E-COMMERCE

A. Pengertian E-commerce
E-commerce adalah aktivitas penyeberangan, penjualan, pembelian, pemasaran produk (jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet jaringan komputer.

B. E-Commerce menurut para ahli
1. Loundon (1998) : Suatu proses transaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual dalam membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik dari perusahaan satu dan lainnya dengan menggunakan komputer sebagai perantara bisnis.
2. Joni Wong : Pembelian, penjualan, dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik.

C. Sejarah E-Commerce
Dimulai dari 1960 saat bisnis menggunakan EDI (elektronic Duta Interchage) yang kemudian tahun 1979 American standar institute mengembangkan ASC X12, yang kerap digunakan untuk saling share dokumen menggunakan perangkat elektronik dan berkembang ditahun 1980-1990 an. Sampai akhirnya terbentuklah satu perusahaan besar yang bernama e-Day dan amazon yang membuat revolusi dunia e-commerce.

D. Jenis-jenis E-Commerce
1. E-Commerce bussiness to Bussiness (B2B)
Transaksi oleh 2 belah pihak yang sama-sama memiliki kepentingan bisnis. Contohnya produsen dan sublier yang saling bertransaksi secara online baik untuk konsultasi hingga pembayaran.

2. Bussiness to Consumer (B2C)

Layaknya jual beli biasa konsumen mendapatkan penawaran produk dan melakukan jual beli secara online.

3. Consumen to Consumen (C2C)
Sebagai perantara antara penjual dan pembeli online.

4. Consumen to Bussiness (C2B)
Kebalikan dari B2C, yang berarti konsumen terakhir bertindak sebagai penjual dan perusahaan bertindak sebagai pembeli.

5. Media atau aplikasi e-commerce, contohnya katalog, email, shoping carts, yang melibatkan B2B.

E. Contoh E-Commerce di indonesia
1. Jual beli online di market place : bukalapak.com, tokopedia.com, blibli.com, dan lain sebagainya.

2. Internet Banking dan SMS Banking
Transaksi pembayaran melalui internet dan jaringan telekomunikasi.

3. Tv kabel dan Internet provider
Contohnya : indovision, big tv, indihome, dan lain-lain.

F. Komponen E-Commerce
1. Produk
a. Digital (software, musik, dll)
b. Fisik (buku, pakaian, dll)
2. Tempat menjual produk (websaite)
3. Cara menerima pesanan (email,
telepon, sms, chating, dll)
4. Metode pembayaran ( transfer via ATM,
kartu kredit, COD, Dll)
5. Metode pengiriman ( JNE,Tiki, Pos
atau ojek online)
6. Customer service

G. Manfaat E-Commerce bagi Bisnis dan Konsumen
1. Manfaat e-commerce bagi pelaku bisnis
– kemudahan dalam aktivitas jual beli
– memangkas biaya pemasaran.
– kemudahan dalam berkomunikasi
dengan komsumen dan produsen.
2. Manfaat e-commerce bagi konsumen
– konsumen dapat berbelanja lebih
mudah selama 24 jam sehari
sepanjang tahun.
– konsumen dapat melihat berbagai
pilihan produk yang dianggap
terbaik dengan harga yang paling
sesuai.

H. Dampak Positif dan Negatif E-Commerce
Positif :
1. Dapat meningkatkan supplier management
2. Membantu mempersingkat waktu produksi
3. Meningkatkan mata rantai pendapatan

Negatif :
1. Potensi terjadinya penipuan
2. Kemungkinan terjadinya pencurian data
dan informasi rahasia yang
mengakibatkan kerugian pada korban.
3. Potensi kerugian yang bisa terjadi akibat kesalahan manusia baik sengaja atau tidak, dan kerusakan sistem elektonik.

I. E-Commerce di Indonesia Semakin Menjanjikan
Diakui atau tidak perkembangan e-commerce sekarang sudah jauh melampaui ekspektasi dan membentuk selera konsumen dalam belanja. Kecepatan akses, stok yang lebih banyak pilihan, hemat waktu dan uang menjadikan hal ini kebutuhan utama.
Hanya saja ada sedikit gangguan dengan minimnya costumer service yang tidak bisa bersentuhan langsung dengan produk real. Juga, kekurangan e-commerce akan selalu terkendala dengan jangka waktu pengiriman barang.
Saat ini, e-commerce adalah bidang yang paling empuk untuk digeluti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>