Kecerdasan Buatan (AI)

Selamat malam,

Pada postingan kali ini saya ingin memberi sedikit info tentang Artificial Intelligence atau yang lebih kita kenal sebagai kecerdasan buatan.

Well, sebenernya ini adalah tugas kuliah tetapi karena ini adalah topik yang cukup menarik untuk dibahas, i hope that all of you can have a nice time reading it. please enjoy ^^

 

I. Pengertian Kecerdasan Buatan

Pada dasarnya kecerdasan buatan adalah suatu pengetahuan yang membuat komputer dapat meniru kecerdasan manusia, sehingga diharapkan komputer dapat melakukan hal-hal yang apabila dilakukan oleh manusia membutuhkan kecerdasan. Misalnya adalah melakukan penalaran untuk mencapai suatu kesimpulan.

Berikut adalah definisi kecerdasan buatan menurut para ahli:

* Schalkoff (1990) :

Kecerdasan buatan adalah bidang studi yang berusaha menerangkan dan meniru perilaku cerdas dalam bentuk komputasi

* Rich dan Knight :

Kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dilakukan lebih baik oleh manusia

* Luger dan Stubblefield (1993) :

Kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan otomasi perilaku yang cerdas

Winston dan Prendergast mengungkapkan bahwa tujuan dari kecerdasan buatan meliputi :

1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)
2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)
3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)

O’Brien mengatakan bahwa beberapa atribut perilaku cerdas adalah

1. Berpikir dan Bernalar

2. Memakai penalaran dalam memecahkan masalah

3. Menyerap dan menerapkan pengetahuan

4. Memperlihatkan kreativitas dan imajinasi

5. Menangani informasi yang rancu, tak lengkap, atau salah

 

II. Kecerdasan Buatan dalam Berbagai Perspektif

Materi kecerdasan buatan dapat berbeda-beda dilihat dari perspektif pembelajarannya. Berikut beberapa perspektif yang ada mengenai kecerdasan buatan :

  • Dari perspektif Kecerdasan (Intelligence)
    AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.
  • Dari perspektif bisnis
    AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
  • Dari perspektif pemrograman (Programming)
    AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, proses pencarian (search).

Dengan adanya kecerdasan buatan, diharapkan tidak menutup kemungkinan hanya dengan data pengetahuan yang terbatas, sebuah komputer dapat berpikir seperti manusia dalam menghadapi masalah.

Implementasi kecerdasan buatan dapat diterapkan pada bidang:

Visualasi Komputer

Kecerdasan buatan pada bidang visualisasi komputer ini memungkinkan sebuah sistem komputer mengenali gambar sebagai input.

Contohnya mengenali sebuah pola pada suatu gambar.

Pengenalan Suara

Kecerdasan buatan pada pengenalan suara ini dapat mengenali suara manusia. Cara mengenali suara ini dengan mencocokannya pada acuan yang telah diprogramkan terlebih dahulu. Contohnya perintah komputer dengan menggunakan suara user.

Sistem Pakar

Kecerdasan buatan pada Sistem Pakar ini memungkinkan sebuah sistem komputer memiliki cara berpikir dan penalaran seorang ahli dalam mengambil keputusan, untuk memecahkan masalah yang ada pada saat itu. Contohnya program komputer yang dapat mendiagnosa penyakit dengan memasukan gejala-gejala yang dialami pasien.

Permainan

Kecerdasan buatan pada permainan ini memungkinkan sebuah sistem komputer untuk memiliki cara berpikir manusia dalam bermain. Contohnya permainan yang memiliki fasilitas orang melawan komputer. Komputer sudah di program sedemikian rupa agar memiliki cara bermain seperti seorang manusia bahkan bisa melebihi seorang manusia.

The beginning of the journey

Hey this is my first post in this site. i just want to let you know a little bit of myself and the reason why this site was made.

My name is Elwanda Yudistira, currently i’m attending a college in University of lampung, department of technic, Informatic Engineering to be clear. Because i’m in no mood to write stuff now, i will skip all of the boring details about me and just go through the main point. it all began when my lecturer ask me to create a site from http://web.if.unila.ac.id/ and so this site was made. Although this site main purpose was just to post my college task but now i think that it can fill my spare time.

So to make it short, now this site will serve not only for college stuff but also for my own benefit. I will use my spare time to express all of the feelings and thought inside me.

ok i will end this pointless topic here and i hope you will enjoy reading this site from time to time ^^