System Design

Pengertian System Design

System Design adalah proses yang mengartikan elemen sistem seperti architecture, module dan komponen, serta antarmuka (Interface) yang berbeda dari komponen dan data yang melewati sistem itu. Ini adalah fase di mana dokumen Software Requirements Spesification (SRS) diubah menjadi format yang dapat diimplementasikan dan memutuskan bagaimana sistem akan beroperasi. Pada tahapan atau fase system design ini, aktivitas system atau software development yang kompleks dibagi menjadi beberapa sub aktivitas yang lebih kecil, yang saling berkoordinasi untuk mencapai tujuan utama pengembangan sistem. Tujuan dari system design  adalah untuk menyediakan data dan informasi rinci yang cukup tentang sistem dan elemen sistemnya untuk memungkinkan implementasi yang konsisten dengan entitas arsitektur (architecture entity) seperti yang didefinisikan dalam model dan tampilan arsitektur sistem.

Pengertian dan fungsi Class Diagram

Class diagram atau diagram kelas adalah salah satu jenis diagram struktur pada UML yang menggambarkan dengan jelas struktur serta deskripsi class, atribut, metode, dan hubungan dari setiap objek.

Adapun fungsi atau manfaat dari sebuah Class Diagram :

  • Memudahkan untuk mempelajari sekema aplikasi.
  • Class diagram bisa memberikan gambaran dengan jelas.
  • Class diagram sebagai bahan acuan dalam membuat program.
  • Menyatakan secara visual apa yang dibutuhkan oleh sistem.
  • Menggambarkan model data untuk sebuah program.

Symbol Class Diagram

fungsi simbol class diagram

  • Generalization, menunjukan hubungan objek anak (descendent) dan induk (ancestor) dalam hal berbagai perilaku dan struktur datanya.
  • Nary Association , suatu upaya untuk menghindari asosiasi yang melebihi 2 objek.
  • Class, suatu himpunan dari objek-objek dalam sistem, yang kemudian berbagi atribut dan operasi yang persis sama.
  • Collaboration, berupa urutan aksi-aksi dalam sistem agar menghasilkan sebuah hasil yang terukur.
  • Realization, sebuah operasi yang benar-benar dilakukan oleh objek dalam sistem.
  • Dependency, suatu hubungan pada perubahan yang terjadi dalam independentyang mempengaruhi elemen yang tidak mandiri.
  • Association, bagian yang menghubungkan objek yang satu dengan yang lainnya.

Hubungan Antar Class Diagram

  • Association Relationship

Class yang memiliki association relationship dapat saling bertukar message / berkomunikasi satu sama lain. Dinotasikan dengan garis lurus (solid line) antara dua class.

Pada association, pasti ada multiplicity. Misalnya, pada sistem akademik mahasiswa, mahasiswa harus setidaknya enroll satu course, dan bisa memilih lebih dari satu course. Sementara, course bisa memiliki 0 atau lebih students.

  • Association Class

Pada association relationship, kita dapat menambahkan association class jika dibutuhkan informasi tambahan tentang relationship. Association class biasanya digunakan untuk relationship yang memiliki multiplicity yang besar. Contohnya, pada association relationship pada class student dan course.

  • Aggregation

Pada aggregation, Whole class dan Part class bisa ada (exist) terpisah dari Whole class. Artinya, jika i dihapus, Part class akan tetap ada. Kita bisa memisalkan Team (Whole class) dan Player (Part class). Jika Team dibubarkan, player masih tetap ada dan bisa bermain di team lainnya.

  • Inheritance relationship

Inheritance relationship mirip dengan generalisasi pada use case. Terdapat parent dan child class. Pada inheritance, kita bisa mendefinisikan atribut umum dari child classes pada parent class. Child class bisa memiliki tambahan atribut dan methods yang berbeda / unik.

 

Referensi:

 

Kelompok 5 RPL  :

Judul Project :

Website Qur’an.com

Anggota :
– Arbian Alex Pritama (2155061013)

– Dimas Prasetyo (2115061076)

– Levian Dandra (2115061036)

– M.Khasan Baihaqy (2155061009)

KUIS PENGETAHUAN LINGKUNGAN TOPIC 14

Nama : Arbian Alex Pritama

NPM : 2155061013

Kelas : PSTI C

Dosen Pengampu : Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I

 

PERMASALAHAN KEMISKINAN DI PROVINSI LAMPUNG

angka-kemiskinan-bisa-bertambah-3-78-juta-orang-akibat-covid-19-0ysFILtsvK

Lampung adalah sebuah provinsi yang berada di paling selatan Pulau Sumatra, dengan ibu kota Bandar Lampung. Secara Administratif, Lampung dibagi menjadi 2 Kota dan 13 Kabupaten. Kepadatan penduduk di Lampung menempati peringkat ketiga di Pulau Sumatra. Menurut sensus penduduk Badan Pusat Statistik tahun 2014, penduduk Lampung berjumlah 7.972.246 jiwa. Dengan jumlah penduduk yang besar tersebut menyebabkan provinsi Lampung tidak terlepas dari masalah sosial seperti kemiskinan.

  • Akar dari masalah kemiskinan yang melanda Provinsi Lampung

Faktor penyebab kemiskinan di Lampung dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti tidak setaranya keuntungan yang diperoleh dari modal dan buruh. Perbedaan ini terjadi akibat pemilik alat-alat produksi-lah (produsen) yang menentukan pembayaran untuk setiap faktor produksi. Kenaikan upah yang diterima buruh harus ditekan ke bawah untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh produsen. Hal ini tentu saja dapat menciptakan ketidakadilan dan penderitaan untuk masyarakat yang menjadi buruh. Mereka bekerja keras dengan waktu yang lama, tetapi mereka mendapatkan upah yang minimal, sedangkan banyak kebutuhan yang harus mereka penuhi.

