RESUME KUNJUNGAN KULIAH KERJA LAPANGAN

Pada tanggal 3 mei 2016 kami melakukuan kunjungan kuliah kerja lapangan di PT Telkom INDONESIA cabang Bandar Lampung. Pertama-tama kami berkumpul terlebih dahulu di depan Gedung H Teknik Elektro Universitas Negeri Lampung setelah kami semua sudah berkumpul lengkap kami pun berangkat ke PT Telkom Indonesia pukul 12.15 hari itu cuacanya panas sekali. Awal kami sampai disana kami menunggu teman-teman yg belum datang setelah teman teman sudah kumpul semua kami berfoto foto dulu disana. Tempatnya asing karna saya belum pernah berkunjung kesana sebelumnya. Saya pun melihat lihat sekeliling yang ada disana.

13151549_10154096081272822_7180777378441765139_n

Setelah kami selesai berfoto foto kami pun diarahkan untuk memasuki ruangan audiotorium kami pun bertemu dengan staff-staff yang berkerja disana,kami pun sudah disiapkan snack per orangnya. Lumayan deh dapat snack. Kami diberi penjelasan oleh Pak Eko dia juga menjelaskan tentang berbagai macam mesin yang ada disana dan paket paket apa saja yang ada di Telkom seperti :

•INTERNET CEPAT
Fiber optik mampu mentransfer data (bandwidth) hingga ratusan Mbps (jauh lebih cepat dibandingkan kabel coax atau copper).

•INTERNET STABIL
Kecepatan fiber optik jauh lebih stabil dibandingkan coax atau copper pada saat dilakukan sharing (akses internet secara bersamaan).

•INTERNET HANDAL
Fiber optik lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elektromagnet dibandingkan kabel coax atau copper. Sehingga komputer anda menjadi lebih aman.

• INTERNET CANGGIH
Fiber optik merupakan teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.

13151822_10154096086737822_8793874969912141119_n

Kami pun setelah selesai diberi penjelasan tentang apa saja yang ada disana kami memasuki ruangan yang tidak pernah saya lihat sama sekali. Ruangan disana dingin-dingin berbeda seperti ruangan yang ada di Gedung H Teknik Elektro. Ada ac dibawah saya terkejut karna saya baru pertama kali melihat seperti itu. Diruangan yang pertama saya masuki terdapat NGN dan banyak sekali kabel-kabel. Tapi tidak boleh difotonya alat dan kabelnya

13133350_10154096088967822_8095270320273912301_n

optic1-300x270

Setelah masuk ke ruangan pembangkit listrik sementara ketika listrik padam ini, kami melanjutkan kunjungan ke sekeliling perusahan dan mengambil foto sebagai kenang-kenangan. Sekian untuk blog pengalaman ini dan berikut adalah foto-foto kami.

13177522_10154096089622822_8919840991548757130_n

KECERDASAN BUATAN

Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial yang dalam bahasa Inggris sering disebut juga dengan Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI.
Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games),logika fuzzy,jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Berikut ini adalah salah satu contoh kecerdasan buatan yaitu :

Robot Apatix yang dapat bermain violin
Robot Apatix yang dapat bermain violin

Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.

Kecerdasan buatan ini bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem kecerdasan, tapi juga mengkonstruksinya.

Tidak ada definisi yang memuaskan untuk ‘kecerdasan':
1. Kecerdasan: kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya
2. Kecerdasan: apa yang diukur oleh sebuah ‘Test Kecerdasan’

Secara garis besar, AI terbagi ke dalam dua paham pemikiran yaitu AI Konvensional dan Kecerdasan Komputasional (CI, Computational Intelligence). AI konvensional kebanyakan melibatkan metoda-metoda yang sekarang diklasifiksikan sebagai pembelajaran mesin, yang ditandai dengan formalisme dan analisis statistik. Dikenal juga sebagai AI simbolis, AI logis, AI murni dan AI cara lama (GOFAI, Good Old Fashioned Artificial Intelligence). Metoda-metodanya meliputi:

1. Sistem pakar: menerapkan kapabilitas pertimbangan untuk mencapai kesimpulan. Sebuah sistem pakar dapat memproses sejumlah besar informasi yang diketahui dan menyediakan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan pada informasi-informasi tersebut.
Petimbangan berdasar kasus.

2.Jaringan Bayesian
AI berdasar tingkah laku: metoda modular pada pembentukan sistem AI secara manual
Kecerdasan komputasional melibatkan pengembangan atau pembelajaran iteratif (misalnya penalaan parameter seperti dalam sistem koneksionis. Pembelajaran ini berdasarkan pada data empiris dan diasosiasikan dengan AI non-simbolis, AI yang tak teratur dan perhitungan lunak. Metoda-metoda pokoknya meliputi:

3.Jaringan Syaraf: sistem dengan kemampuan pengenalan pola yang sangat kuat
Sistem Fuzzy: teknik-teknik untuk pertimbangan di bawah ketidakpastian, telah digunakan secara meluas dalam industri modern dan sistem kendali produk konsumen.
Komputasi Evolusioner: menerapkan konsep-konsep yang terinspirasi secara biologis seperti populasi, mutasi dan “survival of the fittest” untuk menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik.

