Fitur Microsoft Word Yang Wajib Diketahui Mahasiswa

Tentunya Microsoft Word sudah bukan aplikasi yang asing lagi bagi para mahasiswa, terutama mereka yang sudah ada di tingkat akhir studinya. Biasanya, mahasiswa akan sibuk menggunakan aplikasi ini untuk tugas, laporan, dan mengerjakan skripsi. Apabila kamu seorang mahasiswa yang sering menggunakan aplikasi Word, simak lebih lanjut artikel ini.

Fitur-Fitur Microsoft Word Bagi Mahasiswa

Sebenarnya, ada banyak fitur Microsoftword yang bisa digunakan oleh para mahasiswa. Tetapi, kali ini artikel ini akan membahas 4 fitur penting yang sebaiknya kamu ketahui, untuk dapat membantu kamu mengerjakan tugas atau skripsi dengan lebih lancar. Tidak hanya itu, membiasakan diri dengan menggunakan fitur-fitur ini kedepannya dapat menjadi skill yang berguna ketika bekerja. Berikut fitur-fitur penting yang sebaiknya kami ketahui.

1.     Membuat Daftar Isi

Daftar isi adalah bagian terpenting ketika mengerjakan skripsi. Akan menyusahkan apabila harus mengisi satu-satu daftar tersebut secara manual. Nah, di aplikasi Word ini sudah ada fitur yang dapat membantu kamu untuk segera mengisi halaman daftar isi secara otomatis. Sehingga membuat daftar isi di word menjadi lebih mudah, bagaimana caranya?

 

Letakkan kursor di halaman kamu ingin menambahkan daftar isi. Buka References > Table of Contents dan pilih style otomatis. Jika ada perubahan pada dokumen yang mempengaruhi daftar isi, cukup klik kanan daftar isi dan pilih Update Field.

2.     Meletakkan Referensi

Bagian referensi juga merupakan bagian yang paling penting yang harus ada baik di tugas-tugas ataupun skripsi mahasiswa. Tanpa perlu mengetik satu-satu referensi kamu dan menyesuaikan dengan format referensi yang ada, kamu sudah dapat memasukkan referensi secara otomatis.

  • Letakkan kursor kamu pada teks yang ingin dikutip.
  • Buka Reference > Style, dan pilih gaya kutipan yang kamu harus gunakan
  • Pilih Insert Citation.
  • Pilih Add New Source dan isi informasi tentang sumber kamu.

 

3.     Membuat Header dan Footer

Header adalah teks yang ditempatkan di bagian atas halaman, sedangkan footer adalah teks ditempatkan di bagian bawah, atau kaki, halaman. Biasanya area ini digunakan untuk menyisipkan informasi dokumen, baik itu nama dokumen, judul bab, tanggal pembuatan, atau nomor halaman.

  • Masuk ke Insert > Header or Footer. Pilihlah tipe header yang ingin kamu gunakan pada tugas kamu.
  • Tambahkan atau ubah teks untuk header atau footer. Untuk mengedit header atau footer yang sudah dibuat, klik dua kali.
  • Untuk menghilangkan header, seperti misalnya ingin menghapusnya dari halaman judul, pilih dan centang kotak Different First Page.
  • Untuk menghapus, pilih Insert > Header or Footer > Delete Header (or Footer).

 

4.     Mengatur Spasi Antar Kalimat

Biasanya ketika mengerjakan skripsi, ada format spasi antar kalimat sendiri yang harus diikuti sebelum dapat menyerahkan hasil tugas akhir tersebut. Kamu dapat mengatur ruang antara baris teks dalam dokumen kamu melalui menu line spacing.

 

Buka Design > Paragraph Spacing. Pilih salah satu dari opsi yang tersedia. Jika kamu ingin membuat spasi tunggal di dokumen, pilih No Paragraph Space. Untuk kembali ke pengaturan yang semula, buka Design > Paragraph Spacing dan pilih opsi di bawah Style Set.

Kesimpulan

Itulah 4 fitur utama di Microsoft Word yang perlu diketahui oleh mahasiswa. Kamu dapat menerapkan ini dalam tugas-tugas, laporan, dan skripsi. Selain itu, mengetahui kegunaan fitur-fitur ini dapat juga dimasukkan ke dalam CV sebagai skill yang sudah kamu kuasai. Masih banyak fitur lainnya yang ada di Word, untuk mengetahui lebih lanjut, coba cek Microsoftword.id.

