WhatsApp API: Rekomendasi WhatsApp Partner Terbaik

Facebook meluncurkan WhatsApp API untuk membantu bisnis menengah dan besar meningkatkan kemampuan komunikasi bisnis melalui pesan WhatsApp mereka dan terhubung dengan pelanggan mereka di seluruh dunia.

Dengan bantuan API, bisnis dapat menghubungkan sistem mereka sendiri untuk mengirim pesan transaksional otomatis melalui WhatsApp. Pemasar mendapatkan kontrol lebih besar atas perpesanan dan dapat mengurangi ketergantungan mereka pada pengembang untuk mengelola integrasi sambil melacak kinerja kampanye WhatsApp mereka dengan mulus.

Setiap bisnis atau perusahaan yang ingin mendapatkan layanan atau fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp API ini harus bermitra dan bekerja sama dengan BSP WhatsApp, yaitu penyedia solusi bisnis pihak ketiga yang berpengalaman di Platform WhatsApp Business untuk menyediakan fitur dan layanan dari WhatsApp Business API.

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API merupakan Application Programming Interface yaitu salah satu fitur WhatsApp untuk membantu dan mempermudah bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur WhatsApp Business API ini lebih ditunjukkan untuk kepentingan bisnis dan bukan personal atau perorangan. Kunjungi situs spikpk.id untuk menambah wawasan anda mengenai aplikasi apa saja yang bisa anda instal di perangkat anda.

WhatsApp Business API ini berbeda dengan WhatsApp Business. Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda akan membuka fitur lanjutan yang sebelumnya tidak bisa Anda akses dan dapatkan di versi WhatsApp Business biasa.

API atau Application Programming Interface WhatsApp inilah yang dimanfaatkan untuk dikembangkan menjadi aplikasi, sistem atau fitur lain yang terhubung dengan WhatsApp untuk memenuhi kebutuhan komunikasi bisnis dan pelanggan.

Apa Saja Manfaat Dari Menggunakan WhatsApp Business API?

Berikut ini manfaat dari menggunakan fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda:

Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Dengan menggunakan WhatsApp Business API secara otomatis meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan dengan adanya Centang Hijau (Verified Badge) pada akun bisnis Anda. Dengan adanya centang hijau menambah kemungkinan pelanggan Anda untuk membuka pesan. Secara otomatis, kepercayaan pelanggan berpengaruh pada peningkatan penjualan Anda.

Layanan pelanggan yang cepat dan responsif

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, anda dapat menggunakan fitur lanjutan yang tidak bisa Anda dapatkan pada akun WhatsApp Business biasa, seperti auto responder, chatbot, multi-user / multi-agent, alokasi chat per agent dan banyak lagi. Dengan fitur tersebut akan membantu Anda untuk menjangkau, menjawab, dan melayani pelanggan lebih banyak lagi dengan cepat dan efektif.

Jika pelanggan menunggu dalam waktu lama, memungkinkan mereka bertanya pada perusahaan lain yang merespons lebih cepat. Alhasil, menghilangnya peluang untuk mendapatkan clossing dari pelanggan tersebut.

Sebagai saluran komunikasi yang mudah dan praktis

WhatsApp memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan di saluran yang mereka gunakan. Kebanyakan orang memeriksa pesan mereka beberapa kali sehari yang menjadikan WhatsApp cara termudah dan paling nyaman bagi mereka untuk berhubungan dengan bisnis.

Pelanggan Anda juga tidak perlu memeriksa email mereka terus-menerus untuk mendapatkan pembaruan tentang pesanan/permintaan mereka. Di sisi lain, Anda dan pelanggan Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dari aplikasi ini.

Mudah diintegrasikan dengan sistem lain

WhatsApp Business API juga sangat mudah untuk diintegrasikan dengan sistem lain. Jika Anda mempunyai website atau sistem sendiri seperti CRM atau sistem lainnya dan ingin diintegrasikan menggunakan WhatsApp, itu sangat mudah.

Contoh integrasi yang bisa dilakukan: terhubung dengan platform chat messenger lain seperti Line, Telegram, Facebook dan Instagram, Livechat di Website, notifikasi pembelian dan pembayaran melelui website dan banyak lagi.

Dapat mengirimkan pesan blast secara massal

Keuntungan lainnya yaitu bisnis Anda dapat mengirimkan pesan blast (WhatsApp Blast) secara massal kepada pelanggan tanpa perlu menyimpan nomor atau kontak. Dengan begitu Anda dapat menjangkau banyak pelanggan secara sekaligus dan cepat. Anda bisa menggunakan fitur WhatsApp Blast ini untuk keperluan mengirimkan notifikasi, informasi pembayaran, informasi tagihan maupun informasi berupa produk diskon dan sebagainya.

Leave a Reply