Kuliah kunjungan lapangan (KKL) Mata Kuliah Jaringan Komputer Semester Genap 2016/2017 Mahasiswa Teknik Informatika 2015, ke PT.Telkomsel Regional Lampung, Senin 17 Juli 2017

Sehubungan dengan diadakannya KKL (Kuliah Kerja Lapangan) dalam Mata Kuliah Jaringan Komunikasi yang diampu oleh Dosen Bapak Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I. yang berlangsung pada Senin, 17 Juli 2017 seluruh sifitas Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika 2015 Universitas Lampung mengadakan kunjungan ke salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia yaiutu, Gedung Telkomsel Telecommunication Center TTC (Cabang Bandar Lampung) yang berlokasi di JL. Way Sekampung No.8 Pahoman, Bandar Lampung.

KKL ini ditujukan agar Mahasiswa dapat lebih mengetahui bagaimana operasional suatu jaringan secara lebih nyata di dalam dunia kerja. Acara ini dimulai sekitar jam 10.00 WIB yang diawali dengan beberapa materi dari kakak karyawan yang sangat welcome untuk memperkenalkan apa itu Telkomsel sebenanrnya kepada Mahasiswa TI 2015.

Telkomsel sendiri adalah, sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Telkomsel merupakan operator telekomunikasi seluler GSM kedua yang ada di Indonesia, dengan layanan paskabayarnya yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995. Waktu itu kepemilikan saham Telkomsel adalah PT Telkom(51%) dan PT Indosat (49%). Kemudian pada November 1997 Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Asia yang menawarkan layanan prabayar GSM.

Meskipun Telkomsel memiliki CDMA yaitu, flexy tetapi perlahan sudah hilang karena kurang peminat akibat akses yang tidak begitu baik (low performa) dan sekarang, untuk bandwidth spektrum frekuensi CDMA dialokasikan kepada GSM agar cakupan pelanggan dapat lebih luas baik dari layanan voice, SMS, maupun data internet. Telkomsel sendiri mengklaim sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, dengan jumlah sekitar 170 juta pelanggan dengan perkembangan yang cukup signifikan dari kehadiran 2G di 800 MHz – 900 MHz, 3G di 2100 MHz hinggan 4G LTE di 1800 MHz pertama di Indonesia.

Bukan hanya itu Telkomsel juga menawarkan beberapa kemudahan seperti data kuota internet yang telah di partisi untuk beberapa kebutuhan seperti Musicmax, Gamemax, dan Videomax sehingga dalam penggunaannya digunakan khusus pada kuota data tersebut.

Telkomsel juga hadir dengan beberapa kemudahan dalam bidang life style seperti t-cash yaitu metode pembayaran secara virtual dan t-bike hardware yang dipasang pada kendaraan motor untuk monitoring.

Bukan hanya memperkenalkan provider Telkomsel saja tapi, di sana juga kami diberi banyak ilmu pengetahuan tentang bagaimana suatu jaringan dapat berjalan, arsitektur dari suatu jaringan baik voice, SMS, maupun data, serta komponen-komponennya. Juga kami dijelaskan akan apa itu MISDN (Mobile subscriber isdn number) yaitu pengelompokan nomor telepon sesuai kode tertentu, ADN (Abbreviated dialing number) yaitu nomor telepon yang spesifik.

Seperti salah satu contoh yaitu bagaimanan layanan SMS dapat terhubung satu sama lain:

as

Dimulai dari sinyal yang di tangkap oleh BTS Base Transceiver Station adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator, dalam keterkaitan BTS pada BTS di lokasi lain terdapat LAC (Location Area Code) dan CI (Code Index). Setelah itu di lanjutkan menuju ke BSC yaitu induk BTS, disalurkan ke Mobille Switching Centre (MSC) merupakan kantor elektronik yang membawa seluler.  Sistem komputer mengontrol sistem saklar untuk operasi-operasi jaringan secara otomatis. Lalu SMSC Sort message service centre (SMSC) dimana pada SMSC terdapat sistem store  dan forward dalam pengiriman SMS.  SMS tersebut disimpan dalam jaringan sampai handphone siap menerima maka seorang pamakai dapat mengirim atau menerima makas seorang pemakai dapat mengirim atau menerima SMS, setiap waktu dimana sebuah panggilan suara biasa dalam posisi aktif atau tidak aktif.

