Aplikasi Messenger Masa Depan

Dengan semakin berkembangnya teknologi, tentunya semakin banyak pula aplikasi-aplikasi yang mulai bermunculan seperti  aplikasi messenger. Di Indonesia sendiri, aplikasi messenger seperti liteBig (IB)  yang berawal dari sebuah startup.liteBig merupakan sebuah aplikasi untuk bertukar pesan karya anak bangsa yang ringan, handal dan aman. liteBig memberikan kebebasan bagi pengguna untuk dapat berinteraksi, berekspresi, dan berkreasi dimanapun dan kapanpun.

liteBig digagas oleh tiga orang pemuda Indonesia, di mana Founder dari IB sendiri merupakan salah satu alumni Teknik Elektro Universitas Lampung yakni M. Tesar Sandikapura. Ada beberapa alasan mengapa mereka memilih untuk menciptakan aplikasi messenger yakni karena pada saat ini aplikasi messenger merupakan aplikasi yang sangat dibutuhkan, sekarang ataupun di  masa depan dilihat dari perilaku masyarakat di era  ini.

Indonesia memiliki jumlah penduduk sebanyak 262,0 juta, sedangkan yang terhubung ke internet sebanyak 132,7 juta, di antaranya yang aktif menggunakan social media yakni 106,0 juta, dan untuk pengguna mobile sebanyak 92,0 juta. Sedangkan untuk pengguna kartu SIM sebanyak 371,4 juta. Meski begitu jumlah pengguna sosial media di Indonesia sudah termasuk tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa peluang terciptanya start-up baru di bidang teknologi akan besaar dilihat dari jumlah konsumen yang cukup besar di Indonesia. Apabila ingin menciptakan sebuah startup hendak lah  menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan dibuaat, siapa yang akan memakai, dan dari mana modal didapatkan.  Sehingga kesalahan-kesalahan dalam membangun startup  seperti tidak fokus,menjiplak, marketing yang gagal dan produk yang tidak sesuai dengan keinginan masyarakat tidak terjadi.

Dalam membangun sebuah Start-up, hendaklah memiliki kemampuan-kemampuan di bawah ini :

  1. Leadership
  2. Finance
  3. Project Management
  4. Software Development Life Cycle
  5. Technical Skill :
  1. Programming
  2. Data Base
  3. Mobile
  4. Web
  5. Infrastucture
  6. Security
  7. Testing/QA

 

The Next Future Messenger Apps :

  1. ChatBot di mana nanti ( bahkan sekarang sudah ada) system dalam chatting banyak menggunakan otomatis balasan dari system seperti lewat video, text,  atau lainnya yang dapat memudahkan pengguna dalam mencari informasi dalam waktu yang singkat.
  2. Payment System seperti yang sudah berjalan di India di mana semua media pembayaran sudah menggunakan scan bar-code melalui Smartphone. Hal ini dapat mempercepat proses transaksi.
  3. Travelling, di Indonesia sekarang sudah banyak aplikasi yag memudahkan pengguna untuk dapat mencari lokasi tempat wisata bahkan pemesanan tiket perjalanan. Bedanya masih mengharuskan pengguna untuk menyentuh system, namun di masa depan pengguna hanya akan menyebutkan apa yang ingin dituju dan chatbot akan memberikan balasan dengan cepat tanpa pengguna harus mencari-cari sendiri.
  4. Conversation in the Future, di mana semua pekerjaan dapat dilakukan oleh mesin.

LiteBig juga pernah memasuki aplikasi trending di Google Playstore  yang mengalahkan aplikasi Line, BBM, dan aplikasi messenger lainnya.  Kita harus bangga dan ikut serta memberikan dukungan terhadap karya-karya anak bangsa seperti liteBig ini dalam bidang teknologi.

Beberapa potret kebersamaan kami :

 

Kunjungan Mahasiswa Teknik Informatika ke TTC Regional Lampung

 

Selamat siang,..

Ini merupakan sebuah pengalaman berkesan yang mungkin saya dan teman-teman lain rasakan. Tepat tanggal 17 Juli 2017, Pukul 10.00 WIB, kami berkesempatan untuk mengunjungi  PT Telkomsel Regional Lampung yang didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah Jarkom yakni Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I. . Di sini kami diajarkan banyak hal yang pastinya wah dan sedikit berbeda dengan  belajar di ruang perkuliahan.

Langsung saja,

Tepat pukul 10.00 kami berada di  PT Telkomsel  Regional Lampung yang berlokasi di  Jalan Way Sekampung No. 08, Pahoman Bandar Lampung. Kemudian mulai bergerak untuk menuju ruangan di mana teman-teman semua sudah berkumpul, sambutan yang begitu akrab dan hangat mulai terasa. Acara dimulai dan dibuka oleh seorang MC , mba Tiwi begitu sapaan akrabnya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bpk. Tengku Erfansyah, S.T, M.M selaku General Manager PT Telkomsel Lampung. Setelah itu, dilanjutkan dengan kata sambutan dari perwakilan pihak Universitas Lampung oleh Bpk. Gigih Forda Nama, S.T, M,T.I.  sekaligus yang berperan sebagai dosen pengampu Mata Kuliah Jaringan Komputer di PSTI  Universitas Lampung.

         

Di sini kami diperkenalkan apa itu Telkomsel, terkait profil dan sejarah berdirinya Telkomsel. Telkomsel berdiri pada tahun 1995 dan saat ini mencapai 140.000 bts begitu disampaikan oleh Galuh Sunandar selaku Telkomsel Youth & Community.

