INTEL DEVELOPER FORUM 2016

IDF-logo

idf

 

Pada tahun 2016 ini Intel selaku perusahaan yang bergerak di bidang chip prosesor mengadakan sebuah forum yang diberi nama ‘Intel Developer Forum’. Forum  ini diadakan pada bulan agustus di San Francisco, Amerika Serikat. Forum ini diadakan untuk mempertemukan berbagai eksekutif perusahaan maupun orang-orang yang berkecimpung di bidang teknologi. Pada forum tahun ini, Real Sense techonology menjadi focus bahasan. Contoh real sense technology yang dimaksud intel adalah virtual reality, merged technology, dan teknologi drone. Pada forum ini juga intel membocorkan ‘Kaby Lake CPUs’ generasi ke-7, sebuah prosesor buatan mereka.

 

Dunia Real Sense berkembang sangat cepat pada saat ini. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba membuat terobosan dalam dunia Real Sense. Intel pun tak mau kalah dengan Merged Reality-nya. Apakah Merged Reality itu?. Intel membuat sebuah terobosan yang disebut “Project Alloy”, dengan ini perangkat dapat membuat gambar resolusi rendah pada kamera dan melihat dunia nyata di dunia virtual dan berinteraksi di dunia virtual menggunakan tangan. Jadi, Merged Reality merupakan teknologi Real Sense yang digabungkan, sehingga pengguna akan lebih merasakan berada di dunia nyata ketika menggunakan teknologi ini.

 

Pada forum kali ini Intel memperkenalkan sebuah UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yang diberi nama Yuneec Typhoon H. UAV ini memiliki prosesor Intel Atom quad-core, penyimpanan data, LTE, pengaturan I/O. pengaturan I/O ini dapat bekerja di controller manajemen dengan software Dronecode PX4. Pada tahun 2017 intel berencana memngembangkan sebuah drone quadrocopter yang sudah diintegrasikan dengan teknologi Real Sense secara penuh.

 

Intel juga memperkenalkan SSD (solid state drivers) buatanya. SSD ini diklaim memiliki kecepatan sepuluh kali lipat dibandingkan dengan SSD pada umumnya. Intel membandingkan SSD buatanya dengan SSD pada biasanya, hal tersebut memperlihatkan bahwa SSD buatanya lebih efisien dalam bekerja dibandingkan SSD biasa. Menurut intel SSD ini akan dirilis pada pengusaha dan gamers pada akhir tahun, tapi intel terus melakukan pengembangan sehingga belum bias dipastikan hal itu terjadi.