Probabilitas dan Statistika (covid-19)

 

 

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Gejala Virus Corona

Infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Namun, secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:

Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

Kapan harus ke dokter

Segera ke dokter bila Anda mengalami gejala infeksi virus Corona (COVID-19) seperti yang disebutkan di atas, terutama jika gejala muncul 2 minggu setelah kembali dari daerah yang memiliki kasus COVID-19 atau berinteraksi dengan penderita infeksi virus Corona.

Bila Anda mungkin terpapar virus Corona namun tidak mengalami gejala apa pun, Anda tidak perlu pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan diri, cukup tinggal di rumah selama 14 hari dan membatasi kontak dengan orang lain.

Alodokter juga memiliki fitur untuk membantu Anda memeriksa risiko tertular virus Corona dengan lebih mudah. Untuk menggunakan fitur tersebut, silakan klik gambar di bawah ini

Penyebab Virus Corona

Infeksi virus Corona atau COVID-19 disebabkan oleh coronavirus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada sebagian besar kasus, coronavirus hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Ada dugaan bahwa virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa virus Corona juga menular dari manusia ke manusia.

images

Seseorang dapat tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:

  • Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19
  • Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan

Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang sedang sakit, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

Diagnosis Virus Corona

Untuk menentukan apakah pasien terinfeksi virus Corona, dokter akan menanyakan gejala yang dialami pasien. Dokter juga akan bertanya apakah pasien bepergian atau tinggal di daerah yang memiliki kasus infeksi virus Corona sebelum gejala muncul.

_111112035_coronavirus_cases_deaths_chart640_indonesian_3mar_v2-nc

Guna memastikan diagnosis COVID-19, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan berikut:

  • Uji sampel darah
  • Tes usap tenggorokan untuk meneliti sampel dahak (tes PCR)
  • Rontgen dada untuk mendeteksi infiltrat atau cairan di paru-paru

Pengobatan Virus Corona

Infeksi virus Corona atau COVID-19 belum bisa diobati, tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dokter untuk meredakan gejalanya dan mencegah penyebaran virus, yaitu:

  • Merujuk penderita COVID-19 untuk menjalani perawatan dan karatina di rumah sakit yang ditunjuk
  • Memberikan obat pereda demam dan nyeri yang aman dan sesuai kondisi penderita
  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk melakukan isolasi mandiri dan istirahat yang cukup
  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk banyak minum air putih untuk menjaga kadar cairan tubuh.

045004600_1581050149-Coronavirus

Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus ini, yaitu:

  • Hindari bepergian ke tempat-tempat umum yang ramai pengunjung (social distancing).
  • Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
  • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
  • Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
  • Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya.
  • Masak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
  • Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan.

Untuk orang yang diduga terkena COVID-19 atau termasuk kategori ODP (orang dalam pemantauan), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar virus Corona tidak menular ke orang lain, yaitu:

  • Jangan keluar rumah, kecuali untuk mendapatkan pengobatan.
  • Periksakan diri ke dokter hanya bila Anda mengalami gejala gangguan pernapasan yang disertai demam atau memenuhi kriteria PDP (pasien dalam pengawasan).
  • Usahakan untuk tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain.
  • Larang dan cegah orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk Anda sampai Anda benar-benar sembuh.
  • Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit.
  • Hindari berbagi penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengkapan tidur dengan orang lain.
  • Pakai masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain.
  • Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah.

referensi

alodokter.com/virus corona

http://covid-monitoring.kemnes.go.id/

 

20200330_002816

 

BAGAIMANA HARMONI KEWAJIBAN DAN HAK NEGARA DAN WARGA NEGARA DALAM DEMOKRASI YANG BERSUMBU PADA KEDAULATAN RAKYAT DAN MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT?

Pengertian HaK

Menurut Prof. Dr. NotonegoroHak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang mestinya diterima atau dilakukan oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain mana pun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Hak adalah benar, kepunyaaan, milik, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat sesuatu yang telah ditentukan oleh undang – undang, aturan, dan sebagainya atau kekuasaan yang benar atas sesuatu.

Jadi pengertian Hak adalah sesuatu yang dimiliki di dalam diri manusia sejak lahir secara mutlak dan utuh serta penggunaannya tergantung oleh kehendak masing – masing orang. Setiap manusia mempunyai haknya masing-masing baik dalam hak keluarga maupun hak sebagai warga negara.

