Home » Uncategorised » Aplikasi Messenger Masa Depan

Aplikasi Messenger Masa Depan

Dengan semakin berkembangnya teknologi, tentunya semakin banyak pula aplikasi-aplikasi yang mulai bermunculan seperti  aplikasi messenger. Di Indonesia sendiri, aplikasi messenger seperti liteBig (IB)  yang berawal dari sebuah startup.liteBig merupakan sebuah aplikasi untuk bertukar pesan karya anak bangsa yang ringan, handal dan aman. liteBig memberikan kebebasan bagi pengguna untuk dapat berinteraksi, berekspresi, dan berkreasi dimanapun dan kapanpun.

liteBig digagas oleh tiga orang pemuda Indonesia, di mana Founder dari IB sendiri merupakan salah satu alumni Teknik Elektro Universitas Lampung yakni M. Tesar Sandikapura. Ada beberapa alasan mengapa mereka memilih untuk menciptakan aplikasi messenger yakni karena pada saat ini aplikasi messenger merupakan aplikasi yang sangat dibutuhkan, sekarang ataupun di  masa depan dilihat dari perilaku masyarakat di era  ini.

Indonesia memiliki jumlah penduduk sebanyak 262,0 juta, sedangkan yang terhubung ke internet sebanyak 132,7 juta, di antaranya yang aktif menggunakan social media yakni 106,0 juta, dan untuk pengguna mobile sebanyak 92,0 juta. Sedangkan untuk pengguna kartu SIM sebanyak 371,4 juta. Meski begitu jumlah pengguna sosial media di Indonesia sudah termasuk tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa peluang terciptanya start-up baru di bidang teknologi akan besaar dilihat dari jumlah konsumen yang cukup besar di Indonesia. Apabila ingin menciptakan sebuah startup hendak lah  menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan dibuaat, siapa yang akan memakai, dan dari mana modal didapatkan.  Sehingga kesalahan-kesalahan dalam membangun startup  seperti tidak fokus,menjiplak, marketing yang gagal dan produk yang tidak sesuai dengan keinginan masyarakat tidak terjadi.

Dalam membangun sebuah Start-up, hendaklah memiliki kemampuan-kemampuan di bawah ini :

  1. Leadership
  2. Finance
  3. Project Management
  4. Software Development Life Cycle
  5. Technical Skill :
  1. Programming
  2. Data Base
  3. Mobile
  4. Web
  5. Infrastucture
  6. Security
  7. Testing/QA

 

The Next Future Messenger Apps :

  1. ChatBot di mana nanti ( bahkan sekarang sudah ada) system dalam chatting banyak menggunakan otomatis balasan dari system seperti lewat video, text,  atau lainnya yang dapat memudahkan pengguna dalam mencari informasi dalam waktu yang singkat.
  2. Payment System seperti yang sudah berjalan di India di mana semua media pembayaran sudah menggunakan scan bar-code melalui Smartphone. Hal ini dapat mempercepat proses transaksi.
  3. Travelling, di Indonesia sekarang sudah banyak aplikasi yag memudahkan pengguna untuk dapat mencari lokasi tempat wisata bahkan pemesanan tiket perjalanan. Bedanya masih mengharuskan pengguna untuk menyentuh system, namun di masa depan pengguna hanya akan menyebutkan apa yang ingin dituju dan chatbot akan memberikan balasan dengan cepat tanpa pengguna harus mencari-cari sendiri.
  4. Conversation in the Future, di mana semua pekerjaan dapat dilakukan oleh mesin.

LiteBig juga pernah memasuki aplikasi trending di Google Playstore  yang mengalahkan aplikasi Line, BBM, dan aplikasi messenger lainnya.  Kita harus bangga dan ikut serta memberikan dukungan terhadap karya-karya anak bangsa seperti liteBig ini dalam bidang teknologi.

Beberapa potret kebersamaan kami :

 


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>