Jurnal Perkuliahan RPL Pertemuan 14 : Software Engineering Quality

translator

Double-click

Select to translate

 

translator

Double-click

Select to translate

 

SOFWARE ENGINEERING: QUALITY

A. Software Quality
Software quality (kualitas perangkat lunak) adalah sejauh mana sistem, komponen, atau proses memenuhi persyaratan yang ditentukan atau sejauh mana sistem, komponen, atau proses memenuhi kebutuhan atau harapan pelanggan atau pengguna. Software quality mengukur seberapa baik perangkat lunak dirancang (kualitas desain), dan seberapa baik perangkat lunak sesuai dengan desain tersebut (kualitas kesesuaian). Kualitas berarti kesesuaian dengan persyaratan.

Konsep kualitas :
• Quality of Design pada fase design: karakteristik yang ditentukan desainer untuk suatu item
• Quality of Conformance pada fase development: sejauh mana spesifikasi desain diikuti selama pembuatan.
• Quality Control pada fase testing: serangkaian inspeksi yang digunakan sepanjang siklus pengembangan untuk memastikan bahwa setiap produk kerja memenuhi persyaratan

B. Software Quality Assurance
Software quality assurance adalah kegiatan penting dalam sebuah perangkat lunak yang diterapkan pada setiap langkah dalam proses perangkat lunak. SQA mencakup prosedur untuk penerapan metode dan alat yang efektif, pengawasan kegiatan pengendalian kualitas seperti tinjauan teknis dan pengujian perangkat lunak, prosedur untuk manajemen perubahan, prosedur untuk memastikan kepatuhan terhadap standar, dan mekanisme pengukuran dan pelaporan. Software quality assurance berkaitan dengan memastikan bahwa perangkat lunak memiliki jumlah cacat yang kecil dan mencapai standar yang diperlukan untuk pemeliharaan, keandalan, portabilitas, dan sebagainya.

Elemen-elemen Software Quality Assurance
Software quality assurance mencakup berbagai masalah dan aktivitas yang berfokus pada pengelolaan kualitas perangkat lunak.

  • Standards (Standar)
    Standar perangkat lunak memainkan peran yang sangat penting dalam software quality management. Sebagai bagian dari proses QA ini, alat dan metode untuk mendukung penggunaan standar ini juga dapat dipilih. Tugas SQA adalah untuk memastikan bahwa standar yang telah diimplementasikan diikuti dan bahwa semua produk kerja sesuai dengan mereka.
  • Reviews and audits (Ulasan dan audit)
    Technical reiviews adalah kegiatan kontrol kualitas yang dilakukan oleh software engineers untuk software engineers. Review harus memeriksa konsistensi dan kelengkapan dokumen atau kode yang direview dan memastikan bahwa standar kualitas telah diikuti. Namun, ulasan tidak hanya memeriksa kesesuaian dengan standar, melainkan juga digunakan untuk membantu menemukan masalah dan kelalaian dalam perangkat lunak atau dokumentasi proyek. Audit adalah jenis tinjauan yang dilakukan oleh personel SQA dengan maksud untuk memastikan bahwa pedoman kualitas diikuti untuk pekerjaan rekayasa perangkat lunak.
  • Testing (Pengujian)
    Software testing adalah fungsi kontrol kualitas yang memiliki satu tujuan utama, yaitu untuk menemukan kesalahan. Tugas SQA adalah memastikan bahwa pengujian direncanakan dengan baik dan dilakukan secara efisien sehingga memiliki kemungkinan tertinggi untuk mencapai tujuan utamanya.
  • Error/defect collection and analysis (Pengumpulan dan analisis kesalahan / cacat)
    SQA mengumpulkan dan menganalisis data kesalahan dan cacat untuk lebih memahami bagaimana kesalahan diperkenalkan dan kegiatan rekayasa perangkat lunak apa yang paling cocok untuk menghilangkannya.
  • Change management (Pengubahan manajemen)
    Perubahan adalah salah satu aspek yang paling mengganggu dari setiap proyek perangkat lunak. Jika tidak dikelola dengan baik, perubahan dapat menyebabkan kebingungan, dan kebingungan hampir selalu mengarah pada kualitas yang buruk. SQA memastikan bahwa praktik manajemen perubahan yang memadai telah dibentuk.
  • Education (Edukasi)
    Setiap software organization ingin meningkatkan software engineering practices. Kontributor utama dalam peningkatan adalah pendidikan software engineers, manajer mereka, dan stakeholder lainnya. Organisasi SQA memimpin dalam peningkatan proses perangkat lunak dan merupakan pendukung dan sponsor utama program pendidikan.
  • Vendor management (Manajemen vendor)
    Tugas organisasi SQA adalah untuk memastikan bahwa perangkat lunak yang dihasilkan berkualitas tinggi dengan menyarankan praktik kualitas khusus yang harus diikuti oleh vendor (bila mungkin), dan memasukkan mandat kualitas sebagai bagian dari kontrak apa pun dengan vendor eksternal.
  • Security management (Manajemen keamanan)
    Dengan meningkatnya cybercrime dan peraturan pemerintah baru tentang privasi, setiap organisasi perangkat lunak harus melembagakan kebijakan yang melindungi data di semua tingkatan, membangun perlindungan firewall untuk WebApps, dan memastikan bahwa perangkat lunak belum dirusak secara internal. SQA memastikan bahwa proses dan teknologi yang tepat digunakan untuk mencapai software security yang aman.
  • Safety (Keamanan)
    SQA mungkin bertanggung jawab untuk menilai dampak kegagalan perangkat lunak untuk memulai langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi risiko.
  • Risk management (Manajemen risiko)
    Meskipun analisis dan mitigasi risiko menjadi perhatian para software engineers, organisasi SQA memastikan bahwa kegiatan manajemen risiko dilakukan dengan benar dan bahwa rencana kontinjensi terkait risiko telah ditetapkan

Software quality metrics

  • Product (mengukur software dari kualitas produk jadinya)
  • Process (mengukur software dari kematangan proses pengembangannya)

Software Quality Assurance bertugas Mempersiapkan rencana SQA untuk proyek, Berpartisipasi dalam pengembangan deskripsi proses proyek software, Meninjau aktivitas software engineering untuk memverifikasi kesesuaian dengan proses perangkat lunak yang ditentukan, Audit software produk kerja yang ditunjuk untuk memverifikasi kepatuhan dengan yang ditetapkan sebagai bagian dari proses software, Memastikan bahwa penyimpangan dalam pekerjaan perangkat lunak dan produk kerja didokumentasikan dan ditangani sesuai dengan prosedur yang didokumentasikan, dan Merekam setiap ketidaksesuaian dan melaporkan kepada manajemen seniorItem yang tidak sesuai dilacak sampai diselesaikan.

C. Software Quality Metrics
Software quality dapat dinilai dari dua sisi, yaiti sisi produk dan sisi proses.

1. Produk: Mengukur software dari kualitas produk jadinya, dengan cara penilaiannya yaitu menggunakan metrik berikut.
a. McCall
Model faktor McCall mengklasifikasikan semua persyaratan perangkat lunak menjadi 11 faktor kualitas dan 23 kriteria kualitas.
b. Boehm
Boehm telah mendefinisikan 3 tingkat atribut kualitas :
• Penggunaan Utama
• Konstruksi menengah
• Konstruksi primitive

Konstruksi Menengah:
• Portabilitas
• Keandalan
• Efisiensi
• Kegunaan
• Kemampuan untuk diuji
• Dapat dimengerti
• Fleksibilitas

Jurnal Perkuliahan 11: Rekayasa Perangkat Lunak (Konsep Desain)

translator

Double-click

Select to translate

 

translator

 

Double-click

Select to translate

 

 “Konsep Desain Perangkat Lunak”

Desain Perangkat Lunak

Desain perangkat lunak bukan hanya sebuah perancangan berupa interface (antar muka) sebuah perangkat lunak, tetapi memiliki lingkup yang jauh lebih luas.
Sebuah proses untuk mendefinisikan sesuatu yang akan dikerjakan dengan menggunakan teknik yang bervariasi serta didalamnya melibatkan deskripsi mengenai arsitektur serta detail komponen dan juga keterbatasan yang akan dialami dalam proses pengerjaannya.
Sebuah proses perancangan membutuhkan pengetahuan mengenai berbagai teknik atau model perancangan yang dapat digunakan. Selain itu, sebuah perancangan membutuhkan hasil analisa yang telah mampu mendeskripsikan kebutuhan dari sistem yang akan dibuat.Dan seorang desainer harus memahami kendala atau hambatan yang mungkin terjadi pada saat implementasi.

