komputer client.

2. NIC (Network Interface Card)

NIC dapat disebut juga dengan LAN Card Expansion Board yang digunakan supaya komputer dapat terhubung dengan jaringan. Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yaitu ethernet (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik).

3. Kabel jaringan

Kabel merupakan media untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang lain. Terdapat beberapa jenis kabel untuk pembuatan saluran jaringan. Diantaranya adalah kabel coaxial, fiber optic, dan twisted pair.

4. Hub dan Switch

Switch merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer. Secara fisik, bentuk dari switch sama dengan hub, namun jika dilihat dari sisi logika switch sama dengan bridge.

Switch memiliki dua tipe, yaitu unmanaged switch yang merupakan tipe termurah. Dan managed switch yang merupakan tipe termahal.

5. Router

Router adalah perangkat jarkom yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN ke dalam suatu jaringan WAN, serta mengelola lalu lintas dari data di dalamnya. Router dapat menentukan jalur terbaik, karena memiliki tabel routing untuk melakukan pencatatan terhadap semua alamat dalam jaringan.

6. Bridge

Bridge adalah sebuah piranti yang digunakan untuk meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasarkan informasi pada sebuah data link. Bridge juga memiliki fungsi untuk membagi jaringan yang besar menjadi beberapa jaringan kecil.

7. Modem

Modem merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat komputer, dengan penyedia layanan internet atau disebut juga dengan Internet Service Provider (ISP).

8. Repeater

Repeater adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk memperkuat dan meregenerasi jaringan dan sinyal yang masuk. Repeater berusaha untuk mempertahankan integritas dari sinyal jaringan. Kelemahan dari repeater sendiri adalah tidak dapat melakukan filter traffic dalam jaringan.

9. Wireless card

Wireless card merupakan perangkat yang wajib digunakan apabila anda ingin terhubung dalam jaringan nirkabel. Rata – rata komputer jenis terbaru sudah menggunakan perangkat yang mendukung wireless card. Namun, anda juga bisa menambahkannya sendiri pada komputer anda.

 

 

REFERENSI

https://www.kompasiana.com/mardety/5f53650c097f3624d51b1092/orang-pintar-wajib-baca-komunikasi-digital-manfaat-dan-efek-negatif?page=2&page_images=1

https://id.wikipedia.org/wiki/Konsep_komunikasi_digital

https://mediaindonesia.com/teknologi/433330/jaringan-komputerpengertian-jenis-transmisi-dan-topologi

https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-jaringan-komputer/

Jurnal Perkuliahan Topik 9 ~Operating System~

Operating Systems | Grace's Journal

 

Operating System (OS)

Operating system (OS) adalah kumpulan dari berbagai program yang mengatur semua aktivitas setiap perangkat keras dari komputer atau mobile device. Sistem operasi menjadi jembatan penghubung antar perangkat keras dan perangkat lunak dalam komputer sehingga dapat saling bertukar informasi. Sistem operasi mengelola proses yang terjadi dibelakang layar agar komputer dapat berjalan sebagaimana mestinya. OS memiliki beberapa opsi penggunaan daya, seperti shutdown untuk mematikan komputer dan menutup semua program yang berjalan, sleep untuk mematikan komputer sebagian, yakni mematikan layar namun program tetap berjalan.

 

Sistem operasi memiliki beberapa fungsi sebagai berikut. 
  1. Manajemen memori mengoptimalkan penggunaan memori dari komputer agar komputer dapat berjalan dengan lebih efisien.
  2. Sistem operasi mengatur urutan proses mana yang akan dijalankan terlebih dahulu.
  3. Sistem operasi menyediakan opsi agar dapat terhubung ke internet.
  4. Sistem operasi juga menyediakan berbagai macam aplikasi yang berkaitan dengan pengelolaan komputer seperti pencarian, file manager, disk cleanup, dan masih banyak lagi.
  5. Beberapa sistem operasi dirancang agar dapat berjalan dalam jaringan dan mengelola server. Sehingga sistem operasi multi pengguna ini dapat memungkinkan banyak pengguna untuk saling berbagi printer, akses internet, file, dan program.
  6. Menjaga keamanan pengguna. Sistem operasi memiliki berbagai fitur yang dapat melindungi penggunanya dari berbagai serangan yang mungkin dapat terjadi.

