Teorema & Kaidah Integral Tentu dan Tak Tentu

Pengertian Integral

Integral adalah bentuk operasi matematika yang menjadi invers (kebalikan) dari sebuah operasi turunan dan limit dari jumlah atau suatu luas daerah tertentu.

Integral Tak Tentu

Integral tak tentu yang seperti sebelumnya dijelaskan adalah merupakan sebuah invers atau kebalikan dari turunan. Yang mana, apabila sebuah turunan dari suatu fungsi, jika diintegralkan akan menghasilkan sebuah fungsi itu sendiri

20191128_163419

20191128_165528

20191128_164938

20191128_165007

20191128_165210

20191128_165238

20191128_165300

20191128_165029

20191128_165049

 

Untuk sebuah integral:

{\displaystyle \int _{0}^{1}{\sqrt {1-x^{2}}}\;dx}

Substitusi yang sebaiknya dilakukan yaitu: x = sin(u), dx = cos(udu, sebab {\displaystyle {\sqrt {(1-\sin ^{2}(u))}}=\cos(u)}:

{\displaystyle \int _{0}^{1}{\sqrt {1-x^{2}}}\;dx=\int _{0}^{\frac {\pi }{2}}{\sqrt {1-\sin ^{2}(u)}}\cos(u)\;du=\int _{0}^{\frac {\pi }{2}}\cos ^{2}(u)\;du={\Bigg (}{{\frac {u}{2}}+{\frac {\sin(2u)}{4}}{\Bigg )}{\Bigg \vert }\,}_{0}^{\frac {\pi }{2}}={\frac {\pi }{4}}+0={\frac {\pi }{4}}}
Substitusi TrigonometUntuk integral yang memuat √(a² – u²), misalkan u = a sin θ. Maka, didapatkan √(a² – u²) = a cos θ, di mana –π/2 < θ < π/2.

Segitiga 1


Integral Tentu

Integral tentu adalah integral yang memiliki nilai batas atas dan batas bawah.
Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut:

Keterangan:
f(x) = fungsi yang nantinya akan kita
 integralkan

d(x) = variabel integral

a = batas bawah pada variabel integral
b = batas atas pada variabel integral
F(a) = nilai integral pada batas bawah
F(b) = nilai integral pada batas atas

Contoh – Contoh Soal

Soal 1
Hitunglah hasil dari integral tentu berikut ini
Jawab:

Mathematics

 

 hasil integral dari fungsi berikut ini:
Jawab:

Contoh soal dan pembahasan :

soalIMG-20191128-WA0068

IMG-20191128-WA0071

IMG-20191128-WA0070

IMG-20191128-WA0072

IMG-20191128-WA0107

IMG-20191128-WA0069

IMG-20191128-WA0073

 

IMG-20191128-WA0106

IMG-20191128-WA0088

 

 

E-COMMERCE

A. Pengertian E-commerce
E-commerce adalah aktivitas penyeberangan, penjualan, pembelian, pemasaran produk (jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet jaringan komputer.

B. E-Commerce menurut para ahli
1. Loundon (1998) : Suatu proses transaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual dalam membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik dari perusahaan satu dan lainnya dengan menggunakan komputer sebagai perantara bisnis.
2. Joni Wong : Pembelian, penjualan, dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik.

C. Sejarah E-Commerce
Dimulai dari 1960 saat bisnis menggunakan EDI (elektronic Duta Interchage) yang kemudian tahun 1979 American standar institute mengembangkan ASC X12, yang kerap digunakan untuk saling share dokumen menggunakan perangkat elektronik dan berkembang ditahun 1980-1990 an. Sampai akhirnya terbentuklah satu perusahaan besar yang bernama e-Day dan amazon yang membuat revolusi dunia e-commerce.

D. Jenis-jenis E-Commerce
1. E-Commerce bussiness to Bussiness (B2B)
Transaksi oleh 2 belah pihak yang sama-sama memiliki kepentingan bisnis. Contohnya produsen dan sublier yang saling bertransaksi secara online baik untuk konsultasi hingga pembayaran.

