Kuliah Kunjungan Ke PT. Telkom

Standard

PT. Telkom merupakan BUMN telekomunikasi terbesar yang ada di Indonesia, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang kuliah kunjungan ke kantor wilayah telkom Lampung yang berada di dekat pasar bambu kuning, Bandar Lampung.
Pada hari selasa,3 Mei 2016 kami mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unila yang mengambil mata kuliah Jaringan Komputer 1 dengan dosen PJ Bapak Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I. melakukan kegiatan Kunjungan Kuliah Lapangan ke Kantor Wilayah Telkom (Kanwitel) Lampung.

13116436_10154096081287822_4330851250059556681_o

Sesampai di PT. Telkom (Kanwitel) Lampung di sambut hangat oleh pihak PT. Telkom. Pak Eko Waluyo, beliau menyampaikan banyak hal tentang PT. Telkom, dari struktur organisasi yang ada di PT. Telkom, cara kerja MEN (Metro Ethernet Network), layanan TriplePlay, sampai sistem jaringan internet yang di gunakan pada PT. Telkom. Layanan TriplePlay adalah Layanan yang di berikan oleh PT. Telkom yang dapat di akses berupa Telephone, TV dan Internet.

x4

13173226_10154096085562822_3145455843361975741_o

Setelah itu kami mendapatkan kesempatan untuk mengetahui teknologi yang di gunakan oleh PT. Telkom. Kami mendapat kesempatan masuk ke dalam ruang ING, di dalam ruangan ini tidak di perbolehkan mengambil dokumentasi. Di ruangan ini Bpk. Darius selaku Manager Network Kanwitel menjelaskan tentang mekanisme layanan internet dari PT. Telkom sampai ke pengguna. Selanjutnya kami mendapat kesempatan untuk masuk ke ruang NGN. Kami juga mendapat penjelasan singkat tentang splicing kabel fiber optik.

13131627_10154096088837822_2147968218296000082_o

Selanjutnya kami masuk ke ruang Supply listrik cadangan, supplay listrik cadangan berfungsi jika terjaqdi pemadaman listrik pada PLN supplay listrik cadangan ini akan menggantikan arus listrik sementara sebelum generator dihidupkan. Didalam ruangan ini terdapat baterai yang di gunakan. Baterai yang di gunakan pada PT. Telkom ada dua jenis yaitu baterai kering dan baterai basah.

DSC_1690-min

DSC_1704-min-min

SORTING

Standard

Sorting / pengurutan biasanya dilakukan untuk tujuan mempermudah pencarian. Pengurutan data baik dari segi ascending (dari nilai terkecil ke terbesar) atau descending (dari nilai terbesar ke terkeci). Ketika akan melakukan sortir di komputer, maka hal-hal yang akan mempertimbangkan, meliputi :
-> Perlu tidaknya data disortir
-> Besarnya atau banyaknya data yang akan disortir
-> Kemampuan atau kapasitas computer atau media penyimpanan data
-> Metode sortir

Jenis – jenis sorting

1. Buble short
Bubble sort (metode gelembung) adalah metode/algoritma pengurutan dengan cara melakukan pertukaran data yang ada disebelahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan(sampai data sudah terurut). Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci akan dengan lambat menggelembung ke posisinya yang tepat.

2. Insertion Sort
Algoritma insertion sort adalah memilah data yang akan diurutkan menjadi dua bagian, yang belum diurutkan dan yang sudah diurutkan. Data dicek satu per satu mulai dari yang kedua sampai dengan yang terakhir. Apabila ditemukan data yang lebih kecil daripada data sebelumnya, maka data tersebut disisipkan pada posisi yang sesuai. Langkah ini dilakukan secara berulang hingga tidak ada lagi elemen yang tersisa pada bagian array yang belum diurutkan.

3. Merge Sort
Metode penggabungan biasanya digunakan pada pengurutan berkas. Prinsip dari metode penggabungan yang digunakan untuk menyusun daftar dengan cara membagi daftar menjadi dua bagian yang lebih kecil. kedua daftar yang baru tersebut disusun secara terpisah dan diurutkan masing-masing. Kemudian hasil sortir dari setiap bagian tersebut digabungkan dan diurutkan lagi hingga menghasilkan urutan yang sudah tersortir.

4. Quick sort
Algoritma sortir yang efisien yang ditulis oleh C.A.R. Hoare pada 1962. Dasar strateginya adalah “memecah dan menguasai”. Quicksort dimulai dengan menscan daftar yang disortir untuk nilai median. Nilai ini, yang disebut tumpuan (pivot), lalu kemudian dipindahkan ke satu sisi pada daftar dan butir-butir yang nilainya lebih besar dari tumpuan di pindahkan ke sisi lain.