Sedangkan Pengertian Kewajiban

Menurut Prof. Dr. Notonegoro, Kewajiban adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kewajiban adalah sesuatu yang diwajibkan, yang harus dilaksanakan; pekerjaan, tugas menurut hukum; segala sesuatu yang menjadi tugas manusia.Jadi pengertian Kewajiban adalah sesuatu yang menjadi beban dari seseorang yang harus dilaksanakan atau ditunaikan sepenuhnya dengan rasa penuh tanggung jawab. Kewajiban ini bersifat memaksa. Setiap orang yang mempunyai hak pasti ia juga mempunyai kewajiban.

download (3)

 

Hak Warga Negara Dalam Undang-Undang Dasar 1945

  • Setiap warga negara berhak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, ini terdapat dalam UUD pasal 27 ayat 2.
  • Setiap orang berhak untuk mempertahankan hidupnya, juga berhak untuk serta dalam kehidupannya sendiri. Ini terdapat di dalam UUD pasal 28 A.
  • Setiap orang berhak membentuk suatu keluarga dan berhak melanjutkan keturunannya. Ada pada pasal 28 B ayat 1.
  • Setiap orang berhak pada kelangsungan hidup mereka masing-masing, juga berhak atas tumbuh berkembang mereka masing-masing. Terdapat pada pasal 28 C ayat 1.
  • Setiap orang berhak mengembangkan dirinya dengan pemenuhan dasar dengan memperoleh pendidikan, ilmu pengetahuan dan seni dan budaya untuk melangsungkan kehidupannya, pada pasal 28 C ayat 1
  • Setiap orang berhak memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif di dalam kehidupan masyarakat, di dalam pasal 28 C  ayat 1.
  • Setiap orang berhak mendapat jaminan hukum, pengakuan, dan pengadilan hukum yang secara adil. Hak ini ada pada pasal 28 D ayat 1.
  • Setiap orang berhak mendapatkan hak pribadi, hak untuk tidak disiksa, mempunyai hak kemerdekaan dalam hati nurani dan sebagainya. Hak ini ada pada pasal 28 I ayat 1.

Macam-macam kewajiban yang harus dilakukan sebagai berikut:

  • Kewajiban manusia, sudah diatur dalam negara yang terdapat di Undang-Undang Dasar 1945 dan juga terdapat Undang-Undang. Kewajiban ini bisa dibilang penting karena kewajiban ini harus dilakukan oleh seluruh warga negara yang tinggal di negara Indonesia.
  • Kewajiban moral, berdasarkan pada perintah norma-norma yang telah diakui di dalam masyarakat. Yang harus kita kepada setiap warga negara agar lingkungan tempat tinggal berjalan dengan tertib.
  • Kewajiban sosial, biasanya diatur dalam tingkah laku masyarakat dalam lingkungan sosial. Kewajiban sosial dibuat ini penting sebagai mereka agar menjalin hubungan sosial menjadi harmonis.
  • Kewajiban universal atau umum, berlaku bagi seluruh warga negara juga bahkan orang lain yang ada di negara Indonesia harus menuruti perintah negara yang dia kunjungi.
  • Kewajiban multak, ini hanya berlaku bagi diri sendiri mereka yang melakukan kewajiban untuk diri mereka sendiri tanpa melibatkan orang lain. Hanya diri sendiri juga yang menaatinya.

presentasi, kelompok 2

UU ITE yang mengacu pada UU Republik Indonesia No 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Contoh Kesesuaian Pertama

Bab VII Perbuatan yang dilarang Pasal 27 ayat (3) UU ITE “ Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang bermuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”

Pasal 28D Ayat (1) UUD 1945“ Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakan yang sama dihadapan hukum”.

Pasal 28I Ayat (2) UUD 1945“ Setiap orang bas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun dan berhak mendapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif itu.”

Contoh Kesesuaian Kedua

Pasal 26 Ayat 1 UU ITE “Kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan, penggunaan setiap informasi melalui media elektronik yang menyangkut data pribadi seseorang harus dilakukan atas persetujuan orang yang bersangkutan.”

Pasal 26 Ayat 2 UU ITE“ Setiap orang yang dilanggar haknya sebagaimana dimaksud pada ayat (1)  dapat mengajukan gugatan atas kerugian yang ditimbulkan berdasarkan undang-undang ini.”

Pasal 28J Ayat 1 UUD 1945“ Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusiaorang lain dalam tertib kehidpuan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara .”