 

 

Perbandingan COC Mod APK dan Versi Originalnya Terbaru 2022

Game COC Mod APK saat ini sudah dapat kamu mainkan secara gratis dan bebas. Dapat didownload melalui laman berikut ini https://majalahponsel.org/apk/.

 

Apakah kamu pemain game Clash of Clans yang sudah melegenda itu? Apakah kamu mengetahui terdapat versi Mod dari game itu yang dapat dimainkan secara gratis, dan tanpa khawatir untuk melakukan top up untuk membuka kunci beberapa fitur yang ada?

 

Untuk versi terbaru pada tahun 2022 ini, Aplikasi Mod APK Clash Of Clans ini para pemain dapat memiliki akses pada semua fitur, meng-unlock karakter, dan juga mendapatkan item yang ada secara gratis.

 

Oleh karena itu, kamu dapat mendownload Mod APK ini secara langsung melalui perangkat yang kamu gunakan. Kamu juga bisa mengunduh versi terbaru dari Mod APK Clash of Clans ini pada tautan download yang ada di website ini secara langsung.

Tentang COC Mod APK

Salah satu game yang dikembangkan oleh Supercell adalah Clash of Clans atau yang biasa dikenal dengan COC. Bagi kamu yang main game ini tentunya sudah sangat familiar karena game ini cukup populer dan dimainkan oleh jutaan gamer di dunia.

 

Game ini memiliki misi untuk mengembangkan desa secara maksimal hingga TH 14. Untuk itu, mau tidak mau kamu sebagai pemain harus menyerang dan bertahan hingga mencapai level tertinggi tersebut agar desamu tidak mudah dihancurkan oleh musuh.

 

Selain itu, agar desa kamu tidak mudah diserang dan dihancurkan oleh musuh, maka kamu harus memiliki strategi untuk menyerang desa musuh. Caranya adalah dengan mengambil semua sumber daya yang ada di desa musuh, yaitu mulai dari gold, elixir, dan black elixir.

 

Game ini memiliki banyak pemain yang tersebar di seluruh dunia, membuat perusahaan pengembang ini juga memodifikasinya. Apalagi versinya dari waktu ke waktu yang terus menawarkan keunggulan yang lebih dibanding versi sebelumnya.

 

Lalu, apa bedanya APK Mod COC dan versi originalnya? Salah satu perbedaannya adalah dengan aplikasi Mod kamu dapat menikmati berbagai fitur yang mungkin jika kamu memainkannya di aplikasi original harus membayar terlebih dahulu agar dapat mengaksesnya.

 

Lalu apa saja perbedaan lainnya? Simak pembahasannya berikut ini!

Perbandingan COC Mod APK dan Versi Original

Setiap aplikasi tentunya akan memiliki perbedaan dengan versi sebelumnya, begitu juga dengan game Clash of Clans ini. Apalagi untuk versi Mod dan juga versi originalnya, tentunya versi Mod lebih banyak menguntungkan bagi para gamer.

 

Lalu, apa saja perbedaan yang ada pada keduanya? Simak penjelasan lengkapnya pada tabel berikut ini:

Aplikasi COC Original Version Aplikasi COC Mod Version
Harus tersambung dengan internet sehingga tidak bisa diakses saat offline Tersedia layanan offline dan tidak perlu terhubung dengan internet saat digunakan bermain
Harus membeli bangunan dengan melakukan top up koin Sudah mendapatkan semua item bangunan tanpa harus membelinya terlebih dahulu
Tidak bisa mendapatkan Gems Unlimited dan Koin Bisa mendapatkan gems dan koin secara unlimited dan free
Harus membeli Karakter sendiri dengan menggunakan koin atau gems Bisa meng-unlock semua karakter yang ada pada COC versi original tanpa harus membelinya.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai perbedaan Clash Of Clans Mod APK dan versi Originalnya, semoga informasi ini dapat menjadi referensi bagi kamu. Jika kamu menggunakan Mod APK, maka kamu memiliki kesempatan untuk item bangunan, dan menggunakan karakter tanpa harus membelinya melalui koin dan gems. Jadi, tunggu apalagi, ayo instal Clash Of Clans Mod sekarang juga!