2. Bussiness to Consumer (B2C)

Layaknya jual beli biasa konsumen mendapatkan penawaran produk dan melakukan jual beli secara online.

3. Consumen to Consumen (C2C)
Sebagai perantara antara penjual dan pembeli online.

4. Consumen to Bussiness (C2B)
Kebalikan dari B2C, yang berarti konsumen terakhir bertindak sebagai penjual dan perusahaan bertindak sebagai pembeli.

5. Media atau aplikasi e-commerce, contohnya katalog, email, shoping carts, yang melibatkan B2B.

E. Contoh E-Commerce di indonesia
1. Jual beli online di market place : bukalapak.com, tokopedia.com, blibli.com, dan lain sebagainya.

2. Internet Banking dan SMS Banking
Transaksi pembayaran melalui internet dan jaringan telekomunikasi.

3. Tv kabel dan Internet provider
Contohnya : indovision, big tv, indihome, dan lain-lain.

F. Komponen E-Commerce
1. Produk
a. Digital (software, musik, dll)
b. Fisik (buku, pakaian, dll)
2. Tempat menjual produk (websaite)
3. Cara menerima pesanan (email,
telepon, sms, chating, dll)
4. Metode pembayaran ( transfer via ATM,
kartu kredit, COD, Dll)
5. Metode pengiriman ( JNE,Tiki, Pos
atau ojek online)
6. Customer service

G. Manfaat E-Commerce bagi Bisnis dan Konsumen
1. Manfaat e-commerce bagi pelaku bisnis
– kemudahan dalam aktivitas jual beli
– memangkas biaya pemasaran.
– kemudahan dalam berkomunikasi
dengan komsumen dan produsen.
2. Manfaat e-commerce bagi konsumen
– konsumen dapat berbelanja lebih
mudah selama 24 jam sehari
sepanjang tahun.
– konsumen dapat melihat berbagai
pilihan produk yang dianggap
terbaik dengan harga yang paling
sesuai.

H. Dampak Positif dan Negatif E-Commerce
Positif :
1. Dapat meningkatkan supplier management
2. Membantu mempersingkat waktu produksi
3. Meningkatkan mata rantai pendapatan

Negatif :
1. Potensi terjadinya penipuan
2. Kemungkinan terjadinya pencurian data
dan informasi rahasia yang
mengakibatkan kerugian pada korban.
3. Potensi kerugian yang bisa terjadi akibat kesalahan manusia baik sengaja atau tidak, dan kerusakan sistem elektonik.

I. E-Commerce di Indonesia Semakin Menjanjikan
Diakui atau tidak perkembangan e-commerce sekarang sudah jauh melampaui ekspektasi dan membentuk selera konsumen dalam belanja. Kecepatan akses, stok yang lebih banyak pilihan, hemat waktu dan uang menjadikan hal ini kebutuhan utama.
Hanya saja ada sedikit gangguan dengan minimnya costumer service yang tidak bisa bersentuhan langsung dengan produk real. Juga, kekurangan e-commerce akan selalu terkendala dengan jangka waktu pengiriman barang.
Saat ini, e-commerce adalah bidang yang paling empuk untuk digeluti.

DASAR TEKNOLOGI INFORMASI

A . DASAR TEKNOLOGI INFORMASI

Apakah Teknologi Informasi itu? Teknologi Informasi (information Technology) yang basa disebut TI, IT atau infotech. Adapun definisi teknolog informasi :

1. Hagg dan Keen (1996)
Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan nformasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemprosesan informasi.

2. Wiliams dan Sawyer
Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi dengan kecepatan yang membawa data,suara, dan video.
Dari dua definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan Teknologi komunikasi. Adapun teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk alat yang berhubungan dengan komputer seperti printer, pembaca sdik jari dan bahkan CD-ROM. Sedangkan Teknologi Komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. yang termasuk dalam teknologi ini adalah telepon, radio, televisi.