Desain perangkat lunak memiliki beberapa prinsip sebagai berikut :

  1. Desain Data (Data Design)
  2. Desain Arsitektur (Architectural Design)
  3. Desain Antar Muka (Interface Design)
  4. Desain Prosedural (Procedural Design)
1. Desain Data (Data Design)
Desain data merupakan suatu aktivitas pertama dan juga yang terpentig dari empat aktivitas desain yang dilakukan selama rekayasa perangkat lunak. Proses dalam pemilihan struktur didalam menentukan desain yang paling efisien dan juga yang sesuai kebutuhan.
Desain data mentransformasikan model domain suatu informasi yang dibuat selama analisis ke dalam struktur data yang akan diperlukan untuk dapat menngimplementasikan perangkat lunak.
2. Desain Arsitektur (Architectural Design)
Pada desain arsitektur ini menentukan suatu hubungan diantara elemen-elemen struktur utama dan program.
3. Desain Antar Muka (Interface Design)
Pada desain interface menggambarkan bagaimana PL berinteraksi dengan sistem yang berinteroperasi dengan desain interface tersebut serta pengguna yang menggunakannya.
4. Desain Prosedural (Procedural Design)
Mentransformasikan elemen-elemen struktural dari desai arsitektur progrma ke dalam sebuah deskripsi prosedural dari komponen-komponen Perangkat lunak.

 

Prinsip Desain

Prinsip-prinsip desain yang umum dapat menjadi pedoman bagi para perancang perangkat lunak dalam membentuk model desain. Pada Software Engineering Body of Knowledge (SWEBOK) prinsip perancangan perangkat lunak adalah sebagai berikut:

1. Abstraction
Abstraction (abstraksi) terkait dengan bagaimana berfokus dalam memandang objek dan mengambil hal yang penting dari objek tersebut. Tiga macam abstraksi yang dikenal adalah : abstraksi prosedur, data, dan kontrol (iterasi).

2. Coupling & Cohesion
Coupling merupakan ketergantungan antar modul sedangkan cohesion merupakan keterikatan antara elemen penyusun modul.

3. Decompositon & modularization
Prinsip ini menekankan pada penguraian (decompose) perangkat lunak yang ‘besar’ menjadi modul-modul atau elemen-elemen dimana masing-masing elemen memiliki fungsi dan tanggung jawab masing-masing.

4. Encapsulation
Prinsip encapsulation berarti detail dari sebuah abstraksi tidak diketahui atau tidak dapat diakses oleh entitas yang lain di luarnya.

5. Separation of interface and implementation
Dari sisi komponen perangkat lunak, prinsip ini berarti akses kepada sebuah komponen dari komponen yang lain melalui public interface yang telah didefinisikan pada komponen yang akan diakses tersebut.

6. Sufficiency, completeness & primitiveness
Sufficiency dan completeness berarti abstraksi yang dilakukan telah menangkap semua karakteristik yang diperlukan sedangkan primitiveness artinya desain dapat diimplementasikan.

7. Separation of concern
Prinsip ini terkait dengan arsitektur, dimana terdapat beberapa architectural view yang memudahkan stakeholder dalam mengelola kompleksitas perangkat lunak.

 

Konsep Desain Perangkat Lunak

Sebuah Perangkat Lunak harus didesain dengan mengejar faktor :

  • Ketegasan : Terhindar dari bug dan error yang dapat mengganggu PL.
  • Komoditas : Sesuai dengan keperluan dan kebutuhan.
  • Delight : Nyaman digunakan oleh pengguna PL.

Konsep-konsep desain

1. Abstraksi

Abstraksi memungkinkan desainer menentukan prosedur dan data, dan masih menekan detail tingkat rendah.
Terdapat 3 macam bentuk abstraksi, yaitu :
a. Abstraksi prosedural.
Merupakan urutan instruksi yang diberi nama yang mempunyai fungsi tertentu dan terbatas.
b. Abstraksi data.
Kumpulan data yang bernama yang menggambarkan obyek data.
c. Abstraksi kontrol.
Mengimplikasikan suatu mekanisme kontrol program tanpa menentukan detail-detail internal

2. Penyaringan.

Penyaringan stepwise (dengan serangkaian langkah) adalah strategi desain top-down yang diusulkan oleh Wiklaus Wirth. Kajian dari konsep tersebut adalah
“Pada setiap langkah (penyaringan), satu atau beberapa instruksi dari program yang diberikan didekomposisi ke dalam instruksi-instruksi yang lebih detail. Dekomposisi berurutan atau penyaringan spesifikasi berhenti bila semua instruksi diekspresikan dalam bentuk bahasa pemrograman atau komputer yang mendasar. Jika tugas-tugas disaring, maka data harus disaring juga, didekomposisi atau distruktur, dan adalah wajar untuk menyaring program dan spesifikasi data secara paralel” .
Abstraksi dan penyaringan adalah konsep kompementer. Kedua konsep tersebut membantu desainer dalam menciptakan suatu model desain lengkap jika desain berkembang.

3. Modularitas

Modularitas merupakan atribut tunggal dari perangkat lunak yang memungkinkan sebuah program untuk dikelola secara intelektual.
Meyer menyebutkan 5 kriteria yang memungkinkan kita untuk mengevaluasi suatu metode desain dengan merujuk pada kemampuannya untuk menentukan sistem modular yang efektif.
a. Dekomposisi modular.
b. Komposabilitas modular.
c. Kemampuan pemahaman modular.
d. Kontinuitas modular.
e. Proteksi modular.

4. Arsitektur perangkat lunak

Arsitektur perangkat lunak mencakup “struktur keseluruhan perangkat lunak dan cara dimana struktur memberikan integrasi konseptual bagi suatu sistem”.
Shaw dan Garlan menjelaskan sekumpulan properti yang seharusnya ditetapkan sebagai bagian dari desain arsitektural :
a. Properti struktural.
Menentukan komponen suatu sistem dan cara dimana komponen-komponen tersebut dikemas dan berinteraksi satu dengan yang lain.
b. Properti ekstra-fungsional.
Menekankan pada bagaimana arsitektur desain memenuhi persyaratan kinerja, kapasitas, reliabilitas, keamanan, adaptibilitas, dan karakteristik sistem yang lain.
c. Keluarga dari sistem yang berhubungan.
Desain harus memiliki kemampuan untuk memakai lagi blok bangunan arsitektural tersebut.

5. Hirarki Kontrol

Hirarki kontrol, disebut juga struktur program merepresentasikan organisasi komponen program serta mengimplikasikan suatu hirarki kontrol. Hirarki kontrol tidak mengimplikasikan aspek prosedural dari perangkat lunak, seperti urutan proses, kejadian/urutan dari keputusan, atau pengulangan operasi.

