KKL Mahasiswa Teknik Informatika ke Telkomsel Telecommunication Center Lampung

Pada tanggal 17 juli 2017. kami mahasiswa dari program studi teknik informatika mengadakan   kunjungan   Ke TTC Telkomsel Region Lampung,  yang berada di Jalan Way Sekampung No. 08  Pahoman, Bandar Lampung.  Dalam rangka kuliah kunjungan lapangan pada mata kuliah Jaringan Komputer. tujuan dari kunjungan ini agar dapat melihat langsung bagaimana dari jaringan komputer pada sebuah perusahaan telekomunikasi besar seperti telkomsel. dengan didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah jarngan komputer yakni Gigih Forda Nama, S.T,  M.T.I.

acara dibuka tepat pada pukul 10.00 Wib oleh pembawa acara Siti Pratiwi atau akrab  dipanggil dengan Mbak Tiwi. dilanjutkan dengan sambutan dari Bpk. Tengku Erfansyah S.T M.M selaku General Manager TTC Lampung . Kemudian Sambutan dari perwakilan pihak PSTI Unila oleh Bpk. Gigih Forda Nama, S.T,  M.T.I.

Selanjutya kami mendapat materi dimulai  sejarah sejarah telkomsel dan berbagai layanan yang ditawarkan, oleh BpkGaluh Sunandar selaku Telkomsel Youth & Community. .  Telkomsel didirkan pada tahun 1995 dan kini  telah memiliki sekitar 140.000bts yang tersebar diseluruh wilayah indonesia, dengan lebih dari 170 juta pelanggan telkomsel memiliki jangkauan yang luas hingga ke pelosok daerah. Telkomsel  mulai bergerak dari perusahaan telekomunikasi menuju ke perusahaan digital. berbagai teknologi dan layanan menarik yang kini telah tersedia antara lain :

  • jaringan 4G LTE dengan kecepatan 1Gbps
  • T-cash sistem pembayaran elektronik menggunakan teknologi nfc untuk melakukan pembayaran . Telah mendapat ijin dari Otoritas Jasa keunganan. dan tersedia berbagai penawaran menarik bagi pengguna.
  • Music Max merupakan paket internet khusus untuk streaming music melalui berbagai aplikasi music streaming.
  • Game max paket internet khusus untuk bermain game online pada perangkat mobile seperti android dan iphone.
  • T- Bike suatu sistem untuk mengendalikan kendaraan secara jarak jauh dengan menggunakan aplikasi smartphone.

Kemudian adalah pengenalan dasar pada teknologi telekomunikasi radio, oleh bagian Radio Telecommunication. pada materi ini menjelaskan tentang spektrum frekuensi. setiap operator memiliki rentang frekuensinya masing-masing . semakin lebar frekuensi yang dimilikinya maka akan dapat melayani semakin banyak pelanggan.  frekuensi jaringan untuk telkomsel sendiri pada CDMA berada pada frekuensi 800MHz,2G  GSM 900 MHz, 2G berda pada frekuensi 1800 MHz, 3G di 2100MHz, dan 4G LTE menggunakan frekuensi 1800 MHz mengurangi dari 2G, sementara 2G mendapat tambahan frekuensi pada 800MHz dari flexy. Komunikasi yang terjadi antara handphone pengguna ke BTS kemudian akan diteruskan ke BSC/RNC  merupakan pusat dari kumpulan BTS Lalu ke MSC(Mobile Switching Center) diteruskan ke BSC/RNC tujuan lalu ke BTS dan diteruskan ke HP tujuan. untuk sms maka dari MSC akan melalui SMS Center lebih dulu. untuk komunikasi data aka dari BSC akan ke SGSN lalu ke GGSN dan kemudian ke jaringan Internet dunia.

  • BSC  induk BTS.
  • SMC (SMS Center).
  • HLR untuk nomor yang tersimpan.
  • SGSN (Service GPRS Support Node) untuk akses internet.
  • GGSN(Gateway GPRS Support Node) untuk akses internet.

Kemudian penjelasan tentang MISDN(Mobile Subscriber ISDN Number). contoh:

+62 = kode negara

811 = kode operator

721 = kode wilayah

7200 = nomor pelanggan

USSD (Unstructured Seppenment Service data). Contoh : *888# , *363#.

ADN(Abbreviated Dialing Number), nomor yang ditampilkan dalam huruf ,biasanya dari operator atau instansi tertentu. contoh : telkomsel, dll.

Kemudian setelah materi kami diajak untuk tur kelantai 2 & 3 yang terdapat pusat jaringan telkomsel seperti MSC, SGSN, SMS Center, GGSN .

Dokumentasi