Pasal 28J Ayat 2 UUD 1945 “ Dalam menjalankan hak dan kebebasannya setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan degan undang-undang denganmaksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatanatas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yangadil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan,dan ketertiban umum dalam suat masyarakat demokratis.”

contoh kesesuaian ketiga

Pasal 40 Ayat 2 UU ITE“Pemerintah melindungi kepentingan umum dari segala jenis gangguan sebagai akibat penyalahgunaan Informasi Elektronik dan Transaksi Elektronik yang mengganggu ketertiban umum, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.”

Pasal 40 Ayat 2a UU ITE“Pemerintah wajib melakukanpencegahan penyebarluasan danpenggunaan Informasi Elektronik  dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang dilarang sesuai dengan ketentuanperaturan perundang-undangan”

Pasal 40 Ayat 2b UU ITE“Dalam melakukan pencegahan sebagaimanadimaksud pada ayat (2a), Pemerintah berwenang melakukan pemutusan akses dan/ataumemerintahkan kepada penyelenggaraan Sistem Elektronik untuk melakukan pemutusan aksesterhadap Informasi Elektronk yang memilikimuatan yang melanggar hukum”.

Pasal 28G UUD 1945“ Setiap Orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda yang do bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi”.

Penjelasan Mengenai Pertentangan antara UU ITE dan UUD 1945

Pada UU ITE kebebasan masyarakat dalam berpendapat dibatasi. Ini bertentangan dengan UUD 1945 pada pasal 28 mengenai kebebasan berserikat dan berkumpul untuk mengeluarkan pendapat.

UU ITE tidak mengakui perhormatan, pemajuan, dan perlindungan Hak Asasi Manusia, dan mengabaikan UU NO. 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang mewajibkan agar setiap materi muatan peraturan perundang-undangan mencerminkan perlindungan dan penghormatan hak asasi manusia.

Pada Pasal 27 dan 28 UU ITE berpotensi membatasi pers karena berita pers dalam wujud informasi elektronik (di internet). Yang bertentangan dengan UUD 1945 pada pasal 28 tentang kebebasan berpendapat.

URGENSI INTEGRASI NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

Pengertian Integrasi
download
Integrasi beradasarkan wikipedia, berarti pembauran untuk menjadi satu kesatuan. Pembauran itu berarti, mencakup berbagai macam hal, seperti, suku, ras, agama, budaya, bahasa, dan yang lainnya. Integrasi Nasional berarti penggabungan agar menjadi satu untuk mencapai tujuan bangsa bersama-sama. Integrasi juga menjawab sebuah tantangan dengan “persatuan” (terdapat pada sila ke-3). Naionalisme mengarahkan kepada kesatuan bangsa, dengan mengutamakan kepentingan kelompok di atas kepentingan pribadi.

Integrasi memiliki 2 pengertian, yaitu:

  • Pengendalian terhadap konflik dan penyimpangan sosial dalam suatu sistem sosial tertentu
  • Membuat suatu keseluruhan dan menyatukan unsur-unsur tertentu

Syarat Keberhasilan Integrasi Sosial

1. Untuk meningkatkan integrasi sosial setiap individu harus dapat mengendalikan perbedaan atau konflik yang terdapat pada suatu kekuatan bangsa dan bukan sebaliknya.

2. Tiap warga masyarakat harus saling dapat mengisi kebutuhan antara satu dengan yang lainnya.

3. Terciptanya kesepakatan bersama mengenai norma-norma dan nilai-nilai sosial untuk menjadi pedoman hidup bermasyarakat.

Dalam ilmu sosiologi serta dari sudut analisis struktural, integrasi dari berbagai sistem pada dasarnya mempunyai tiga sifat, yakni:

  • Integrasi normative

Integrasi normative yaitu suatu ikatan sosial yang terjadi karena adanya suatu kesepakatan (consensus) terhadap nilai-nilai dan norma-norma dasar (basic values and norms). Dari dimensinya, integrasi ini dapat disebut sebagai integrasi budaya

  • Integrasi Fungsional

Integrasi fungsional, yaitu suatu ikatan sosial yang didasarkan pada situasi saling ketergantungan fungsional antar unsure satu dengan yang lainnya. Integrasi ini lebih berdimensi ekonomi.

  • Integrasi koersif

Integrasi koersif, yaitu suatu ikatan sosial yang terjadi karena adanya kekuatan yang memaksa. Integrasi ini dapat dimasukkan dalam dimensi politik.