5. Selection sort
Pengurutan dilakukan dengan memilih elemen terbesar dan menempatkan pada posisinya, kemudian mencari element terbesar berikutnya dan menempatkan pada tempatnya dan seterusnya. Proses pengurutan dengan menggunakan metode selection sort secara terurut naik adalah mencari data terkecil dari data pertama sampai data terakhir dan menukar posisinya dengan data pertama. Kedua, mencari data terkecil dari data kedua sampai data terakhir dan di tukar dengan posisinya dengan data kedua. Selanjutnya mencari data terkecil dari data ketiga sampai data terakhir dan kemudian di tukar posisinya dengan data ketiga. Proses pengulanagan ini dilakukan sampai semua data turut naik, apabila terdapat n buah data yang akan di urutkan, maka membutukan (n – 1) langkah pengurutan, dimana data terakhir yaitu data ke-n tidak perlu di urutkan karena hanya tinggal satu satunya.

6. Shell sort
Metode ini disebut juga dengan metode pertambahan menurun (diminishing increment). Metode ini mengurutkan data dengan cara membandingkan suatu data dengan data lain yang memiliki jarak tertentu, kemudian dilakukan penukaran bila diperlukan.

Untuk mengetahui jenis algoritma sorting mana yang lebih cepat perlu di lakukan uji coba atas metode – metode sorting yang telah ada. Selain metode sorting yang mempengaruhi kecepatan kualitas computer yang di gunakan juga sangat mempengaruhi. Pada uji coba ini saya menggunakan pc dengan spesifikasi sebagai berikut :

Untitled

Pada ujicoba ini di laukan 10 kali iterasi dengan menggunakan spesifikasi pc di atas. Berikut ini adalah hasil dari masing – masing metode sorting


Buble short

bubleshort

Pada metode buble sort dalam melakukan sorting cukup lama , sorting paling cepat berada pada iterasi 3 selama 62,34 detik dan sorting paling lambat berada pada iterasi ke 1 selama 67,27 detik.

Insertion Sort

Insertionsort

Pada metode insertion sort dalam melakukan sorting lebih cepat jika di bandingkan dengan bubble sort , sorting paling cepat berada pada iterasi 4 selama 33,87 detik dan sorting paling lama berada pada iterasi ke 3 selama 34,5 detik.

Merge Sort

mergesort

Pada metode merge sort dalam melakukan sorting jauh lebih cepat jika di bandingkan dengan bubble sort dan insertion sort , sorting paling cepat berada pada iterasi 10 selama 0,41 detik dan sorting paling lama berada pada iterasi ke 2 selama 0,52 detik.

Quick sort

quicksort

Pada metode quick sort dalam melakukan sorting sangat cepat. sorting paling cepat berada pada iterasi 9 selama 0,21 detik dan sorting paling lama berada pada iterasi ke 4 selama 0,3 detik.

Selection sort

selectionsort

Pada metode selection sort dalam melakukan sorting lebih cepat jika di bandingkan dengan bubble sort dan insertion sort , sorting paling cepat berada pada iterasi 9 selama 25,82 detik dan sorting paling lama berada pada iterasi ke 7 selama 27,06 detik.

Shell sort

shellSort

Pada metode shell sort dalam melakukan sorting sangat cepat. sorting paling cepat berada pada iterasi 5 selama 0,43 detik dan sorting paling lama berada pada iterasi ke 3 dan 4 selama 0,52 detik.

Setelah dilakukan percobaan atau uji coba pada masing – masing metode di dapatkan rata – rata darisetiap metode. Berikut adalah rata – rata darisetiap uji coba masing – masing metode.

rata rata

dapat di lihat dari hasil perbandingan dari masing – masing ujicoba masing – masing metode dapat disimpulkan metode quickshort adalah metode yang paling cepat dan metode bubleshort adalah metode yang paling lama dengan spesifikasi pc yang telah di jelaskan sebelumnya.

Semoga bermanfaat :)

KECERDASAN BUATAN (Artificial Intelligence)