 

Sistem Operasi Komputer

1. Linux

Adalah sistem operasi sumber terbuka (open source) yang dikembangkan oleh Linus Trovalds pada tahun 1991. Karena sifatnya yang open source, siapapun dapat mengakses source code dan memodifikasinya sesuka hati. Oleh karena itu, banyak sekali distro Linux yang bertebaran di Internet yang dapat diunduh. Linux juga sangat sering dipakai sebagai sistem operasi utama dalam server karena lebih fleksibel dan memiliki keamanan yang lebih tinggi dibanding sistem operasi lain.

2. MS DOS

MS DOS atau Disk Operating System (DOS) adalah pendahulu Microsoft Windows. DOS adalah sistem operasi berbasis CLI. Sehingga untuk melakukan berbagai tugas, kita perlu menghafal dan mengetikan perintah terlebih dahulu. Kelebihan dari sistem operasi ini adalah bentuknya yang ringan karena hanya menampilkan teks saja. Kekurangannya adalah agak sulit digunakan oleh orang awam yang tidak mengerti ketikan perintahnya.

3. Unix

Unix merupakan salah satu jenis sistem operasi yang sudah ada sejak lama, seperti DOS. Unix digunakan sebuah komputer mini sebagai server jaringan. Ini dikarenakan Unix ringan dan sangat membantu dalam proses pemindahan kerja dari satu komputer ke komputer yang lain. Salah satu kelebihan Unix adalah dapat digunakan secara multiuser atau lebih dari satu pengguna dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, sistem file dalam Unix juga bersifat hirarkial yang akan memudahkanmu dalam mengakses data.

4. Chrome OS

Chrome OS adalah salah satu jenis sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google yang dirilis pada tahun 2011. Untuk mendapatkan sistem operasi ini, kita perlu memiliki laptop keluaran Google yaitu Chromebook. Sistem operasi yang satu ini memiliki tampilan yang minimalis.

5. Windows

Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Sistem operasi ini diluncurkan pertama kali pada 1985 oleh Microsoft Inc. Kemudian, Windows terus mengalami perkembangan yang pesat dari segi fungsi, tampilan, dan kualitas.

6. MacOS

MacOS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple. Layaknya produk Apple lainnya, MacOS memiliki user interface yang sangat simpel dan mudah dipahami. Sistem operasi ini dapat digunakan di semua perangkat keluaran Apple. Sistem operasi ini bersifat closed source, yang mana pengguna tidak dapat mengakses sumber kode dari OS ini karena termasuk ke dalam ekosistem Apple yang ketat.

 

Sistem Operasi Mobile

Selain sistem operasi komputer di atas, terdapat pula sistem operasi yang digunakan pada perangkat mobile. Dua pemegang pasar sistem operasi mobile di dunia adalah Android milik Google, dan IOS milik Apple. Meskipun 70% telepon genggam di dunia menggunakan Android. Ini dikarenakan Android dapat digunakan oleh merek apapun, sedangkan IOS hanya dapat digunakan pada perangkat telepon genggam buatan Apple. Menjadikannya sebuah sistem operasi yang sangat eksklusif.

 

 

REFERENSI

Vermaat., E., Sebok., S., Freund., S., Campbell., J., dan Frydenberg., M. 2016. Discovering Computers 2016: Operating System. Boston: Cengage Learning.