Review Whatsapp Terbaru 2022

Di masa lalu, paket SMS mahal dan Anda dapat dengan mudah mengumpulkan biaya yang besar jika Anda menghabiskan jumlah yang dialokasikan. Dan lupakan percakapan grup, atau mengobrol dengan mudah dengan orang-orang di negara lain. Solusinya adalah perpesanan over-the-top yang menggunakan koneksi data Anda untuk mengirim teks, dan WhatsApp spikpk.id adalah platform perpesanan seluler pertama yang mendapatkan massa kritis.

Sejak itu, telah dibeli oleh Meta (sebelumnya dan, jujur ​​​​saja, selamanya Facebook), meningkatkan keamanannya, dan kemudian memasuki periode stagnasi ringan yang bertahan hingga hari ini. Dengan dasar pada teknologi yang sangat baik dan audiens bawaan yang besar, ini masih merupakan aplikasi gratis yang luar biasa, dan merupakan pemain terbesar dalam bisnis perpesanan yang aman. Namun, masa depannya kurang pasti—terutama karena penegak hukum terus menyerang keamanannya.

Bisakah Anda Mempercayai WhatsApp?

Kepercayaan adalah dasar dari setiap aplikasi perpesanan yang aman, dan WhatsApp melakukan banyak hal untuk mendapatkan kepercayaan Anda. Untuk satu hal, itu dibangun di atas Protokol Sinyal yang telah dicoba dan diuji untuk mengirim dan menerima pesan terenkripsi ujung-ke-ujung (E2EE). Itu berarti hanya pengirim dan penerima yang dituju yang dapat membaca pesan. Bahkan orang-orang di WhatsApp (dan dengan ekstensi, Meta) tidak dapat membaca pesan Anda. Utusan lain, seperti Facebook Messenger dan Telegram, memiliki E2EE sebagai opsi dan hanya dalam beberapa konteks, tetapi untuk WhatsApp dan Signal itu adalah defaultnya.

Ada satu peringatan untuk skema enkripsi WhatsApp, dan itu adalah komunikasi apa pun dengan bisnis. Seperti yang dijelaskan dalam pembaruan kebijakan privasi WhatsApp yang membawa malapetaka, WhatsApp dan lainnya dapat melihat apa yang Anda katakan dalam interaksi apa pun dengan akun bisnis. Dalam praktiknya, pengecualian ini tidak menjadi masalah, tetapi setiap kali Anda memiliki pengecualian untuk enkripsi, segalanya menjadi berantakan.

Fakta bahwa WhatsApp dimiliki oleh Meta (sekali lagi, Facebook) membuat sulit untuk mendukung messenger sepenuhnya. Meta terus diganggu oleh skandal tentang berapa banyak data yang dikumpulkan perusahaan tentang penggunanya. Baru-baru ini, terungkap bahwa Meta tidak dapat mengontrol apa yang dilakukan mitra korporatnya dengan data Anda. Untuk saat ini, pembagian antara WhatsApp dan penguasa korporatnya tampak kuat, tetapi itu bisa berubah di masa mendatang.

WhatsApp berusaha keras untuk menjelaskan wawasan yang dimiliki Meta atas aktivitas WhatsApp. Ini sering disebutkan dalam Kebijakan Privasi WhatsApp, dan ada seluruh artikel FAQ yang dikhususkan untuk subjek tersebut. Menurut WhatsApp, Meta tidak dapat melihat kontak atau pesan Anda, tetapi Meta dapat melihat nomor telepon, alamat IP, dan interaksi apa pun dengan bisnis di WhatsApp. Itu banyak informasi pengenal.

Tantangan lain bagi pengirim pesan yang aman adalah serangan terus-menerus dari pemerintah dan penegak hukum terhadap sistem enkripsi. Menulis tentang sejauh mana polisi atau FBI dapat memantau pesan Anda dulunya sangat sulit, tetapi itu semua berubah sejak rilis dokumen berguna dari FBI. Menurut daftar ini, FBI dapat memperoleh konten pesan jika target menggunakan iPhone dengan cadangan iCloud diaktifkan. Mengesampingkan bahwa Apple harus mengenkripsi cadangan perangkat, aplikasi akan mendorong Anda untuk mengenkripsi cadangan WhatsApp Anda, yang seharusnya melindungi pesan Anda. Namun, tidak ada layanan perpesanan lain yang membawa peringatan ini. Ingatlah bahwa dokumen ini tidak mencakup apa yang dapat dikumpulkan oleh penegak hukum dengan menggunakan alat analisis forensik yang dirancang untuk menghindari fitur keamanan.