  • Yang terkena dampak masalah kemiskinan di Provinsi Lampung

Dalam banyak kasus, kriminalitas yang dilakukan oleh seseorang disebabkan banyak faktor namun penelitian ini menemukan bahwa kemiskinan dan pengangguran merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang mempengaruhinya. Tingginya angka pengangguran akan diikuti dengan angka kemiskinan seolah keduanya adalah satu padahal hal yang berbeda. Seperti dalam penelitian ini pun demikian. Ketika pengangguran tidak berpengaruh terhadap tingkat kriminalitas secara individual, maka akan berpengaruh jika diiringi dengan kemiskinan. Sehingga pengangguran dan kemiskinan akan secara bersama-sama menciptakan sebuah tingkat kriminalitas.

  • Solusi untuk menyelesaikan masalah kemiskinan di Provinsi Lampung

Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung melalui berbagai bidang, seperti pendidikan dan kesehatan. Diharapkan dengan hal ini akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Lampung sehingga persentase kemiskinan di Lampung bisa terus menurun. Hal ini terbukti dengan menurunnya jumlah penduduk miskin sebanyak 33,4 ribu jiwa, sehingga jumlah penduduk miskin di Lampung menurut data Badan Pusat Statistik bulan Maret 2019 yaitu 1,06 juta jiwa.

Dalam bidang pendidikan, Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan upaya berupa peningkatan anggaran pendidikan. Jadi, akan ada program sekolah gratis yang diperuntukkan untuk anak-anak dari keluarga yang kurang mampu. Selain itu, Pemerintah Provinsi Lampung juga akan memberikan tunjangan sebesar 500 ribu rupiah/bulan untuk staf tata usaha SMA/SMK dan 1,25 juta rupiah/bulan untuk kinerja pengawas.

Selain dalam bidang pendidikan juga ada bidang kesehatan, Pemerintah Provinsi Lampung juga menganggarkan dana untuk pelaksanaan program-program peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui kesehatan sebesar puluhan miliar rupiah. Program-program tersebut diantaranya, Gakin, Program Pembangunan Prasarana Pendukung Desa Tertinggal (P3DT), Program Pengembangan Kecamatan (PPK), dan Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP).

Terkait  dengan permasalahan kemiskinan BAPPEDA berkordinasi dengan UPTD – UPTD yang ada. Untuk menuntaskan kemiskinan secara perlahan di Kota Lampung maka perlu dilakukan sosialisasi dan pendampingan kepada SKPD-SKPD terkait dalam penyusunan perencanaan kegiatan penanggulangan kemiskinan yang tepat sasaran. Dalam penyusunan rencana kegiatan penanggulangan kemiskinan hendaknya sudah disertai dengan jumlah, lokasi, dan sasaran rumah tangga/penduduk miskin yang akan di-intervensi (by name dan by address) sehingga akan memudahkan dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan ke depannya. Permasalahan kemiskinan merupakan tantangan utama pembangunan Kota Bandar Lampung dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

  • Yang harus Menerapkan solusi yang di jelaskan pada point ke-3

Pembangunan kesejahteraan sosial sebaiknya dilaksanakan secara sinergis antar pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Untuk mencapai kondisi tersebut, perlu dibangkitkan semangat kebersamaan pada masyarakat untuk dapat mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhannya berdasarkan potensi yang dimilikinya sendiri.

SUMBER

Kuis Pengantar Teknologi Informasi (PTI)

Nama : Arbian Alex Pritama

NPM :2155061013

Kelas : PSTI C

 

No.1 Jawaban :

Pandemi Covid-19 membuat teknologi memiliki banyak kemajuan. Pandemi membuat banyak hal berubah, salah satunya dalam hal teknologi e-commerce semakin populer. Kalangan UMKM dipaksa untuk lebih melek teknologi yang berkecimpung dunia digital agar bisnis tetap bisa berjalan walau di masa pandemi. Pemerintah memaksa masyarakat untuk melek teknologi agar semakin terbiasa terutama di masa pandemi ini.

Permasalahan ini muncul dan membuat pemaksaan terhadap pemerintah untuk melakukan pemerataan akses internet ke seluruh wilayah. Apabila anak-anak yang sama sekali tidak bisa melakukan akses internet maka dengan terpaksa mengumpulkan tugas sekolah secara offline.

Teknologi yang juga mulai berkembang pesat di masa pendemi ini adalah teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan robot yang telah berjalan selama lebih dari enam bulan ini. Dengan adanya peraturan pemerintah dalam menjaga jarak atau PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19 maka banyak startup dan periset mencoba bermacam cara untuk berinovasi membuat robot agar bisa mengurangi kontak dengan sesama manusia.

Artificial Intelligence (AI) atau Machine Learning merupakan tren teknologi baru yang dikenal karena keunggulannya dalam pengenalan gambar dan ucapan, aplikasi navigasi, asisten pribadi smartphone, aplikasi berbagi kendaraan, dan banyak lagi. AI juga banyak digunakan oleh berbagai sektor industri di era teknologi saat ini dan sangat memungkinkan dapat menciptakan industri baru mulai dari pemrograman, pengujian, dukungan dan pemeliharaan.

Asosiasi Internet of Things Indonesia memperkirakan teknologi 5G akan segera hadir seusai pendemi berlalu. Meski belum jelas pandemi kapan berakhir dan persiapan infrastruktur 5G di Indonesia, teknologi ini menjanjikan banyak sekali yang bisa dimanfaatkan. Memiliki kecepatan hingga 100 kali lipat dengan 4G, teknologi 5G dapat memungkin bekerja secara jarak jauh lebih efisien dan kompeten.

