Cara Download dan Install Domino Topbos Com Mod

Penggemar game domino pasti sudah tidak asing lagi dengan Higgs Domino. Sekarang sudah tersedia versi mod dari game tersebut yaitu Domino Topbos com mod yang bisa langsung didownload di https://majalahponsel.org/apk/. Sebelum membahas cara download dan install game mod, ada baiknya kita membahas apa itu game mod.

Game mod adalah hasil modifikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga, dalam hal ini adalah Topbos.com. Modifikasi dilakukan untuk mempermudah para gamer dalam mendapatkan resource game dan mengakses fitur-fitur premium dalam game. Selain itu, masih banyak keuntungan lain yang tujuannya membuat game lebih seru.

Berbeda dengan versi originalnya yang sudah pasti ada di Play Store maupun App Store, Domino versi mod tidak tersedia di kedua toko resmi tersebut. Alasannya adalah game ini dikembangkan oleh pihak ketiga secara ilegal jadi tidak akan diterima di market resmi. Lalu bagaimana cara mengunduh dan menginstallnya? Simak langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-Langkah Download dan Install Domino Topbos com Mod? 

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, file mod tidak tersedia di market resmi baik Play Store atau App Store. Prosesnya pun sedikit berbeda. Jika menginstall langsung dari Play Store atau App Store, pengguna hanya cukup menekan tombol download dari market tersebut dan game otomatis terinstall lalu tinggal di buka.

 

  • Unduh Game 

 

Anda bisa mengunduh file mod game Domino Topbos com tersebut dari majalahponsel.org (link download ada di bagian atas artikel). Cari game melalui fitur search di bagian kanan atas. Kemudian Anda akan langsung dibawa ke link download game Domino mod.

Klik tautan tersebut lalu Anda akan dibawa ke halaman download. Pastikan untuk melihat nama file sekali lagi agar tidak salah. Centang file dan klik tombol download. Ikuti proses download hingga selesai. Lama proses download tergantung dari ukuran file dan kecepatan internet.

 

  • Aktifkan ‘Unknown Source’ dari Pengaturan

 

Sebelum membuka game tersebut, pastikan Anda sudah mengaktifkan ‘Sumber Tidak Dikenal’ atau ‘Unknown Source’. Untuk mengaktifkan fungsi tersebut, pergi ke menu setting. Kemudian, scroll down sampai menemukan ‘Security’. Cari opsi ‘unknown sources’. Setelah ketemu, centang bagian tersebut. Jika muncul notifikasi pertanyaan keamanan, tekan OK.

Tanpa melakukan pengaturan tersebut, game tidak akan bisa dibuka. Karena itu, langkah ini tidak boleh dilewatkan. Perlu digarisbawahi bahwa file mod APK berbeda dengan file hasil download dari play store yang bisa langsung dibuka begitu aplikasi selesai terinstall. File dari luar play store memiliki ekstensi sendiri yaitu .apk sehingga memerlukan perlakuan khusus.

 

  • Install Game dan Buka Seperti Biasa

 

Setelah langkah nomor 2 di atas, cari game di File Manager, lalu pilih APKs. Cari game Domino Topbos yang tadi sudah didownload, lalu klik file tersebut untuk memulai instalasi. Game akan terinstall secara otomatis. Biasanya butuh waktu beberapa detik hingga menit tergantung dari spek handphone.

Setelah itu game bisa langsung dibuka dan dimainkan seperti bisa. Klik icon game di layar smartphone untuk membuka game. Nikmati berbagai fitur yang tersedia di Domino Topbos APK.

 

Kesimpulan 

Cara install Domino Topbos com Mod memang lebih rumit dibandingkan install game versi original. Dengan mengikuti langkah-langkah instalasi di atas, kamu bisa menginstall game lebih mudah dan cepat. Saatnya menikmati fitur-fitur seru yang membuat permainan domino Anda lebih mengasyikkan.

 

Cara Menyembunyikan Foto Profil Anda Di Whatsapp

Ada beberapa cara untuk bisa menyembunyikan foto profil Anda di Whatsapp. Nah, kali ini kita akan membahas cara yang paling mudah dan direkomendasikan oleh beberapa ahli gadget dari spikpk.id. Simak ulasan berikut ini dan cobalah di Whatsapp Anda untuk bisa mendapatkan hasilnya.

Caranya: Buka Pengaturan > Privasi > Foto Profil > Tidak Ada.