Kami pun diajak untuk berkeliling (per kelompok) dipandu oleh beberapa kakak karyawan untuk melihat ruangan BSC yang ada di lantai 2, MSC dan komponen lainnya yang ada di lantai 3, dan sistem monitoring Telkomsel seluruh Indonesia yang ada di Lantai 1. Dan tak lupa juga setelah serangkaian acara selesai kami mengabadikan momen berharga ini berupa foto yang diambil di puncak gedung Telkomsel TTC Pahoman bersama Pak Gigih selaku dosen, kakak karyawan dan General Manager juga seluruh sifitas Telkomsel TTC Pahoman.

 

visitasi_170718_0062

 

Telkomsel Lampung_170717_0020

Dunia TI

Di dalam blog ini saya akan sedikit bercerita tentang program study Teknik Informatika khususnya yang ada di Universitas Lampung. Prodi Teknik Informatika adalah salah satu prodi yang masih terbilang sangat baru di Fakultas Teknik Unila, karena prodi ini didirikan pada tahun 2014 dan masih tergabung dalam jurusan Teknik Elektro Unila. Dapat dikatakan bahwa prodi Teknik Informatika adalah konsentrasi dari prodi Teknik Elektro yaitu SKI yang memisahkan diri dari prodi tersebut, tapi masih dalam satu jurusan yaitu jurusan Teknik Elektro. Mengingat bahwa terdapat 3 konsentrasi yang ada di Teknik Elektro yaitu: SEE (power/tegangantinggi), SIE (tegangan rendah), dan SKI (komputer). Di era globalisasi yang semakin marak ini tentunya segala bentuk informasi bisa sangat mudah didapatkan juga perkembangan teknologi dan populasi manusia yang semakin hari semakin berkembang pesat. Hal-hal ini yang mendorong saya untuk lebih bisa mendalami dan mengerti segala bentuk teknologi dan informasi. Disamping saya memiliki hobi browsing tapi saya juga sangat yakin bahwa prospek dalam bekerja di masa depan sangat luas pada bidang ini apalagi jika didamping oleh nilai IP yang bagus dan penguasaan bahasa inggris yang baik sebagai nilai tambah kita dalam dunia kerja sehingga kita mampu bersaing dengan orang lain yang memang pakar dalam bidangnya masing-masing yang semakin hari semakin ketat dan semakin membutuhkan teknologi dalam perusahaannya. Dan manusia sekarang mulai sadar bahwa dengan adanya teknologi mereka sangat dimanjakan, sehingga teknologi memiliki peran yang sangat besar terhadap dunia kerja apalagi dengan kinerjanya yang kemungkinan kecil hampir tidak melakukan kesalahan seperti hal nya manusia dan pengurangan uang untuk penghasilan karyawannya.

 

Teknik Elektro Unila memiliki sangat banyak prestasi di bidangnya. Antara lain, prestasi dalam menciptakan sesuatu benda yang ditujukan untuk membuat pekerjaan manusia semakin mudah. Hal ini ditunjang oleh adanya fasilitas laboratorium yang memadai untuk mengembangkan skill para mahasiswa dalam mengasah kreatifitasnya masing-masing dan para dosen sebagai tutor yang memang menguasai atau pakar di bidangnya. URO (Unila Robotika Otomasi) salah satu organisasi yang berkecimpung di dunia robotika yang telah menunjukan konsistensinya dalam memenangkan beberapa perlombaan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tapi itu hanya sebagai salah satu contoh karena, masih banyak lagi prestasi yang telah Teknik Elektro capai hingga saat ini.

 

Sebagai mana yang saya ketahui tentang Teknologi Informasi (TI) adalah, suatu studi perancangan, pengembangan, dan dukungan atau manajemen sistem informasi yang berbasis komputer, khususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer. Teknologi informasi memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan, dan memperoleh informasi secara aman. Teknologi Informasi memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai alat pemroses data. Mengolah atau memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan atau pemrosesan data dapat berupa konversi (pengubahan data ke bentuk lain), analisis (analisis kondisi), perhitungan (kalkulasi), sintesis (penggabungan) segala bentuk data dan informasi. Juga sebagai alat untuk menyimpan data, menghasilkan data, transmisi data, dan lain sebagainya.