A Things” pada Internet of Things dapat didefinisikan sebagai subjek misalkan orang dengan monitor implant jantung, hewan peternakan dengan transponder biochip, sebuah mobil yang telah dilengkapi built-in sensor untuk memperingatkan pengemudi ketika tekanan ban rendah. Sejauh ini, IoT paling erat hubungannya dengan komunikasi machine-to-machine (M2M) di bidang manufaktur dan listrik, perminyakkan, dan gas.

Mungkin dalam 10 tahun kedepan di Indonesia banyak beredar robot-robot yang membantu pekerjaan manusia. Misalnya, di berbagai rumah sakit hingga perusahaan telah mengintegrasikan pekerjaan manusia untuk dilakukan oleh robot saat ini. Belum lama ini ada robot yang membantu kedokteran bedah, dimana robot ini bertujuan untuk memungkinkan konduksi prosedur bedah dari jarak jauh tanpa menyentuh pasien. Tak hanya itu, Korea Selatan juga punya robot yang telah digunakan untuk mengukur suhu dan mendistribusikan hand sanitizer lho.  Nah, menurut pandangan saya, Indonesia dalam 10 tahun kedepan nantinya akan mengikuti perkembangan teknologi yang sudah ada di berbagai negara maju seperti yang saya jelaskan diatas.

 

No.2 Jawaban :

SOHO (Small Office Home Office) adalah istilah yang mengacu pada bisnis atau usaha kecil yang dilakukan dirumah. Mobilitas kita yang semakin tinggi dan semakin terbatasnya jarak dan waktu membuat rumah bisa sebagai pilihan untuk melakukan usaha dengan nilai strategis yang tinggi. Beberapa teman mengatakan ada beberapa keuntungan yang bisa di dapat dengan menggunakan konsep ini, antara lain :

  1. Kita bisa lebih fleksibel dalam mengatur waktu dan bisa menjadikan nya part-time dari pekerjaan utama kita.
  2. Suasana kantor dirumah menjadi nyaman karena rumah kita sendiri dan dekat dengan kehangatan keluarga.
  3. Suasana kantor dirumah menjadi nyaman karena rumah kita sendiri dan dekat dengan kehangatan keluarga.

Konsep sederhana jaringan SOHO sama seperti type jaringan LAN (Local Area Network) yang tidak terhubung dengan jaringan internet. Topologi yang digunakan yaitu dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wi-fi. Sehingga dengan menerapkan konsep seperti ini maka proses pengiriman data dari client ke server akan berlangsung cepat.

Perangkat yang dibutuhkan Jaringan SOHO

1. PC Server

Pc Server adalah perangkat yang berbentuk CPU yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data atau file aplikasi dan server inilah yang di akses oleh semua client yang terhubung kedalam satu jaringan.

2. PC Client

Pc Client adalah perangkat yang digunakan oleh client untuk mengakses data ke server.

3. Wi-fi

Wi-fi adalah perangkat yang digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dengan menggunakan media wireless. Kemudahan dengan menggunakan media wireless yaitu perangkat yang terkoneksi dengan wireless lebih mudah untuk bisa pindah tempat.

4. Switch

Switch dipergunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat menjadi dalam satu jaringan dengan menggunakan media kabel.

5. Router Mikrotik

Router yakni bertugas sebagai jembatan antara komputer jaringan lokal dengan komputer yang berada di jaringan lain. Dapat diartikan juga bahwa router yakni media penghubung dalam jaringan berskala besar dengan banyak sekali macam segmen ip yang berbeda-beda.

 

Mikrotik yakni sistem operasi dan perangkat lunak yang sanggup dipakai untuk mengakibatkan komputer menjadi router network yang handal, mencangkup banyak sekali fitur yang dibentuk untuk ip network dan jaringan wireless, cocok dipakai oleh ISP dan provider Hotspot.

 

 

SUMBER :

https://komputerpow.blogspot.com/2019/05/pengertian-jaringan-soho-small-office.html

https://catatanshand.blogspot.com/2018/03/Pengertian-jaringan-soho.html

 

COMMUNICATING DIGITAL CONTENT

Assalamualaikum wr.wb

Jadi pada jurnal perkulihan kali ini saya akan membahas tentang  Communicating Digital Content.

unnamed

COMMUNICATION

Digital communications adalah sebuah proses dimana dua atau lebih perangkat komputer mentransfer data, instruksi dan informasi. Perangkat komputer dapat berkomunikasi langsung satu sama lain, dengan ratusan komputer di suatu perusahaan, ataupun dengan jutaan komputer lain di seluruh dunia. Komunikasi tersebut dapat dihubungkan dengan menggunakan kabel dan juga tanpa kabel (wireless). Berikut ini merupakan alur dari digital communication:

  • Perangkat Pengirim 

Perangkat Pengirim merupakan perangkat yang memulai instruksi untuk mengirimkan data dan informasi.

  • Perangkat Komunikasi

Perangkat Komunikasi merupakan perangkat yang menghubungkan perangkat pengirim ke media transmisi.

  • Media Transmisi 

Media Transmisi atau saluran komunikasi, merupakan tempat data, instruksi, atau perjalanan informasi.

  • Perangkat Komunikasi

Perangkat Komunikasi merupakan perangkat yang menghubungkan media transmisi ke perangkat penerima.

 

NERTWORK

Network merupakan kumpulan dari beberapa computer yang terkoneksi melalui perangkat komunikasi dan transmisi media. Network memiliki keunggulan sebagai berikut :

  • Fasilitas komunikasi
  • Transfer dana
  • Berbagi perangkat keras
  • Membagikan data dan informasi
  • Berbagi perangkat lunak

Alasan banyak yang menggunkan network adalah dapat menghubungkan fasilitas komunikasi, share hardware, share data dan informasi, share software, dan transfer funds. Oleh karena hal di atas network memiliki berbagai macam jenis yaitu:

1.  LAN (Local Area Network)

LAN adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat dalam wilayah geografis yang terbatas, seperti rumah, sekolah, gedung kantor atau dekat kelompok bangunan yang diposisikan. Setiap komputer atau perangkat di jaringan, sering disebut node berbagi sumber daya, seperti printer, hard drive besar, dan program. Seringkali, node terhubung melalui kabel.