 

PENGERTIAN INTEGRASI MENURUT PARA AHLI

Gillin: Integrasi adalah bagian proses sosial dari apa yang terjadi sebab perbedaan fisik, budaya, perilaku, dan emosional.
-Soerjono soekanto: Integrasi adalah sebuah proses sosial individu dalam sejenis kelompok atau mereka yang berusaha memenuhi gol melawan musuh yang disertai kekerasan atau ancaman.

Sedangkan musyawarah. Apa itu musyawarah??

Musyawarah adalah suatu usaha bersama dengan sikap rendah hati guna memecahkan persoalan (mencari Penyelesaian/ jalan keluar) untuk dapat mengambil suatu keputusan bersama dalam penyelesaian atau juga pemecahan yang menyangkut urusan keduniawian.

Ciri-Ciri Musyawarah

Pengertian Musyawarah

Berasarkan pelaksanaannya, musyawarah memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini :

  1. Dilaksanakan berdasarkan atas kepentingan bersama.
  2. Hasil dari keputusan musyawarah bisa diterima oleh akal sehat serta sesuai dengan hati nurani.
  3. Pendapat yang diusulkan oleh anggota dalam musyawarah mudah dimengerti ataupun dipahami dan tidak memberatkan anggota dari musyawarah tersebut.
  4. Adanya pertimbangan moral yang bersumber dari hati nurani yang luhur.

 

tugas analisa

Nama                      : Husniatun Aini

Npm                        : 1915061010

Mata Kuliah          : Pendidikan Kewarganegaraan

Nama Dosen MK  : Rio Ariestia Pradipta

  • Analisa permasalah yang terjadi di Aceh dan Papua yang berhubungan dengan tema Integrasi nasional
  • Masalah apa yang terjadi dan bagaimana solusi terbaik yang bisa dilakukan oleh (1) Pemerintah dan (2) seluruh lapisan masyarakat indonesia

Analisa permasalahan yang terjadi antara Aceh dan Papua adalah gerakan Sparatisme yaitu gerakan memisahkan diri dari Indonesia. jadi, Integrasi Nasionalnya tidak bisa direalisasikan dengan baik.

Permasalah itu dapat terjadi, karena Papua berfikir 

  1. Papua merasa dirugikan oleh arus imigran yang rutin dari daerah Indonesia yang padat. Penduduk asli papua yang masih bersuku-suku tradisional dan sikap yang cenderung tertutup menyebabkan potensi sumber daya alam tidak terkelola dengan baik. Selain itu, program pemerataan peduduk di Indosnesia menyebabkan pemerintah harus jumlah penduduk diwilayah yang terlalu padat, dan memindahkan ke daerah yang jarang penduduknya salah satunya papua.
  2. Masyarakat papua merasa memiliki hubungan budaya yang lebih kuat dengan negara tetangga Papua Nugini. Rakyat Papua lebih merasa memiliki hubungan yang erat dengan negara di sebelah timurnya.
  3. Hasil atau kekayaan alam yang melimpah ruah di wilayah papua.  salah satu alasan papua adalah karena papua memiliki sumber daya alam yang sangat melipah yang seharusnya bisa dimanfaatkan.
  4. Papua merasa tidak diperhatikan oleh pemerintah.

Sedangkan alasan Aceh :

  1. salah satu alasan Aceh ingin memisahkan diri adalah ketika Aceh menyumbangkan pesawat ke RI untuk bersama melawan Belanda dan ketika mereka menang aceh akan mengurus pemerintahnya sendiri. Tapi, sokarna tidak menepati janjinya.
  2. Setelah perlawanan DI TII janji otonomi syariat islam aceh tidak terealisir. Aceh merasa dibohongi.
  3. Aceh yakin bahwa sumber daya alamnya telah diambil oleh RI karena.
  4. Total Freedom (kebebasan) yang akan dicapai GAM sudah mendapat  kebijakan politis yang bebas.

Solusi dari permasalah Aceh dan Papua adalah :

Pemerintah

  • Lebih menegakkan hukum dan pemerataan di setiap daerah agar tidak terjadi kecemburuan sosial.
  • Menyelenggaran dialog secara langsung dan terbuka  kepada pihak Papua dan Aceh. Agar bisa bersama-sama menyelesaikan masalah.
  • Berkomitmen dan mengaplikasikan program penegakan HAM antar daerah.

