Kunjungan Teknik Informatika Unila ke TTC Telkomsel Lampung

Pada tanggal 17 July 2016, Prodi Teknik Informatika Universitas Lampung melakukan kunjungan ke TTC Telkomsel Lampung. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari lebih dalam mata kuliah Jaringan computer, dan juga membangun hubungan yang baik  dari instansi luas ke jurusan Teknik Informatika.

Kunjungan ini di damping oleh dosen pengampu mata kuliah Jaringan Komputer, Bpk. Gigih Forda Nama S.T,M.T .

Kunjungan ini disambut sangat baik oleh pihak Telkomsel. Mahasiswa/i Teknik Informatika Unila di tayangkan video video pengenalan Telkomsel, seperti sejarah telkomsel, fitur fitur telkomsel, dan terobosan terbaru dari salah satu provider terbesar di Indonesia ini.

Telkomsel mulai berdiri tahun 1995, awal muncul Telkomsel meluncurkan kartuHALO sebagai layanan layanan paska bayar. Yang kini telah ada beragam layanan paska bayar, diantaranya adalah : simPATI, kartuAS, dan simpatiLOOP. Adapun fasilitas untuk memanjakan seluruh pelanggannya adalah : Game Max, Video Max, Langit Musik, T-cash, T-bike

  • Game max : adalah fitur paket internet khusus untuk anda pecinta Game. Dengan Game MAX, anda dapat membayar transaksi di game anda dengan pemotongan pulsa.
  • Video MAX : telkomsel bekerja sama dengan aplikasi film HOOX dan VIU, dimana setiap pelanggan yang mempunyai kuota Video MAX dapat sepuasnya menonton film di aplikasi HOOX/VIU tanpa harus takut terpotong kuota.
  • Langit music : telkomsel bekerja sama dengan aplikasi streaming music online seperti JOOX,Smule, Guvera, GenFM, dan PramporsFM.
  • T-cash : adalah layanan pembayaran secara virtual. Saldo t-Cash dapat tersimpan di t-Cash Wallet. Pelanggan dapat menikmati pembayaran virtual dimana saja selama terdapat jangkauan jaringan Telkomsel
  • t-Bike : adalah layanan terbaru dari Telkomsel, dimana setiap pelangan yang telah menggunakan T-Bike dapat mengaktifkan/menonaktifkan mesin kendaraan dari jarak jauh sekalipun.

Telkomsel adalah yang pertama  meluncurkan layanan 4G LTE secara resmi di Indonesia. Dengan total pelanggan saat ini  ±170jt pelanggan.

MISDN (Mobile ISDN Number) adslah pembagian kode kode nomor untuk pelanggan. Contohnya +62 811 721 7200

  • +62 adalah mobile country code
  • 811 adalah network destination code
  • 721 adalah home location register
  • 7200 adalah customer number

itu adalah beberapa materi dari sekian bayak ilmu yang di sampaikan oleh pihak Telkomsel. Tidak hanya presentasi materi tetapi kami juga mengunjungi ruangan DataCenter MSC dan BSC Telkomsel Lampung. Saya selaku mahasiswa merasa bangga dapat bekunjung ke kantor Telkomsel dan disambut dengan sangat ramah dan antusias.

Terimakasih kepada Bpk. Gigih Forda Nama yang telah mengajak kami berkunjung ke TTC Telkomsel Lampung

Terimakasih kepada seluruh Staff dan Pimpinan Telkomsel Lampung yang telah mengizinkan kami berkunjung ke TTC Telkomsel.

 

Tugas 1 – Teknik Informatika

Nama saya Fitri Pradina, saat ini saya berkuliah di Teknik Informatika – Universitas Lampung. Teknik Informatika adalah pilihan pertama di SNMPTN saya tahun 2015, alasan saya ingin masuk ke Teknik Informatika adalah karena saat berminat di bidang ini, khususnya ini saya sadar bahwa perkembangan teknologi dan informasi semakin lama semakin canggih, modern, dan semakin banyak penggunanya, tentunya di butuhkan tenaga kerja yang ahli di bidangnya, atau dengan kata lain lulusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang luas.

Pendapat saya tentang Tenik Elektro Prodi Teknik Informatika adalah sangatlah baik, terbukti dari banyaknya prestasi Nasional maupun Internasional yang telah di raih. Untuk Prodi Teknik Informatika sendiri sudah terbukti banyak sekali peminat dihitung dari jumlah pendaftar tahun 2015 ini yang mencapai lebih dari 2000 pendaftar, tetapi yang di terima hanya sekitar 49 orang. Tidak menutup kemungkinan bahwa di tahun tahun yang akan datang Teknik Informatika menjadi jurusan favorit pendaftar SNMPTN dan SBMPTB. Tetapi hal ini juga harus di imbangi dengan fasilitas yang lebih baik lagi, contohnya seperti Lab dan gedung baru, karena sangat tidak mungkin bila beberapa tahun kedepan jumlah mahasiswa semakin banyak tetapi Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Informatika berada di gedung yang sama.

 

Yang saya ketahui tentang Teknik Informatika adalah mencakup ilmu mengenai komputer dan alat-alat komunikasi yang digunakan untuk menyimpan, mengambil dan merubah data. Seperti yang  saya katakan di atas, bahwa lulusan TI memiliki prospek kerja yang luas, hal ini sesuai dengan postingan  yang di publikasikan di blog http://www.bloglupyhakim.com/ bahwa

Teknik Informatika termasuk dalam 3 lulusan yang paling dicari di perusahaan

Oleh sebab itu tak ada salahnya jika kita mengetaui selbih dalam tentang dunia Informasi dan Teknologi, atau minimal mengenalinya dan paham akan cara menggunaanya. Beberapa hal positif jika kita bisa menggunakan Teknologi Informasi adalah,

  • sangat membantu penggunanya untuk mendapatkan informasi, contohnya kita dapat dengan mudah mengakses situs situs yang berisi informasi dalam negri dan luar negri dengan mudah, cepat dan akurat
  • mempermudah komunikasi walau dengan jarak jauh, contohnya untuk penggunaan Facebook, BBM, Line, Twitter dsb. Dalam penggunaan aplikasi tersebut kita dapat dengan mudah berinteraksi dengan kerabat,saudara,dan keluarga walau untuk jarak yang sangat jauh dengan Teknologi semua menjadi lebih mudah
  • mempermudah sistem administrasi dan keuangan, contohnya di perusahaan, perbankan,dan usaha usaha menengah keatas