Standard

kecerdasan buatan merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan suatu persoalan. Kecerdasan buatan identik dengan kemampuan robot yang mampu berprilaku seperti manusia.
Ide mengenai kecrdasan buatan berawal pada abad ke 17 ketika Rene Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa – apa melainkan hanya mesin – mesin yang rumit. Lalu pada tahun 1642 Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis, dan pada abad ke 19 Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin pengitung mekanis yang dapat di progam. Lalu Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan principia mathematica yang merombak logika formal. Kemudian Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan kulkas logis gagasan yang tetap ada dalam aktifitas, lalu pada tahun 1943 yang meletakkan pondasi awal untuk jaringan syaraf.
Program AI yang pertama yang bekerja di tulis pada tahun 1951 untuk menjalankan mesin ferranti Mark 1 di University Manchester (UK): sebuah program permainan catur yang di tulis oleh Diertrich Prinz. Konferensi pertama pada tahun 1956 John McCarhy membuat suatu istilah yaitu “Kecerdasan Buatan”, selain membuat istilah ia juga menemukan bahasa lisp.
Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di program macsyma yaitu suatu program berbasis pengetahuan dalam bidang matematikayaitu pada tahun 1960-an dan 1970-an. Selama tahun 1960-an dan 1970-an juga Marvin Minsky dan Seymour menerbitkan pereceptions (batas jaringan syaraf) dan Alain Colmeraur mengembangkan bahasa komputer prog.
Definisi Kecerdasan Buatan
 H.A Simon (1987)
Kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrogaman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas
 Rich and Knight (1991)
Kecerdasan buatan merupakan sebuat study tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat di lakukan lebih baik oleh manusia.
 Encyloedia Britannica
Kecerdasan buatan merupakan cadang dari ilmu komputer yang dalam mempresentasi pengetahuan lebuh banyak menggukan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan sejumlah aturan.
Lingkup utama kecerdasan buatan
 Sistem pakar
Koomputer di gunakan sebagai sarana untuk menyimpan para pakar, dengan demikian komputer akan meniru keahlian para pakar.
 Pengolahan bahasa alami
Pengolahan bahasa alami agar user mampu berkomunikasi dengan komputer dengan bahasa sehari-hari.
 Pengenalan ucapan
Agar manusia dapat berkomunikasidengan komputer menggunakan suara.
 Robotika dan sensor.
 Computer vision
Agar dapat mengintrepetasikan gambar atau objek tampak melalui komputer.
 Intelli8gent computer and instruction
Agar komputer dapat di gunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.

Keuntungan AI
 Bersifat permanen
 Mudah di duplikasi
 Lebih murah
 Konsisten
 Dapat di dokumentasikan
 Hemat waktu/lebih cepat
 Hasil bisa lebih baik

Kalkulator Sederhana Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Python

Standard

Sisi utama yang membedakan Python dengan bahasa lain adalah dalam hal aturan penulisan kode program. Bagi para programmer di luar python siap-siap di bingungkan dengan aturan indentasi, tipe data, tuple, dan dictionary. Python memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan bahasa lain terutama dalam hal penanganan modul, ini yang membuat beberapa programmer menyukai python. Selain itu python merupakan salah satu produk yang opensource, free, dan multiplatform.

 

Kali ini saya akan berbagi tentang membuat program kalkularor sederhana dengan menggunakan python.

Berikut adalah program nya:

 

 

def penjumlahan ():

nilai1 = float(raw_input(“Nilai 1 = “))

nilai2 = float(raw_input(“Nilai 2 = “))

print nilai1, ” + “, nilai2,” = “,nilai1+nilai2

garis ()

 

def penguranagan ():

nilai1 = float(raw_input(“Nilai 1 = “))

nilai2 = float(raw_input(“Nilai 2 = “))

print nilai1, ” – “, nilai2,” = “,nilai1-nilai2

garis ()

 

def perkalian ():

nilai1 = float(raw_input(“Nilai 1 = “))

nilai2 = float(raw_input(“Nilai 2 = “))

print nilai1, ” * “, nilai2,” = “,nilai1*nilai2

garis ()

 

def pembagian ():

nilai1 = float(raw_input(“Nilai 1 = “))

nilai2 = float(raw_input(“Nilai 2 = “))

x = nilai1/nilai2

print nilai1, ” : “, nilai2,” = “,nilai1/nilai2

garis ()

 

def garis ():

print “————————————”

 

def salah ():

print “pilihan yang anda masukkan salah !”

garis ()

 

def berhenti ():

print “Program di hentikan”

garis ()

quit ()

 

loop = 1

while loop == 1 :

print “\n”

garis ()

print “Selamat Datang Di Program Kalkulator”

garis ()

print “\n”

print “1) Penjumlahan”

print “2) Pengurangan”

print “3) Perkalian”

print “4) Pembagian”

print “x) Keluar”

 

print “\n”

pilihan = raw_input(“Masukkan Pilihan Anda : “)

print “\n”

 

if pilihan == “1” :

penjumlahan ()

 

elif pilihan == “2” :

penguranagan ()

 

elif pilihan == “3” :

perkalian ()

 

elif pilihan == “4” :

pembagian ()

 

elif pilihan == “x” or pilihan == “X” :

berhenti ()

 

else :

salah ()

 

program di atas merupakan program untuk kalkulator sederhana, hanya dapat mengoprasikan penjumlahan, pengurangan, prkalaian dan pembagian.

semoga bermanfaat *^_^*