6. Partisi struktural

Struktur progam harus dipartisi baik secara horizontal maupun vertikal.
Partisi horizontal menentukan cabang-cabang terpisah dari hirarki modular untuk setiap fungsi program mayor. Keuntungannya :
a. menghasilkan perangkat lunak yang lebih mudah diuji.
b. Membawa kepada perangkat lunak yang lebih mudah dipelihara.
c. Menghasilkan penyebaran efek samping yang lebih sedikit.
d. Menghasilkan suatu perangkat lunak yang lebih mudah untuk diperluas.
Partisi vertikal menyatakan bahwa kontrol dan kerja harus didistribusikan secara top-down dalam arsitektur program.

7. Struktur data
Struktur data adalah representasi dari hubungan logis antara elemen-elemen data individual.

8. Prosedur perangkat lunak
Prosedur perangkat lunak berfokus pada detail-detail pemrosesan dari masing-masing modul secara individual. Prosedur harus memberikan spesifikasi yang teliti terhadap pemrosesan, mencakup urutan event, poin-poin keputusan nyata, operasi repetitif, dan organisasi struktur data.

9. Penyembunyian informasi
Prinsip penyembunyian informasi menyatakan bahwa bahwa modul ditandai dengan keputusan desain tersembunyi dari semua desain lain.

Jurnal Perkuliahan Rekayasa Perangkat Lunak Pert 10

translator

Double-click

Select to translate

 

SYSTEM DESIGN

Macam-Macam System Design

  • Data design
    1. Mengubah model informasi (entity relationship diagram dan data dictionary) menjadi struktur data.
    2. Mengubah objek data yang didefinisikan pada model analisis menjadi struktur data yang ada dalam perangkat lunak.
    3. Atribut yang dimiliki objek data, hubungan di antara objek data, dan penggunaannya dalam program, semuanya mempengaruhi pemilihan struktur data.
  • Architectural design
    1. Berisi hubungan antar elemen dalam program.
    2. Menggunakan karakteristik aliran informasi dalam model analisis untuk menghasilkan struktur program.
    3. Sebuah data flow diagram dipetakan menjadi struktur program menggunakan dua pendekatan yaitu Transform mapping dan Transaction mapping.
    4. Transform mapping : diterapkan untuk sebuah aliran data yang menunjukkan batas yang jelas antara data yang masuk dan yang keluar.
    5. DFD dipetakan menjadi sebuah struktur yang mengalokasikan kontrol menjadi input, pemorsesan, dan output bersama dengan hirarki modul
    6. Transaction mapping : diterapkan jika sebuah item informasi menyebabkan percabangan.
    7. DFD dipetakan menjadi sebuah struktur yang mengalokasikan kontrol menjadi sebuah substruktur yang mendapatkan dan mengevaluasi sebuah transaksi.
  • Interface design
    1. menjelaskan bagaimana komunikasi di dalam perangkat lunak, dengan sistem, dan dengan  manusia yang menggunakannya.
    2. Sebuah interface mengandung maksud sebuah aliran informasi.
    3. Meliputi antarmuka program internal dan eksternal serta desain untuk antarmuka pengguna.
    4. Desain antarmuka internal dan eksternal diarahkan oleh informasi yang diperoleh dari model analisis.
  • Procedural design
    mengubah elemen struktural dari arsitektur program menjadi deskripsi prosedural dari komponen perangkat lunak.

 

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Design

  • Sebuah desain harus menunjukkan organisasi secara hirarkis
  • Sebuah desain harus bersifat modular; jadi, sebuah perangkat lunak seharusnya dapat dibagi-bagi secara lojik menjadi beberapa elemen yang melakukan fungsi atau subfungsi secara spesifik
  • Sebuah desain harus mengandung abstraksi data dan prosedural
  • Sebuah desain harus mengarah pada modul-modul (prosedur atau subrutin) yang menunjukkan karakteristik fungsional
  • Sebuah desain harus mengarah pada antarmuka yang mengurangi kompleksitas hubungan antar modul dan dengan lingkungan luar
  • Sebuah desain harus diturunkan menggunakan metode yang berulang yang diarahkan oleh informasi yang dihasilkan pada tahap analisis perangkat lunak
  • Proses desain tidak boleh mengalami “tunnel vision”
  • Desain harus dapat dilacak ke model analisis
  • Tidak melakukan desain pada hal yang sama berulang-ulang
  • Desain harus merepresentasikan masalah pada keadaan nyata
  • Desain harus memperlihatkan keseragaman dan integrasi
  • Desain harus terstruktur untuk mengatisipasi adanya perubahan
  • Desain bukan coding, coding bukan desain
  • Penilaian kualitas desain harus dilaksanakan pada saat desain tersebut dibuat
  • Desain harus di-review untuk meminimasi kesalahan konseptual

 

Konsep Design

  • Abstraksi
  • Modularitas
  • Arsitektur software
  • Hirarki kontrol
  • Pembagian struktural
  • Data struktur
  • Software procedure
  • Penyembunyian informasi

Kuis Pengetahuan Lingkungan

NAMA     :  Dimas Hidayanto Naim

NPM        :   2115061035

KELAS     :   PSTI B

Dosen Pengampu : Rio Ariestia Pradipta, S.Kom, M.T.I

POLUSI UDARA

1. Apa akar masalah yang terjadi?

1. Asap kendaraan bermotor Transportasi berupa kendaraan bermotor memang memudahkan mobilitas menusia. Namun ketika penggunaanya semakin masif justru menyebabkan masalah lain yakni pencemaran udara. Kendaraan bermotor memerlukan bahan bakar. Penggunaan bahan bakar belebih menyebabkan meningkatkanya karbon monoksida (CO). Zat kimia tersebut jika jumlahnya berlebih bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan dan menurunkan kualitas udara.
2. Kebakaran hutan Kebakaran hutan merupakan bencana yang sangat fatal. Indonesia beberapa kali mengalami bencana ini. Menurut data di databoks, kebakaran hutan di Indonesia hampir terjadi setiap tahun. Kebakaran paling luas terjadi di tahun 2015 mencapat 2,6 juta hektar. Meski terus mengalami penurunan, namun kebaran masih terjadi. Di tahun 2019, luas area kebakaran hutan mencapai 321.722 hektar. Selain merusak ekosistem dan menyebabkan flora dan fauna punah. Kebakaran hutan juga menyebabkan polusi udara. Asap akibat kebakaran membuat kualitas udara memburuk dan jarak pandang menjadi menurun.
3. Aktivitas rumah tangga. Polusi udara di dalam rumah berasal dari bebagai sumber, seperti asap rokok, kandungan timbal yang terdapat di dalam cat tembok, asap dari proses memasak di dapur, sampah rumah tangga yang menumpuk hingga kotoran hewan peliharaan
4. Pembangkit listrik Penggunaan bahan pembangkit listrik seperti batu bara, gas, dan minyak bumi ternyata bisa memicu pencemaran udara. Akibatnya terjadinya pembakar tidak sempurna yang dapat mempengaruhi kualitas udara.
5. Limbah asap industri Di kawasan industri kualitas udaranya pasti berbeda dengan daerah pegunungan. Cerobong asam yang dikeluarkan oleh pabrik membuat udara menjadi tidak segar. Polutan tersebut juga mengandung zat kimia seperti karbon monoksida, hidrokarbon, dan senyawa lain yang berbahaya untuk kesehatan.
6. Limbah pertanian Pupuk yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas tanaman ternyata bisa memicu pencemaran udara. Hal ini dikarenakan pupuk mengeluarkan gas amonia dan NH3 yang menyebabakan hujan asam. Maka dari itu, pada praktik pertanian diharapkan bisa menerapkan sistem pertanian berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan.
7. Kegiatan pertambangan Pertambangan menjadi lahan yang menguntungkan. Banyak orang yang berkecimpung di industri ini dan sukses meraup keuntungan. Namun dibalik keuntungan tersebut ada  bahaya lingkungan yang mengancam. Penambangan mineral yang dilakukan ternyata menghasilkan polutan seperti bahan kimia dan debu. Ketika jumlah polutan sangat banyak, maka kualitas udara akan semakin memburuk.
8. Penebangan hutan secara liat atau ilegaloging Hutan merupakan penyeimbang ekosistem. Di hutan banyak pohon yang menyerap karbon dioksida (CO2) dan membuat udara menjadi lebih berkualitas. Namun ketika hutan ditebang secara tidak bijak, bisa berdampak sangat meluas. Kualitas udara menjadi menurun sebab tidak ada lagi pohon untuk menyerap CO2. Daerah resapan air juga menjadi berkuarang. Hal tersebut bisa menjadi pemicu banjir dan bencana alam lainnya.

