Home » Uncategorised » Pertemuan Ku Dengan WANG

Pertemuan Ku Dengan WANG

Kali ini saya akan menceritakan tentang pertemuan ku dengan WANG. Tahun 2017 tepat di tanggal 28 Maret, tanpa sengaja bisa melihat sekaligus mengambil foto dengan komputer WANG. Sebelumnya saya hanya mendengar informasi komputer tertua di Lampung terkhusus di Universitas Lampung oleh salah seorang dosen saya yakni Bapak Gigih Forda Nama saat pertemuan mata kuliah di salah satu kelas.

Wang
(Foto ini diambil di UPT TIK Universitas Lampung, 28 Maret 2017)

 

Komputer WANG ini sendiri merupakan produk perusahaan WANG Laboratories Inc. yang didirikan oleh Dr. An Wang di Cambridge, Massachusetts, USA pada tahun 1951. Jadi, WANG ini adalah Industri  Computer hardware yang di samping itu juga memproduksi Word Processors, Minicomputers, dan Microcomputers.

Tahun 1982, sebanyak 3 unit komputer WANG masuk ke Lampung dan membantu pelayanan di Universitas Lampung. Selain Unila, PTPN-7  juga menggunakan komputer bersejarah ini. Menurut informasi yang saya dapatkan dari laman unila.ac.id, harga satu unit komputer pada masa itu berkisar antara Rp11 juta—Rp13 juta dimana komputer WANG tersebut hanya dapat melakukan proses untuk mengolah data karyawan pada lembaga atau perusahaan di mana komputer itu berada.

Kompter-Wang-Tertua-di-Lampung2
(S
umber : https://www.unila.ac.id/komputer-tertua-di-lampung/)

 

Komputer Wang ini terdiri atas tiga komponen besar berupa monitor yang tergabung dengan keyboard, disket room, dan CPU. Komputer WANG tidak hanya unik dari segi berat yang mencapai puluhan kilogram, namun juga menggunakan disket yang mulai ada sejak 1948 silam yang berukuran seperti piringan hitam musik.

Sumber : https://www.unila.ac.id/komputer-tertua-di-lampung/


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>