B. Pengelompokan Teknolog Informasi
Teknologi informasi dapat dikelompokan menjadi 6, yaitu :
1. Teknologi Masukan
Teknologi masukan (input Technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukan data kedalam sistem komputer. Peranti masukan yang lazim dijumpai dalam sistem komputer berupa keyboard dan mouse.

2.Mesin Pemproses
Mesin Pemproses ( processing machine) lebih dikenal dengan sebutan CPU, mikroprosessor, prosessor. sesua namanya CPU merupakan bagian dalam sistem komputer yang menjadi pusat pengolahan data dengan cara menjalankan program yang mengatur pengolahan tersebut. Contoh prosesor untuk PC yang terkenal saat ini adalah Celeron, Core i7, Xeon, Pentium, dan Core Duo. Intel dan AMD adalah contoh perusahaan yang menghasilkan prosesor.

3. Teknologi Penyimpanan
Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internal dan penyimpanan eksternal. Memori internal (main memory) berfungsi sebagai pengingat baik bagi data, program, maupun informasi sementara ketika proses pengolahan dilaksanakan oleh cpu. Contoh memori internal, ROM dan RAM. ROM( read-only memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca, sedangkan RAM ( random access memory) adalah memori yang isinya bisa diperbarui.
Penyimpanan eksternal (external storage) adalah segala peranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Comtohnya hard disk dan disket.

4. Teknologi Keluaran
Teknologi keluaran (output technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan segala peranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem. Layar atau monitor dan printer merupakan peranti yang biasa digunakan sebagai peranti keluaran.

5. Teknologi Perangkat Lunak
Perangkat lunak (software) adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melalukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya. Contoh micorosft Word untuk membuat dokumen, Adobe Photoshop untuk mengolah gambar.

C. KOMPONEN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
Sistem teknologi informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Komponen utama sistem teknologi informasi yaitu :
1. Perangkat keras ( hardware) yaitu perangkat komputer yang memiliki wujud fisik. Contohnya: processor, RAM, Harddisk, dll.
2. Perangkat lunak (software) yaitu, sistem operasi dan juga berbagai aplikasi yang dimasukkan dalam hardware, dan bekerja sesuai perintah dari pengguan.
3. Orang (brainware) yaitu yang menggunakannya komputer.

D. KLASIFIKASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
1. Menurut Fungsi Sistem
Berdasarkan fungsi yang diemban sistem, sistem teknologi informasi dapat dibedakan menjadi :
a. Embedded IT system
Adalah sistem teknologi informasi yang melekat pada produk lain. Contoh sistem VCR ( video cassette recorder) memiliki sistem teknologi yang dapat merekam tayangan televisi.

b. Dedicated IT sustem
Adalah sistem teknogi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contoh, ATM dirancang khusus untuk transaksi keuangan bagi nasabah bank.

c. General Purpose IT system
Adalah sistem teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang bersifat umum.

2. Menurut Ukuran
Ukuran dalam pengklasifikasian sistem teknologi informasi tidak hanya ukuran fisik, tetapi lebih cenderung pada ukuran informasi yang dapat ditampung, kemampuan sistem yang ditawarkan, kecepatan pemprosesan, dan juga berdasarkan jumlah orang yang menggunakan sistem secara bersamaan. Adapun beberapa Kelompok komputer:

a.Superkomputer
Adalah jenis komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Biasa digunakan untuk aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks. Contoh peramalan cuaca dan perancangan roket.
Superkomputer yang terkenal adalah Gray (Cray Reserch, inc)

b.Mainframe
Adalah jenis komputer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala besar untuk penangani pemprosesan data dengan volume yang sangat besar. Perusahaan utamanya ialah IBM, Fujitsu, dan Unisys.

c. Minikomputer
Minikomputer sering disebut sistem midrange. Digunakan pada perusahaan -perusahaan berskala menengah sebagai server. Contohnya DEC, IBM, Hewlett Packard dan Data Ge General.