Cara menonaktifkan obrolan grup WhatsApp

Dengan grup WhatsApp yang hanya dibatasi hingga 50 peserta, terkadang mereka menjadi sangat sibuk. Cegah diri Anda terbangun oleh pesan yang tak henti-hentinya dengan membisukan grup tertentu. Cara ini terbilang lebih aman, lho!

Caranya: Ketuk pada obrolan grup pilihan Anda, lalu nama untuk memunculkan Info Grup di mana Anda akan menemukan opsi untuk Membisukan obrolan selama delapan jam, satu minggu atau satu tahun. Meskipun jika Anda memilih yang terakhir, sebaiknya Anda pergi sama sekali.

Dapatkan pintasan ke percakapan

Jika Anda menggunakan Android, Anda dapat membuat pintasan ke obrolan populer dan membiarkannya langsung di layar beranda: berguna jika ada orang tertentu yang lebih sering Anda ajak ngobrol.

Caranya: Ketuk dan tahan obrolan (grup atau individu) pilihan Anda dan tab akan muncul. Pilih opsi Tambahkan Pintasan Percakapan dan obrolan yang dimaksud akan muncul sebagai foto profil orang tersebut di desktop seluler Anda.

Cara berbagi lokasi di WhatsApp

Jika Anda mencoba memberikan petunjuk arah kepada teman Anda tentang tempat bertemu dan tidak tahu kemana-mana, Anda dapat memberi mereka pin lokasi Anda saat ini dan membuat mereka menuju ke arah Anda menggunakan peta. Jika Anda belum sampai di sana, Anda juga dapat mengirimkan pin ke mana Anda akan pergi, atau sebagai alternatif, bagikan ‘lokasi langsung’ Anda agar mereka dapat melacak langkah Anda.

Ini akan menyiarkan lokasi Anda kepada mereka untuk pilihan 15 menit, 1 jam, atau 8 jam. Berubah pikiran ingin keberadaanmu diketahui? Anda dapat mengakhirinya kapan pun Anda mau dengan mengeklik opsi “berhenti berbagi” di obrolan.

Caranya: Di iOS, klik ikon + di sebelah kiri kotak obrolan, dan pilih Lokasi. Ini akan memunculkan semua opsi Anda untuk hal di atas, meskipun Anda harus menyetujui Whatsapp untuk mengetahui lokasi Anda setiap saat jika Anda ingin menggunakan Lokasi Langsung (itu akan meminta Anda untuk melakukan ini jika Anda belum melakukannya). Di Android, buka menu Lampirkan dan pilih Lokasi dengan cara yang sama – Anda juga harus menyetujui aplikasi untuk izin lokasi serupa di sini.

Lakukan penyamaran

Anda tidak dapat lolos dengan tidak membalas pesan jika orang dapat melihat kapan Anda terakhir online, jadi matikan fitur ‘terakhir dilihat’ WhatsApp untuk melakukan penyamaran. Sekarang Anda dapat mengabaikan orang di waktu luang Anda …

Caranya: Ada di menu Privasi, di bawah Terlihat Terakhir, dan jika mau, Anda dapat bersembunyi dari semua orang, atau hanya mengizinkan kontak Anda untuk melihat aktivitas Anda.

Kirim pesan dengan suara Anda

Jika Anda sibuk memasak, makan, atau juggling, membalas pesan bisa menjadi hal yang sangat sulit. Namun berkat Siri di iOS dan Google Assistant di Android, Anda dapat membalas tanpa menyentuh ponsel.

Caranya: Berteriak “Hai Siri” atau “OK Google”, ucapkan “kirim WhatsApp ke Jonny” dan Anda dapat mendiktekan surat resmi Anda tentang melewatkan pernikahan Jonny karena latihan juggling Anda.

 

“Homeschooling” untuk Pendidikan Pandemi

Sekolah formal masih merupakan pilihan yang jauh lebih masuk akal dan normal dalam hal pendidikan anak-anak bagi kebanyakan orang. Hampir semua pembahasan tentang pendidikan akan selalu terfokus pada sekolah dalam bentuk yang sudah umum diketahui masyarakat.

Adapun homeschooling, tidak semua orang pernah mendengarnya, apalagi menjadikannya pilihan metode pendidikan. Sekedar memperjelas, yang kami maksudkan homeschooling di sini bukanlah program yang ditawarkan oleh suatu lembaga atau yayasan. Melainkan manajemen pendidikan berbasis keluarga di mana orang tua adalah penanggung jawab utama. Jumlah praktik homeschooling seperti ini masih sangat sedikit.