2. Siapa yang terdampak?

Seluruh makhluk hidup

3. Analisa solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah

1. Membuat undang-undang dan peraturan yang baik tentang pengendalian polusi udara seperti peraturan standar baku mutu udara ambien yang sesuai standar WHO dan peraturan menyangkut penggunaan bahan bakar kendaraan sesuai standar, peraturan tentang uji emisi kendaraan bermotor, peraturan untuk mengurangi emisi polusi udara dari industri, dan lain-lain.
2. Koordinasi lintas sektoral yang lebih baik termasuk dengan akademisi dan organisasi profesi untuk menangani masalah polusi udara seperti kajian dan penelitian untuk mengetahui sumber-sumber polusi udara di wilayah perkotaan (emissions inventory), kajian untuk menilai dampak kesehatan polusi udara pada masyarakat dan upaya-upaya untuk mengatasi masalah polusi udara secara lintas sektoral.
3. Melakukan upaya-upaya memperbaiki kualitas udara dengan berbagai langkah untuk mengurangi/menurunkan polusi udara seperti menggaiakkan dan menerapkan uji emisi kendaraan bermotor yang memasuki wilayah perkotaan terutama untuk kendaraan umum atau kendaraan angkutan barang dan melaksanakan pemantauan emisi polusi udara dari industri dan memberikan hukuman tegas bagi industri tidak ramah lingkungan.
4. Mendorong pembukaan pembangkit listrik tenaga alternatif seperti tenaga angin, tenaga ombak, atau tenaga matahari untuk mengurangi emisi polusi udara dari pembangkit listrik.
5. Membuat sarana transportasi massal yang aman, nyaman, murah, ramah lingkungan dan mudah diakses oleh masyarakat.
6. Membuat lapangan parkir yang berdekatan dengan sarana transportasi umum yang layak, aman dan terjangkau sehingga mampu menampung kendaraan masyarakat yang akan naik transportasi umum ke tempat kerja.
7. Membuat dan mengkampanyekan penggunaan kendaraan ramah lingkungan seperti kendaraan listrik (mobil dan motor listrik) termasuk memperbanyak kendaraan umum dengan tenaga listrik.
8. Meningkatkan penanaman pohon-pohon, dan menambah area hijau di seluruh wilayah untuk menambah paru-paru kota.
9. Maksimalkan pemantauan polusi udara dan early warning pada masyarakat seperti maembuat dan memperbanyak titik-titik monitoring/alat ukur kualitas udara serta memberikan informasinya yang mudah diakses oleh masyarakat.
10. Memberikan informasi secara berkala kepada masyarakat tentang kondisi kualitas udara yang tidak sehat dan langkah-langkah antisipasi yang dapat dilakukan mayarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang polusi udara di berbagai media (cetak, elektronik dan media sosial).
11. Mempersiapkan sistem pelayanan kesehatan dalam melayani masyarakat yang terdampak akibat polusi udara.

4. Siapa saja yang harus menerapkan solusi berdasarkan analisa no.3?

Ini merupakan tugas seluruh masyarakat indonesia. Seluruh masyarakat Indonesia harus ikut andil dalam mengatasi permasalahan ini agar kita sebagai manusia bisa menikmati udara segar tanpa polusi udara.

 

Sumber :
https://lifestyle.bisnis.com/read/20190731/106/1130879/11-cara-mengatasi-polusi-udara.

Kuis Pengantar Teknolog Informasi Topic 11

Nama  :  Dimas Hidayanto Naim
NPM   :  2115061035
Kelas  :  PSTI B

 

Soal 1
Menurut anda bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) pada saat ini di Indonesia? menurut pandangan anda dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi apa  yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara umum dan bagaimana kita menyikapinya?

jawaban :
Perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) pada saat ini di Indonesia dari waktu ke waktu mengalami perkembangan, apalagi dengan adanya wabah pandemi covid-19 yang semakin menumbuhkan tren digitalisasi teknologi. Dimana, hampir semua pekerjaan dilakukan secara daring di rumah. Sehingga, masyarakat dunia juga dituntut untuk peka terhadap perkembangan dan kemajuan teknologi yang terjadi saat ini. Perkembangan teknologi juga dapat dimanfaatkan oleh institusi maupun lembaga pendidikan tinggi tak terkecuali perguruan tinggi. Apalagi perguruan tinggi juga menjadi pusat inovasi untuk perubahan-perubahan melalui teknologi.

Menurut pandangan saya, dalam 10 tahun ke depan perkembangan teknologi yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia adalah dalam bidang e-education, e-commerce, dan penggunaan e-money.

E-education
Dalam dunia pendidikan terkhusus di masa pandemi yang mengharuskan segala aktivitas dilakukan di rumah termasuk dalam menempuh pendidikan. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya.

E-commerce
Melihat kondisi global yang sedang dilanda pandemi covid-19 membuat peningkatan  pengguna e-commerce. Sebab dengan adanya e-commerce masyarakat dapat berbelanja secara online untuk membeli berbagai macam kebutuhan tanpa perlu keluar rumah. Pada tahun 2020, berdasarkan laporan bank Indonesia terjadi kenaikan transaksi e-commerce sebesar 266.3 triliun rupiah yang mengalami peningkatan sebesar 29.6%. Dari data tersebut pengguna e-commerce mungkin akan terus bertambah setiap tahunnya. Dengan adanya kegiatan e-commerce diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

E-money
Menurut data bank Indonesia pada tahun 2021, penggunaan e-money mengalami peningkatan sebesar 32,3% yang setara dengan Rp.266 triliun. Dengan data tersebut, memungkinkan beberapa tahun ke depan penggunaan teknologi di bidang fintech, terutama penggunaan e-money akan terus meningkat.

Cara Menyikapi Perkembangan Teknologi :
Perkembangan teknologi memang memberikan kemudahan dalam hidup manusia. Namun, perkembangan teknologi juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, perlu  literasi yang mumpuni untuk menunjang kecakapan dalam mengaplikasikan teknologi dan juga kita sebagai pelaku teknologi perlu memiliki pola pikir adaptif agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Selain itu, manusia juga perlu memiliki pemikiran terbuka dan kritis untuk terbuka terhadap hal-hal baru.

Soal 2
Analisa kasus berikut ini. Anda adalah seorang yang paham tentang dunia TIK, kemudian seorang kawan meminta bantuan berdasarkan kemampuan anda di bidang TIK. Kawan anda adalah seorang vlogger terkenal, dia meminta bantuan anda untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO) yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vlogger teman anda, dengan bantuan anda rumah ini akan menjadi sebuah SOHO yang nyaman digunakan untuk kerja. Saat ini tempat ini adalah rumah besar dua lantai yang kosong dengan 1 ruang besar dan 5 kamar tidur yang akan dijadikan ruang kerja. Tempat kerja dengan teknologi multimedia yang terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi agar memudahkan pekerjaan tim vlogger. Di tempat itu menjadi kantor soho tim dan akan dikerjakan produksi video, research market, podcast studio, broadcast stream live. Menurut analisa anda apa saja yang harus anda kerjakan dan apa saja yang anda butuhkan untuk membangun sebuah multimedia soho untuk mendukung kerja tim vlogger kawan anda?