Metoda-metoda ini terutama dibagi menjadi algoritma evolusioner (misalnya algoritma genetik) dan kecerdasan berkelompok (misalnya algoritma semut)
Dengan sistem cerdas hibrid, percobaan-percobaan dibuat untuk menggabungkan kedua kelompok ini. Aturan inferensi pakar dapat dibangkitkan melalui jaringan syaraf atau aturan produksi dari pembelajaran statistik seperti dalam ACT-R. Sebuah pendekatan baru yang menjanjikan disebutkan bahwa penguatan kecerdasan mencoba untuk mencapai kecerdasan buatan dalam proses pengembangan evolusioner sebagai efek samping dari penguatan kecerdasan manusia melalui teknologi.

DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF KECERDASAN BUATAN<

Pada mulanya, sistem komputer hanyalah digunakan sebagai alat bantu untuk memproses bilangan/angka-angka (pemrosesan numerik). Sementara manusia dalam berpikir dan menyelesaikan masalah lebih bersifat simbolik, tidak didasarkan kepada sejumlah rumus atau melakukan komputasi matematis. Karena itu, manusia berusaha menciptakan suatu kecerdasan buatan untuk membuat komputer dapat memproses data input yang bersifat simbolik layaknya manusia. Dengan begitu diharapkan akan terjadi kemudahan dalam komunikasi antara manusia dengan komputer. Bahkan diharapkan semua kegiatan yang dilakukan manusia yang memungkinkan terjadinya human error akan digantikan oleh sistem komputer yang dibekali kecerdasan buatan (AI) sehingga tidak akan ada lagi kecelakaaan selama tidak terjadi kesalahan input pada komputer tersebut mengingat begitu konsisten dan presisinya pekerjaan yang dilakukan oleh komputer. Human error dapat terjadi karena hasil pekerjaan yang dilakukan manusia dipengaruhi oleh banyak faktor seperti: kondisi kejiwaan, tingkat kelelahan, keterbatasan kemampuan manusia dalam mengolah suatu permasalahan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Sedangkan komputer akan selalu bekerja sesuai dengan program/input yang diterimanya tanpa mengenal lelah. Komputer tidak akan melalukan hal lain bila memang tidak diperintahkan demikian.
Keuntungan kecerdasan buatan dibanding kecerdasan alamiah:
• Lebih permanen
• Memberikan kemudahan dalam duplikasi dan penyebaran
• Dapat didokumentasi
• Relatif lebih murah dari kecerdasan alamiah
• Konsisten dan teliti

image

Dampak negatif
Kecerdasan buatan itu sesuatu yang diciptakan oleh manusia, untuk menggantikan manusia. Jadi bisa jadi kecerdasan buatan itu merupakan suatu ancaman. Kemajuan dari sistem kecerdasan buatan ini dapat menimbulkan dampak psikologis pada manusia. Bagi kelompok yang menentang adanya kecerdasan buatan percaya bahwa dengan adanya kecerdasan buatan, akan terdapat beberapa dampak dalam kehidupan manusia. Mesin-mesin yang memiliki kecerdasan buatan dapat mengurangi jutaan kesempatan kerja manusia. Selain itu juga terdapat ketakutan bahwa sistem kecerdasan buatan ini, termasuk robot, mengurangi kita sebagai manusia. Sistem dasar dari kecerdasan buatan ini juga telah meningkatkan ketakutan bahwa mesin-mesin dapat menambah jumlah kerusakan.
Memang benar bila komputer dengan dibekali kecerdasan buatan kini dapat menerima dan memproses input-input yang bersifat simbolik, namun sampai saat ini, kecerdasan buatan ini belum mampu untuk memahami betul perasaan manusia. Kecerdasan buatan (AI) saat ini hanya dapat mengetahui perasaan seseorang dari ekspresi wajah manusia yang ia tangkap, namun belum mampu mengetahui apakah ekspresi wajah itu benar-benar menggambarkan perasaan manusia itu atau hanya berpura-pura. Inilah satu hal penting yang tidak dimiliki AI yaitu perasaan atau insting. Dan terkadang, pekerjaan yang dilakukan dengan benar-benar sistematis tidak selalu berakibat baik dan ada kalanya suatu pekerjaan akan mencapai hasil yang optimal bila dalam prosesnya juga melibatkan perasaan atau insting.

cara membuat kue

Cara membuat kue Cup cake

Bahan:

  • 4 kuning telur
  • 125 gr margarin
  • 3 putih telur
  • 50 gr gula pasir halus
  • 20 gr tepung maizena
  • 120 gr tepung terigu protein sedang
  • 25 ml susu cair
  • 50 gr keju cheddar parut
  • 50 gr gula pasir
  • pewarna ungu, kuning, merah, oranye, hijau secukupnya

Cara Membuat:

1. Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut. Tambahkan kuning telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.

2. Masukkan sisa tepung terigu dan maizena bergantian dengan susu cair sambil diayak dan dikocok perlahan. Sisihkan.

3. Kocok putih telur sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang. Masukkan ke dalam kocokan margarin. Aduk rata.

4. Tambahkan keju cheddar parut. Aduk rata. bagi adonan menjadi beberapa bagian, beri warna berbeda. Tuang adonan selang-seling ke dalam cetakan muffin besar yang telah dialasi cup kertas.

5. Panggang dalam oven dengan api bawah suhu 190° C selama 25 menit sampai matang.