Tugas Sorting

Nama   : Arnensius Arista Ginting

NPM    : 1415061008

Prodi    : Teknik Informatika

 

TUGAS SORTING

SORTING

 Pengertian

Sorting merupakan suatu proses mengatur kumpulan objek menurut susunan atau urutan tertentu. Urutan dapat berupa ascending (Meningkat) mulai dari terkecil hingga yang terbesar atau descending (menurun) mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil.

Beberapa macam dari metode sorting:

 

1.Bubble Sort

Bubble Sort (metode gelembung) merupakan algoritma/pengurutan yang paling sederhana . Metode yang digunakan yaitu dengan cara membandingkan masing-masing objek dalam suatu data/list secara berpasangan, lalu menukar objek tersebut jika diperlukan, dan mengulanginya sampai akhir data/list secara berurutan hingga berurut, sehingga tidak ada lagi objek yang dapat ditukar.

 

  1. Insertion Sort

Insertion Sort(Metode Penyisipan) merupakan metode algoritma pengurutan yang digunakan dengan cara membandingkan dua elemen pada data pertama kemudian mengurutkannya selanjutnya mengecek elemen pada data selanjutnya satu persatu dan membandingkannya dengan elemen data yang sudah diurutkan. Langkah ini dilakukan secara berulang hingga tidak ada lagi elemen yang tersisa pada bagian array. Metode ini termasuk dalam comparison-based sort.

 

  1. Quick Sort

Quick Sort merupakan metode algoritma pengurutan yang di gunakan dengan cara:

 

Divide atau bisa dikatakan memilah rangkaian data dengan contoh elemen A[p..r] (Indeks terkecil adalah p dan terbesar adalah r) disusun ulang menjadi dua buah elemen A[p..q] dan A[q+1..r] sehingga pada setiap elemen dalam A[q+1..r]. Selanjutnya kedua data tersebut diurutkan secara rekursif. Dengan sendirinya kombinasi kedua elemen tersebut membentuk elemen dengan data yang telah terurut.

 

  1. Merge Sort

Merge sort merupakan metode algoritma pengurutan yang berdasarkan pada stategi divide, conquer dan kombinasi. Algoritma ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu bagian pembagian list menjadi sublist-sublist yang lebih kecil dan bagian sort (pengurutan) dan merge (penggabungan) pada sublist-sublist tersebut.

 

  • Divide = Memilah elemen-elemen dari data menjadi dua bagian
  • Conquer = Memilah elemen-elemen pada setiap bagian dengan memanggil prosedur merge sort secara rekursif

Kombinasi = Mengkombinasikan dua bagian tersebut secara rekursif untuk mendapatkan rangkaian data yang berurutan . Proses ini berhenti jika mencapai elemen dasar. Hal ini terjadi jika bagian yang akan diurutkan menyisakan tepat satu elemen. Sisa pengurutan satu elemen tersebut menandakan bahwa bagian tersebut telah terurut.

 

  1. Shell Sort

Shell Sort merupakan metode algoritma pengurutan yang hampir sama dengan metode insertion sort. Metode ini bekerja dengan cara mengurutkan data dengan cara membandingkan suatu data dengan data lain yang memiliki jarak tertentu, kemudian dilakukan penukaran apabila diperlukan.

 

  1. Selection Sort

Selection Sort merupakan metode algoritma pengurutan yang cara kerjanya yaitu dengan cara mencari elemen yang tepat untuk diletakkan di posisi yang telah diketahui, dan meletakkannya di posisi tersebut setelah data tersebut ditemukan, selection Sort Membandingkan elemen yang pertama dengan elemen yang berikutnya sampai dengan elemen yang terakhir. Jika ditemukan elemen lain yang lebih kecil dari elemen pertama dengan elemen yang berikutnya sampai dengan elemen yang terakhir. Jika pada data ditemukan elemen yang lain yang lebih kecil dari elemen pertama maka elemen tersebut dicatat posisinya dan kemudian ditukar. Pengurutan data dalam struktur data sangat penting untuk data yang bertipe data numerik ataupun karakter.Pengurutan dapat dilakukan secara ascending (Meningkat) dan descending (Menurun) Pengurutan (Sorting) adalah proses menyusun kembali data yang sebelumnya telah disusun dengan suatu pola tertentu, sehingga tersusun secara teratur menurut aturan tertentu. Metode ini memiliki konsep memilih data yang maksimum/minimum dari suatu kumpulan data larik L, lalu menempatkan data tersebut ke elemen paling akhir atau paling awal sesuai pengurutan yang diinginkan. Data maksimum/minimum yang diperoleh, diasingkan ke tempat lain, dan tidak diikutsertakan pada proses pencarian data maksimum/minimum berikutnya.