Namun jika anda tertarik pada homeschooling lembaga atau yayasan, bisa cek biayanya di berapa biaya homeschooling.

Namun dengan munculnya pandemi dan diterapkannya solusi persekolahan berupa pembelajaran jarak jauh (PJJ), hampir semua orang tua kemudian mempraktekkan homeschooling meskipun masih dalam arti harafiahnya yaitu sekolah di rumah.

Sayangnya, kesan paksaan masih terlalu dominan dalam praktik belajar di rumah ala PJJ. Akibatnya, ketika masalah muncul, mudah bagi orang tua untuk menuduh sekolah atau pihak lain yang dianggap bertanggung jawab atas PJJ ini.

Kami sendiri melihat ini sebagai peluang bagi orang tua untuk menjajaki new normal bahwa sekolah bukan satu-satunya tempat belajar. Dan, daripada menyalahkan ketidakefektifan PJJ, bukankah lebih baik mengambil tanggung jawab itu kembali dengan menjalankan homeschooling secara total?

Bukan Pilihan yang Mudah

Kami pertama kali memutuskan untuk homeschooling keluarga kami belasan tahun yang lalu ketika kami baru menikah dan tidak memiliki anak.

Namun saat itu kami memilih bukan karena terpaksa melakukan hal seperti pandemi saat ini. Kami bermaksud untuk bertanggung jawab penuh atas pendidikan anak-anak. Karena berdasarkan pengamatan kami, sekolah tidak mewakili gambaran kami tentang lingkungan yang ideal untuk belajar.

Selain itu, sering terjadi hubungan ketergantungan yang berlebihan terhadap sekolah. Akibatnya, banyak orang tua yang terkesan merelakan masalah belajar anaknya di sekolah.

Sekolah dijadikan sebagai jasa laundry, dimana orang tua menyerahkan anaknya dan hanya menerima hasil bersihnya saja. Sekolah merupakan penentu keberhasilan sekaligus pihak yang patut disalahkan jika anak tidak berkembang sesuai harapan orang tuanya.

Cukup idealis bukan? Padahal kami bukan orang tua dengan latar belakang pendidikan yang paham banyak teori. Kami juga bukan orang garis keras yang melihat setiap kesempatan sebagai kesempatan belajar. Itulah mengapa ketika Anda memutuskan untuk memilih homeschooling, ada perasaan sejuk dan bangga karena pilihan itu.

Namun kami akui bahwa homeschooling bukanlah pilihan yang mudah. Melihat kuartet anak-anak yang lebih memilih berlatih jurus Ultraman daripada Jarimatika, atau sesi membaca yang sering berubah menjadi adu buku terkadang membuat diri kita sendiri resah.

Namun, hal itu tidak lantas membuat kami putus asa dan menyerah. Homeschooling adalah sesuatu yang mungkin penuh dengan kesulitan. Tapi tidak sampai ke level yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu.

Memang, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan harus hati-hati, tetapi yakinlah, itu bisa dilakukan dan itu sepadan.

Menjawab Keraguan

Di antara pertimbangan yang paling sering membuat orang tua ragu untuk menerapkan homeschooling adalah mampu atau tidaknya orang tua menjadi ‘guru’ bagi anaknya. Ini adalah pemikiran yang masuk akal melihat banyak orang yang berpikir bahwa homeschooling adalah memindahkan sekolah ke rumah. Jadi, sebagai konsekuensinya, orang tualah yang dianggap sebagai guru bagi anak-anaknya.

Munculnya pandemi ini seolah membawa hikmah berupa sanggahan langsung atas keraguan tersebut. Memang masih banyak keluhan dari orang tua karena belum terbiasa dan merasa kewalahan. Namun dengan kondisi seperti itu, banyak rekan orang tua yang terbukti mampu mendampingi proses PJJ anaknya. Ini adalah modal besar untuk homeschooling.

Selain itu, ada dua hal yang bisa ditambahkan untuk menjawab keraguan tentang menjadi pendidik bagi anak. Pertama, semua hal yang ‘harus’ diketahui anak sebelum mereka dewasa juga harus diketahui oleh orang tuanya. Misalnya, pengetahuan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung, ini harus diketahui oleh orang tua.