2. WLAN (Wireless LAN)

WLAN adalah LAN yang tidak menggunakan kabel fisik. Komputer dan perangkat yang dapat mengakses WLAN harus memiliki kemampuan nirkabel built-in atau jaringan nirkabel yang sesuai kartu, adaptor USB, atau perangkat nirkabel lainnya. WLAN dapat berkomunikasi dengan LAN kabel untuk akses ke sumber dayanya, seperti perangkat lunak, perangkat keras, dan Internet.

3. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan berkecepatan tinggi yang menghubungkan area lokal jaringan di wilayah metropolitan, seperti kota. MAN mencakup satu atau lebih LAN, tetapi mencakup area geografis yang lebih kecil dibandingkan dengan WAN. Perusahaan telepon, televisi kabel penyedia, dan organisasi lain menyediakan pengguna dengan koneksi ke MAN.

4. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan yang mencakup area geografis yang luas (seperti kota, negara, atau dunia) menggunakan berbagai transmisi kabel dan nirkabel media. WAN bisa berukuran jaringan besar atau dapat terdiri dari beberapa perangkat yang terhubung bersama. Internet merupakan WAN terbesar.

5. PAN (Personal Area Network)

PAN adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di ruang kerja individu menggunakan teknologi kabel dan nirkabel. termasuk smartphone, kamera digital, printer, dan banyak lagi. PAN dapat menghubungkan perangkat melalui router menggunakan kabel jaringan atau langsung menggunakan kabel USB khusus. PAN juga bisa menggunakan teknologi Bluetooth atau Wi-Fi. Jaringan area tubuh (BAN), kadang-kadang disebut tubuh sensor network (BSN), adalah jenis PAN yang secara nirkabel menghubungkan sensor yang dipakai oleh, dibawa oleh, ditanam di dalam, atau melekat pada tubuh manusia.

 

Network Communication Standars and Protocol

  • Ethernet

Standar umum untuk menghubungkan kabel ke jaringan computer ketika ingin mentransmisikan data.

  • Token ring

Standard yang menentukan bahwa komputer dalam network berbagi atau melewati sinyal khusus (token)

  • Wi-Fi

WiFi dapat mengidentifikasikan network sesuai dengan standar 802.11 untuk mengkomunikasikan dua device secara wireless.

  • Bluetooth

Salah satu protocol network yang menghubungkan dua device yang menggunakan gelombang radio short-range untuk mentransfer data.

  • UWB

UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi dengan kecepatan tinggi satu sama lain

  • IrDA

IrDA mentransmisikan data secara nirkabel melalui gelombang cahaya inframerah (IR)

  • RFID

RFID mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan di atau dilampirkan ke objek, hewan, atau seseorang.

  • NFC

Sebuah protokol, berdasarkan RFID, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio jarak dekat untuk berkomunikasi antara dua perangkat atau objek yang dilengkapi dengan NFC teknologi.

  • LTE

Jaringan standar yang memperlihatkan bagaimana kecepatan jaringan dengan menggunakan broadcast radio untuk mentransmit data.

Demikian Jurnal perkuliahan tentang Communicating Digital Content kali ini, jika ada salah dalam penulisan kata saya mohon maaf, terimakasih sudah membaca.

Saya Akhiri, Wasalamualaikum wr.wb

 

Sumber:

Vermaat, M. E., Sebok, S. L., Freund, S. M., Campbell, J. T., & Frydenberg, M. (2015). Discovering Computers© 2016. Cengage Learning.

OPERATING SYSTEM

Assalamualaikum wr. wb.

Pada jurnal kali ini saya akan menjelaskan tentang Operating System

  • Pengertian Operating System

OS_logos

Operating system (OS) adalah set program yang mengkoordinasikan semua aktivitas setiap perangkat keras dari komputer atau mobile device. Operating system atau system operasi menjadi penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Ssitem operasi juga mengatur aplikasi-aplikasi yang tidak sama agar dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Selain itu  system operasi juga memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  1. Menghidupkan atau mematikan kompuer dan mobile device.

Dalam menghidupkan / mematikan computer dan mobile device, operating system akan melakukan perintah tersebut setelah user menekan tombol on/off pada device yang akan digunakan. Selain itu, saat ini terdapat ebrbagai macam pengaturan power seperti sleep dan hibernate dimana semua pekerjaan dihentikan sementara tetapi memori pada RAM tidak dihilangkan.

  1. Menyediakan User Interface (UI)

Kemudian terdapat pula user interface (UI) yang mengontrol bagaimana user dapat memasukkan data dan juga instruksi serta bagaimana informasi ditampilkan ada layar. Secara singkat, UI dapat diartikan sebagai tampilan awal yang dapat dikihat pada layar perangkat dan berisikan program serta berbagai menu yang dapat di akses oleh pengguna.

  1. Mengelola program

Operating system dapat melakukan beberapa program secara langsung menyesuaikan kebutuhan pengguna dengan seperti:

  • Singletasking dan multitasking
  • Foreground dan background
  • Singleuser dan multiuser
  1. Mengelola memori

Pengelolaan memori dilakukan untuk mengoptimalisasikan penggunaan memori internal pada computer dan perangkat lainnya.

