KKL MK Jaringan Komputer

Pada kunjungan ke PT.Telkomsel yang terletak di daerah pahoman, pada hari senin,17 Juli 2017 lalu, terdapat beberapa ilmu dan materi yang saya dapatkan selama kunjungan tersebut, isi dari materi yang disampaikan adalah :

Kita harus menciptakan yang harus memiliki dampak positif, dampak positif tersebut terbagi menjadi beberapa kategori, kategori tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Sosial

Teknologi yang diciptakan manusia harus berdampak positif dibidang sosial, karena teknologi tersebut dapat meningkatkan kualitas diri seseorang, teknologi juga dapat menghubungkan seseorang yang berbeda pulau sehingga menimbulkan rasa solidaritas yang tinggi

2. Ekonomi

Teknologi yang diciptakan manusia juga harus berdampak positif pada bidang ekonomi, dampak positif yang ditimbulkan adalah dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, dapat juga meningkatkan produktifitas pada dunia industri seperti misalkan telkomsel ini

3. Pendidikan

Pada dunia pendidikan, teknologi juga memiliki dampak positifnya, dampak positif tersebut antara lain adalah adanya electronic book (e-book), dan juga dapat meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran di sekolah sekolah dan universitas

4. Gaya Hidup

5. Lingkungan

6.   Teknologi

Dijelaskan juga cara kerja dari proses pemanggilan pada jaringan 3G :

Sistem kerja jaringan 3G adalah pada saat si A melakukan panggilan, maka panggilan tersebut meminta akses ke BTS untuk melakukan percakapan, Selanjutnya akan diproses oleh BTS dengan menyediakan satu jalur khusus percakapan buat pelanggan yang meminta akses percakapan tadi. Jalur frekuensi yang dipakai oleh BTS untuk berkomunikasi dengan telepon seluler disebut dengan kanal fekuensi downlink . Jalur frekuensi yang dipakai oleh telepon seluler disebut kanal frekuensi uplink. setelah melalui BTS (Base Transceiver Station), maka akan diteruskan ke RNC (Radio Network Controller) yang merupakan sebuah pengendali jaringan radio, lalu akan diteruskan ke MSC (Mobile Switch Center)  yang merupakan interface yang menangani MS untuk menangani circuit switched data. setelah itu akan diteruskan kembali ke RSC lalu masuk ke BTS dan sampai ke telepon yang dituju.

Sedangkan pada jaringan 2G terdapat proses panggilan sebagai berikut :

Sistem kerja jaringan 2G adalah pada saat si A melakukan panggilan, maka panggilan tersebut meminta akses ke BTS (Base Transceiver Station) untuk melakukan percakapan, selanjutnya  setelah melalui BTS, panggilan tersebut akan diteruskan ke BSC (Base Station Controller) yang berguna sebagai stasiun pengendali, setelah dari BSC maka akan diteruskan ke MSC (Mobile Switch Center) yang berguna untuk menangani circuit switched data. Setelah dari MSC maka akan diteruskan kembali ke BSC lalu masuk ke BTS terdekat dan masuk ke panggilan penerima.

Terdapat juga cara kerja Packet Switch (PS) data network ke internet sebagai berikut :

Pada saat Handphone ingin mengakses data maka akan diteruskan ke BTS (Base Transceiver Station) setelah dari BTS maka akan diteruskan ke BSC (Base Station Controller) yang berguna sebagai stasiun pengendali, dari BSC maka akan diteruskan kembali ke SGSN (Serving GPRS Support Node)  SGSN sebagai gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS, update pelanggan ke HLR, registrasi pelanggan baru. lalu dari SGSN akan diteruskan ke GGSN (Gateway GPRS Support Node) yaitu sebagai gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke PDN (Public Data Network), information routing, network screening, user screening, address mapping. setelah dari GGSN maka akan diteruskan ke WWW (World Wide Web) dan Handphone dapat terhubung ke Internet.