Jawaban :
Berdasarkan analisa kasus tersebut,  yang harus saya kerjakan pertama kali adalah membagi ruangan untuk kerja.  ruangan yang paling besar sebaiknya digunakan untuk produksi video dan research market. Hal ini dikarenakan tim produksi video dan rsesearch market membutuhkan ruangan yang cukup luas dan nyaman agar tim dapat menemukan ide untuk video berikutnya. Untuk podcast dan broadcast livestream sepertinya tidak memerlukan ruangan yang besar jadi 2 kamar tidur saja sudah cukup. Setelah itu salah satu kamar bisa dijadikan tempat untuk istirahat dan 3 sisa kamar lainnya tidak digunakan dalam pembangunan SOHO, mungkin dapat dijadikan kamar tidur bagi tim yang ingin menginap. Selain itu, dibutuhkan juga PC Server yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data atau file aplikasi dan server inilah yang di akses oleh semua pengguna yang terhubung ke dalam satu jaringan. Sehingga server harus cukup spesifikasi untuk bisa menangani akses dari pengguna. Serta router motorik yang berfungsi sebagai jembatan antara komputer jaringan lokal dengan komputer yang berada di jaringan lain. Dapat diartikan juga bahwa router adalah media penghubung dalam jaringan berskala besar dengan berbagai macam segmen ip yang berbeda-beda.

Jurnal Pengantar Teknologi Informasi Topic 10

Communicating Digital Content

Multimedia Communication Digital Content Concept Stock Photo, Picture And  Royalty Free Image. Image 53596631.

Gambar 1. Communication Digital Content

 

Communicating Digital Content atau Konsep Komunikasi Digital adalah konsep-konsep penting dalam komunikasi digital termasuk internet dan juga mencakup elemen-elemen yang tidak ada pada internet, seperti CD-ROM,multimedia, atau perangkat lunak komputer virtual reality (gambar tiga dimensi yang seperti nyata). Internet memungkinkan hampir semua orang di belahan dunia manapun untuk saling berkomunikasi dengan cepat dan memudahkan manusia dalam berkomunikasi satu sama lain tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Internet telah berkembang secara fenomenal, baik dari jumlah penggunanya maupun jumlah host computer (komputer induk). Konsep komunikasi digital akan selalu berkembang sesuai dengan perubahan zaman yang dipengaruhi dengan penemuan alat-alat berbasis teknologi yang terus berkembang.Manfaat dari sistem komunikasi seperti ini dengan cepat dipahami dan ditangkap cepat oleh masyarakat, karena dapat diakses di mana saja.

Network

Network merupakan kumpulan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain, dengan menggunakan peralatan tertentu. Dalam sebuah jaringan komputer, penggunaan peralatan tertentu ini dapat diakses secara bersama-sama (seperti disk dan printer) dan berhubungan dengan komputer induk sistem lain, yang letaknya berjauhan.

Jenis-jenis jaringan komputer

Local Area Network ( LAN ),

jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil. Contoh penerapan jaringan LAN yaitu sistem jaringan pada sekolah, kantor, maupun rumah. Banyak orang yang cenderung menggunakan konektivitas tertentu, terutama pada token ring dan ethernet. Selain itu, LAN juga menyediakan teknologi jaringan wireless dengan menggunakan Wifi dan lebih dikenal dengan Wireless Local Area Network ( WLAN ).

Metropolitan Area Network ( MAN )

adalah jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat yang lain dalam ruang lingkup kota pada jaringan yang sama. Jenis jaringan ini lebih besar dari dari jaringan Local Area Network ( LAN ).

Wide Area Network ( WAN )

merupakan kumpulan dari Local Area Network ( LAN ) yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN cenderung untuk menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

Personal Area Network ( PAN )

jaringan ini mencakup wilayah yang lebih kecil, misalnya saja pada kantor, dan rumah. Biasanya, banyak digunakan hanya untuk keperluan internet, serta printer. Dan tidak memerlukan resources yang besar untuk menggunakan jaringan PAN.

Cluster Area Network ( CAN )

dapat dibilang memiliki kesamaan dengan MAN, namun lebih terbatas dalam ruang lingkup kampus atau akademisi. Untuk jaringan ini, lebih banyak digunakan untuk keperluan praktek lab, email, pembaruan kelas, dan lain sebagainya.

Internet

adalah jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Ruang lingkup dari internet mencakup hampir seluruh penjuru dunia. Siapapun dapat mengakses berbagai sumber informasi dalam berbagai perangkat komputer, seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV, dan lain sebagainya.

Berdasarkan Media Penghantar

Wire Network

Wire network adalah network yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jenis kabel yang umum digunakan pada network biasanya terbuat dari bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan fiber optik atau serat optik.

Wireless Network

Wireless network menggunakan media penghantar berupa gelombang radio atau cahaya. Oleh sebab itu, pengguna dapat dengan mudah mengakses network tanpa harus memasang kabel pada komputernya.

Berdasarkan Pola Operasi

Network berdasarkan pola operasinya, dibagi menjadi dua jenis, di antaranya meliputi:

Client Server

Clinet server adalah network yang memiliki satu atau lebih komputer, yang dapat melayani komputer lain. Komputer yang melayani ini disebut server, sedangkan komputer yang dilayani disebut client. Contoh server antara lain, yaitu web serverfire server, dan lain sebagainya.

Peer to peer

Peer to peer adalah network yang setiap komputernya bisa melayani atau dilayani pada saat bersamaan. Peer to peer banyak diimplementasikan pada LAN, akan tetapi kemungkinan besar juga digunakan pada jenis network yang lebih besar cakupannya.

Standar dan Protokol Komunikasi Jaringan

Jenis-jenis Protokol

Terdapat beberapa jenis protokol jaringan komputer yang bisa diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak, maupun kombinasi keduanya. Jenis-jenis tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Ethernet: jenis protokol yang menggunakan suatu metode akses berupa CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection).
  2. Localtalk: jenis protokol yang dikembangkan perusahaan Apple yang ditujukan untuk komputer macintosh dengan metode CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access/Collision Avoidance).
  3. Token ring: jenis protokol yang dikembangkan oleh perusahaan IBM dengan metode akses pengiriman informasi yang berada di dalam satu lingkaran protokol.
  4. FDDI (Fiber Distributed Data Interface): jaringan protokol yang dipakai untuk menyambungkan beberapa komputer dengan tipe area lokal yang meliputi wilayah jarak jauh. Metode yang digunakan adalah dengan token dan topologi ring kembar.
  5. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol): jenis standar komunikasi data yang terdiri dari sekumpulan protokol dan dipakai oleh komunitas internet secara global.
  6. UDP (User Datagram Protocol): jenis protokol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi unreliable (tidak andal) dan connectionless (tanpa koneksi) antara host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.
  7. ICMP (Internet Control Message Protocol): jenis protokol yang digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim sebuah pesan kesalahan pada jaringan yang digunakan.
  8. HTTP (Hypertext Transfer Protocol): jenis protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web) sebagai sebuah identitas utama dalam jaringan internet untuk mengakses situs atau website.
  9. HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure): merupakan jenis protokol versi aman dari HTTP yang dijadikan sebagai sebuah protokol komunikasi dari WWW.
  10. FTP (File Transfer Protocol): jenis protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi sebagai standar untuk mengirimkan berkas komputer antar mesin dalam sebuah internetwork.

