INTEGRAL

Assalamualaikum Wrb.Wb. Kali ini saya akan membahas tentang integral. Apa itu integral? Integral merupakan anti-turunan. Ada beberapa teorema integral yang akan memudahkan kamu dalam mengerjakan soal-soal integral.

 

TEOREMA-TEOREMA INTEGRAL

teorema integral (1)

teorema integral 1

teorema integral 2

Nah selain teorema-teorema, integral juga memiliki yang namanya kaidah. Tapi sebelumnya saya akan bahas tentang dua jenis integral yang sering kita temukan dalam kalkulus, yaitu integral tak temtu dan integral tentu.

Integral Tak Tentu merupakan sebuah invers atau kebalikan dari turunan. Yang mana, apabila sebuah turunan dari suatu fungsi, jika diintegralkan akan menghasilkan sebuah fungsi itu sendiri.

Integral Tentu merupakan suatu konsep yang berhubungan dengan proses pencarian luas suatu area yang batas-batas atau limit dari area tersebut sudah ditentukan.

 

KAIDAH-KAIDAH INTEGRAL TAK TENTU

integral-tak-tentu-5-638

integral-tak-tentu-6-638

integral-tak-tentu-7-638

integral-tak-tentu-8-638

integral-tak-tentu-8-638

integral-tak-tentu-9-638

Berikut ini ada beberapa latihan soal berserta jawaban nya yang dapat kamu gunakan untuk berlatih mengisi soal integral.

b0058f1e-b4b9-4afb-8a12-32181f007318

ed3df7a3-7cdd-48fb-a621-e16407b1d617

IMG_3017

 

IMG_3016

 

E-Commerce

e commerce

 

Banyak yang bertanya apa itu e-commerce?  Saat ini kita bisa menyaksikan sendiri bagaimana teknologi berkembang dengan pesat. Kita sebagai pengguna teknologi tentunya merasa dimudahkan. Salah satu yang dapat kita lihat saat ini adalah berkembangnya e-commerce. Pasti kalian pernah dengar yang namanya e-commerce. Sebenarnya apasih e-commerce?

 

PENGERTIAN E-COMMERCE

E-Commerce adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer. E-Commerce hanya menjual produk dari website itu sendiri. Berbeda dengan marketplace. Kamu tidak akan menemukan lebih dari satu toko online seperti di marketplace.

 

JENIS-JENIS E-COMMERCE

  1. Business to Business (B2B) – Transaksi e-commerce ini dilakukan oleh dua belah pihak yang sama-sama memiliki kepentingan bisnis. Dua belah pihak ini saling mengerti dan mengetahui bisnis yang dijalankan.

    Umumnya bisnis tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan, atau secara sederhana berlangganan. Contoh sederhana dari B2B ini yaitu produsen dan suplier yang saling bertransaksi secara online baik untuk konsultasi kebutuhan barang, hingga proses pembayarannya.

  2. Business to Customer (B2C) – Business-to-Consumers (B2C) adalah jenis bisnis e-commerce yang paling umum dan paling dikenal oleh masyarakat. Jika B2B memasarkan barang dan jasa kepada perusahaan lain maka B2C adalah proses transaksi yang dilakukan antara produsen barang atau jasa langsung kepada konsumen akhir.

    B2C lebih mudah dan dinamis sehingga mampu berkembang dengan sangat cepat. Kemudahan membangun website membuat banyak sekali toko virtual yang tersebar di dunia maya.

    Kemudian dengan harga yang lebih murah, serta proses jual beli dan pengiriman yang cepat kepada konsumen. Contoh bisnis B2C yang cukup populer di Indonesia adalah amazon, ebay, traveloka dan lain sebagainya.

     

  3. Customer to Customer (C2C) – Selain B2C, consumer-to-consumer juga termasuk jenis bisnis e-commerce yang populer. C2C adalah transaksi barang atau jasa yang dilakukan dari konsumen kepada konsumen. C2C terbagi atas dua model yakni marketplace dan classifed.

    Di dalam model marketplace, konsumen sebagai penyedia barang dan jasa membutuhkan sebuah platform sebagai wadah transaksi. Di dalam platform tersebut, konsumen yang bertindak sebagi penjual dapat mem-posting berbagai produk untuk dibeli oleh konsumen lainnya.

    Contoh platform C2C yang sudah terkenal di Indonesia adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya.

