Kunjungan dan Kuliah Lapangan pada PT. Telkom Indonesia, Bandar Lampung

Pada Hari Selasa, tanggal 3 Mei 2016 Kami Mahasiswa/i Jurusan Teknik Informatika melakukan Kunjungan dan Kuliah Lapangan dari Mata Kuliah Jaringan Komputer 1 yang di bimbing oleh dosen kami yaitu Pak Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I.

Kunjungan Kuliah Lapangan ini berlokasi pada Kantor Pusat PT. Telkom Bandar Lampung yang letak nya berada di Jalan Raden Ajeng Kartini No.1

Foto Bersama
Foto Bersama

 

Pada saat tiba di lokasi, kami disambut dengan sangat baik oleh staf-staf PT.Telkom Indonesia, setelah itu kami semua mengambil beberapa foto bersama-sama dengan Dosen kami.

13151549_10154096081272822_7180777378441765139_n

 

13165889_10154096086412822_5871333896924989170_n

Setelah itu dilanjutkan dengan memasuki ruang aula khusus dimana kami diberikan banyak pengetahuan mengenai Telkom Indonesia yang sampaikan Bapak Eko Waluyo, dan juga kami dikenalkan dengan beberapa layanan dari Telkom yaitu seperti layanan yang disebut Triple Play oleh Telkom, dimana layanan Triple Play tersebut terdiri dari layanan untuk Televisi, Telephone, dan juga Internet. Layanan ini ternyata akan dikembangkan menjadi Fourth Play yang diterangkan oleh beliau.

Setelah beberapa saat diberikan banyak pengetahuan mengenai Telkom, kami pun berpindah ruangan ke sebuah ruangan khusus, disana terdapat mesin yang besar, dan terlihat sangat rumit untuk dimengerti, ternyata mesin tersebut dapat membelah jaringan dari Fiber Optic, sehingga jaringan jaringan tersebut dapat dibagi kebeberapa daerah tanpa harus membuat jaringan baru menuju daerah tersebut untuk meminimalisir keuangan yang keluar dan juga memaksimalkan kinerja yang ada.

Jika diamati, di dalam ruangan tersebut terdapat pendingin ruangan yang begitu besar yang terletak dibagian bawah lantai, dan juga pendingin ruangan dari bagian atap ruang, banyak sekali pendeteksi asap panas, pendeteksi api, dan terdapat sebuah alarm bahaya, kemungkinan menurut hipotesis yang saya dapat, mesin tersebut tidak dapat bertahan lama jika terjadi Overheating, yang mungkin dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan yang sangat besar, sehingga dipasang begitu banyak alat sebagai penjaga ruang tersebut agar tetap terjaga.

 

13133345_10154096088782822_8685942149329015616_n

Setelah kami diberi pengetahuan mengenai mesin besar tersebut, kami diberitahukan akan sebuah alat yang dapat menyambung kabel dari Fiber Optic yang terputus, dan kamipun tidak lupa diberi beberapa praktik bagimana cara menggunakan alat tersebut, dan ternyata alat kecil tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi dan diberi harga yang cukup tinggi seharga dengan mobil keluarga pada umumnya.

13177948_10154096089422822_8150617794318813367_n

Maaf kalau ACCU ketutupan
Maaf kalau ACCU ketutupan

 

Selesai dari pengenalan alat tersebut kami menuju ruangan khusus lainnya yaitu ruangan yang diberi nama Battery Bank sejumlah 48 unit, ditempat tersebut berada banyak Accu yang begitu besar, dengan kapasitas 1600 Ampere 2 Volt pada setiap Accu dan setiap Accu dihargai dengan harga 10 Juta Rupiah, sungguh nilai yang begitu besar jika dihargai 10 Juta untuk setiap unitnya.

Seusai semua itu kamipun tidak lupa untuk mengambil beberapa gambar dan foto bersama kembali, dan kali ini kami mengambil foto bersama staf-staf yang ada pada PT.Telkom kali itu.

 

Banyak hal yang ingin ku pelajari dari Dunia ini, mungkin itu hanyalah sebuah gedung yang tidak begitu besar, bagaimana jika PT. Telkom Indonesia yang berada di Ibu Kota? Atau bagaimana jika Perusahaan dari Communication Center lainnya yang berada di negara lain?

Begitu banyak hal yang dapat diketahui dari dunia ini, sehingga membuatku ingin mempelajari lebih banyak lagi. Kunjungan kali ini berkesan baik bagiku, dan begitu banyak ilmu yang kudapatkan, dan juga membuatku ingin mempelajari dunia ini lebih banyak dan lebih luas lagi agar ku dapat melihat bahwa indahnya dunia ini.