  1. Mengkoordinasikan task (tugas)

Operating system menentukan tugas apa yang akan diproses. Selain itu, terdapat pula berbagai macam alat yang dapat digunakan sesuai dengan computer, device ataupun program, seperti:

  • File manager
  • File Compression
  • Backup and Restore
  • Screen saver
  • Image viewer dan sebagainya
  1. Mengontrol jaringan

Beberapa operating system didesain untuk bekerja dengan menggunakan sebuah server atau jaringan. Seperti sebuah jaringan administrator yang digunakan oleh operating system untuk:

  • Menambahkan atau mengurangi pengguna, computer dan device lainnya
  • Mengkonfigurasikan jaringan, menginstall software.
  1. Memperbarui perangkat lunak dari operating system dan sebagainya.

Selain itu, dikenal juga istilah desktop operating system yang merupakan operating system yang bekerja pada desktop, laptop dan juga tablet. Contohnya:

  • Windows
  • Mac OS
  • UNIX
  • Linux
  • Chrome OS

Mungkin itu dulu penjelasan singkat tentang Operatig System. Lebih dan kurang saya mohon maaf, saya akhiri

Wassalamualaikum wr. wb.

INTERNET OF THINGS

Assalamualaikum wr.wb

Pada jurnal kali ini saya akan membahas tentang Internet Of Things

internet-of-thingssa

Pengertian Internet Of Things (IoT)

Internet of Things adalah suatu deskripsi konsep atau program dimana sebuah objek dari jaringan fisik atau ”things” yang dipasang dengan menggunakan sensor, software dan juga teknologi lain. Dengan tujuan agar bisa terhubung dan untuk mentransmisikan, menukarkan, atau mengirimkan data antar divisi dan sistem lain yang menggunakan jaringan internet tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia. Internet of Things mampu menghubungkan seluruh device yang berbeda dengan cara menambahkan sensor dan kecerdasan digital, sehingga akan memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi secara real-time tanpa harus melibatkan campur tangan manusia.

Internet of things atau sering disebut dengan IoT saat ini mengalami banyak perkembangan. Perkembangan IoT dapat dilihat mulai dari tingkat konvergensi teknologi nirkabel, microelectromechanical (MEMS), internet, dan QR (Quick ResponsesCode. IoT juga sering diidentifikasi dengan RFID (Radio Frequency Identification) sebagai metode komunikasi.

 

Unsur-unsur pembentukan IoT :

  1. Kecerdasan buatan AI
  2. Konektivitas
  3. Sensor
  4. Active Engagement
  5. Perangkat berukuran kecil

Penerapan IoT dalam bidang Pertanian

Internet of Things merupakan salah satu solusi ideal dan efektif. Bersama teknologi IoT, bidang agribisnis dan agroteknologi pun akan mendapatkan dampak positif yang besar. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa dunia pertanian dan perkebunan perlu mengenal dan menerima konsep Internet of Things agar lebih berkembang dari pada sebelumnya.

Sumber daya utama pertanian adalah air dan nutrisi tanah. Komponen ini harus digunakan secara efektif. Kekurangan air dan unsur hara tanah merupakan musuh utama kegagalan panen. Oleh karena itu, kedua komponen tersebut harus dikelola dan dikendalikan secara detail dan akurat. Dengan menggunakan kekuatan Internet of Things, petani dapat mengukur dan menemukan kekurangan komponen utama pertanian sedini mungkin, agar kemudian dapat mengatur penggunaan energi yang digunakan.

Penerapan IoT dalam persoalan kontrol dan penanganan hama dapat diaplikasikan ke dalam bentuk jaringan sensor untuk memantau jumlah hama bisa. Pada prakteknya, jika sensor mendeteksi terlalu banyak hama, informasi tersebut dapat dikirim ke sistem pengendalian hama secara otomatis untuk mengambil tindakan. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat menggantikan penggunaan pestisida, sehingga hasil panen pun bisa menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

Kegiatan produksi pertanian meliputi pemupukan, penyemprotan hama dan pemanenan. Semua aktivitas ini menggunakan mesin atau peralatan khusus. Dengan menggunakan Internet of Things, petani dapat menemukan lokasi peralatan secara real time. Mereka menggunakan data ini untuk menganalisis dan secara akurat menentukan lokasi efektif area operasi produksi. Hal ini tentu akan berdampak baik pada alur kegiatan pertanian.

Konsep Internet of Things terkait dengan jaringan, yang menghubungkan segala sesuatu ke Internet melalui identifikasi frekuensi radio (RFID), sensor, sistem pemosisian global (GPS), pemindai laser dan sensor informasi lainnya sesuai dengan protokol yang disetujui dan pertukaran informasi pengetahuan identifikasi, pelacakan lokasi, pemantauan serta manajemen.

Pertanian berbasis Internet of Things memungkinkan pemangku kepentingan mendapatkan data secara langsung yang valid, akurat dan berguna. Proses ini akan memangkas semua kegiatan yang memakan waktu tertentu dan mengurangi banyaknya tenaga kerja di industri pertanian. Oleh karena itu, industri pertanian saat ini harus menyadari dan mulai menerima konsep IoT serta potensi penerapan pasar Internet of Things di bidang pertanian.

Project IoT yang di kembangkan saat ini :

  1. Smart irigation
  2. Smart door
  3. Smart money transfer
  4. Smart mirror
  5. Smart wheelchair
  6. Smart alarm clock
  7. Smart street light system
  8. IoT based weather reporting system
  9. Iot based smart arm
  10. Air monitoring system 

Demikian materi yang dapat saya sampaikan pada materi kali ini, semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca, Saya akhiri

Wasalamualaikum wr.wb.