Jurnal Perkuliahan Topik 8 ~Digital Storage~

 

Cuplikan layar 2021-11-04 181020

Digital Storage

Digital storage adalah bahan fisik berupa tempat komputer menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Device storage merupakan hardware yang merekam atau menyimpan data ke dalam media penyimpanan. Sebagian besar orang pada saat ini lebih suka menyimpan data yang berbasis digital, hal ini membuat penggunaan storage device terus mengalami peningkatan. Storage device menjadi komponen penting dalam komputer, smartphone atau barang elektronik lainnya. Dengan adanya perangkat ini, kita dapat dengan mudah menyimpan data-data penting dengan aman.

 

Jenis-jenis Device Storage

  1. Hard Drives
  • Hard Disk atau Hard Disk Drive (HDD)

OIP (15)

Merupakan  sebuah media penyimpanan yang berisi satu atau lebih piringan bundar yang menggunakan partikel magnetic untuk menyimpan data, instruksi dan juga informasi.

Kapasitas penyimpanan hard disk bervariasi dan ditentukan oleh:

– Jumlah piringan yang berisi hard disk

– Disk menggunakan longitudinal atau perpendicular

– Kepadatan

  • SSD ( Solid State Drive )

d37e273d-5cb9-45f2-ac81-d074091f9c8a

Merupakan sebuah penyimpanan memori dari suatu perangkat yang mengandung processor untuk mengatur penyimpanan perangkat tersebt.

Ada beberapa keunggulan dari SSD dibandingkan dengan hard disk: Kecepatan akses yang lebih unggul, Kemampuan transfer yang lebih cepat, Lebih ringan, Lebih hemat energi, Dapat digunakan lebih lama

Selain keunggulan ssd memiliki sebuah kelemahan yaitu daya tahan umur yang rendah jika digunakan sebagi main storage,dikarenakan umur ssd ditentukan oleh jumlah tulis yang dilakukan ssd semakin banyak jumlah tulis maka semakin rendah pula usia dari ssd.

  • Eksternal HDD

5e2fb73877bc7691777

Merupakan sebuah penyimpanan yang terpisah dari perangkat computer yang dikoneksikan oleh kabel dengan menggunakan USB Port dan dihubungkan kepada computer atau mobile device lainnya.

  • RAID (Redundant Array Of Independent Disks)

OIP (9)

Merupakan  sebuah penyimpanan yang merupakan gabungan dari dua atau lebih hardisks/SSD yang digabungkan.

 

  1. Portable Flash Memory Storage 
  • Memory Card

OIP (10)

Merupakan perangkat penyimpanan yang cukup kecil dengan ukuran yang sangat portable biasanya perangkat ini banyak digunakan pada kamera maupun laptop.

  • USB Flash Drives

OIP (11)

Merupakan sebuah plug yang dapat dihubungkan melalui USB port pada sebuah computer atau mobile device.

  • Cloud Storage

OIP (12)

Merupakan sebuah layanan internet yang menyediakan penyimpanan untuk pengguna computer atau mobile device.

  • Optical Disk

Optical-Disc-Writer-min

Terdiri dari piringan datar, bulat, portabel piringan yang terbuat dari logam, plastik, dan pernis yaitu ditulis dan dibaca oleh laser.dimasa sekarang penggunaan optical dics sudah jarang dan digantikan oleh flashdisk.

 

  1. Enterpise Storage
  • Network attached storage (NAS)

OIP (13)

merupakan server yang ditempatkan pada jaringan dengan tujuan tunggal menyediakan penyimpanan untuk pengguna, komputer, dan perangkat yang terhubung ke jaringan.

  • Strorage area network (SAN)

Storage-Area-Network-SAN

Merupakan jaringan kecepatan tinggi dengan satu-satunya tujuan untuk menyediakan penyimpanan ke server terlampir lainnya.

  • Tape Drive

OIP (14)

Merupakan Pita bersifat magnetis pita dilapisi plastik mampu menyimpan besar jumlah data dan informasi Sebuah tape drive membaca dan menulis data dan informasi pada pita magnetik.

