COVID-19 : Penyakit berbahaya yang tidak terlihat

Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 adalah penyakit baru yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan radang paru. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Gejala klinis yang muncul beragam, mulai dari seperti gejala flu biasa (batuk, pilek, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala) sampai yang berkomplikasi berat (pneumonia atau sepsis).

COVID-19 ada penyakit baru dan para peneliti masih mempelajari bagaimana cara penularannya. Dari berbagai penelitian, metode penyebaran utama penyakit ini diduga adalah melalui droplet saluran pernapasan dan kontak dekat dengan penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang dapat mengandung virus penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Droplet dapat melewati sampai jarak tertentu (biasanya 1 meter).

Penyakit ini tergolong lumayan lambat dibanding virus-virus terdahulunya seperti SARS. Jakarta kinipun sudah termasuk Zona Merah yang mengharuskan pemerintah setempat melakukan Social Distancing dan mengisolasi Jakarta

Berikut adalah data pantauan COVID-19 di Jakarta
Berikut adalah data pantauan COVID-19 di Jakarta

 

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah menyebarnya virus corona ini kepada anda

1. Mencuci tangan dengan benar
Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

Jika Anda adalah pekerja komuter yang berada di dalam transportasi umum, akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Cuci tangan juga penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.

2. Menggunakan masker
Ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.

Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Meski demikian, masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dan harganya pun relatif mahal.

Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

3. Menjaga daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Bila perlu, Anda juga menambah konsumsi suplemen sesuai anjuran dokter.

Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

4. Tidak pergi ke negara terjangkit
Tidak hanya Tiongkok, penyakit infeksi virus Corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa. Virus Corona juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Agar tidak tertular virus ini, Anda disarankan untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran coronavirus.

5. Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan coronavirus
Coronavirus jenis baru diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut

Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Hindari mengonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar atau busuk.

Bila Anda mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, apalagi bila dalam 2 minggu terakhir Anda bepergian ke Tiongkok atau negara-negara lain yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona, segeralah tanyakan ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Anda juga bisa mencoba mendeteksi risiko Anda terkena virus Corona dengan klik gambar di bawah ini.

 

 

sumber : (https://www.alodokter.com/ketahui-cara-untuk-mencegah-penularan-virus-corona)

(https://corona.jakarta.go.id/id)

Pendidikan Kewarganegaraan #3

A. Pengertian Integrasi Nasional

Integrasi nasional berasal dari dua kata bahasa Inggris, yaitu “Integrate” dan “Nation”. Integrate artinya menyatukan dan menggabungkan. Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan bahwa integrasi berarti pembauran hingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Kata nation artinya adalah bangsa. Jadi, integrasi nasional bisa disimpulkan berarti usaha atau proses untuk menyatukan segala jenis perbedaan dalam suatu bangsa atau negara. Perbedaan ini bisa dalam hal suku, ras, agama, adat istiadat, dan lain-lain.

B. Konsep Integrasi Nasional

Konsep integrasi nasional terbagi menjadi dua konsep, yaitu konsep vertikal dan konsep horizontal.

a) Konsep Vertikal

Konsep vertikal artinya bagaimana menyatukan pemerintah dengan rakyatnya yang terintegral secara vertikal. Dapat juga diartikan dengan bagaimana menyatukan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

b) Konsep Horizontal

Konsep horizontal artinya bagaimana menyatukan kemajemukan yang ada di Indonesia dalam segi suku, agama, ras, dan adat istiadat masyarakat Indonesia yang beragam.

C. Faktor Pendukung terjadinya Integrasi Nasional

1. Adanya rasa senasib sebagai masyarakat dari bangsa yang pernah dijajah.

2. Cinta tanah air.

3. Adanya rasa ingin untuk bersatu atau jiwa nasionalisme yang tinggi.

4. Adanya alat pemersatu bangsa yaitu bahasa Indonesia, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, lagu Indonesia Raya, bendera merah putih, dan lambang burung garuda.

D. Faktor Penghambat terjadinya Integrasi Nasional

1. Adanya ancaman dari luar seperti terorisme.

2. Masyarakat yang majemuk membuat sulit terjadinya integrasi contohnya karena ada rasa sukuisme yang tinggi.

3. Pembangunan yang tidak merata.

4. Wilayah yang terlalu luas.

5. Adanya oknum tertentu yang memecah belah antar golongan masyarakat.

Pendidikan Kewarganegaraan #2

Apa itu Identitas Nasional?

• Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), identitas berarti ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang atau jati diri. Sedangkan “nasional” berarti bersifat kebangsaan; berkenaan atau berasal dari bangsa sendiri; meliputi suatu bangsa.
• Dalam konteks pendidikan kewarganegaraan, identitas nasional lebih dekat dengan arti jati diri yakni ciri-ciri atau karakeristik, perasaan atau keyakinan tentang kebangsaan yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain.

Fungsi identitas nasional adalah :

1) Alat pemersatu bangsa.

2) Pembeda dengan bangsa lainnya.

3) Identitas negara itu sendiri.

4) Landasan negara.

C. Unsur Pembentuk Identitas Nasional

Indonesia merupakan suatu bangsa yang majemuk. Artinya, Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dan budaya. Kemajemukan itulah merupakan suatu gabungan akan unsur – unsur penting dalam pembentukan identitas nasional. Berikut ini beberapa unsur penting dibentuknya suatu identitas nasional.

Pendidikan Kewarganegaraan #1

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. (UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1).

Dan Kewarganegaraan adalah segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara. (UU RI No. 12 Tahun 2006 Pasal 1 ayat 2).

Jadi, Pendidikan Kewarganegaraan adalah program pendidikan yang berintikan demokrasi politik yang diperluas dengan sumber2 pengetahuan lainnya, pengaruh2 positif dari pendidikan sekolah, masyarakat, dan orang tua, yang kesemuanya itu diproses guna melatih para siswa untuk berpikir kritis, analitis, bersikap dan bertindak demokratis dalam mempersiapkan hidup demokratis yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

PENGERTIAN WARGA NEGARA

Pengertian Warga Negara menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah penduduk sebuah negara atau bangsa berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya yang mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai seorang warga dari negara itu.

Review Artikel Majalah

artikel PTI

Assalamualaikum,
Nama saya Rivan Herdian Pramudya
dari Prodi Teknik Informatika
Kali ini saya ingin me-review Artikel tentang Laptop

Artikel ini memuat tentang laptop yang dirilis oleh ASUS
seri yang ASUS rilis kali ini yaitu Zenbook
lebih tepatnya yaitu Zenbook yang versi Pro-nya, lebih tepatnya Zenbook Pro 15 UX580

Asus Zenbook Pro 15 UX580 memiliki spesifikasi yang tergolong High-end
yaitu,
-Intel i9-8950HK
-Nvidia GTX 1050TI
-16GB DDR4-2400 Mhz
-1TB NVme SSD
-15,6 inch Full HD Resolution
-HD 720p

laptop ini dilengkapi juga dengan Type-C USB, 3x USB 3.1, HDMI input, LAN ethernet, 3.5mm audio jack

laptop ini juga sudah di weight test dan mampu menahan beban seberat 10kg dan laptop ini memiliki beban yang tergolong enteng, yaitu 2.1kg.

tentang Processor yang sudah digunakan ASUS sudah menggunakan seri Intel Coffelake yang sudah termasuk High-end Processor keluaran terbaru dari Intel itu sendiri. Soal GPU yang digunakan juga sudah menggunakan NVIDIA 1050 bahkan yang digunakan sudah TI (Titanium). dan Ram bawaan sudah memiliki 16 GB SDRAM yang memiliki kecepatan 2400 Mhz, RAM itu juga masih bisa di upgrade sampai dengan 32GB. Dan 1TB SSD yang sudah jauh 10x lebih cepat dari HDD maupun SSHD. Monitor yang sudah digunakan asus juga sudah Full HD 1080p. dan juga sudah memiliki Webcam tanam 720p yang sudah cukup jernih untuk melakukan Video call maupun untuk kebutuh swafoto.

Sekin review dari saya, sekian
Terimakasih.

Alasan saya masuk Prodi Teknik Informatika, Universitas Lampung

HALO SEMUA! 

Nama saya Rivan Herdian Pramudya dari Prodi Teknik Informatika Universitas Lampung 2019. Alasan saya memilih prodi Teknik Informatika adalah karena saa berminat dengan hal-hal berbau teknologi, khususnya di bidang informatika. Saya ingin mempelajari lebih dalam tentang informatika dan ingin mempelajari penerepannya dalam kehidupan sehari-hari.

sekian dari saya, Terima kasih~