Beliau juga menyampaikan beberapa teknologi terbaru yang dimiliki oleh Telkomsel di antaranya :

  • 4G Lte dengan koneksi internet yang 10 kali lebih cepat.
  • Game Max ditujukan untuk  yang memiliki hobi bermain game.
  • Music Max ditujukan untuk yang memiliki hobi di bidang musik/streaming lagu.
  • t-cash ditujukan sebagai sarana pembayaran dengan menggunakan poin telkomsel yang diisi ulang pada gerai GraPARI.
  • t-bike ditujukan sebagai aplikasi sekaligus hardware agar kendaraan  dapat dikendalikan sendiri (on/off) sehingga dapat meningkatkan  keamanan kendaraaan.

“Telkomsel sendiri untuk CDMA berada di frekuensi 800 MHz, GSM 900 MHz, 2G berada difrekuensi 1200 Mhz,  3G 2100 MHz, dan LTE menggunakan frekuensi 1800 MHz sesuai dengan ketetapan pemerintah” begitu disampaikan oleh salah satu bagian Radio Telecommunication.  untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

     

Selain itu juga kami diperkenalkan terkait apa itu BSC, MSC, MISDN, HLR, SGSN, GSN, dan masih banyak lagi. BSC sendiri berfungsi sebagai pangatur lalu lintas komunikasi di antara BTS-BTS di bawahnya untuk diteruskan ke MSC. Sedangkan MSC tempat  proses clocking atau switching komunikasi dilakukan. Kemudian MISDN  (Mobile Subscriber ISDN number) atau alokasi digit nomor pada nomor ponsel yang kita pakai.

Contohnya : +628 237 921 3408

Maka :  (+628 menunjukkan kode Negara, 237 menunjukkan Kode Jaringan yang akan dituju, 921 menunjukkan Kode Wilayah, dan terakhir 3408 menunjukkan Kode Pelanggan).

Setelah pemberian materi, tiba dipenghujung acara yakni penyerahan plakat dari Teknik Informatika Universitas Lampung dalam hal ini diwakilkan oleh Bapak Gigih Forda Nama, S.T.,M.T.I kepada Bpk. Tengku Erfansyah, S.T, M.M selaku General Manager PT Telkomsel Regional Lampung.

eeitss… acara belum berhenti sampai di situ saja, kita juga diajak untuk melihat langsung apa saja yang ada di gedung lantai 1, lantai 2, dan lantai 3. Berikut beberapa foto kebersamaan kami :

 

 

 

Tugas 1 Teknik Informatika Universitas Lampung

Latar Belakang Memilih kuliah di Teknik Elektro Universitas Lampung

Nama saya  Era Desti Ramayani , yang awalnya adalah seorang siswa tiba-tiba berubah menjadi mahasiswa . Tak pernah terpikir sebelumnya bahwa saya bisa berada di Universitas Lampung ini memijakkan kaki dan bersaing dengan banyak mahasiswa yang berkualitas tentunya. Latar belakang yang membuat saya memilih kuliah di Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung  Program Studi Teknik Informatika yaitu karena saya tertarik dengan bahasa pemprograman, selain itu juga saya ingin suatu saat saya dan teman-teman dapat  menciptakan  aplikasi  baru yang  familiar seperti Facebook.  Saya juga ingin menjadi seorang programmer  yang  sangat mahir dalam dunia percodingan dan saya sangat ingin mempelajari  dunia desain web . Awalnya saya sempat bingung memilih antara Teknik Informatika dan Ilmu Komputer tapi saya memantapkan niat saya untuk masuk dan bergabung di Teknik Informatika . Bagi saya lebih baik kita berada di tempat yang baru  tapi kita ikut andil dalam membangunnya.

Penilaian Terhadap Jurusan Teknik Elektro

Menurut saya Teknik Elektro yang ada di Universitas Lampung ini sangat baik. apalagi banyak prestasi-prestasi yang lahir dari mahasiswa-mahasiswa yang punya kemampuan luar biasa, seperti baru-baru ini Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung meraih Juara II Nasional kontes robot terbang . Selain itu juga lulusan teknik  sangat dibutuhkan di dunia kerja, karena saat ini sumber daya manusia lulusan teknik sangat dicari-cari. Harapan saya ke depannya Teknik Informatika juga bisa mencetak prestasi – prestasi yang dapat memajukan Teknik Informatika dan dapat bersaing  sehingga Teknik Informatika Universitas Lampung juga  dikenal banyak orang dengan prestasinya.

Tentang Teknologi Informasi (TI)

Teknologi Informasi saat ini sangat lah berkembang dengan pesat, misalnya saja  mau melihat video artis luar negeri yang kita idolakan  kita bisa langsung membuka Youtube  tanpa harus repot-repot ke luar negeri, apalagi saat ini sedang hangat ditelinga kita mengenai aplikasi  Go-Jek , di  sosial media pun tak kalah hebohnya seperti Facebook, Twitter, Line ,Foursquare,  Path, Instagram dan lain-lain, hampir semua orang memilikinya walaupun hanya satu, karena di saat ini teknologi  merupakan kebutuhan dan tidak dapat dipungkiri bahwa kita sangat memerlukan informasi. Untuk di dunia pemprograman yang paling di kenal itu ada Java, PHP, C++, Visual Basic serta Python, dan semua nya itu sangat dibutuhkan apalagi di dunia Informatika, semuanya itu menyenangkan untuk dipelajari  dalam konteks yang positif  tentunya.

Hello world!

Welcome to Web-Informatika Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!