Jurnal Pengantar Teknologi Informasi Topik 9

OPERATING SYSTEM

APA ITU OPERATING SYSTEM (Sistem Operasi) DAN NETWORK OPERATING SYSTEM ( Sistem Operasi Jaringan)? – TENTANG JARINGAN KOMPUTER

Gambar 1. Operating system

 

Operating system atau sistem operasi adalah software terpenting yang berjalan di sebuah komputer. Software ini akan mengelola memori dan memproses semua komunikasi antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Tanpa adanya operating system, komputer tidak akan bekerja dengan semestinya. Selain di komputer, operating system juga ada di smartphone. Operating system memiliki berbagai fungsi spesifik. Hal tersebut termasuk dengan proses menyalakan komputer atau biasa disebut booting.Kemudian, mengatur aplikasi atau program untuk ditempatkan di ruang yang ada di perangkat.

Fungsi Operating System
Selain kedua fungsi di atas, operating system memiliki fungsi spesifik lainnya. Dikutip dari Western Governors University, berikut ini adalah fungsi dari operating system:

1. Memuat, mengeksekusi, dan menjalankan sebuah program.
2. Menjaga keamanan data dari serangan siber. Operating system yang baik memiliki fitur untuk menjaga data dan  program agar tetap aman.
3. Mengatur disk (media penyimpanan). Hal ini termasuk mengelola seluruh drive yang terpasang di komputer, seperti hard drive, optical disk drives, dan flash drive.
4. Mengatur proses yang berjalan. Operating system dirancang untuk mengalokasikan sumber daya dan mengatur berbagai proses komputer. Misalnya, membagikan informasi, melindungi proses komputer, dan sinkronisasi proses komputer.
5. Mengontrol perangkat. Operating system akan membuka atau memblokir akses perangkat, seperti CD/DVD dan USB. Jika perangkat terdeteksi memiliki masalah seperti virus, sistem operasi akan memblokir perangkat dan memberikan notifikasi masalah tersebut.
6. Mengontrol proses pencetakan. Sistem operasi akan mengontrol printer yang terhubung ke komputer dan mengatur materi apa saja yang harus dicetak.
7. Menampilkan antarmuka atau yang biasa disebut user interface (UI). User interface adalah bagian dari operating system yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan dan menerima informasi. Lalu, termasuk pula dengan menu, jendela, dan metode interaksi antara pengguna yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan dan menerima informasi. Lalu, termasuk pula dengan menu, jendela, dan metode interaksi antara pengguna yang digunakan.

Operating System Paling Populer
Ada lima jenis utama operating system. Kelima jenis OS tersebut telah dijalankan di berbagai perangkat ponsel, komputer, laptop, tablet, atau tablet.

1. Microsoft Windows

Ilustrasi Windows 11.

Gambar 2. Windows


Windows Operating system telah ada sejak 1980-an, kemudian memiliki beberapa versi dan pembaruan. Microsoft Windows adalah salah satu jenis sistem operasi yang populer dan dimuat di sebagian besar komputer dan laptop jenis terbaru. Setiap pembaruan Microsoft terus berupaya untuk meningkatkan user interface, software, dan membuat Windows lebih mudah diakses dan digunakan. Microsoft Windows berisi panel kontrol, asisten desktop dan desktop, pembersihan disk, penampil acara, dan banyak lainnya. Banyak pengguna yang lebih memilih Microsoft Windows, karena merasa kompatibel dengan jenis perangkat lunak lainnya.

2. Apple macOs

Sejarah Singkat Mac OS - REP - Universitas Raharja

Gambar 3. MacOs

Pesaing operating system Microsoft adalah macOS Apple. Kedua OS ini merupakan contoh operating system berpemilik. Artinya, perusahaan membuat konsep, merancang, mengembangkan, dan menjual OS mereka sendiri. Produk macOS juga dikenal oleh penggunanya karena kemudahan penggunaan. Lalu, terus meningkatkan pengalaman penggunanya. Kecepatan pemrosesan yang cepat, interface desktop yang sederhana, dan berbagai sumber daya yang bermanfaat membuat pengguna macOS betah dengan operating system ini.

3. Linux

Berkenalan dengan Linux - Universitas Harapan Bangsa // Harapan Bangsa  University

Gambar 4. Linux

Linux operating system berbeda dari Windows dan Apple, karena bukan perangkat lunak berpemilik. Artinya, operating system ini merupakan sistem terbuka dan siapa saja bisa memodifikasi dan mendistribusikannya. Dikarenakan sistem operasinya open source, maka bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis Linux, termasuk Ubuntu, Debian, Red Hat, dan Slackware. Umumnya, hanya ada dua operating system contoh yang dikenal, yaitu Android dan iOS. Sama seperti di komputer, sistem operasi di smartphone juga menjadi media komunikasi antara hardware dan software.

Jurnal Perkuliahan 7 Industri Pertanian

IOT FOR AGRICULTURE

Pengertian Internet of Things (IoT)

Gambar 1. Internet Of Things

IoT atau Internet of Things merupakan teknologi yang memungkinkan benda-benda di sekitar kita terhubung ke jaringan internet. Teknologi ini ditemukan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999. Hingga saat ini, teknologi IoT sudah dikembangkan dan mulai diaplikasikan. Cara kerjanya, setiap benda yang terhubung ke internet bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Dalam mengimplementasikan IoT, dibutuhkan banyak teknologi yang perlu dilibatkan, seperti RFID, teknologi web, komunikasi medan dekat, dan WSN (Wireless Sensor Network). Teknologi ini nantinya akan terhubung dengan terminal pengumpul data melalui jaringan internet maupun jaringan komunikasi. Informasi mengenai lingkungan sekitar objek akan diambil secara real time, diubah sesuai dengan formatnya dan kemudian ditransmisikan melalui jaringan ke pusat data. Data tersebut akan diolah menggunakan komputasi awan dan teknologi komputasi cerdas lain yang dapat mengolah data dalam jumlah besar untuk mencapai tujuan IoT.

 

5 IoT Applications in Agriculture Industry | Smart Farming Solutions

Gambar 2. Iot For Agriculture

Smart farming atau pertanian pintar adalah sistem yang menggunakan teknologi informasi dalam proses pertanian yang telah dirancang dan ditetapkan. Proses penerapan smart farming memang tidak mudah sebab memerlukan data yang lebih kompleks dan akurat.

Dalam buku Smart Farming Berbasis Internet of Things Dalam Greenhouse, dijelaskan jika dengan bantuan teknologi informasi yang dapat diakses melalui telepon genggam. Petani dapat mendapatkan informasi keadaan cuaca, waktu tanam dan musim tanam pada tanaman tertentu, waktu panen yang tepat, pemberian air irigasi sesuai dengan kebutuhan, cara budidaya yang baik dan benar sehingga menghasilkan produksi tinggi.

Konsep smart farming 4.0 diterapkan dengan alat sensor dan aplikasi, yang memberikan informasi untuk membantu petani meningkatkan produksi pertanian, termasuk mengurangi pemakaian pupuk dan air.

Keberadaan sensor tanah dan cuaca yang terpasang di lahan pertanian, akan membantu petani dalam mendapatkan data tentang tanamannya. Data yang dapat diperoleh dari sensor ini di antaranya seperti kelembapan udara dan tanah, suhu, pH tanah, kadar air, curah hujan, hingga kecepatan angin. Data tersebut dapat digunakan petani untuk memantau kondisi lahannya.

