Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Dalam Demokrasi yang Bersumbu pada Kedaulatan Rakyat dan Musyawarah Untuk Mufakat

Book lover-bro

Hak dan kewajiban merupakan dua hal yang saling berdampingan dalam kehidupan. Hak sendiri merupakan suatu hal yang menjadi milik seseorang secara mutlak dan harus didapatkan, sementara kewajiban adalah suatu tanggung jawab yang harus dilakukan oleh pihak tertentu. Kedua hal tersebut harus berjalan selaras agar adanya keseimbangan dalam berkehidupan, terlebih lagi dalam kehidupan bernegara. Bayangkan saja jika hak dan kewajiban saling ketimpangan, tentu akan adanya ketidakseimbangan. Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajian kita untuk mencapai suatu stabilitas dalam negara ini. Hak dan kewajiban kita sudah tercantum tertulis pula pada hukum dan aturan yang telat ditetapkan.

Seperti contoh pada Pasal 27 ayat 2 UUD 1945 yang berbunyi, “Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”, yang merupakan bentuk hak warga negara untuk mendapatkan hidup yang layak di Indonesia dan mengusahakan suatu usaha agar dapat mencapai tujuan tersebut, mendapatkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya. Dan untuk contoh kewajiban warga negara dapat diliat dari pasal 28J ayat 2 UUD 1945, “Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis.” Isi tersebut menunjukkan Kewajiban warga negara untuk tunduk pada pembatasan atas hak terhadap kebebasan. Kebebasan setiap warga negara dibatasi oleh undang-undang sehingga pengakuan dan penghormatan atas hak asasi orang lain terjamin.

Untuk merealisasikan timbal balik dari hak dan kewajiban. Pemerintah membuka lowongan kerja di berbagai macam bidang dan memberi subsidi kepada rakyat. Dan juga mengeluarkan kebijakan untax-payment-concept_24908-56211tuk warga agar membayar pajak. Karena itu merupakan sumber biaya terbesar untuk pembangunan negara. Jadi, hal itu adalah salah satu kewajiban warga negara yang penting pada era ini. Dengan adanya pendapatan pajak yang bersumber dari warga negara, negara menjadi mampu memenuhi hak warga negara untuk mendapatkan penghidupan yang layak dengan fasilitas yang setimpal.

Hak dan kewajiban warga negara serta hak asasi manusia, saat ini menjadi sangat penting agar menumbuhkan kehidupan demokrasi.
Namun, terjadi kesetidakimbabngan bisa dilihat dari banyaknya warga negara yang belum mendapatkan kesejahteraan dalam menjalani kehidupannya karena pemerintah dan pejabat tinggi cenderung mementingkan hak dari kewajibannya. Untuk mencapai keseimbangan antara hak dan kewajiban kita harus tahu posisi kita. Sebagai warga negara kita harus paham dengan hak dan kewajiban kita sendiri. Keseimbangan hak dan kewajiban tidak akan tercapai, jika waga negara hanya diam. Maka diperlukannya harmoni antara kewajiban dan hak negara dengan warga negara.

Sebagai orang yang berpendidikan, kita harus lebih memahami tentang hak dan kewajiban kita sebagai warga negara yang baik dan mempunyai rasa kepedulian terhadap banga dan masyarakat lainnya. Tak hanya untuk dipahami, namun harus dilakukan juga agar negara Indonesia semakin baik pada ke depannya.

COVID-19

Poster COVID-19

Dunia sedang dihantui dengan penyakit bernama COVID-19 yang sudah menjamah berbagai negara termasuk Indonesia. Sampai pada tanggal 27 Maret 2020, jumlah kasus di dunia yakni 465.915 orang, dengan total kematian 21.031 orang. Sementara di Indonesia, kasus Covid-19 mencapai 1.046 orang, dengan total kematian 87 orang dan 46 sembuh. Jumlah kasus terbanyak di Indonesia yaitu terdapat pada Jakarta dengan jumlah 598, Jawa Barat 98 terkonfirmasi, Banten 84 kasus, Jawa Timur 66 kasus, Jawa Tengah 43 kasus.

petasbrn

111sumber: www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/

COVID-19 (Corona Virus Disease) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Virus tersebut dapat datang pada semua kalangan baik bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa, lansia. Virus tersebut pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019.

COVID-19 menyebabkan gejala flu, yang umumnya ditandakan dengan demam dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius, batuk, dan sesak napas. Berdasarkan penelitian, gejalanya muncul dalam kurun waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah terkena virus. Seseorang dapat tertular apabila:

  • Melakukan kontak fisik dengan seseorang penderita COVID-19 seperti bersalaman tangan.
  • Terkena percikan percikan ludah dari seseorang penderita COVID-19 yang batuk atau bersin.
  • Memegang wajah tanpa mencuci tangan setelah menyentuh benda yang terkena liur penderita COVID-19.