Masyarakat Indonesia

  • Masyarakat  melakukan pendekatan kepada masyarakat papua dan Aceh.
  • Kembangkan sumber daya manusia agar dapat menutupi disuatu daerah.
  • saling toleransi antar penduduk, dan saling peduli antar penduduk.

ESENSI DAN URGENSI IDENTITAS NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU DETERMINAN PEMBANGUNAN BANGSA DAN KARAKTER.

Sebelum kita mengetahui lebih mendalam. Kita harus mengetahu pengertian identitas nasional.

Apakah Identitas Nasional itu?  Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Identitas adalah ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang atau jati diri. Sedangkan nasional berarti bersifat kebangsaan, berkenaan atau berasal dari bangsa sendiri meliputi suatu bangsa. Sedangkan dalam konteks kewarganegaraan identitas nasional lebih dekat dengan arti jati diri yaitu ciri-ciri atau karakteristik yang membedakan bangsa indonesia dengan bangsa lain.

Identitas Nasional indonesia, yaitu :

  • Bendera bangsa indonesia yaitu, sang Merah Putih terdapat pada pasal 35.
  • Lambang Negara yaitu Garuda Pancasila, dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika pada pasal 36A
  • Lagu kebangsaan yaitu indonesia raya pada pasal 36B.
  • Bahasa negara yaitu bahasa Indonesia pada pasal 36.

Selain itu, indonesia juga memiliki jati diri, yaitu :

  1. Sifat religius
  2. Menghormati bangsa dan manusia lain.
  3. Persatuan
  4. Gotong royong dan musyawarah.
  5. Keadilan Sosial.

Selain itu bagaimana jati diri sebuah bangsa?  Identitas nasional bagi bangsa indonesia akan sangat ditentukan oleh ideologi yang dianut dan norma dasar yang dijadikan pedoman untuk berprilaku. Semua identitas akan membedakan bangsa indonesia dengan bangsa lain. Bagi bangsa Indonesia jati diri dapat tersimpul dalam ideologi dan konstotusi negara, ialah pancasila dan UUD 1945.

Kesimpulan

Ideologi Nasional adalah ciri yang dimiliki suatu bangsa, secara fisiologi yang membedakan bangsa tersebut dengan bangsa lain.

  • Bendera bangsa indonesia yaitu, sang Merah Putih terdapat pada pasal 35.
  • Lambang Negara yaitu Garuda Pancasila, dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika pada pasal 36A
  • Lagu kebangsaan yaitu indonesia raya pada pasal 36B.
  • Bahasa negara yaitu bahasa Indonesia pada pasal 36.

سكرن

 

HAKIKAT PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SARJANA ATAU PROFESIONAL

Asalamualaikuk warohmatullah hiwabarokatuh.

Hai, teman-teman semua . Kembali lagi ni sama aku, kali ini aku akan berbagi lagi sama kalian-kalian semua.. etss tapi kali ini aku mau berbagi ilmu yang berbeda lo. Kali ini aku mau berbagi tentang pendidikan kewarganegaraan. Yang pastinya semoga bisa membantu kawan-kawan semuaaa… ini diaa

 

Belajar pendidikan kewarganegaraan pada dasarnya adalah belajar tentang negara kita, yaitu indonesia. Seorang sarjana atau profesional sebagai bagian dari masyarakat indonesia yang terdidik perlu memahami tentang indonesia, memiliki rasa kebangsaan indonesia, dan mencintai tanah air indonesia.

Sebelum kita mengetahui pengertian pendidikan kewarganegaraan, kita harus memahami pengertian pendidikan dan kewarganegaraan.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif  mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. (Undang-undang No.20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1).

Fungsi dari pendidikan ada 3, yaitu :

  1. Kognitif yaitu kemampuan rasional yang mampu menganalisa sampai mengevaluasi suatu masalah. Kemampuan ini dapat dinilai diatas kertas, seperti raport yaitu nilai yang kita dapatkan dari proses pendidikan.
  2. Afektif yaitu kemampuan emosional yang mengacu rasa ingin tahu dan dapat disalurkan dengan praktik langsung terhadap suatu masalah.
  3. Psikomotorik yaitu kemampuan untuk melakukan sesuatu dari ilmu yang ia dapatkan sebelumnya.

Sedangkan kewarganegaraan adalah segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara. (UU RI No. 12 tahun 2006 pasal 1 ayat 2.