DIGITAL STORAGE

Assalamualaikum wr.wb

Pada jurnal kali ini saya akan membahas tentang Digital Storage

06-26-datastorage-01

Pengertian Digital Storage

Media penyimpanan (Digital Storage) adalah bahan fisik tempat komputer menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang mencatat dan /atau mengambil item dari dan ke media penyimpanan. Banyak sekali jenis penyimpanan yang sekarang banyak digunakan, diantaranya : eksternal hard disk, solid state driver, usb flash drive sampai dengan penyimpanan cloud storage. Saat ini Cloud Storage banyak digunakan karena jenis media penyimpanan online ini dapat digunakan transparan bagi pengguna.

Didalam ruang penyimpanan terdapat dua instruksi yaitu membaca dan menulis. Membaca adalah proses pengiriman barang dari medium penyimpanan ke memori, sedangkan menulis adalah proses pengiriman barang dari memori ke media penyimpanan.

Peran media penyimpanan pada perangkat komputer sangat penting, karena media penyimpanan yang mengatur mengenai berjalannya sebuah proses dan menyimpan data dengan aman. Media penyimpanan Komputer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Media penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk), Media Penyimpanan Optical (Optical Disk), dan Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage).

Sejarah singkat Digital Storage

Perkembangan digital storage selanjutnya dimulai pada tahun 1940an, di mana William Tube pertama kali dikenalkan dengan kapasitas memori sebesar 0,0625 Kilobyte saja. Tentunya, masih sangatlah kecil ukurannya jika dibandingkan dengan perangkat penyimpanan data jaman sekarang yang sudah mencapai lebih dari 1 Terabyte.

Dalam waktu lebih dari 50 tahun sejak pertama kali William Tube ini diperkenalkan, perkembangan digital storage semakin pesat dan maju seperti yang sudah dapat kita nikmati saat ini. Pengguna komputer tak perlu lagi takut akan perangkat penyimpanan data yang terlalu besar ukuran fisiknya maupun terlalu kecil untuk dapat memuat semua data yang dibutuhkan, karena perangkat penyimpanan data di jaman modern saat ini sudah dapat memenuhi kebutuhan para pengguna komputer.

Cara Kerja Digital Storage

Didalam ruang penyimpanan terdapat dua instruksi yaitu membaca dan menulis. Membaca adalah proses pengiriman barang dari medium penyimpanan ke memori, sedangkan menulis adalah proses pengiriman barang dari memori ke media penyimpanan.

Kapasitas

Dalam media penyimpanan terdapat beban batas maksimal penyimpanan yang dapat ditampung,yang bisa disebut denga kapasitas. Kapasitas adalah jumlah byte yang dapat disimpan media penyimpanan. Berikut merupakan tabel kapasitas dari media penyimpanan :

TABEL-KAPASITAS-768x326

Macam-macam Media Penyimpanan

1. Penyimpanan Magnetic (Magnetic Disk)

3

Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk) merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (secondary storage) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern. Mangnetic Disk memiliki beberapa macam media, diantaranya:

  • Disket (floppy disk)

o_1adcld78gqo56mnq1vkar1q03a

Disket merupakan salah satu perangkat komputer yang juga dinamakan sebagai floppy disk. Pengertian disket secara dasar adalah sebuah cakram dengan komponen magnetik yang berkapasitas kecil. Kapasitas penyimpanan pada disket hanya mencapai 1.44 MB. Disket memiliki berbagai macam warna, misalnya hitam, kuning, putih, dan abu-abu. Disket memiliki sifat removeable yang artinya sebuah media penyimpanan yang mudah untuk di lepas atau dipasang kembali. Disket (floppy disk) banyak digunakan untuk menyalin sebuah informasi data masuk atau data keluar dalam sistem komputer. Saat ini disket sudah tidak banyak digunakan karena saat ini mayoritas orang lebih suka menggunakan hardisk baik eksternal maupun internal.

  • Hard Disk 

download

Hard disk atau sering disebut hard disk drive (HDD) berisi piringan bundar yang menggunakan partikel magnetik untuk menyimpan data, instruksi, dan informasi. Hard disk adalah jenis disk yang bersifat tetap, tidak perlu dilepas pasang sebagaimana disket floppy. Umumnya terbuat dari bahan logam padu yang berbentuk piringan atau pelat. Sebuah hard disk biasanya terdiri dari lebih satu piringan atau lempengan yang dilapisi dengan oksida besi. Cara penyimpanan datanya hampir sama dengan disket floppy. Bahan hard disk yang keras dan kapasitas simpannya yang lebih besar, juga membedakannya dari disket floppy yang bahannya relatif elastis. Kapasitas penyimpanan hard disk bervariasi dan ditentukan oleh jumlah piringan yang berisi hard disk

  • Flash Disk

membeli_flashdisk_01Flashdisk adalah piranti penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 50 x 15 x 6 mm. Bahkan untuk saat ini, ukurannya semakin kecil dengan kapasitas yang jauh lebih besar, hingga mencapai 1 TB.

  • Memory Card

memory-card-768x478

Jenis media penyimpanan satu ini dapat kita pakai pada perangkat komputer ataupun peralatan elektronik seperti handphone, laptop, kamera digital, speaker, ipod dan sebagainya.

 

2. Penyimpanan Optical (Optical Disk)

dvd

Penyimpanan optical (Optical Disk) adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah. Optical Disk memiliki macam-macam media, diantaranya:

  • CD (Compact Disk)

CD (compact disk) atau laser optical disk merupakan jenis piringan optik yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan ditangani melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses piringan optis jauh lebih tinggi daripada disket. Di pasaran terdapat sedikitnya tiga macam piringan optik berbeda yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan, yaitu CD-ROM, CD-WORM, dan CD-Rewriteable.