Atau, misalnya, lebih khusus dalam agama (Islam). Pengetahuan yang berkaitan dengan dasar-dasar seperti rukun Islam, rukun iman, wudhu, shalat, Alquran dan lain-lain memang merupakan ilmu minimal yang harus dimiliki seorang muslim dewasa. Dan sepertinya tidak mungkin seseorang menjadi orang tua tanpa menjadi dewasa terlebih dahulu. Bahkan ketika kita mungkin masih kurang dalam hal itu, tidak bisakah ini menjadi kesempatan untuk belajar dan berkembang?

Kami sendiri pernah disebut salah niat oleh seorang ustadz baru belajar membaca Al Quran dengan benar setelah malu dan khawatir memikirkan punya anak nanti.

Kemudian, kasus kedua berkaitan dengan pelajaran yang mungkin tidak wajib, tetapi mungkin perlu dan bermanfaat. Pengetahuan ini biasanya terkait dengan minat, hobi, dan cita-cita anak. Untuk yang satu ini, jawabannya bahkan lebih mudah. Karena kecenderungan untuk belajar mandiri akan lebih mudah muncul pada hal-hal yang sesuai dengan minat. Jadi orang tua hanya memfasilitasi saja.

Dan, bertentangan dengan pendapat sebagian praktisi homeschooling yang berusaha menjadi guru tunggal bagi anaknya, sangat memungkinkan bagi orang tua untuk meminta bantuan kepada orang lain yang mampu bersikap pantas. Misalnya, hobi putra sulung kami adalah membaca dan olahraga. Karena ayahnya juga suka membaca, jadi tidak terlalu sulit untuk memfasilitasinya. Tetapi ketika berbicara tentang olahraga, kita harus menyadari bahwa itu bukan keahlian saya.

Itu sebabnya dia terdaftar di sekolah seni bela diri. Dan, rasanya membeli bola untuk digunakan bersama saudara perempuan dan teman-temannya bukanlah hal yang paling sulit di dunia, bahkan untuk orang buta bola seperti saya.

Kehadiran pandemi dapat membatasi pilihan ini. Namun masih banyak alternatif lain yang dapat membantu para orang tua.

Mungkin kita masih ingat dengan siswa SMA yang viral dalam sebuah video beberapa minggu lalu karena mengatakan bahwa Google lebih pintar dari sekolah. Memang, jika Anda hanya ingin pintar, semua pengetahuan sekarang dapat diakses dengan mudah melalui internet. Belum lagi munculnya berbagai aplikasi dan kelas online yang materinya lebih spesifik dan fokus.

Dengan memanfaatkan fleksibilitas homeschooling, proses pembelajaran bisa lebih maksimal jika dibandingkan dengan metode PJJ yang sistemnya lebih kaku.

Tangkap Peluangnya

Ada satu hal lagi yang biasanya membuat orang tua ragu dalam memilih homeschooling. Yakni, legalitas ijazah alias.

Memang, saat ini, belajar tidak bisa hanya sebatas mengejar ilmu. Ijazah sebagai bentuk pengakuan juga terkadang dibutuhkan untuk berbagai kondisi. Homeschooling tidak menentangnya. Bagaimanapun, homeschooling tidak ilegal; dibahas secara implisit dalam UU no. 20/2003 sebagai Pendidikan Informal. Selain itu, ada juga Permendikbud 129/2014 yang menyebutkan home schooling.

Soal ijazah bisa diperoleh dengan mengikuti Ujian Setara atau Pengejaran Paket yang diadakan di PKBM. Ijazah ini sama dengan ijazah sekolah umum. Ijazah Paket C, misalnya, bisa digunakan untuk mendaftar di perguruan tinggi. Banyak anak homeschooling telah melalui proses seperti ini.

Dengan adanya payung hukum ditambah dengan pembahasan sebelumnya, sebenarnya sangat mungkin jika pendidikan nasional diarahkan untuk memaksimalkan penerapan homeschooling. Tapi itu hak pembuat kebijakan.

Kami hanya berharap rekan-rekan orang tua memanfaatkan peluang di tengah pandemi ini. Setidaknya untuk menjadikan homeschooling sebagai pilihan yang layak dipertimbangkan. Karena memulai sesuatu yang baik terkadang membutuhkan momentum yang tepat. Dan, mungkin tidak ada kesempatan yang lebih memotivasi seperti ini di masa depan.