 

KOMPONEN E-COMMERCE

Salah satu perbedaan diantara perdagangan elektronik dengan perdagngan tradisional adalah, dalam perdagangan elektronik ini terdapat mekanisme-mekanisme tetentu dan berbeda pada pada perdagangan yang sifatnya tradisional. Adapun komponen yang terlibat dalam ecommerce adalah:

  1. Produk – E-commerce mendukung penjualan berbagai jenis produk, mulai dari produk fisik hingga produk digital.
    • Produk digital: ebook, membership, software, musik, dan lain-lain.
    • Produk fisik: buku, pakaian, gadget, makanan, dan lain-lain.
  2. Tempat Menjual Produk – Kegiatan e-commerce dilakukan di internet, maka dibutuhkan domain dan hosting untuk membuat website sebagai media pemasaran.
  3. Cara Menerima Pesanan -Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meneriman pesanan. Diantaranya adalah dengan memanfaatkan email, telepon, SMS, Chatting, dan lain-lain.
  4. Metode Pembayaran – Beberapa metode pembayaran e-commerce pada umumnya menggunakan transfer via ATM, kartu kredit, COD, e-payment.
  5. Metode Pengiriman – Cara pengiriman barang e-commerce di Indonesia biasanya menggunakan jasa pengiriman barang (JNE, TIKI, Pos Indonesia, dan lain-lain). Namun, ada juga yang menggunakan jasa antar dari Ojek Online.
  6. Customer Service -Layanan pelanggan merupakan komponen yang sangat penting dalam operasional e-commerce. Aktivitas ini umumnya dilakukan melalui email, formulir online, FAQ, telepon, chatting, dan social media.

 

MANFAAT E-COMMERCE

Secara umum, terdapat beberapa manfaat yang diberikan yaitu :

  • Memudahkan aktivitas pemasaran produk secara online atau digital markerting, baik itu produk barang maupun jasa karena dibantu dengan teknologi elektronik yang mencakup pasar secara luas.
  • Memudahkan proses penjualan dan pembelian barang karena meskipun tidak bertemu secara langsung, teknologi elektronik bisa menghubungkan untuk kedua pihak saling berkomunikasi dan melakukan transaksi sebagaimana transaksi konvensional.
  • Memudahkan bagi para pebisnis untuk menyebarkan informasi, baik itu tentang produk mereka ataupun layanan mereka. Apalagi internet sudah digunakan oleh hampir semua orang.
  • Pembayaran dalam transaksi pun bisa mudah dilakukan melalui teknologi transfer.

 

KEUNTUNGAN E-COMMERCE

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari e-commerce. Salah satunya adalah menjual produk atau jasa secara online tanpa harus mendirikan tooko atau kantor besar seperti yang dilakukan oleh para pelaku bisnis offline sebagai tempat usaha. Hanya dengan memanfaatkan jaringan internet, kamu sudah bisa memasarkan produk atau jasa kepada konsumen kapanpin dan di manapun.

Keuntungan lainnya adalah kemudahan berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Dari segi pemaaran barang juga jauh lebih menguntungan karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk melakkan promosi. Hanya dengan menggunakan jaringan internet, kamu sudah bisa memasarkan produk atau jasa kamu secara meluas ke masyarakat.

 

Nah itulah sedikit materi tentang e-commerce. Semoga artikel ini cukup untuk membuat kamu memahami apa itu e-commerce.

Artificial Intelligence

ai

 

Apa itu Artificial Intelligence?

Disini kamu bisa mengenal apa yang dimaksud Artificial Intelligence (AI) atau yang biasa disebut kecerdasan buatan. Fungsi, jenis-jenis, dan contoh akan dijabarkan di artikel ini. Yuk baca sampai selesai!

 

PENGERTIAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah bidang ilmu teknologi tentang cara membuat komputer melakukan sesuatu seperti manusia dengan kecerdasan yang ditanamkan pada sebuah komputer atau sistem teknologi tersebut.

Dengan adanya AI ini diharapkan komputer dapat menyeimbangi kecerdasan manusia. Pada masa sekarang bahkan tujuan AI bukan hanya sekedar membuat komputer berpikir tetapi juga bisa melihat, mendengar, berjalan, bermain, dan bahkan merasakan.

 

FUNGSI DAN TUJUAN AI

  • Fungsi AI – Kecerdasan buatan diharapkan dapat melakukan beragam hal yang akan memudahkan manusia mulai dari pemrosesan bahasa alami, mengenai persepsi, penalaran, menggerakkan dan manipulasi objek, mengenai pengetahuan, dan juga melakukan pembelajaran.Jika di ambil kesimpulan secara menyeluruh, kecerdasan buatan berusaha untuk membuat robot yang memiliki kecerdasan yang mirip atau bahkan lebih dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia.

    Dengan menggunakan kecerdasan buatan, manusia dapat menjadi pemerintah sedangkan robot cerdas digunakan untuk melakukan pekerjaan kasar. Robot dengan kecerdasan buatan akan memiliki pengetahuan yang lebih tinggi daripada manusia karena untuk memberikan kecerdasan buatan manusia hanya perlu memasukkan data dan sistem akan mempelajarinya.