 

Mengenal Homeschooling, Keuntungan dan Kekurangannya

Homeschooling atau sekolah mandiri dikenal dengan metode homeschooling. Saat ini homeschooling mulai banyak mendapat perhatian orang tua di Indonesia sebagai salah satu alternatif metode pendidikan bagi anak-anaknya.

Bagi yang setuju, homeschooling dinilai mampu mengakomodir kebutuhan metode pendidikan yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan gaya belajar anak. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan homeschooling, artikel ini akan membahas:

  • Apa itu Homeschooling?
  • Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling
  • Siapa yang Membutuhkan Homeschooling?

Apa sih, Homeschooling?

Homeschooling kini menjadi pilihan banyak orang tua untuk memenuhi pendidikan anaknya. Dan banyak orang tua yang berlomba mencari homeschooling terbaik. Namun, perlu dipahami bahwa homeschooling bukan hanya sekolah di rumah. Anda perlu memahami sistem pendidikan ini, sebelum memutuskan untuk mengadaptasikannya untuk anak-anak.

Sistem pendidikan homeschooling dimulai dari kenyataan bahwa setiap anak berbeda. Tidak semua anak cocok untuk pendidikan yang dilaksanakan di sekolah sambil duduk diam dan mendengarkan guru berbicara. Ada tipe anak yang menginginkan metode pembelajaran yang berbeda, yang memungkinkan mereka bebas bergerak dan bereksplorasi tanpa kehilangan esensi pendidikan yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, orang tua juga menyadari bahwa anak-anaknya memiliki minat yang berbeda-beda. Hal ini membuat homeschooling hadir dengan sistem pendidikan yang dirancang untuk membantu anak belajar sesuai dengan minat dan bakatnya. Cara belajarnya disesuaikan dengan keinginan dan kesukaan masing-masing anak.

Misalnya, ada anak yang suka belajar melalui eksperimen dan ada juga anak yang lebih suka belajar di luar ruangan sambil mengamati. Apapun kesukaan anak, semuanya bisa diakomodasi melalui sistem pembelajaran homeschooling.

Satu hal yang juga penting, homeschooling membutuhkan kesepakatan antara anak dan orang tua. Jangan sampai orang tua memilih homeschooling, namun anak ternyata lebih memilih sekolah konvensional yang memungkinkannya bertemu banyak teman setiap hari.

Simak kelebihan homeschooling sebagai metode anak mendapatkan pendidikan.

Keuntungan dari Homeschooling

Orang tua yang jatuh cinta dengan cara ini biasanya mempertimbangkan soal waktu yang fleksibel. Alasan lainnya, lihat di sini:

Waktu belajar yang fleksibel

Salah satu kelebihan homeschooling adalah fleksibilitas waktu belajar. Orang tua, anak, dan staf pengajar dapat saling berdiskusi tentang waktu yang tepat untuk memulai pembelajaran dan menentukan durasi pembelajaran. Selain itu, Anda dan anak Anda juga dapat memilih jadwal mata pelajaran yang ingin dipelajari dalam satu hari.

Memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan bakatnya

Setiap anak memiliki bakat, minat, dan kemampuan yang berbeda dalam mengolah informasi. Dengan homeschooling, Anda dan anak Anda dapat bersama-sama menentukan topik, waktu, durasi, dan cara belajar yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan gaya belajar anak Anda. Dengan keluwesan, metode pembelajaran ini dapat lebih optimal dalam mengembangkan bakat setiap anak sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

Anak cukup istirahat

Rutinitas sekolah formal yang mengharuskan anak datang lebih awal dan terkadang berangkat hingga sore hari dapat mengurangi waktu istirahat anak. Bukan tidak mungkin anak akan merasa lelah setiap pulang sekolah dan kurang tidur. Hal ini berbeda dengan sistem pembelajaran homeschooling, dimana waktunya lebih fleksibel, sehingga orang tua dapat mengatur waktu istirahat anaknya dengan baik.

Orang tua dapat memantau persahabatan anak-anak

Salah satu hal yang dikhawatirkan orang tua ketika anaknya bersekolah di sekolah konvensional adalah masalah pertemanan, karena perilaku bullying di kalangan anak bisa saja terjadi. Dengan homeschooling, orang tua dapat terus memantau proses belajar dan persahabatan anak. Dengan begitu, anak dapat terhindar dari pertemanan yang tidak baik atau bahkan merusak dalam masa pertumbuhannya.

