AL-Quran Digital

Al Quran sebagai wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Baginda Nabi besar Muhammad SAW yang menjadi pedoman bagi setiap umat manusia sebagai pedoman hidup guna menunjukkan kepada jalan kebaikan dan kebenaran, mengingatkan manusia agar berpegang teguh pada Al Quran untuk selamat di Dunia dan Akhirat

Saat ini perkembangan semakin zaman meningkat dan maju begitu pula dalam penyajian alquran sudah lebih canggih, saat ini bnyak alquran yang di buat kedalam digital sehingga mempermudah untuk membawa alquraan dimana saja sehingga bias meningkatkan keimanan kita setiap saat dan dimana saja.

Alquran digital sekarang ini banyak diminati khususnya oleh masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Kepraktisannya menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih menggunakan alquran digital sebagai bacaan quran mereka. Ini merupakan imbas dari perkembangan teknologi yang meneyntuh ruang lingkup agama, dalam hal ini kitab suci agama Islam.

Perkembangan teknologi saat ini bias bersifat positif dan negative tergantung pada orang yang menggunakan teknologi tersebut teknologiĀ  bisa bermanfaat bagi orang banyak dan bisa juga dapat merusak bnyak orang jika memiliki niat jahat

Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi yang bermanfaat dalam hal keagamaan diantaranya adalah dengan hadirnya alquran digital di tengah-tengah masyarakat. Alquran digital merupakan sebuah produk teknologi yang berdasarkan kepada konsep religi yang dipadukan dengan kemajuan teknologi saat ini. Kehadiran alquran digital ini memberikan banyak kelebihan tanpa mengurangi nilainya sebagai sebuah firman dan panduan hidup umat muslim di seluruh dunia.

Alquran digital yang dikenal saat ini pun hadir dengan bentuk yang beraneka ragam sesuai dengan media yang digunakan. Mulai dari format audio yang melantunkan ayat-ayat suci didalamnya, format tulisan yang bisa didownload kapanpun dan mudah dibaca, hingga gabungan audio dan visual berbentuk buku dan pena yang memudahkan orang untuk mempelajari huruf per huruf dalam alquran itu sendiri. Pemanfaatan teknologi seperti ini tentu semakin memudahkan kita untuk lebih mendekatkan diri kepada alquran sebagai bacaan dan tuntunan dalam menjalani kehidupan.

Meskipun bentuk dan media yang digunakan untuk alquran sudah sangat beragam, namun hakikat alquran sebagai sebuah kitab suci tentu tidak bisa dihilangkan begitu saja. Baik alquran digital maupun alquran yang tertulis dalam bentuk buku sama-sama memiliki kandungan isi dan lafal yang sama, tanpa perbedan satu huruf pun. Kesucian alquran bahkan dijamin akan terus terjaga hingga hari akhir nanti.

Mengapa banyak orang yang mulai beralih menggunakan alquran digital saat ini? Jika ditelusuri, ada beberapa kelebihan alquran digital yang bisa dimanfaatkan untuk semakin mendekatkan diri dengan bacaan kalamullah tersebut. Diantaranya sebagai berikut.

Bisa Didengarkan dimana Saja

Ketika kita megunduh alquran digital melalui alquran digital free download yang berbentuk audio misalnya, kita bisa dengan mudah menyimpannya didalam ponsel ataupun tablet. Dengan lantunan ayat suci yang bisa didengarkan dimana saja, kita pun bisa selalu dekat dan mengingat terus asma Allah yang dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap alquran.

Praktis untuk Dibawa

Salah satu alasan yang membuat alquran digital sangat diminati saat ini adalah dari segi kepraktisan yang dimlikinya. Ditambah dengan mudahnya alquran digital dijumpai saat ini, baik itu yang berbayar ataupun melalui alquran digital free download, kita pun seakan diberi banyak pilihan untuk bisa terus dekat dengan kitab suci yang menjadi pedoman hidup umat manusia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>