 

 

Sumber :

Discovering Computers 2016 Tools, Apps, Devices, and the Impact of Technology

Storage Device: Pengertian, Fungsi dan Contohnya – Mas Dzikry

Jurnal Perkuliahan 1 ~ G20 & COP26 ~

G20

G20 adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Secara resmi G20 dinamakan The Group of Twenty (G20) Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral atau Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Kelompok ini dibentuk tahun 1999 sebagai forum antar pemerintah yang secara sistematis menghimpun kekuatan-kekuatan ekonomi maju dan berkembang untuk membahas isu-isu penting perekonomian dunia.

 

Tujuan G20

Tujuan utama G20 adalah menghimpun para pemimpin Negara ekonomi maju dan berkembang utama dunia untuk mengatasi tantangan ekonomi global. Pertemuan para pemimpin Negara G20 dilakukan setiap setahun sekali, sedangkan pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dilakukan beberapa kali dalam setahun.

 

Manfaat G20

Aspek Ekonomi:

  • Kunjungan delegasi negara G20 akan dapat meningkatkan konsumsi domestik, peningkatan PDB, hingga menyerap tenaga kerja.
  • Mendorong confidence dari investor global untuk percepatan pemulihan ekonomi dan mendorong kemitraan global yang saling menguntungkan.

Aspek Pembangunan Sosial:

  • Indonesia berpeluang untuk mendorong topik terkait dengan produksi dan distribusi vaksin

Aspek Politik:

  • Memperluas relasi antar negara di dunia
  • Membantu negara lain yang sedang kesulitan di masa pandemi
  • Mewujudkan bentuk keamanan dan perdamaian dunia

 

sddefault

 

Indonesia Resmi Terima Presidensi G20

Indonesia resmi meneruskan estafet presidensi G20 dari Italia dan untuk pertama kalinya akan memegang presidensi G20 pada tahun 2022. Penyerahan presidensi tersebut dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma yang berlangsung di La Nuvola, Roma, Italia, pada Minggu, 31 Oktober 2021. Selain itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah sekaligus Presiden G20 pada 2022, sesuai kesepakatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-15 di Riyadh, Arab Saudi.

Jokowi menjelaskan bahwa presidensi G20 Indonesia akan mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar ‘Recover Together, Recover Stronger’. Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia di G20.

 

Negara-Negara Anggota G20

Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, Uni Eropa.

 

 

 

COP26

COP26

COP26 merupakan singkatan dari Conference of the Parties ke-26 yaitu badan pembuat keputusan tertinggi dari United Nations Framework Convention on Climate Change, yang ditanda tangani pada 1992. Namun COP baru berlangsung pertama kali pada tahun 1995. Dalam forum tingkat tinggi tahunan ini, ada 197 negara yang terlibat pertemuan untuk membicarakan dan menanggulangi isu perubahan iklim global. COP pertama diadakan Maret 1995 di Berlin, Jerman. Untuk tahun ini, COP26 digelar di Glasgow, Skoltlandia, Inggris Raya pada 1-12 November 2021.

 

Tujuan COP

Tugas utama COP adalah melakukan peninjauan target-target setiap negara terkait emisi yang diajukan. Pelaksanaan COP akan digilir di antara lima wilayah PBB, yakni Afrika, Asia, Amerika Latin dan Karibia, Eropa Tengah dan Timur dan Eropa Barat dan Lainnya.

 

Pentingnya COP26 Bagi Isu Perubahan Iklim

COP26 adalah pertemuan pertama yang akan mengevaluasi hasil dari Paris Accord atau Persetujuan Iklim Paris pada 2015 lalu. Secara singkat, Perjanjian tersebut bertujuan untuk menghindari bencana akibat perubahan iklim global.