Dengan adanya perkembangan teknologi ini, IoT dapat membantu petani memantau serta memonitoring lahan pertaniannya sehingga dapat mempermudah proses pertanian. Teknologi IoT diharapkan dapat menghasilkan produk pertanian yang sangat maksimal untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Jurnal Pengantar Teknologi Topik 8

DIGITAL STORAGE

Physical Storage vs Digital Document Storage Techniques • XtendedView

Gambar 1. Digital Storage

Digital storage adalah bahan fisik tempat komputer menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang mencatat dan /atau mengambil item dari dan ke media penyimpanan. Banyak sekali jenis penyimpanan yang digunakan saat ini seperti eksternal hard disk, solid state driver (SSD), usb flash drive sampai dengan penyimpanan cloud storage. Cloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data transparan bagi pengguna.

Didalam ruang penyimpanan terdapat dua instruksi yaitu membaca dan menulis. Membaca adalah proses pengiriman barang dari medium penyimpanan ke memori, sedangkan menulis adalah proses pengiriman barang dari memori ke media penyimpanan.

Dimulai pada tahun 1940an William Tube pertama kali dikenalkan dengan kapasitas memori sebesar 0,0625 Kilobyte. Digital storage berkembang sangat pesat, dimulai dari media penyimpanan digital dimana hardware membutuhkan satu ruangan penuh, kemudian menuju ke hardware yang cukup untuk dimasukkan ke saku, hingga sekarang dimana media penyimpanan digital hadir tanpa bentuk fisik hardware yang nyata, cloud storage.

Dalam media penyimpanan terdapat beban batas maksimal penyimpanan yang dapat ditampung,yang bisa disebut denga kapasitas. Kapasitas adalah jumlah byte yang dapat disimpan media penyimpanan. Berikut merupakan tabel kapasitas dari media penyimpanan:

Gambar 2. Tabel Kapasitas Dari Media Penyimpanan:

Peran media penyimpanan pada perangkat komputer sangat penting, karena media penyimpanan yang mengatur mengenai berjalannya sebuah proses dan menyimpan data dengan aman. Media penyimpanan Komputer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Media penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk), Media Penyimpanan Optical (Optical Disk), dan Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage).

Macan-Macam Media Penyimpanan

  1. Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)

Penyimpanan Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (secondary storage) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.

  • Kelebihan : Kapasitas penyimpanan pada media ini lebih besar dari media penyimpanan lainnya bahkan sudah mencapai Petabyte dan Kecepatan akses datanya tinggi.
  • Kekurangan : Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya.

Cara Kerjanya : (Hanya beberapa) Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read−write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Cakram fixed−head memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan cakram moving−head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.

Macam-macam media dari Magnetik Disk :

  • DISKET
Tak Kebagian Kacamata, Warga Lihat Gerhana Pakai Disket

Gambar 3. Disket

 

Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB. Selain itu, memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk.

  • HARDDISK

Gambar 4. Harddisk

 

Hard disk adalah jenis disk yang bersifat tetap, tidak perlu dikeluar-masukkan sebagaimana disket floppy. Umumnya terbuat dari bahan logam padu yang berbentuk piringan atau pelat. Sebuah hard disk biasanya terdiri dari lebih satu piringan atau lempengan yang dilapisi dengan oksida besi. Cara penyimpanan datanya hampir sama dengan disket floppy. Bahan hard disk yang keras dan kapasitas simpannya yang lebih besar, juga membedakannya dari disket floppy yang bahannya relatif elastis.

  • FLASHDISK

Flashdisk Smartphone – Transfer Data Lebih Cepat Dan Praktis

Gambar 5. Flashdisk

 

Flashdisk adalah piranti penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 50 x 15 x 6 mm. Bahkan untuk saat ini, ukurannya semakin kecil dengan kapasitas yang jauh lebih besar, hingga mencapai 1 TB

  • MEMORY CARD

Jual Koleksi Memory Card Dibawah 100Rb Terbaik #PastiUntung | Jakmall.com

Gambar 6. Memory Card

Media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video gam console.

  • ZIP DRIVE

Gambar 7. Zip Drive

Merupakan media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB. Format ini menjadi yang paling populer di antara produk-produk jenis super-floppy tetapi tidak pernah mencapai status standar untuk menggantikan floppy disk 3,5 inci. Kemudian, CD-RW menggantikan posisi disk zip, dan perekam CD internal dan eksternal Zip-650 atau Zip-CD tersebut dijual dengan merek Zip.

 

 

  1. Penyimpanan Optical (Optical Disk)

    Gambar 8. Optical Disk

Penyimpanan optical adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah.

Kelebihan dan Kekurangan

  • Kelebihan : Beratnya lebih ringan dari beberapa media penyimanan Magnetic Disk.
  • Kekurangan : Kapasitas memorinya lebih kecil dari Magnetic Disk dan Jika tergores maka resikonya data tidak akan terbaca.

Cara Kerjanya : Media penyimpanan tersebut berputar dengan sangat kencang (putaran tersebut mempengaruhi kecepatan transfer data) dengan membaca data melalui optik yang berada pada perangkat pembacanya.

Macam-macam media dari Magnetik Disk :

  • CD
Pengertian Compact Disk : Sejarah, Fungsi & Cara Kerjanya (Lengkap)

Gambar 9. Compact Disk

 

CD (compact disk) atau laser optical disk merupakan jenis piringan optik yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan ditangani melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses piringan optis jauh lebih tinggi daripada disket. Di pasaran terdapat sedikitnya tiga macam piringan optik berbeda yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan, yaitu CD-ROM, CD-WORM, dan CD-Rewriteable.

  • CD-ROM

    Gambar 10. CD-ROM

Dewasa ini compact disk (CD) banyak dipakai untuk media penyimpanan data. CD yang dipakai untuk menyimpan data yang sifatnya read only atau hanya dapat dibaca, namanya dikenal dengan CD-ROM. Pada umumnya produk-produk CD-ROM merupakan suatu pangkalan data (database), yang pengoperasiannya memerlukan paling sedikit seperangkat personal komputer dengan hard disk, CD drive, dan printer bila diperlukan. Data yang disimpan pada CD-ROM dapat berupa teks, grafik, gambar dan sebagainya. CD-ROM sesuai untuk menyimpan informasi yang sifatnya statis seperti arsip, kamus, ensiklopedia dan sebagainya. Sebagai media penyimpan data, CD-ROM memiliki sejumlah keunggulan.

 

 

  • WORM

CD-WORM kepanjangan dari Write once read many dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bissa dilakukan sekali. Sesuda perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan. CD ini sering dijual dengan label CD-R atau CD-Recordable.

  • CD-RW (compact disk rewiteable)

    Gambar 11. CD RW

CD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.CD-RW drive yang digunakan untuk membuat CD audio, yang dapat diputar di hampir semua player, atau data discs, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.

 

 

 

  • DVD (Digital Video Disc)

    Gambar 12. DVD

DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s.

 

 

 

  1. Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

    Apa Itu Cloud Storage? - Gaptex.id

    Gambar 13. Cloud Storage

Cloud Storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Pada dasarnya teknologi Cloud Storage merupakan pengembangan dari sistem Komputasi Awan atau yang disebut juga dengan istilah cloud computing. Cloud computing adalah sebuah istilah dalam ilmu komputer yang berarti komputasi awan yang berbasis internet atau biasa dalam dunia IT dengan sebutan “The Cloud”. Istilah lain dalam teknologi cloud computing yaitu Sebuah jaringan komputer yang saling berhubungan dengan komputer lain yang dapat dijalankan secara bersamaan. Tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umumnya seperti CD atau hard disk, teknologi Cloud Storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang anda perlukan untuk mengakses file digital anda hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet.