  • Tujuan AI – Tujuan pembuatan mesin yang canggih ini adalah untuk mengurangi waktu kerja sehingga kegiatan dapat lebih efisien dan membuat waktu pengerjaan lebih cepat. Dengan menggunakan kecerdasan buatan, manusia menjadi lebih murah dalam mengambil keputusan dan melakukan kegiatannya dibandingkan pada masa lalu.

 

JENIS-JENIS AI

AI tak melulu berbentuk robot yang menyerupai manusia. Kamu perlu mengetahui apa saja jenis teknologi yang tergolong AI. Pada dasarnya, ada 3 jenis, yaitu:

  • Symbol-manipulating AI – AI yang satu ini bekerja dengan simbol abstrak. Symbol-manipulating AI termasuk jenis yang paling banyak eksperimennya. Inti eksperimennya adalah manusia direkonstruksi pada tingkat yang hierarkis dan logis. Informasinya diproses dari atas, lalu bekerjanya dengan simbol yang dapat dibaca manusia/si pengembang, koneksinya abstrak dan hasil simpulannya logis.
  • Neural AI – Jenis AI yang ini sangat populer di kalangan ilmuwan komputer pada akhir 80-an. Dengan Neural AI, pengetahuan tidak direpresentasikan lewat simbol, tetapi lebih ke neuron buatan dan koneksinya ⎼ semacam otak yang direkonstruksi. Pengetahuan yang terkumpul nantinya dipecah menjadi bagian-bagian kecil (disebut neuron) dan kemudian dihubungkan serta dibangun menjadi kelompok-kelompok. Nah, pendekatan ini dikenal sebagai metode bottom-up yang bekerja dari bawah. Jadi, sistem sarafnya harus dilatih dan distimulasi supaya jaringan saraf bisa mengumpulkan pengalaman dan tumbuh supaya bisa mengumpulkan pengetahuan yang lebih besar.
  • Neural Networks – Neural Networks diatur ke dalam lapisan yang terhubung satu sama lain lewat simulasi. Lapisan paling atas adalah lapisan input, yang fungsinya seperti sensor. Sensor yang dimaksud adalah penerima informasi yang akan memproses dan meneruskannya ke sistem. Ada setidaknya dua sistem — atau lebih dari dua puluh lapisan dalam sistem besar — lapisan yang tersusun secara hierarkis. Lapisan-lapisan itu yang mengirim dan mengklasifikasikan informasi lewat koneksi. Di bagian paling bawah adalah lapisan output, yang umumnya sih punya jumlah neuron buatan paling sedikit.

 

CONTOH PENERAPAN AI

Saat ini sudah ada banyak sistem yang menggunakan kecerdasan buatan yang banyak memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah teknologi Google. Selain itu ada juga banyak aplikasi kecerdasan buatan yang menarik seperti :

  1. Siri 

    Siri adalah salah satu asisten pribadi virtual paling populer yang ditawarkan oleh Apple di iPhone dan iPad. Asisten yang diaktifkan sebagai suara perempuan ramah berinteraksi dengan pengguna dalam rutinitas sehari-hari. Dia membantu kamu menemukan informasi, mendapatkan petunjuk arah, mengirim pesan, melakukan panggilan suara, membuka aplikasi, dan menambahkan acara ke kalender. Siri menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk mendapatkan pertanyaan dan permintaan bahasa alami yang lebih cerdas dan mampu memahami.

  2. Tesla

    Penerapan AI tidak hanya pada smartphone tetapi mobil juga sudah mulai menggunakan AI. Tesla adalah kecerdasan buatan yang dibuat untuk memperbolehkan mobil berkendara secara otomatis tanpa adanya driver manusia. Ini adalah salah satu teknologi mobil terbaik yang tersedia sampai sekarang. Mobil ini tidak hanya mampu meraih banyak penghargaan tetapi juga fitur seperti mengemudi sendiri, kemampuan prediktif, dan inovasi teknologi mutlak.

  3. Alexa 

    Alexa adalah Voice assistant dari perusahaan Amazon. Alexa merupakanproduk revolusioner yang dapat membantu Anda mencari informasi di web, mengatur janji, berbelanja, mengontrol lampu, switch, termostat, menjawab pertanyaan, membaca audiobook, melaporkan lalu lintas dan cuaca, memberikan info tentang bisnis lokal, memberikan skor dan jadwal olahraga , dan lainnya menggunakan Layanan Suara Alexa.

 

Nah, setelah membaca artikel ini, kamu bisa mengetahui pengertian AI, dan contoh-contohnya yang sudah mulai diterapkan di masa ini. Beberapa contoh penerapan AI semakin populer saat ini, mempengaruhi cara hidup kita, berinteraksi dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Masih banyak yang akan datang di tahun-tahun mendatang dengan lebih banyak perbaikan, pengembangan, dan penerapannya. Bagaimana menurutmu tentang perkembangan AI yang akan datang di dunia kita?

 

Hello world!

Welcome to Web-Informatika Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!