Dalam Paris Accord, disepakati jika pemanasan global naik hingga 1.,5 derajat celcius di atas suhu yang pernah dialami di era praindustri, maka akan terjadi banyak perubahan yang tak dapat dihindarkan. Dengan itulah, rencana yang dibuat harus dilaksanakan. Adapun target-target utama saat Paris Accord 2015 atau ketika COP21 yaitu setiap negara harus berjanji untuk:

  • Melakukan pengurangan emisi gas rumah kaca
  • Mendorong peningkatan produksi energi terbarukan
  • Mempertahankan suhu global di bawah 2 derajat celcius, atau idealnya maksimal 1,5 derajat celcius
  • Komitmen menyumbangkan miliaran dolar untuk dampak perubahan iklim yang dihadapi oleh negara-negara miskin

 

Hasil yang Diharapkan Dari COP26

COP26 adalah pertemuan tingkat tinggi pertama di mana setiap negara juga memiliki tuntutan baru. Adapun lebih dari 100 negara berkembang telah bersepakat untuk menyampaikan tuntutan jelang COP26, yang antara lain:

  • Pendanaan dari negara-negara maju untuk memerangi maupun menanggulangi perubahan iklim.
  • Kompensasi dari negara-negara maju atas dampak yang akan menimpa mereka
  • Uang dari kelompok negara maju untuk membantu mereka menerapkan ekonomi yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, diharapkan pertemuan tingkat tinggi ini akan dapat menemukan cara terbaik menerapkan sistem pasar karbon dan kredit karbon. Sistem ini merupakan mekanisme agar negara penghasil karbon untuk membayar emisi yang dikeluarkannya, dan negara yang telah menerapkan ekonomi hijau untuk menjual kredit karbon.

 

 

Sumber :

Indonesia Menjadi Presidensi G20 Tahun 2022. Apa Itu G20? – Ekonomi Bisnis.com

G20 – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Indonesia.go.id – Jadi Presidensi G20, Indonesia Berpeluang Raih Manfaat Ekonomi

COP26 Adalah Pertemuan Perubahan Iklim, Apa Saja Hasil yang Diharapkan? – Halaman 2 (detik.com)

HEADLINE: Indonesia Pegang Presidensi G20 Tahun 2022, Arti Penting dan Strategisnya? – Bisnis Liputan6.com

Jurnal Perkuliahan Topik 7

INPUT

Input adalah beberapa data dan instruksi yang dimasukkan ke dalam memori komputer. Beberapa contoh input device antara lain keyboard, numeric key pad,mouse, touch pad, tracker ball, remote control, joystick, driving wheel, touch screen, scanners, digital camera, video camera,microphone,graphics tablet, web cams, dan light pen.

1. Keyboard

Keyboard adalah input device yang terdiri dari berbagai tombol untuk memasukkan data dan instruksi ke dalam komputer atau perangakat seluler. Fungsi dari keyboard ini adalah untuk menginput data dan juga perintah. Kelebihan dari keyboard ini adalah mudah dan juga familiar untuk digunakan,sedangkan kekurangannya adalah cara kerjanya masih lebih lambat dibandingkan entri data secara langsung.

2. Numeric key pad

Fungsi dari numeric key pad ini adalah untuk menginput data numerik ke ATM, terminal pos, chip dan pin, serta telepon genggam. Kelebihan dari device ini adalah membuat kita mudah untuk memasukkan data numerik seperti pin, sedangkan kekurangannya adalah kuncinya bisa terlalu kecil dan sulit untuk mengetik huruf.

3. Mouse

Mouse adalah sebuah alat penunjuk yang pas di bawah telapak tangan kita. Kegunaan dari  mouse ini adalah untuk mengontrol panah di layar yang kita gunakan. Kelebihan dari mouse adalah device ini dapat dengan mudah untuk mengarahkan kita memilih opsi menu sehingga kita lebih cepat untuk memilih opsi yang ada. Kekurangannya adalah mouse mudah rusak dan hanya dapat digunakan di area yang rata.

3. Touch pad

Touch pad berguna sebagai alat penunjuk pada sebuah laptop. Kelebihannya adalah touch pad ini merupakan bagian dari keyboard sehingga tidak memerlukan device yang terpisah. Kekurangannya adalah sulit untuk digunakan daripada mouse.