  • CD-ROM

CD ROM (compact disc read-only memory) adalah sebuah perangkat keras pada komputer yang berbentuk balok yang berfungsi untuk membaca data dari CD. CD-ROM juga berarti bahwa CD-ROM drive yang mana hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara garis besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI.

  • CD-WORM

CD-WORM kepanjangan dari Write once read many dapat ditulis melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bisa dilakukan sekali. Sesudah perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan. CD ini sering dijual dengan label CD-R atau CD-Recordable.

 

  •  CD-RW

CD-RW (Compact Disk Rewiteable) menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer lalu direkam discs. CR-RW dapat dihapus dan tercatat sekitar 1000 kali. CD-RW dapat digunakan dalam membuat CD audio dan diputar pada semua player atau untuk data discs yang berfungsi untuk mencadangkan dan mentransfer data.

  •  DVD 

DVD (Digital Video Disc) adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Saat ini, DVD banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s.

3. Cloud Storage
storage_img01

Cloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud storage adalah terobosan baru dalam dunia storage atau penyimpanan data yang menonjolkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media simpan offline seperti hardisk dan flashdisk. Jadi, data yang disimpan ke dalam cloud storage akan disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut hosting.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Storage

  • Kelebihan 
  1. Menghemat biaya dan ruang infratructure pembelian sumber daya komputer
  2. Bisa mengakses file dimana saja dan kapan saja
  3. Bisa menghemat waktu pada perusahaan sehingga bisa langsung fokus pada perkembangan infrastructure
  4. Dapat dengan mudah di monitoring dari satu server
  5. Operasional dan manajemen lebih mudah dan sederhana
  6. Menghemat biaya operasional pada sistem informasi yang dibangun
  7. Kolaborasi yang terpercaya
  • Kekurangan 
  1. Komputer akan menjadi lemot atau lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali bila internet putus
  2. Komputer akan menjadi lambat kinerjanya jika koneksi internet kita juga lambat
  3. Komputer akan menjadi sangat lambat karena diakses oleh banyak pengguna sehingga server akan menerima banyak sekali permintaan
  4. Jika tidak mempunyai backup yang handal maka hal terburuk ini akan timbul karena semua data berada di satu server pada cloud computing.

 

Referensi:

https://www.jagatreview.com/2013/01/infographic-sejarah-singkat-perkembangan-digital-storage/?__cf_chl_jschl_tk__=fgdev2gdYd9aKvMxR4U5jYICYBfip1TcU66_2DiePyE-1636109617-0-gaNycGzNCL0

https://www.unbox.id/how-to/alasan-lebih-baik-menyimpan-foto-di-cloud-storage/

 

Mungkin itu dulu pada pembahasan tentang Digital Storage kali ini, lebih dan kurang saya mohon maaf, terimakasih sudah membaca, saya akhiri,

Wasalamualaikum wr.wb.

PENJELASAN TENTANG G20 DAN COP26

Assalamuaikum wr.wb

Pada jurnal kali ini saya akan membahas tentang G20 dan COP26

 

G20

logo-ktt-g20

Pengertian G20

G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Angggota dari G20 adalah Australia, Argentina, Brasil, China, Uni Eropa, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Mesiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

Forum ini mengadakan pertemuan setiap tahun dan memulai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tahunan pertamanya pada 2008 dengan partisipasi dari masing-masing Kepala Negara dan pemerintahan.

Forum G20 membahas dua arus isu yakni Finance Track dan Sherpa Track. Fokus isu yang dibahas pada Finance track adalah ekonomi dan keuangan, seperti kebijakan fiskal, moneter dan riil, investasi infrastruktur, regulasi keuangan, inklusi keuangan, dan perpajakan internasional. Pembahasan isu diatas dilakukan oleh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral masing-masing negara anggota.

Sementara itu, fokus isu yang dibahas pada Sherpa Track meliputi geopolitik, antikorupsi, pembangunan, perdagangan, energi, perubahan iklim, kesetaraan gender. Pembahasan isu-isu tersebut dilakukan oleh kementerian terkait pada tingkat menteri masing-masing negara anggota.

Indonesia resmi meneruskan estafet presidensi G20 dari Italia dan untuk pertama kalinya akan memegang presidensi G20 pada tahun 2022. Penyerahan presidensi tersebut dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma yang berlangsung di La Nuvola, Roma, Italia, pada Minggu, 31 Oktober 2021. Selain itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah sekaligus Presiden G20 pada 2022, sesuai kesepakatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-15 di Riyadh, Arab Saudi.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa presidensi G20 Indonesia akan mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar “Recover Together, Recover Stronger”. Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia di G20.

Tujuan dibentuknya G20

  • Tujuan utama pembentukan G20 adalah menyediakan suatu forum diskusi  permanen  yang  intensif bagi para pembuat kebijakan keuangan dalam rangka menciptakan stabilitas keuangan global melalui  upaya  pencegahan  dan  penyelesaian krisis keuangan internasional (Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral.
  • Partisipasi Indonesia dalam G20 ini juga sejalan dengan Nawa Cita Presiden Jokowi. Selain itu, keterlibatan Indonesia dalam forum ini penting untuk mendukung prioritas kebijakan dalam negeri, seperti pemberlakuan automatic exchange of information (AEoI) secara tepat waktu pada tahun 2018 yang dapat mendorong upaya Pemerintah meningkatkan pendapatan dari sektor perpajakan.