d. Workstation
Adalah jenis komputer yang lebih ampuh daripada kebanyakan PC. Digunakan untuk kepentingan aplikasi perancang berbasis grafis seperti CAD,

d. Mikrokomputer
Mikrokomputer lebih dikenal dengan PC ( Personal Computer) atau komputer pribadi. Dapat dibedakan menjadi beberapa :
1.Desktop PC adalah jenis PC yang berukuran besar yang digunakan pada rumah atau kantor dengan case ( kotak CPU) dalam posisi tertidur dan biasa diletakkan si atas meja.
2. Tower PC adalah PC dengan case dalam keadaan berdiri. Kotak CPU diletakkan disamping atau di bawah kolong meja
3. Laptop adalah jenis mikrokomputer yang mudah dibawa untuk bepergian.
4. Notebook sama seperti leptop hanya saja ukurannya lebih kecil.
5. Palmtop ( handheld PC/ PC genggam) adalah komputer ber-keyboard yang sedikit lebih besar dari kalkulator.
6. PDA ( Personal Digital Assistant) adalah jenis komputer genggam yang menggunakan pena sebagai penggnanti keyboard.
7. Tablet/ Tablet PC adalah jenis komputer tanpa keyboard dengan ukuran 7 sampai 10 inci.

3. Klien-Server
Klien adalah komputer yang memanfaatkan layanan-layanan yang disediakan server.

E. PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI
1. TI dalam Dunia Perbankan
Kehadiran sistem online yang ditangani oleh teknologi komputer dan teknologi komunikasi membuat nasabah mengambil uang dari kantor cabang dari bank yang sama yang berada dimana saja. Perkembangan selanjutnya, sistem seperti ini dilengkapi dengan mesin ATM ( Anjungan Tunai Mandiri/ Automatic Teller Machine), membuat nasabah bisa mengambil uang tanpa harus tergantung oleh jam kerja bank. Ekspansi ATM dilakukan dengan membuat ATM bersama yanh memungkinkan nasabah sebuah bank bisa mengambil ATM milik bank lain. Dan masih banyak aplikasi lain dalam dunia perbankan.

2. TI dalam Dunia Pendidikan
Sistem pengajaran dengan berbasis multimedia ( teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara, dan vidio) dapat membuat penyajian masalah menjadi menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian isi materi. Dan masih banyak yang lainnya juga.

3. TI dalam Dunia Medis
Sistem informasi digunakan untuk mencatat rekaman medis pasien. Teknologi informasi juga diterapkan pada peralatan-peralatan medis, misalnya pada ctscan. Ctscan adalah peralatan yang mampu memotret bagian dalam tubuh seseorang tanpa melakukan pembedahan yakni dengan menggunakan teknologi sinar x.

4. TI untuk kepolisian
Contoh pemanfaatannya :
a. Teknologi untuk membuat SIM dengan menggunakan teknologi seperti komputer, kamera, digital, perekam sidik jari, dan pencetak kartu SIM
b. Menggunakan teknologi pencocokan pola untuk memudahkan pekerjaan sidik jari yang tersimpan dalam basis data.
c. Teknologi pengenalan wajah untuk mengenali wajah-wajah para pelaku tindak kriminal yang telah tersimpan dalam basis data.

5. TI untuk perdagangan elektonik
Contohnya e-commerce yang merupakan model perdagangan yang lahir berkat kemajuan internet. Melalui jaringan rakasasa ini transaksi secara elektronik telah menjadi pilihan yang menarik bagi organisasi dan perorangan. Organisasi bisnis dapat menyediakan situs web untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan dan memberikan fasilitas untuk melaksanakan transaksi.

6. TI untuk Perancangan Produk
Dengan menggunakan perangkat lunak yang bernama CATIA (computer-aided three-imensional interactive application) buatan Dassault System, Perancis, pabrik dapat merancang mobil atau pesawat terbang tanpa kertas. Dodge dan DaimlerChrysler contoh perusahaan yang menggunakan perangkat lunak ini. Di indonesia PT PAL sudah lama menggunakan perangkat lunak CAD-CAM bernama foran untuk mendesain dan membuat kapal.