4. Tracker ball

Trancker ball digunakan oleh pengguna yang cenderung memiliki motilitas di pergelangan tangan mereka. Kelebihannya adalah device ini lebih mudah digunakan dibandingkan dengan mouse. Kekurangannya adalah device ini cenderung lebih mahal dan tidak familiar.

5. Remote control

Remote control berguna untuk mengontrol channel TV dan juga opsi menu, sistem multimedia, dan juga untuk aplikasi industrial. Kelebihannya adalah device ini dapat digunakan dari jarak tertentu. Kekurangannya adalah sinyal bisa terblok jika dihalangi sebuah hambatan seperti tembok.

6. Joystick

Joystick berguna dalam games dan simulasi. Kelebihannya adalah lebih mudah untuk digunakan dibandingkan keyboard,sedangkan kekurangannya adalah lebih sulit untuk digunakan dibandingkan penggunaan mouse.

7. Driving wheel

Driving wheel berguna bagi gamers dalam permainan game racing atau driving dan juga berguna sebagai simulator. Kelebihannya adalah device ini lebih akurat dibandingkan keyboard pada saat memainkan game driving. Kekurangannya adalah device ini lebih mahal dan pergerakkannya dapat sangat sensitif.

8. Touch screen

Touch screen berguna pada tablet, Point of Sale, dan juga pada interactive white board. Kelebihan dari device ini adalah mudah untuk digunakan dalam memilih opsi. Kekurangannya adalah kita dapat salah dalam memilih opsi karena device ini sangat sensitive dan juga mudah kotor.

9. Scanners

Scanners berguna untuk scan  sebuah dokumen maupun foto. Kelebihannya adalah kita dapat membuat sebuah salinan dokumen maupun foto,sedangkan kekurangannya adalah kualitas dari hasilnya bergantung pada pengaturan resolusi.

10. Digital Camera

Digital camera berguna untuk mengambil sebuah foto dan video klip pendek yang dapat dikirim ke komputer. Kelebihannya adalah kita dapat menyimpan foto dengan resolusi tinggi yang telah diambil melalui device ini ke dalam memory cards. Kekurangannya adalah kita dapat kesulitan saat kita ingin mengirim dan mengedit foto.

11. Video camera

Video camera berguna untuk merekam sebuah video. Kelebihannya adalah kita dapat merekam sebuah video secara HD dan rekaman dapat diedit di dalam komputer. Kekurangannya adalah video HD membutuhkan penyimpanan yang besar.

12. Microphone

Microphone berguna untuk menginput suara ke dalam komputer. Kelebihannya adalah rekaman suara dapat ditambahkan ke dalam sebuah presentasi dan rekaman suara dapat diketik ke dalam bentuk tulisan secara langsung. Kekurangannya adalah pengenalan suara tidak akurat seperti saat kita mengetik teks seperti  biasa ke komputer.

13. Graphics tablet

Device ini berguna untuk menggambar secara bebas dan hasilnya dapat tersimpan di dalam komputer. Kelebihannya adalah device ini sangat akurat saat kita menggambar daripada saat kita menggambar menggunakan pointer device. Kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang lebih lama dalam membuat sebuah gambar dan juga harganya yang mahal.

14. Web cams

device ini berguna bagi pengguna yang ingin melakukan pertemuan secara virtual. Kelebihannya adalah device ini mengizinkan user untuk melakukan video chat secara face to face. Kekurangannya adalah kualitasnya bergantung pada koneksi internet pengguna.

15. Light pens

Device ini berguna untuk aplikasi CAD untuk menggambar di atas layar. Kelebihannya adalah device ini lebih akurat daripada touch screen dan ukurannya yang kecil. Kekurangannya adalah hanya dapat digunakan dengan monitor CRT.

 

OUTPUT

Output adalah data yang sudah diproses ke dalam bentuk yang berguna. Beberapa contoh output devices antara lain adalah CRT monitor, LCD monitor, IPS monitor, LED monitor, Projector, inkjet printer, laser printer, speaker, motors,buzzer,heater,dan lights.

