Home » Uncategorised » E-Commerce

E-Commerce

e commerce

 

Banyak yang bertanya apa itu e-commerce?  Saat ini kita bisa menyaksikan sendiri bagaimana teknologi berkembang dengan pesat. Kita sebagai pengguna teknologi tentunya merasa dimudahkan. Salah satu yang dapat kita lihat saat ini adalah berkembangnya e-commerce. Pasti kalian pernah dengar yang namanya e-commerce. Sebenarnya apasih e-commerce?

 

PENGERTIAN E-COMMERCE

E-Commerce adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer. E-Commerce hanya menjual produk dari website itu sendiri. Berbeda dengan marketplace. Kamu tidak akan menemukan lebih dari satu toko online seperti di marketplace.

 

JENIS-JENIS E-COMMERCE

  1. Business to Business (B2B) – Transaksi e-commerce ini dilakukan oleh dua belah pihak yang sama-sama memiliki kepentingan bisnis. Dua belah pihak ini saling mengerti dan mengetahui bisnis yang dijalankan.

    Umumnya bisnis tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan, atau secara sederhana berlangganan. Contoh sederhana dari B2B ini yaitu produsen dan suplier yang saling bertransaksi secara online baik untuk konsultasi kebutuhan barang, hingga proses pembayarannya.

  2. Business to Customer (B2C) – Business-to-Consumers (B2C) adalah jenis bisnis e-commerce yang paling umum dan paling dikenal oleh masyarakat. Jika B2B memasarkan barang dan jasa kepada perusahaan lain maka B2C adalah proses transaksi yang dilakukan antara produsen barang atau jasa langsung kepada konsumen akhir.

    B2C lebih mudah dan dinamis sehingga mampu berkembang dengan sangat cepat. Kemudahan membangun website membuat banyak sekali toko virtual yang tersebar di dunia maya.

    Kemudian dengan harga yang lebih murah, serta proses jual beli dan pengiriman yang cepat kepada konsumen. Contoh bisnis B2C yang cukup populer di Indonesia adalah amazon, ebay, traveloka dan lain sebagainya.

     

  3. Customer to Customer (C2C) – Selain B2C, consumer-to-consumer juga termasuk jenis bisnis e-commerce yang populer. C2C adalah transaksi barang atau jasa yang dilakukan dari konsumen kepada konsumen. C2C terbagi atas dua model yakni marketplace dan classifed.

    Di dalam model marketplace, konsumen sebagai penyedia barang dan jasa membutuhkan sebuah platform sebagai wadah transaksi. Di dalam platform tersebut, konsumen yang bertindak sebagi penjual dapat mem-posting berbagai produk untuk dibeli oleh konsumen lainnya.

    Contoh platform C2C yang sudah terkenal di Indonesia adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya.

 

KOMPONEN E-COMMERCE

Salah satu perbedaan diantara perdagangan elektronik dengan perdagngan tradisional adalah, dalam perdagangan elektronik ini terdapat mekanisme-mekanisme tetentu dan berbeda pada pada perdagangan yang sifatnya tradisional. Adapun komponen yang terlibat dalam ecommerce adalah:

  1. Produk – E-commerce mendukung penjualan berbagai jenis produk, mulai dari produk fisik hingga produk digital.
    • Produk digital: ebook, membership, software, musik, dan lain-lain.
    • Produk fisik: buku, pakaian, gadget, makanan, dan lain-lain.
  2. Tempat Menjual Produk – Kegiatan e-commerce dilakukan di internet, maka dibutuhkan domain dan hosting untuk membuat website sebagai media pemasaran.
  3. Cara Menerima Pesanan -Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meneriman pesanan. Diantaranya adalah dengan memanfaatkan email, telepon, SMS, Chatting, dan lain-lain.
  4. Metode Pembayaran – Beberapa metode pembayaran e-commerce pada umumnya menggunakan transfer via ATM, kartu kredit, COD, e-payment.
  5. Metode Pengiriman – Cara pengiriman barang e-commerce di Indonesia biasanya menggunakan jasa pengiriman barang (JNE, TIKI, Pos Indonesia, dan lain-lain). Namun, ada juga yang menggunakan jasa antar dari Ojek Online.
  6. Customer Service -Layanan pelanggan merupakan komponen yang sangat penting dalam operasional e-commerce. Aktivitas ini umumnya dilakukan melalui email, formulir online, FAQ, telepon, chatting, dan social media.

 

MANFAAT E-COMMERCE

Secara umum, terdapat beberapa manfaat yang diberikan yaitu :

  • Memudahkan aktivitas pemasaran produk secara online atau digital markerting, baik itu produk barang maupun jasa karena dibantu dengan teknologi elektronik yang mencakup pasar secara luas.
  • Memudahkan proses penjualan dan pembelian barang karena meskipun tidak bertemu secara langsung, teknologi elektronik bisa menghubungkan untuk kedua pihak saling berkomunikasi dan melakukan transaksi sebagaimana transaksi konvensional.
  • Memudahkan bagi para pebisnis untuk menyebarkan informasi, baik itu tentang produk mereka ataupun layanan mereka. Apalagi internet sudah digunakan oleh hampir semua orang.
  • Pembayaran dalam transaksi pun bisa mudah dilakukan melalui teknologi transfer.

 

KEUNTUNGAN E-COMMERCE

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari e-commerce. Salah satunya adalah menjual produk atau jasa secara online tanpa harus mendirikan tooko atau kantor besar seperti yang dilakukan oleh para pelaku bisnis offline sebagai tempat usaha. Hanya dengan memanfaatkan jaringan internet, kamu sudah bisa memasarkan produk atau jasa kepada konsumen kapanpin dan di manapun.

Keuntungan lainnya adalah kemudahan berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Dari segi pemaaran barang juga jauh lebih menguntungan karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk melakkan promosi. Hanya dengan menggunakan jaringan internet, kamu sudah bisa memasarkan produk atau jasa kamu secara meluas ke masyarakat.

 

Nah itulah sedikit materi tentang e-commerce. Semoga artikel ini cukup untuk membuat kamu memahami apa itu e-commerce.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>