Kelebihan dan Kekurangan 

Kelebihan Cloud Computing:

  1. Menghemat biaya dan ruang infratructure pembelian sumber daya komputer
  2. Bisa mengakses file dimana saja dan kapan saja
  3. Bisa menghemat waktu pada perusahaan sehingga bisa langsung fokus pada perkembangan infrastructure
  4. Dapat dengan mudah di monitoring dari satu server
  5. Operasional dan manajemen lebih mudah dan sederhana
  6. Menghemat biaya operasional pada sistem informasi yang dibangun
  7. Kolaborasi yang terpercaya

Kekurangan Cloud Computing:

  1. Komputer akan menjadi lemot  atau lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali bila internet putus
  2. Komputer akan menjadi lambat kinerjanya jika koneksi internet kita juga lambat
  3. Komputer akan menjadi sangat lambat karena diakses oleh banyak pengguna sehingga server akan menerima banyak sekali permintaan
  4. Jika tidak mempunyai backup yang handal maka hal terburuk ini akan timbul karena semua data berada di satu server pada cloud computing

Cara Kerjanya : Untuk dapat menyimpan data pada media ini kita diharuskan untuk mengunggah file tersebut dan untuk mengambil data kita harus mengunduh file tersebut.

  • Access Time

Kecepatan perangkat dan memori storae ditentukan oleh waktu akses. Ukuran waktu akses jumlah waktu yang dibutuhkan perangkat penyimpanan untuk menemukan item pada media penyimpanan atau waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan barang dari memori ke prosesor. Waktu akses perangkat memori lambat dibandingkan dengan akses ime memori. Item akses memori (keripik) dalam seperseribu detik (milidetik) atau sepersejuta detik (mikrodetik)

Waktu akses memori adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan karakter dalam memori untuk ditransfer ke atau dari CPU. Di PC atau Mac, chip RAM cepat memiliki waktu akses 70 nanodetik (ns) atau kurang. Chip SDRAM memiliki mode burst yang memperoleh karakter kedua dan selanjutnya dalam 10 ns atau kurang.

Waktu akses disk adalah rata-rata waktu antara memulai permintaan dan mendapatkan karakter data pertama. Ini mencakup pemrosesan perintah, waktu pencarian rata-rata (memindahkan kepala baca / tulis ke trek yang dibutuhkan) dan latency rata-rata (rotasi disk ke sektor yang dibutuhkan). Spesifikasi ini harus diberikan rata-rata, karena mencari waktu dan latency bisa bervariasi tergantung dari posisi kepala dan plat saat ini.

Jurnal Pengetahuan Lingkungan Pertemuan 11

G20 DAN COP26

A. G20

KTT G20 Akan Digelar di Indonesia Oktober 2022, Kemungkinan di Bali

Gambar 1. G20

1. Pengertian G20
G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Secara resmi G20 dinamakan The Group of Twenty (G20) oleh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral atau Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Kelompok ini dibentuk tahun 1999 sebagai forum antar pemerintah yang secara sistematis menghimpun kekuatan-kekuatan ekonomi maju dan berkembang untuk membahas isu-isu penting perekonomian dunia.

2. Sejarah Pendirian G20
Dibentuk pada 1999 atas inisiasi anggota G7, G20 merangkul negara maju dan berkembang untuk bersama-sama mengatasi krisis, utamanya yang melanda Asia, Rusia, dan Amerika Latin. Adapun tujuan G20 adalah mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

G20 pada awalnya merupakan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Namun sejak 2008, G20 menghadirkan Kepala Negara dalam KTT dan pada 2010 dibentuk pula pembahasan di sektor pembangunan. Sejak saat itu G20 terdiri atas Jalur Keuangan (Finance Track) dan Jalur Sherpa (Sherpa Track). Sherpa diambil dari istilah untuk pemandu di Nepal, menggambarkan bagaimana para Sherpa G20 membuka jalan menuju KTT (Summit).

3. Manfaat Bagi Indonesia

  • Presidensi G20 di tengah pandemi membuktikan persepsi yang baik atas resiliensi ekonomi Indonesia terhadap krisis.
  • Merupakan bentuk pengakuan atas status Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia, yang juga dapat merepresentasikan negara berkembang lainnya.
  • Momentum presidensi ini hanya terjadi satu kali setiap generasi (+ 20 tahun sekali) dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memberi nilai tambah bagi pemulihan Indonesia, baik dari sisi aktivitas ekonomi maupun kepercayaan masyarakat domestik dan internasional.
  • Indonesia dapat mengorkestrasi agenda pembahasan pada G20 agar mendukung dan berdampak positif dalam pemulihan aktivitas perekonomian Indonesia.
  • Menjadi kesempatan menunjukkan kepemimpinan Indonesia di kancah internasional, khususnya dalam pemulihan ekonomi global. Dari perspektif regional, Presidensi ini menegaskan kepemimpinan Indonesia dalam bidang diplomasi internasional dan ekonomi di kawasan, mengingat Indonesia merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang menjadi anggota G20.
  • Membuat Indonesia menjadi salah satu fokus perhatian dunia, khususnya bagi para pelaku ekonomi dan keuangan. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan (showcasing) berbagai kemajuan yang telah dicapai Indonesia kepada dunia, dan menjadi titik awal pemulihan keyakinan pelaku ekonomi pascapandemi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
  • Pertemuan-pertemuan G20 di Indonesia juga menjadi sarana untuk memperkenalkan pariwisata dan produk unggulan Indonesia kepada dunia internasional, sehingga diharapkan dapat turut menggerakkan ekonomi Indonesia.

 

B. COP26

COP26, Indonesia Butuh Aksi Nyata dalam Mitigasi dan Adaptasi

Gambar 2. COP26

1. Pengertian COP26
COP26 adalah badan pembuat keputusan tertinggi dari United Nations Framework Convention on Climate Change, yang ditandatangani pada 1992. Namun COP baru berlangsung pertama kali pada tahun 1995.

Setiap negara yang masuk dalam COP melakukan peninjauan pelaksanaan konvensi dan instrumen hukum lainnya yang diadopsi COP serta mengambil keputusan yang diperlukan untuk mempromosikan pelaksanaan konvensi yang efektif, termasuk pengaturan kelembagaan dan administratif. Sederhananya, COP26 adalah konferensi terkait iklim terbesar dan terpenting di planet ini

2. Tugas COP26

Tugas utama COP adalah melakukan peninjauan target-target setiap negara terkait emisi yang diajukan. Pelaksanaan COP akan digilir di antara lima wilayah PBB, yakni Afrika, Asia, Amerika Latin dan Karibia, Eropa Tengah dan Timur dan Eropa Barat dan Lainnya.
3. Manfaat Bagi Indonesia
Konferensi Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa Bangsa terkait perubahan iklim edisi ke-26 atau COP26 merupakan momentum bagi Indonesia untuk menarik investasi hijau sebesar mungkin. Indonesia memiliki potensi besar untuk menurunkan emisi dari sektor kehutanan, energi, transportasi sebesar 650 Mton CO2e dan 398 Mton CO2e dengan bantuan pendanaan internasional. Oleh karena itu, gelaran COP26 merupakan momentum Indonesia untuk menjadi negara destinasi Green Investment.Sebagai negara yang telah meratifikasi Paris Agreement, Indonesia juga telah memiliki target-target yang akan dicapai terkait pengurangan emisi dan perubahan iklim. Salah satunya pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29% (tanpa syarat dan dilakukan secara mandiri) dan 41% (dengan dukungan internasional) pada 2030. Dalam upaya pemenuhan target pengurangan emisi ini, pemerintah perlu mendapat dukungan dari semua pihak terutama dari perusahaan-perusahaan yang secara langsung proses produksinya terkait dengan emisi gas rumah kaca seperti perusahaan tambang.