1. CRT (Cathode Ray Tube) Monitor

Device ini berfungsi sebagai tampilan output utama untuk komputer. Kelebihannya adalah harganya lebih murah dibandingkan jenis monitor yang lain dan dapat digunakan bersama light pens. Kekurangannya adalah ukurannya yang besar sehingga membutuhkan tempat yang lebih luas.

2. LCD ( Liquid Crystal Display) Monitor

Device ini dapat digunakan sebagai layar utama untuk komputer menggantikan CRT monitor. Kelebihannya adalah device ini berukuran lebih kecil dan lebih terang sehingga tidak membutuhkan tempat yang luas. Kekurangannya adalah harganya lebih mahal dibandingkan monitor lainnya.

3. IPS ( In-Plane Switching) Monitor

Device ini secara umum berguna untuk seniman grafis profesional. Kelebihannya adalah memiliki layar yang luas serta reproduksi warna yang lebih baik daripada monitor yang lain. Kekurangannya terletak pada harganya yang lebih mahal daripada monitor lain.

4. LED ( Light Emitting Diode) Monitor

Device ini berguna pada saat monitor digunakan di luar ruangan. Kelebihannya adalah pencahayaannya yang lebih bagus sehingga dapat digunakan di luar ruangan. Kekurangannya terletak pada harganya yang mahal.

5. Projector

Device ini berguna untuk menampilakan layar komputer ke layar yang lebih besar. Kelebihannya adalah layar komputer dapat dilihat oleh lebih banyak orang. Kekurangannya adalah kualitas output pada layar tidak sama dengan output pada layar komputer serta harganya yang mahal dan sulit untuk mengatur devicenya.

6. Inkjet Printer

Kegunaan dari device ini adalah pada saat volume output rendah diperlukan. Kelebihannya adalah harganya yang lebih murah dan juga berukuran lebih kecil. Kekurangannya adalah proses cetak yang lebih lama daripada laser printer.

7. Laser printer

Kegunaan dari device ini adalah pada saat volume output tinggi diperlukan. Kelebihannya adalah proses cetak yang cepat dan hasilnya yang memiliki kualitas yang tinggi. Kekurangannya terletak pada harganya yang mahal.

8. Speakers

Device ini berguna untuk menghasilkan output suara. Kelebihannya adalah device ini dapat digunakan dengan menggunakan bluetooth. Kekurangannya adalah suara dapat didengar oleh banyak orang (tidak dapat untuk personal).

Demikianlah beberapa contoh input dan output device yang dapat saya jelaskan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata atau pengertian, terima kasih.

Referensi :

Buku Discovering Computer @2016 , Shelly Cashman Series

video youtube  ICT IGCSE Chapter 2 Input and Output Device

link :https://youtu.be/9xQjaxvQLFs

Jurnal Perkuliahan Topik 6

Computing Components

Computing Components adalah komponen dari komputer berupa perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras komputer dapat dilihat oleh mata dan di disentuh oleh tangan, sedangkan perangkat lunak tidak dapat dilihat oleh mata dan tidak dapat disentuh oleh tangan. Komponen-komponen ini berfungsi untuk menjalankan sebuah komputer. Baik itu dalam proses menerima ataupun mengirimkan sebuah data.  Adapun komponen-komponen komputer sebagai berikut :

1. Casing Komputer / Casing CPU

1. Casing Komputer / Casing CPU
Casing Komputer atau Casing CPU merupakan Komponen komputer perangkat keras terluar dimana fungsi casing komputer yaitu sebagai tempat-tempat meletakkan dan memisahkan komponen utama komputer seperti unit pemrosesan dan unit penyimpanan serta melindungi komponen komputer agar terhindar dari kerusakan.

2. Motherboard 

Motherboard atau biasa disebut dengan Mainboard, Baseboard adalah Papan Sirkuit Cetak (Printed Circuit Board – PCB). Motherboard inilah yang menampung seluruh komponen yang memiliki peran penting dalam sistem, seperti CPU, slot RAM, VGA Port, USB Port dan lainnya.