Efek dari virus corona sangat berbahaya apabila terkena oleh lansia, orang yang daya tahannya sedang lemah, dan ibu hamil. Pada kasus yang parah, COVID-19 menyebabkan kompilkasi serius yaitu pneumonia, infeksi sekunder pada organ lain, gagal ginjal, acute cardiac injury, acute respiratory distress syndrome, bahkan kematian. Untuk mencegah Anda terpapar oleh virus corona, hal yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Hindari menyentuh mata, mulut, hidung sebelum mencuci tangan.
  2. Masak daging sampai matang sebelum dikonsumsi.
  3. Hindari berdekatan dengan orang yang sedang mengalami batuk, pilek, dan demam.
  4. Etika dalam batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan tisu lalu buanglah ke tempat sampah.
  5. Hindari bepergian ke tempat ramai.
  6. Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 70%.

Untuk menekan jumlah penduduk positif COVID-19, diambil suatu langkah yaitu social-distancing. Yang diharapkan para warga untuk berada di rumah jika tidak memiliki keperluan mendesak. Perusahaan, sekolah, maupun universitas mengikuti kebijakan tersebut dengan mengalihkan aktivitas menjadi secara daring. Social-distancing tentu diperlukan melihat keadaan yang dialami sekarang. Angka masyarakat positif COVID-19 akan sangat melonjak drastis apabila tidak dilakukan penanganan serius. Virus tersebut dapat bersembunyi di tubuh orang yang sehat, yang mungkin orang tersebut tidak merasa bahwa ia sudah tertular karna imun tubuhnya yang kuat, tapi saat orang tersebut melakukan kontak fisik dengan orang yang daya imunnya sedang turun/tidak baik, akhirnya ia dapat menularkan virus. Jika masyarakat tetap melakukan aktivitas seperti biasa, pergerakan virus ini tentu akan melaju sangat pesat karena transmisi manusia ke manusia lain.

Taatilah setiap perintah dan kebijakan yang berlaku untuk meredam pandemi ini. Semoga, bumi kembali sehat.

 Sumber referensi:

who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses

alodokter.com/virus-corona

covid19.go.id/situasi-virus-corona/

Tugas Paper Analisa

Nama Mahasiswa  : Aurellia Salma Fertiyan
NPM                          : 1915061060
Mata Kuliah            : Pendidikan Kewarganegaraan
Nama Dosen MK    : Rio Ariestia Pradipta

Membuat paper analisa yang bertemakan Integrasi Nasional.
- Lakukan analisa pada permasalahan yang terjadi di Aceh dan Papua yang berhubungan dengan tema Integrasi Nasional.
– Masalah apa yang terjadi dan bagaimana solusi terbaik yang bisa dilakukan oleh (1) Pemerintah dan (2) seluruh lapisan masyarakat indonesia.

ACEH

aac

Konflik di Aceh terjadi pada tahun 1976 hingga tahun 2005 yang dilakukan oleh Gerakana Aceh Merdeka untuk mendapatkan kemerdekaan dari Indonesia.Gerakan Aceh Merdeka sering disebut GAM. GAM sendiri merupakan organisasi separatisme yang berdiri sejak tahun 1976. Gerakan ini bertujuan untuk mengusahakan agar Aceh dapat lepas dari NKRI lalu membuat negara kesatuan sendiri. Nama lain dari gerakan ini yaitu Aceh Sumatera National Liberation Front (ASNLF).

Latar belakang utama mengapa hal ini dapat tejadi yaitu adanya perbedaan kultur dan budaya antara Aceh dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Alasan lain juga yakni karna kebijakan sekuler dalam administrasi di masa Orde Baru yang tidak sesuai dengan masyarakat Aceh dan akhirnya banyak tokoh Aceh yang tidak menyukai kebijakan pemerintahan Orde Baru yang cenderung mengutamakan satu kebudayaan Indonesia

Letak provinsi Aceh yang terletak di ujung Indonesia juga menjadi suatu faktor pendorong timbulnya anggapan bahwa Aceh seperti diasingkan atau kurang diperhatikan oleh para pimpinan di Jakarta sehingga terkesan Aceh tidak mendapatkan simpati pada kebutuhan masyarakat.