 

Terima Kasih banyak kepada Bapak Eko Waluyo selaku Staf dan juga Terima Kasih banyak kepada PT. Telkom yang telah mengizinkan kami untuk berkunjung dan mempelajari banyak hal.

Terima Kasih telah berkunjung dan membaca, semoga dapat bermanfaat di kemudian hari.

Amin.
Terima Kasih ^^

Sorting

Sorting

Sorting adalah proses menyusun elemen – elemen dengan tata urut tertentu dan proses tersebut terimplementasi dalam bermacam aplikasi. Kita ambil contoh pada aplikasi perbankan. Aplikasi tersebut mampu menampilkan daftar account yang aktif.

Hampir seluruh pengguna pada sistem akan memilih tampilan daftar berurutan secara ascending demi kenyamanan dalam penelusuran data.

Beberapa macam algoritma sorting telah dibuat karena proses tersebut sangat mendasar dan sering digunakan. Oleh karena itu, pemahaman atas algoritma – algoritma yang ada sangatlah berguna.

 

Macam-macam Sorting:

  • Buble Sort :

   Bubble Sort adalah salah satu algoritma untuk sorting data, atau kata lainnya mengurutkan data dari yang terbesar ke yang terkecil atau sebaliknya (Ascending atau Descending).

Bubble sort (metode gelembung) adalah metode/algoritma pengurutan dengan dengan cara melakukan penukaran data dengan tepat disebelahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan. Jika tidak ada perubahan berarti data sudah terurut. Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci akan dengan lambat menggelembung ke posisinya yang tepat.

 

  • Insertion Sort :

Algoritma insertion sort pada dasarnya memilah data yang akan diurutkan menjadi dua bagian, yang belum diurutkan dan yang sudah diurutkan. Elemen pertama diambil dari bagian array yang belum diurutkan dan kemudian diletakkan sesuai posisinya pada bagian lain dari array yang telah diurutkan. Langkah ini dilakukan secara berulang hingga tidak ada lagi elemen yang tersisa pada bagian array yang belum diurutkan.

 

  • Selection Sort :

Ide utama dari algoritma selection sort adalah memilih elemen dengan nilai paling rendah dan menukar elemen yang terpilih dengan elemen ke-i. Nilai dari i dimulai dari 1 ke n, dimana n adalah jumlah total elemen dikurangi 1.

 

  • Shell Sort :

Merupakan algoritma yang stau jenis dengan insertion sort, dimana pada setiap nilai i dalam n/i item diurutkan. Pada setiap pergantian nilai, i dikurangi sampai 1 sebagai nilai terakhir

 

  • Quick Sort :

Algoritma ini berdasar pada pola divide-and-conquer. Berbeda dengan merge sort, algoritma ini hanya mengikuti langkah – langkah sebagai berikut :

 

  1. Divide

Memilah rangkaian data menjadi dua sub-rangkaian A[p…q-1] dan A[q+1…r] dimana setiap elemen A[p…q-1] adalah kurang dari atau sama dengan A[q] dan setiap elemen pada A[q+1…r] adalah lebih besar atau sama dengan elemen pada A[q]. A[q] disebut sebagai elemen pivot. Perhitungan pada elemen q merupakan salah satu bagian dari prosedur pemisahan.

  1. Conquer

Mengurutkan elemen pada sub-rangkaian secara rekursif. Pada algoritma quicksort, langkah ”kombinasi” tidak di lakukan karena telah terjadi pengurutan elemen – elemen pada sub-array

 

  • Merge Sort :

Algoritma dirumuskan dalam 3 langkah berpola divide-and-conquer. Berikut menjelaskan langkah kerja dari Merge sort.

  1. Divide

Memilah elemen – elemen dari rangkaian data menjadi dua bagian.

  1. Conquer

Conquer setiap bagian dengan memanggil prosedur merge sort secara rekursif

  1. Kombinasi

Mengkombinasikan dua bagian tersebut secara rekursif untuk mendapatkan rangkaian data berurutan

Proses rekursi berhenti jika mencapai elemen dasar. Hal ini terjadi bilamana bagian yang akan diurutkan menyisakan tepat satu elemen. Sisa pengurutan satu elemen tersebut menandakan bahwa bagian tersebut telah terurut sesuai rangkaian.

 

Spesifikasi Laptop :

Spec

Data Percobaan :

Python

Tabel

 

Grafik

 

 

 

Ilmu Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awal diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan umat manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk mengerjakan sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.

Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.

Walaupun Artificial Intelligence memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam Artificial Intelligence menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah.

