Cara Menginstall Trixbox pada VirtualBoox

Trixbox (Asterisk@home) adalah VoIP Phone System yang berbasiskan sistem open source PBX (private Brance Excange) yang ketika sekali di-install kepad suatu PC dengan interface yang sesuai maka akan dapat di gunkan sebagai full feature PBX untuk pengguna rumahan, lembaga, dan lain sebagainya. Trixbox sangat terkenal karena mengkombinasikan paket-paket Open Source Telepon terbaik yang disertakan di dalam sistem operasi tersebut. Dahulu seorang user dituntut untuk menjadi seorang programmer jika ingin mengimplementasikan VoIP karena User Interface yang tidak Friendly. oleh karena itu untuk mengatasi masalah seperti itu diluncurkannya Trixbox dengan penggunaan yang sangat mudah karena menu utama yang berbasiskan web browsure untuk menkonfigurasi dan mengatur sistem, serta pasket-paket untuk VoIP Server dijadikan dalam satu bundle dengan operating system CentOS sehingga menjadi sistem Trixbox CE. Trixbox dibuat oleh Andrew Gillis pada bulan november 2004 dengan tujuan untuk membuat para pengguna komputer biasa dapat menggunakan secara maksimal Asterisk PBX system tanpa dibutuhkannya pengajar atau pengetahuan lebih mengenai VoIP. Sebelumnya Trixbox menggunakan nama Asterisk@home, namun dikarenakan Asterisk merupakan nama dagang dari perusahaan Digium.Ltd dan @home tidak sesuai dengan fungsionalitas dari Trixbox yang dapat melayani lebih dari sekedar pengguna rumahan atau bisnis sekala kecil dan menengah.

Berikut adalah tutorial menginstall Trixbox pada VirtualBox :

1. Klik New atau Baru pada mesin VirtualBox.

1

2. Isi name,type, dan version yang akan digunakan. Di sini saya menggunakan nama : trixbox , dengan type : linux, dan version : red hat (64bit).

2

3.Kita setting RAM yang akan kita gunakan. Disini saya menggunakan 512MB karena meminimalisir terjadinya Hang pada PC yang akan digunakan.

3

4. Kita pilih Buat hard disk virtual sekarang. Lalu enter.

4

5.Kita pilih type harddisk yaitu VDI lalu tekan enter.

5

6. Kita pilih tempat penyimpanan harddisk dengan Dialokasikan secara dinamik.

6

7.Kita tekan lanjut.

8. Kita klik icon pengaturan atau setting.

9.Klik Network atau Jaringan. Lalu kita pilih Adaptor 1 yaitu Adaptor Ter-bridge lalu klik Ok.

8

10. Kita klik icon Start atau Mulai.

11. Kita akan memasukkan CD/DVD Trixbox-2.8.0.4 ke dalam mesin VirtualBox dengan cara klik icon folder.

12. Lalu kita cari CD/DVD Trixbox-2.8.0.4 lalu klik open.

9

13. Setelah itu kita Mulai.

14. Kita akan menjumpai laman dibawah ini lalu kita klik enter.

10

15. Kita pilih type keyboard yang akan digunakan. Disini saya pilih US lalu klik Ok.

11
16. Kita pilih zona waktu/time zone. Karena saya berada di Indonesia maka menggunakan ASIA/JAKARTA.

12

17. Lalu kita ketikkan Password yang akan digunakan untuk login ke root.

13

18. Lalu kita tunggu proses installasi sampai selesai yaitu 100%.

14

Proses installasi telah selesai.

Selamat Mencoba.

Read More

Mengapa Saya Memilih Teknik Informatika Unila?

Kita semua tau bahwa teknologi makin berkembang dengan pesat. Dengan pesatnya perkembangan teknologi itu yang membuat dunia bersaing satu sama lain untuk menjadi dan menduduki posisi paling unggul. Karena perkembangan teknologi yang pesat, banyak perusahaan mencari lulusan Teknik Informatika untuk menunjang hal tersebut. Hal ini lah yang menjadi alasan saya mengapa saya memilih teknik informatika. Selain itu juga, lulusan teknik informatika bisa menjadi programmer dan dapat membuat software bahkan hardware sekalipun. Saya berkeinginan untuk menjadi bagian dari orang-orang yang mengubah dunia yang membuat suatu teknologi baru dan membuat Indonesia menjadi negara maju. Itulah mengapa saya memilih teknik Informatika.

Mengapa saya memilih Universitas Lampung?
Karena Universitas Lampung merupakan universitas terbaik di Lampung dan sudah masuk dalam 20 universitas terbaik di Indonesia.

Dengan kondisi dan kualitas Teknik Informatika saat ini, saya harap Program Studi Teknik Informatika UNILA segera mendapatkan akreditasi dan menjadi jurusan. Selain itu juga, sarana dan Prasarana penunjang kegiatan belajar mengajarpun segera dilengkapi dan direnovasi agar terciptanya suasana belajar yang nyaman.

Read More