Awal terdirinya gerakan ini dari sekelompok orang yang merasakan kekecewaan atas pembangunan di Aceh karena penyelenggaraannya di bawah orang-orang Jawa. Hal ini membuat mereka bahwa kekuasaan atas kekayaan alam berada di bawah tangan orang-orang Jawa. Untuk mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan mereka membuat gagasan yang bernama gagasan anti-kolonialisasi Jawa yang dibuat oleh Hasan Tiro. Gagasan ini semakin memuncak ketika pemerintaj Orde Baru mengeksplorasi gas alam dan minyak bumi di daerah Aceh Utara. Alasan kuat lainnya juga disebabkan adanya dukungan dari para tokoh Darul Islam.

PAPUA

opm

Konflik separatisme yang terjadi di Papua digeraki oleh Organisasi Papusa Merderka yang biasanya disebut sebagai OPM. Organisasi ini bermula pada tahun 1965 yang mempunyai tujuan memisahkan diri dari Indonesia serta menolak adanya modernitas dan juga pembangunan ekonomi.

Latar belakang dari bedirinya OPM dipengaruhi oleh pemerintahan Belanda saat masa Residen J. P. Eechoud yang pro dengan Papua. Pemerintahan Belanda memberikan kemerdekaan kepada Papua dengan jangka paling lambat yaitu tahun 1970, namun hal tersebut susah direalisasikan karena adanya Perjanjian New York antara Belanda dengan Indonesia namun tidak melibatkan Papua dan Papua Barat menjadi sebagai wilayah Indonesia.

OPM  melakukan banyak cara pemberontakan yang salah satunya yaitu mengirimkan suarta ancaman kepada pertambangan Freeport Indonesia untuk bekerjasama melakukan pemberontakan. Namun ditolak oleh pihak Freeport, sehingga OPM memulai aksinya kepada Freeport dengan melakukan pemotongan pipa slurry dan bahan bakar. Fasilitas perusahaan mengalami kebakaran dan menimbulkan kerugian yang besar.

Pada tahun 2019 terdapat kasus terhadap mahasiswa Papua di Surabaya. Dan berujung adanya kekisruhan yang dilakukan masyarakat Papua. Gedung DPRD dibakar dan juga rusaknya berbagai fasilitas umum. Terdapat juga pengibaran bintang kejora di Fakfak.

  • Solusi yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah separatisme yang mengganggu integrasi nasional yaitu:

1. Peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama di wilayah-wilayah yang rawan dan memiliki potensi yang tinggi untuk melakukan separatisme.

2. Lebih gesit dalam melakukan penvegahan potensi konflik separatisme.

3. Menindak secara tegas para pelaku separatisme bersenjata yang melanggar hak-hak masyarakat sipil.

4. Menerapkan penyelesaian konflik yang menyeleruhuh dan damai.

5. Meningkatkan kualitas pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi.

Solusi yang dapat dilakukan oleh masyarakat yaitu untuk mencegah separatisme yang mengganggu integrasi nasional yaitu:

1. Tidak melakukan rasisme di antara banyaknya perbedaan di sekitar masyarakat yang mempunya berbagai ras, agama, budaya, suku.

2. Saling menghormati dan menghargai agar terciptanya kehidupan masyarakat yang damai.

3. Menjaga perkataan dan perilaku. Agar tidak ada yang tersinggung dalam proses bersosial.

4. Lebih peka terhadap sekitar dan jangan sampai mengacuhkan atau mengabaikan kebutuhan suatu kelompok karena dapat menimbulkan kesalahpahaman.

Referensi:

http://www.markijar.com/2016/12/sejarah-lengkap-konflik-dan.html

https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/organisasi-papua-merdeka

http://idayoce.blogspot.com/2016/07/pemberontakan-gam-aceh.html

 

 

Pendidikan Kewaganegaraan | Pertemuan 3

Urgensi Integrasi Nasional sebagai Salah Satu Parameter Persatuan dan Kesatuan Bangsa

indonesia-vector-illustration

Pertama, mari kita jabarkan terlebih dahulu arti dari integrasi nasional.

Integrasi nasional terbentuk dari dua kata, yakni “Integrasi” dan “Nasional”. Integrasi berarti menyatupadukan, menggabungkan, mempersatukan. Dalam KBBI, Integrasi artinya pembauran hingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Kata Nasional berasal dari bahasa Inggris, nation yang artinya bangsa.

Jadi, Integrasi nasional adalah usaha dalam mempersatukan berbagai perbedaan yang ada di suatu negara sehingga dapat terbentuk kepaduan secara nasional.