Jadi, apa itu pendidikan kewarganegaraan?

Pendidikan kewarganegaraan adalah program pendidikan yang berintikan demokrasi politik yang diperluas dengan sumber-sumber pengetahuan lainnya, pengaruh-pengaruh positif dari pendidikan sekolah, masyarakat, dan orang tua, yang semuanya itu diproses guna melatih para siswa untuk berfikir kritis, analitis, bersikap dan bertindak demokrasi dalam mempersiapkan hidup demokratis yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan yaitu mampu membangun warga negara yang baik dan terdidik ( smart and good citizen).

  • Kita sebagai warga negara indonesia juga harus belajar setinggi-tingginya dan harus terus berusaha. Sampai nantinya kuliah dan  program sarjana. Apa itu program sarjana? Program sarjana adalah  jenjang pendidikan akademik  bagi lulusan pendidikan menengah   atau sederajat sehingga mampu mengamalkan ilmu pengetahuan  dan teknologi melalui penalaran ilmu ( UU RI No. 12 tahun 2002 tentang Pendidikan Tinggi).

Tetapi tidak mudah, kita harus tetap semangat, dan ketika sudah sarjana tentu ada diharapkan dari lulusan program sarjana. Diantaranya yaitu :

  1. Menjadi intelektual dan/atau ilmuan yang berbudaya
  2. Mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan pekerjaan.
  3. Mampu mengembangkan diri menjadi profesional. Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dapat menjadi sumber penghasilan.

Sekian dulu yaa, semoga bisa bermanfaat untuk temen-temen semua.

Teorema & Kaidah Integral Tentu dan Tak Tentu

Pengertian Integral

Integral adalah bentuk operasi matematika yang menjadi invers (kebalikan) dari sebuah operasi turunan dan limit dari jumlah atau suatu luas daerah tertentu.

Integral Tak Tentu

Integral tak tentu yang seperti sebelumnya dijelaskan adalah merupakan sebuah invers atau kebalikan dari turunan. Yang mana, apabila sebuah turunan dari suatu fungsi, jika diintegralkan akan menghasilkan sebuah fungsi itu sendiri

20191128_163419

20191128_165528

20191128_164938

20191128_165007

20191128_165210

20191128_165238

20191128_165300

20191128_165029

20191128_165049

 

Untuk sebuah integral:

{\displaystyle \int _{0}^{1}{\sqrt {1-x^{2}}}\;dx}

Substitusi yang sebaiknya dilakukan yaitu: x = sin(u), dx = cos(udu, sebab {\displaystyle {\sqrt {(1-\sin ^{2}(u))}}=\cos(u)}:

{\displaystyle \int _{0}^{1}{\sqrt {1-x^{2}}}\;dx=\int _{0}^{\frac {\pi }{2}}{\sqrt {1-\sin ^{2}(u)}}\cos(u)\;du=\int _{0}^{\frac {\pi }{2}}\cos ^{2}(u)\;du={\Bigg (}{{\frac {u}{2}}+{\frac {\sin(2u)}{4}}{\Bigg )}{\Bigg \vert }\,}_{0}^{\frac {\pi }{2}}={\frac {\pi }{4}}+0={\frac {\pi }{4}}}
Substitusi TrigonometUntuk integral yang memuat √(a² – u²), misalkan u = a sin θ. Maka, didapatkan √(a² – u²) = a cos θ, di mana –π/2 < θ < π/2.

Segitiga 1


Integral Tentu

Integral tentu adalah integral yang memiliki nilai batas atas dan batas bawah.
Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut:

Keterangan:
f(x) = fungsi yang nantinya akan kita
 integralkan

d(x) = variabel integral

a = batas bawah pada variabel integral
b = batas atas pada variabel integral
F(a) = nilai integral pada batas bawah
F(b) = nilai integral pada batas atas

Contoh – Contoh Soal

Soal 1
Hitunglah hasil dari integral tentu berikut ini
Jawab:

Mathematics

 

 hasil integral dari fungsi berikut ini:
Jawab:

Contoh soal dan pembahasan :

soalIMG-20191128-WA0068

IMG-20191128-WA0071

IMG-20191128-WA0070

IMG-20191128-WA0072

IMG-20191128-WA0107

IMG-20191128-WA0069

IMG-20191128-WA0073

 

IMG-20191128-WA0106

IMG-20191128-WA0088

 

 

E-COMMERCE

A. Pengertian E-commerce
E-commerce adalah aktivitas penyeberangan, penjualan, pembelian, pemasaran produk (jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet jaringan komputer.

