Kuliah kunjungan lapangan (KKL) Mata Kuliah Jaringan Komputer Teknik Informatika 2015 ke PT. Telkomsel Regional Lampung

Setiap tahunnya, Program Studi Teknik Informatika mengadakan Kuliah Kunjungan Lapangan untuk mata Kuliah Jaringan Komputer yang bertujuan untuk menambah pengetahuan serta wawasan mengenai jaringan komputer itu sendiri. Pada tahun 2017 ini, Kuliah Kunjungan Lapangan dilaksanakan pada hari senin, 17 Juli 2017 pukul 10.00-13.00 WIB di PT. Telkomsel Regional Lampung.

Acara dimulai dengan presentasi/pengenalan Telkomsel yang dipandu oleh pembawa acara. Sebelumnya terdapat sambutan dari Bapak Tengku Erfansyah, S.T, M.M selaku General Manager PT Telkomsel Lampung dan perwakilan dari Universitas Lampung oleh Bapak Gigih Forda Nama, S.T, M,T.I selaku dosen Mata Kuliah Jaringan Komputer.

Presentasi pertama yaitu mengenai profil dan sejarah PT. Telkomsel oleh Bapak Galuh Sunandar selaku Telkomsel Youth & Community. Selanjutnya presentasi mengenai telekomunikasi, yakni radio telekomunikasi, frekuensi telekomunikasi, dan lain-lain. Presentasi ketiga yaitu oleh Bapak Gatra Erga, S.T, M.M mengenai penjelasan digit nomor pada hp/ponsel, 1-3 digit pertama merupakan kode negara, 3 digit berikutnya yaitu kode operator, 3 digit berikutnya adalah kode wilayah, dan beberapa digit berikutnya adalah kode pelanggan (subscriber), serta mekanisme menelepon dari satu handphone ke handphone lainnya & proses pengiriman SMS dari suatu handphone ke handphone lainnya, mekanisme SMS yaitu dari BTS(Base Transceiver Station) ke BSC(Base Switching Center), kemudian ke Mobille Switching Centre (MSC) dan SMSC(SMSC Sort message service centre (SMSC). Selanjutnya mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya.

Selanjutnya kami dibagi menjadi 3 kelompok untuk melakukan Tour ke Lantai 1, Lantai 2 , dan Lantai 3. Pada lantai 1 terdapat sistem monitoring Telkomsel seluruh Indonesia. Di lantai 2 merupakan ruangan BSC(Base Switching Center) , di ruang ini terdapat MSC(Mobille Switching Centre), Router, dll. Di lantai 3 terdapat ruang untuk telekomunikasi yakni radio telekomunikasi serta baterai yang berfungsi pada saat listrik dari PLN mati.

Tugas 1

Latar belakang mengapa saya memilih kuliah di Universitas Lampung Jurusan Teknik Elektro Prodi Teknik Informatika adalah karena saya dari SMA dan belum mengerti tentang komputer dan cara mengoperasikannya. Maka dari itu saya ingin belajar lebih jauh dan lebih memperdalam tentang komputer serta cara mengoperasikannya. Saya masuk prodi ini juga karena permintaan dari kakak saya agar saya mudah dalam mendapatkan pekerjaan nantinya. Saya juga berharap semoga dengan masuknya saya di prodi ini saya bisa sukses dan membahagiakan kedua orang tua serta membuat mereka bangga dengan saya. Amiin.

Menurut saya jurusan teknik elektro itu hebat dan luar biasa serta memiliki banyak prestasi seperti URO yang selalu mendapat prestasi disetiap lomba yang diikutinya. Meskipun prodi Teknik informatika masih baru, tapi saya yakin pasti Teknik Informatika akan memiliki banyak prestasi juga dan semoga teknik elektro tetap jaya dan sukses.

Teknologi informasi adalah sebuah istilah atau alat berbasis komputer yang dapat membantu semua orang dalam kehidupan sehari – hari agar bisa memperoleh, mengirim, menerima, dan menyimpan informasi dengan cepat dan mudah. Seperti halnya mahasiswa, mereka akan lebih mudah mendapatkan informasi serta cepat dalam mengerjakan tugas dari Dosen karena adanya Teknologi Informasi. Macam-macam Teknologi Informasi adalah HP, LAPTOP, KOMPUTER, dll.