Dalam membangun integrasi nasional, terdapat tantangan dalam proses menciptakan kesatuan, di antaranya:

  1. Keberagaman warga Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan, bahasa, ras, suku, agama. Bentuk heterogen ini dapat menjadi sebuah hambatan di berbagai waktu.
  2. Wilayah Indonesia yang begitu luas dan terpisah dalam banyak pulau-pulau.
  3. Ancaman-ancaman yang berasal dari luar negeri.
  4. Ketidakmerataan pembangunan menimbulkan berbagai rasa tidak puas dan tidak adil di kalangan masyarakat. Sehingga menimbulkan dalam gejalah seperti hal yang menyinggung SARA, gerakan separatisme, dan kisruh demonstrasi.
  5. Etnosentrisme, yang menonjolkan kelebihan-kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa yang lainnya.

Untuk itu, perlu dibangun sikap-sikap yang mendorong pembangunan integrasi nasional, seperti:

  1. Meningkatkan sikap toleransi antar manusia.
  2. Berpegangteguh pada nilai-nilai Pancasila.
  3. Menanamkan pemikiran bahwa keragaraman merupakan suatu anugerah kekayaan negara.
  4. Menghargai budaya daerah lain.
  5. Menghindari sikap diskriminasi.

Demikian pembahasan mengenai Integrasi Nasional. Terima kasih..

Pendidikan Kewarganegaraan | Pertemuan 2

Esensi dan Urgensi Identitas Nasional sebagai Salah Satu Determinan Pembangunan Bangsa dan Karakter

Hands waving flags of Indonesia

Sebelumnya, mari membahas mengenai apa itu identitas.

Menurut KBBI, kata ‘identitas’ memiliki pengertian ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang, atau jati diri. Lalu, kamus Merriam-Webster menjelaskan lebih dalam lagi dengan mendefinisikan identitas, atau dalam bahasa Inggris ‘identity‘ sebagai kesamaan ciri-ciri dalam hal tertentu dan ciri-ciri yang membedakan manusia yang satu dengan yang lain.

Mengenai identitas orang Indonesia, kita pasti sudah mengetahui atau pun sering mendengar bahwa orang Indonesia cenderung ramah dibanding orang luar negeri yang umumnya memiliki tingkat individualistis yang lebih tinggi.

Identitas Nasional Indonesia tertera pada UUD 1945 BAB XV, mengenai bendera, bahasa, lambang negara, serta lagu kebangsaan.

Pasal 35

Bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih.

Pasal 36

Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia.

Pasal 36A

Lambang Negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinnela Tunggal Ika

Pasal 36B

Lagu Kebangsaan ialah Indonesia Raya

Pada identitas nasional dalam segi perilaku, masyarakat Indonesia dikenal memiliki sifat:

  1. Religius
  2. Menghormati bangsa dan negara lain.
  3. Persatuan
  4. Gotong Royong dan Musyawarah
  5. Keadilan Sosial

Dan juga terdapat Pancasila sebagai jati diri yang berarti kepribadian, identitas keunikan yang dapat terwujud dengan satu kesatuan. Bentuk refleksi perilaku warga Indonesia sehingga berbeda dengan warga negara lainnya.

Itulah pembahasan singkat mengenai Identitas Nasional. Semoga warga Indonesia dapat mempertahankan segala identitas yang baik yang telah negara miliki.

Pendidikan Kewaganegaraan | Pertemuan 1

Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangakan Kemampuan Utuh Sarjana atau Sarjana

Apa itu Kewarganegaraan?

best-friends-waving-hand_23-2148361691

Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1,

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Sementara Kewarganegaraan  adalah segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara,menurut UU RI No. 12 Tahun 2006 Pasal 1 ayat 2.

Jadi,Pendidikan Kewarganegaraan adalah program pendidikan yang berintikan demokrasi politik yang diperluas dengan sumber2 pengetahuan lainnya, pengaruh2 positif dari pendidikan sekolah, masyarakat, dan orang tua, yang kesemuanya itu diproses guna melatih para siswa untuk berpikir kritis, analitis, bersikap dan bertindak demokratis dalam mempersiapkan hidup demokratis yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Apa definisi Sarjana dan Profesional?

unnamed

Program sarjana merupakan jenjang pendidikan akademik bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat sehingga mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah.

Lulusan program sarjana diharapkan:

  1. Menjadi intelektual dan/atau ilmuwan yang berbudaya.
  2. Mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja.
  3. Mampu mengembangkan diri menjadi profesional.

Lalu, berdasarkan UU RI No 14 2005 tentang Guru dan Dosen,

Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dapat menjadi sumber penghasilan, perlu keahlian, kemahiran, atau kecakapan, memiliki standar mutu, ada norma dan diperoleh melalui pendidikan profesi