 

Pada Tugas Sorting Mata kuliah Struktur Data ini saya menggunakan bahasa pemrograman Python V 2.7 dengan perangkat yang di gunakan yaitu Asus tipe A455L dengan spesifikasi

buaaya

 

Metode Iterasi pertama Iterasi ke 2 Iterasi ke 3 Iterasi ke 4 Iterasi ke 5 Iterasi ke 6 Iterasi ke 7 Iterasi ke 8 Iterasi ke 9 Iterasi ke 10
Bubble Sort 31.28 31.29 31.27 31.27 31.27 31.28 31.28 31.27 31.28 31.29
Insertion Sort 17.93 17.93 17.94 17.93 17.93 17.92 17.93 17.93 17.93 17.93
Quick Sort 0.07 0.06 0.07 0.06 0.08 0.07 0.06 0.07 0.07 0.08
Merge Sort 0.20 0.19 0.19 0.19 0.18 0.19 0.19 0.19 0.19 0.19
Shell Sort 0.34 0.33 0.33 0.33 0.33 0.33 0.33 0.33 0.34 0.34
Selection Sort 11.25 11.26 11.25 11.25 11.25 11.25 11.24 11.25 11.25 11.25

 


nazrah

Dari hasil percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode yang tercepat dalam melakukan sorting ialah quick sort, dengan waktu rata-rata untuk mensorting 10.000 data random ialah 0.07 detik. Metode yang paling lambat ialah Bubble Sort, dengan waktu rata-rata untuk mensorting 10.000 data ialah 31.28 detik.

Line let’s getrich

Kontrol dadu getrich

Apa kabar sobat blogger sekarang ini saya akan memberikan salah satu tips kunci permainan Let’s Get Rich yaitu KONTROL DADU.Kontrol dadu disini yang saya maksud yaitu angka 1-12 yang di bagi menjadi 2 dadu yaitu perdadunya maksimal 6.Kontrol dadu sebenarnya sangat mudah lihat gambar dibawah :

Cara kontrol dadu diatas yaitu dengan menekan tombol ROLL dari CEPAT-LAMA terserah kita mau cepat atau lama.Ada beberapa hal yang juga dapat membantu kontrol dadu tersebut:

1.Pendant
Ada beberapa pendant yang dapat mendukung Permainan Let’s Get Rich khususnya KONTROL DADU
Pendant Helm Christine Line Let's Get RichKarakter Christine S Let's Get Rich
Sobat semua pasti tau pendant ini jika memiliki Christine MAX kita dapat memiliki pendant tersebut.Jika kita mengupgradenya sampai MAX kita mendapatkan tambahan
KONTROL DADU sebesar 39%.
Karakter Justin Line Let's Get Rich
Pendant Justin Scratched Record Untuk Kontrol Dadu

Sobat juga pasti tau Character dan pendat tersebut,ya itu adalah pendant Scratched Record milik Justin yang hanya dapat kita miliki jika mempunyai Character Justin Max.Jika kita mengupgrade pendant tersebut samapai MAX kita mendapatkan tambahan KONTROL DADU sebesar 27%

2.Dadu
Tambahan KONTROL DADU juga bisa kita dapatkan dari Dadu berikut dadu dengan Status yang lumayan tinggi:

1st Place Dice

Ini adalah Dadu 1st Place yang sudah di upgrade sampai MAX Sobat bisa lihat Status Dadu ini.

Skull Dice Line Let's Get Rich

Ini adalah Dadu Skull yang sudah di upgrade sampai MAX Sobat bisa lihat Status Dadu ini.

Cube Dice Line Let's Get Rich
Ini adalah Dadu Cube yang sudah di upgrade sampai MAX Sobat bisa lihat Status Dadu ini.

Dari 4 dadu diatas sobat tinggal lihat saja opsi KONTROL DADU yang paling besar dan pilih sesuai kebutuhan juga contohnya kalau dadu skull itu Hanya menambahkan 3 opsi pada character yaitu Bonus Game,Kartu Kesempatan,KONTROL DADU tetapi juga menambahkan bonus RP (Rank Point) dan Gold masing-masing 20%.Sedangkan Cube menambahkan 5 opsi dan yang 1st Place menambahkan 4 opsi dengan bonus Gold 20%.