Dengan adanya kecerdasan buatan, diharapkan tidak menutup kemungkinan hanya dengan data pengetahuan yang terbatas, sebuah komputer dapat berpikir seperti manusia dalam menghadapi masalah.

Lingkup utama Kecerdasan Buatan adalah:

  • Sistem Pakar. Komputer digunakan sebagai saran untuk menyimpan pengetahuan para pakar.
  • Pengolahan Bahasa Alam. Dengan pengolahan bahasa alam ini menggunakan user mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
  • Pengenalan Ucapan. Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan suara.

 

Menurutku yang membuatku tertarik akan Kecerdasan Buatan adalah karena aku tertarik akan sebuah program yang dapat mengenali suara dan bentuk fisik pengguna atau User yang menggunakan program tersebut, akan tetapi masih banyak beberapa kekurangan program tersebut dimulai dari pengenalan suara yang harus sama persis tanpa ada kesalahan, dan juga kesalahan akan pengenalan suara karena beberapa kesamaan.

Ada beberapa hal yang ingin kulakukan dan menyangkut Ilmu Kecerdasan Buatan, namun kali ini ku hanya memberi satu keinginan yaitu membuat sebuah program yang dapat mengenali suara meskipun terjadi sedikit perbedaan suara pengguna program, dan pengenalan bentuk fisik yang benar benar dapat mengenali pengguna program tersebut, namun tidak hanya itu saja. Aku juga ingin membuat program tersebut memiliki kecerdasan yang benar benar berbeda dengan program yang telah ada, agar program dapat belajar dan mengerti akan kehidupan manusia sehingga dapat memberikan masukan dan bantuan, juga Ilmu Pengetahuan yang sangat luas. Sehingga pengguna dapat bertanya tanpa harus ragu akan jawaban program tersebut.

Sekian postingan saya kali ini ^^

Generasi Robot Tempur Militer Rusia

Pada awal November, Kementerian Pertahanan Rusia menegaskan konsep pengembangan sistem teknologi robotik dan penggunaannya dalam bidang militer. Berdasarkan informasi dari Kementerian Pertahanan, robot-robot tersebut akan masuk dalam perbendaharaan senjata pasukan Rusia pada 2017-2018, dan menjelang tahun 2025 robot-robot ini akan mengisi 30 persen dari keseluruhan teknologi senjata angkatan bersenjata Rusia.

 

Black Phoenix Project

 Black Phoenix Project Prototype number 2

Black Phoenix Project 2

 

Black Phoenix Project Prototype number 5

Black Phoenix Project 5

 

Black Phoenix Project Prototype number 6

Black Phoenix Project 6

Black Phoenix Project adalah Project yang dilakukan untuk membuat robot tempur yang mengerikan dan masih belum dapat diketahui berapa banyak jenis robot yang dibuat pada Project ini.
Saya hanya mengunggah 3 gambar dari 6 gambar robot yang mengerikan.

 

Nanoteknologi

Nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular. Teknologi Masa Depan. Istilah Nano berasal dari bahasa yunani yang berarti kecil. Dan sesuai dengan namanya, nano teknologi merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat mengontrol suatu Zat, Sel (materi penyusun makhluk hidup), dan material-material yang memiliki skala satuan NanoMeter. Ukuran satu nanometer adalah satu persatuan milyar meter (0.000000001) yang berarti Ribuan Kali Lebih Kecil dari pada rambut manusia.

Salah satu contoh Teknologi Masa Depan NanoTeknologi dalam bidang kesehatan adalah Robot-robot super kecil berskala nano meter yang akan di perintah untuk membunuh Virus-virus dalam tubuh, membersihkan saluran darah yang tersumbat, dan bahkan hingga mempercepat proses pembelahan Sel, dengan memasok lebih unsur-unsur yang di butuhkan oleh Sel untuk melakukan pembelahan, dan hingga memungkinkan Korban untuk mengalami kesembuhan luka Total hanya dalam hitungan waktu beberapa menit saja.

nano-teknologi
NanoTeknologi juga ternyata dapat di terapkan dalam bidang industri, pembangunan, dan bahkan untuk keamanan. Contoh Teknologi Masa Depan, NanoTeknologi dalam bidang industri adalah nanti mungkin manusia akan dapat membuat Nuklir Berukuran Mini, Robot Tempur/Mata-mata Mini, dan senjata pemusnah Bio NanoTeknologi yang dapat membunuh umat manusia tanpa menyebabkan adanya kerusakan fisik seperti nuklir. Sehingga, dengan adanya Teknologi Masa Depan, NanoTeknologi pasti  akan menciptakan kemudahan dalam bidang kesehatan, Serta akan mengurangi Angka jumlah kematian di dunia.