Kunjungan Kerja Lapangan Teknik Informatika UNILA Ke Telkomsel Pahoman

Pada tanggal 17 Juli 2017, Teknik Informatika mengadakan kunjungan kerja lapangan ke Telkomsel Pahoman. Tujuan diadakannya kunjungan ini untuk memperluas wawasan mahasiswa Teknik Informatika, khusus nya di bidang jaringan komputer.

Kami berkumpul di Telkomsel Pahoman pada pukul 10.00 WIB, lalu kami di terangkan bebarapa materi seperti sejarah Telkomsel dan jaringan. Setelah di bekali materi – materi, kami di bentuk kelompok yang di bagi menjadi 3 kelompok. Kelompok 1 dan 2 mendapat kloter awal untuk berkeliling Telkomsel Pahoman, saya tergabung ke kelompok 2. Pertama – tama kami memasuki ruangan yang di dalamnya bersuhu 5 derajat celcius, di dalam ruangan itu terdapat banyak sekali kabel dan sebagian mesin sudah tidak digunakan karena sudah di ganti dengan mesin yang lebih canggih. Terdapat pula mesin yang berfungsi sebagai backup power.

Setelah itu kami masuk ke ruangan ke 2 yang sama suhu nya dengan ruangan pertama tadi berkisar 5 derajat celcius, ruangan itu sengaja di buat sedemikian rupa agar mesin di dalamnya tidak panas dan rusak. Di dalam ruangan itu terdapat mesin yang menjadi central SMS di Lampung, jadi ketika SMS di kirim akan masuk ini dulu lalu baru dikirimkan ke penerima. Lalu ada Router yang mengubungkan ke beberapa daerah seperti Palembang, Jakarta, Surabaya, dll. Kemudian kami ke lantai 1, di lantai 1 kami di penjelasan tentang sambungan – sambungan BTS Lampung yang dapat di pantau di komputer dengan aplikasi. Dengan aplikasi ini pihak Telkomsel dapat mengetahui keaadaan BTS se Lampung, dan apabila ada problem maka akan tedeteksi sehingga dapat di tangani dengan cepat.

Setelah berkeliling di Telkomsel Pahoman, akhirnya kami ke lantai paling atas untuk sesi foto bersama dengan pihak Telkomsel Pahoman. Setelah itu kami berpamitan dan selesailah KKL Teknik Informtika ke Telkomsel Pahoman.

visitasi_170717_0061KKL

Tugas 1

Saya berminat kuliah di Teknik Informatika karena saya juga hobi mengotak atik komputer, sehingga saya mempunyai dasar di Teknik Informatika dan melihat prospek kerjanya yang baik.

Menurut saya Teknik Informatika mungkin bisa di bilang sebagai jurusan terfavorit di era sekarang.Hal ini dipicu semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi masa kini dan masih sangat minimnya tenaga IT di Indonesia ini.Teknik Informatika di Unila lumayan baik, tetapi fasilitas seperti lab dan gedung nya belum memadai, saya harap ke depannya Teknik Informatika lebih meningkatkan fasilitas nya karena kemungkinan tahun yang akan datang Teknik Informatika menjadi jurusan favorit.

Teknologi Informasi adalah sebuah istilah yang dapat membantu kehidupan manusia sehari hari baik dari segi ekonomi, bisnis, pendidikan, maupun segi penyebaran informasi.Dari segi ekonomi dan bisnis teknologi informasi dapat berupa pembelanjaan secara online. Selain itu teknologi informasi juga dapat digunakan untuk mengetahui bursa efek suatu negara. Kemudian dalam segi pendidikan teknologi informasi dapat dimanfaaatkan untuk mencari materi pembelajaran, pendaftaran sekolah secara online dan sebagainya. Selain dari segi ekonomi, bisnis, dan pendidikan, teknologi informasi juga dapat dilihat di segi penyebaran informasi misalnya jejaring sosial seperti facebook, twitter, blogger, dan sebagainya.