B. E-Commerce menurut para ahli
1. Loundon (1998) : Suatu proses transaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual dalam membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik dari perusahaan satu dan lainnya dengan menggunakan komputer sebagai perantara bisnis.
2. Joni Wong : Pembelian, penjualan, dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik.

C. Sejarah E-Commerce
Dimulai dari 1960 saat bisnis menggunakan EDI (elektronic Duta Interchage) yang kemudian tahun 1979 American standar institute mengembangkan ASC X12, yang kerap digunakan untuk saling share dokumen menggunakan perangkat elektronik dan berkembang ditahun 1980-1990 an. Sampai akhirnya terbentuklah satu perusahaan besar yang bernama e-Day dan amazon yang membuat revolusi dunia e-commerce.

D. Jenis-jenis E-Commerce
1. E-Commerce bussiness to Bussiness (B2B)
Transaksi oleh 2 belah pihak yang sama-sama memiliki kepentingan bisnis. Contohnya produsen dan sublier yang saling bertransaksi secara online baik untuk konsultasi hingga pembayaran.

2. Bussiness to Consumer (B2C)

Layaknya jual beli biasa konsumen mendapatkan penawaran produk dan melakukan jual beli secara online.

3. Consumen to Consumen (C2C)
Sebagai perantara antara penjual dan pembeli online.

4. Consumen to Bussiness (C2B)
Kebalikan dari B2C, yang berarti konsumen terakhir bertindak sebagai penjual dan perusahaan bertindak sebagai pembeli.

5. Media atau aplikasi e-commerce, contohnya katalog, email, shoping carts, yang melibatkan B2B.

E. Contoh E-Commerce di indonesia
1. Jual beli online di market place : bukalapak.com, tokopedia.com, blibli.com, dan lain sebagainya.

2. Internet Banking dan SMS Banking
Transaksi pembayaran melalui internet dan jaringan telekomunikasi.

3. Tv kabel dan Internet provider
Contohnya : indovision, big tv, indihome, dan lain-lain.

F. Komponen E-Commerce
1. Produk
a. Digital (software, musik, dll)
b. Fisik (buku, pakaian, dll)
2. Tempat menjual produk (websaite)
3. Cara menerima pesanan (email,
telepon, sms, chating, dll)
4. Metode pembayaran ( transfer via ATM,
kartu kredit, COD, Dll)
5. Metode pengiriman ( JNE,Tiki, Pos
atau ojek online)
6. Customer service

G. Manfaat E-Commerce bagi Bisnis dan Konsumen
1. Manfaat e-commerce bagi pelaku bisnis
– kemudahan dalam aktivitas jual beli
– memangkas biaya pemasaran.
– kemudahan dalam berkomunikasi
dengan komsumen dan produsen.
2. Manfaat e-commerce bagi konsumen
– konsumen dapat berbelanja lebih
mudah selama 24 jam sehari
sepanjang tahun.
– konsumen dapat melihat berbagai
pilihan produk yang dianggap
terbaik dengan harga yang paling
sesuai.

H. Dampak Positif dan Negatif E-Commerce
Positif :
1. Dapat meningkatkan supplier management
2. Membantu mempersingkat waktu produksi
3. Meningkatkan mata rantai pendapatan

Negatif :
1. Potensi terjadinya penipuan
2. Kemungkinan terjadinya pencurian data
dan informasi rahasia yang
mengakibatkan kerugian pada korban.
3. Potensi kerugian yang bisa terjadi akibat kesalahan manusia baik sengaja atau tidak, dan kerusakan sistem elektonik.

I. E-Commerce di Indonesia Semakin Menjanjikan
Diakui atau tidak perkembangan e-commerce sekarang sudah jauh melampaui ekspektasi dan membentuk selera konsumen dalam belanja. Kecepatan akses, stok yang lebih banyak pilihan, hemat waktu dan uang menjadikan hal ini kebutuhan utama.
Hanya saja ada sedikit gangguan dengan minimnya costumer service yang tidak bisa bersentuhan langsung dengan produk real. Juga, kekurangan e-commerce akan selalu terkendala dengan jangka waktu pengiriman barang.
Saat ini, e-commerce adalah bidang yang paling empuk untuk digeluti.