Anak-anak memiliki kesempatan untuk belajar di luar rumah

Anak homeschooling memiliki cara belajar yang lebih fleksibel, karena bisa belajar dimana saja, seperti di museum, perpustakaan, hingga alam bebas. Jadi, anak tidak hanya belajar teori di kelas, seperti siswa di sekolah konvensional pada umumnya.

Di antara sekian banyak metode pendidikan yang dapat diterapkan pada masa tumbuh kembang anak, homeschooling memang membutuhkan fasilitas lingkungan yang memadai. Ingin memiliki rumah yang mendukung tumbuh kembang anak dengan fasilitas taman bermain atau fasilitas pendidikan yang lengkap di lingkungan sekitar?

Kekurangan Homeschooling

Banyak orang tua juga meragukan homeschooling karena ada risiko yang harus ditanggung, seperti:

Ruang lingkup persahabatan anak-anak terbatas

Dibandingkan dengan anak-anak yang bersekolah di sekolah konvensional dan banyak bertemu dengan anak-anak lain seusianya, homeschooling membuat kehidupan sosial anak terbatas pada interaksi dengan staf pengajar dan keluarga.

Oleh karena itu, untuk mengatasi dampak sosial yang mungkin timbul pada anak homeschooling, orang tua perlu menjaga agar anaknya tetap terhubung dengan dunia sekolah dan lingkungan teman sebayanya. Misalnya, buatlah sekelompok anak homeschooling untuk berkumpul, belajar, dan berinteraksi bersama.

Kesulitan mengakses fasilitas belajar yang umumnya tersedia di sekolah

Proses pembelajaran homeschooling tidak memungkinkan anak mendapatkan fasilitas penunjang seperti yang ada di sekolah formal. Misalnya, anak Anda mungkin tidak memiliki kesempatan untuk mencoba lab sains, lab bahasa, perpustakaan sekolah, atau studio seni.

Lalu, bagaimana dengan status kelulusan homeschooling? Sebagai pendidikan berbasis keluarga yang termasuk dalam jalur pendidikan informal, homeschooling diatur dalam UU No. 20/2003. Sesuai dengan undang-undang yang ada, anak yang menerima pendidikan melalui sistem ini akan diakui mengikuti pendidikan formal dan nonformal setelah siswa lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Siapa yang Membutuhkan Homeschooling?

Tidak semua anak masuk ke sekolah konvensional. Namun, seperti halnya metode pendidikan homeschooling, tidak semua anak cocok atau menyukainya. Biasanya orang tua memilih homeschooling karena berbagai faktor dan berikut beberapa kondisi khusus yang memerlukan program homeschooling.

Anak dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)

ADHD adalah suatu kondisi dimana anak mengalami kesulitan berkonsentrasi, dan muncul perilaku hiperaktif dan impulsif. Gejala tersebut muncul saat memasuki usia sekolah, sehingga anak mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran.

Anak dengan OCD (Obsessive Compulsive Disorder)

OCD adalah suatu kondisi yang menyebabkan anak memiliki pikiran, perasaan, dan ketakutan yang tidak diinginkan. Anak OCD biasanya sulit berkonsentrasi pada tugas sekolah yang diberikan, sehingga orang tua menganggap metode homeschooling lebih cocok untuk mereka.

Disleksia

Disleksia adalah gangguan proses belajar yang membuat anak sulit membaca, menulis, dan mengeja. Orang dengan disleksia juga mengalami kesulitan mengidentifikasi bagaimana kata-kata yang diucapkan harus diubah menjadi huruf dan kalimat.

Meski penderita disleksia umumnya memiliki tingkat kecerdasan yang normal, namun mereka akan kesulitan jika harus bersekolah di sekolah konvensional. Biasanya, mereka membutuhkan teknik belajar yang berbeda dari anak normal lainnya.

Homeschooling, home education, atau home-based learning menawarkan konsep pendidikan dengan orang tua sebagai penanggung jawab utama. Orang tua juga berperan sebagai pengawas, pengarah, tutor pendamping, ataupun fungsi lainnya yang diperlukan. Selain berbasis di rumah, pendidikan ini juga bisa dilaksanakan di manapun sesuai materi pelajarannya.