Mengenai fungsinya, Motherboard memiliki fungsi penting yaitu untuk menyediakan akses bagi setiap komponen dalam melakukan komunikasi satu dengan yang lain. Selain itu, motherboard juga berfungsi untuk meningkatkan fleksibilitas dari komputer itu sendiri.

3. Processor (CPU)

Tips Memilih Prosesor yang Tepat untuk Kebutuhan Gaming

CPU (Central Processing Unit) adalah salah satu jenis perangkat keras dari komputer yang digunakan untuk menangani instruksi yang diberikan. CPU sering juga dikatakan sebagai Processor yang merupakan otak dari sebuah komputer. Sebab, CPU yang mengatur segala aktivitas dan jalannya program yang terdapat dalam komputer.

4. Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing : Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerja

Cloud computing atau komputasi adalah sebuah proses pengolahan sistem daya komputasi, melalui jaringan internet yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan komputer lain, dalam waktu yang sama.

Sehingga, komputasi awan sendiri juga termasuk dalam teknologi yang menjadikan internet sebagai center of server untuk mengelola data pengguna (user). Dengan menggunakan cloud computing, maka anda tidak perlu menginstall sebuah aplikasi secara manual, dan memudahkan dalam mengakses informasi melalui internet.

5. Data Representation

Representasi data terdapat 2 jenis, yaitu representasi analog dan digital. Dalam representasi analog, kuantitas suatu besaran dinyatakan dengan tegangan, arus atau jarak perpindahan yang sebanding dengan nilai kuantitas tersebut. Sedangkan, dalam representasi digital, sebuah kuantitas dinyatakan tidak secara proporsional terhadap nilainya tetapi dinyatakan sengan simbol digit.

6. Memory

Pengertian Memori : Fungsi, Jenis, Karakteristik & Cara Kerja [Lengkap]

Memori terdiri dari komponen elektronik yang menyimpan instruksi yang menunggu untuk dieksekusi oleh prosesor, data yang dibutuhkan oleh instruksi tersebut, dan hasil pengolahan data.

Jenis-jenis memory diantara yaitu :

  1. RAM adalah memori volatile (sementara) yang digunakan untuk mempercepat eksekusi pemrosesan data.
  2. ROM (Read Only Memory) mengacu pada chip memori untuk menyimpan data permanen dan instruksi.
  3. CMOS, menggunakan daya baterai untuk mempertahankan informasi ketika daya ke computer mati

7. Adapters

Adapters memiliki fungsi sebagai pengkoneksi antar perangkat menggunakan USB untuk melakukan transfer data dengan berbasis kabel. Perangkat ini tersedia dalam bentuk modul USB eksternal (dongle) serta kartu PCl atau PCl Express (PCle) yang dihubungkan ke slot kosong pada motherboard.

8. Buses

Sebuah bus mengizinkan berbagai macam device untuk menjangkau system agar dapat berkomunikasi dengan yang lainnya. Kemudian, word size merupakan angka dari bit yang dapat processor interpretasikan dan eksekusi dalam waktu yang telah ditentukan. Dalam sebuah computer biasanya memiliki tiga tipe dari sebuah buses, yaitu: Sistem bus, Backside Bus, Expansion bus.

9. Power Supply & Battery

power-supply-bekas

Power supply adalah suatu daya yang digunakan untuk menyediakan listrik ke semua komponen dalam computer anda. Biasanya kotak persegi panjang dan biasanya diposisikan di salah satu sudut dari komputer.

References :

https://www.teknoblas.com/2019/10/komponen-komponen-komputer.html

https://www.sekawanmedia.co.id/cloud-computing/

https://kuchiran.net/blog/komponen-komputer-dan-fungsinya/

http://marsheragadeafinex.blogspot.com/2013/07/komponen-utama-dalam-komputer.html