Dampak G20 Bagi Indonesia

  • Indonesia akan mendapat banyak keuntungan dengan menjadi tuan rumah Group of Twenty (G20) pada 2022. Salah satu keuntungan yang didapat Indonesia dengan menjadi presidensi G20 adalah bisa mengarahkan agenda. Keuntungan lain dengan posisi Indonesia sebagai tuan rumah, pemerintah bisa mengharapkan dampak positif dari hadirnya delegasi berbagai negara ke Indonesia. Ini akan sangat membantu pemulihan pariwisata dan industri di Indonesia.
  • Presidensi G20 memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi Indonesia. Termasuk pada sektor perdagangan dan investasi. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) juga menilai hal itu akan berdampak positif pada iklim investasi di Indonesia. Momentum presidensi G20 dinilai dapat digunakan untuk mempromosikan keberhasilan Undang Undang Cipta Kerja. Sehingga Indonesia dapat menjadi negara tujuan investasi di Asia dan global. Pemimpin negara-negara yang membawa perwakilan pengusaha di negaranya akan menilai bahwa Indonesia layak menjadi tujuan investasi.
  • Selain itu, presidensi G20 juga akan berdampak pada branding dunia bisnis di Indonesia. Indonesia dinilai akan memperoleh pengakuan internasional, visibilitas, dan branding positif bagi turisme Indonesia, komunitas industri dan bisnis.

 

COP26

20211004123709-cop26-tiendra-glasgow-ecosse-1er-12-novembre-20210

 

Pengertian COP26

COP26 merupakan singkatan dari Conference of the Parties ke-26 atau diartikan sebagai Pertemuan Para Pihak. COP adalah forum tingkat tinggi tahunan bagi 197 negara untuk membicarakan perubahan iklim dan bagaimana negara-negara di dunia berencana untuk menanggulanginya. COP berkumpul untuk menangani hal-hal yang terkait dengan Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim, atau UNFCCC, yang merupakan perjanjian besar PBB yang menyatakan bahwa negara-negara perlu bersatu untuk mencari tahu cara menghentikan pemanasan global.

Setahun sekali, perwakilan dari semua negara dalam perjanjian berkumpul untuk menuntaskan aksi dan kebijakan perubahan iklim internasional terkait UNFCCC. COP26 adalah nama spesifik dari pertemuan besar perubahan iklim tahun ini.

COP26 berlangsung di Glasglow, Skotlandia pada 31 Oktober–12 November 2021. COP26 memiliki empat agenda yang merupakan penyempurnaan dari COP edisi sebelumnya demi mencapai tujuan utama konfrensi tersebut, yaitu menekan laju pemanasan global. Keempat agenda tersebut adalah menyetujui langkah perubahan komitmen pengurangan emisi, memperkuat adaptasi terhadap dampak perubahan iklim, mengalirkan pendanaan untuk aksi iklim, dan meningkatkan kerja sama internasional dalam transisi energi dan transportasi ramah lingkungan.

 

Tujuan Dibentuknya COP26

  • Tujuan pertama adalah memastikan global net zero dalam setengah abad ke depan. Menjaga tingkat kenaikan suhu sebesar satu setengah derajat celcius. Tiap negara nantinya akan menjelaskan strategi mereka untuk dapat mencapai target pengurangan emisi pada 2030.
  • Tujuan kedua yaitu bagaimana beradaptasi untuk melindungi masyarakat dan habitat alam. Setiap negara diharapkan dapat saling bekerja sama untuk mendorong negara-negara lain yang terdampak perubahan iklim. Ini dilakukan agar ekosistem dapat semakin pulih dan terlindungi.
  • Tujuan ketiga, penyelenggaraan COP26 juga bertujuan untuk meningkatkan pendanaan bagi negara-negara dengan angka ekonomi rendah. Hal ini dalam rangka transisi menuju energi bersih serta agar mampu beradaptasi dengan perubahan iklim.

Dampak COP26 Bagi Indonesia 

  • Konfrensi Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa Bangsa terkait perubahan iklim edisi ke-26 atau COP26 merupakan momentum bagi Indonesia untuk menarik investasi hijau sebesar mungkin.
  • Indonesia memiliki potensi besar untuk menurunkan emisi dari sektor kehutanan, energi, transportasi sebesar 650 Mton CO2e dan 398 Mton CO2e dengan bantuan pendanaan internasional. Oleh karena itu, gelaran COP26 merupakan momentum Indonesia untuk menjadi negara destinasi Green Investment.
  • Sebagai negara yang telah meratifikasi Paris Agreement, Indonesia juga telah memiliki target-target yang akan dicapai terkait pengurangan emisi dan perubahan iklim.
  • Salah satunya pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29% (tanpa syarat dan dilakukan secara mandiri) dan 41% (dengan dukungan internasional) pada 2030. Dalam upaya pemenuhan target pengurangan emisi ini, pemerintah perlu mendapat dukungan dari semua pihak terutama dari perusahaan-perusahaan yang secara langsung proses produksinya terkait dengan emisi gas rumah kaca seperti perusahaan tambang.

 

Sumber:

https://ekonomi.bisnis.com/read/20211030/9/1460044/indonesia-menjadi-presidensi-g20-tahun-2022-apa-itu-g20

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4699456/headline-indonesia-pegang-presidensi-g20-tahun-2022-arti-penting-dan-strategisnya

https://www.viva.co.id/berita/dunia/1418841-dibuka-tadi-malam-apa-itu-cop26-dan-mengapa-begitu-penting

https://ekonomi.bisnis.com/read/20211103/9/1461415/ktt-cop26-momentum-indonesia-jadi-destinasi-investasi-hijau

 

Mungkin itu dulu dari Jurnal kali ini, lebih dan kurang saya mohon maaf.

Sekian dari saya, terimakasih karena sudah membaca, saya akhiri

Wasalamualaikum wr.wb.

 

Big Data For Agriculture

Apa itu Big Data?

Big Data merupakan sekumpulan data dengan jumlah yang lebih besar dan kompleks. Big Data sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah konsep tentang kemampuan kita dalam mengumpulkan, menganalisa, dan memahami jumlah data berskala besar yang didapat setiap harinya. Big Data juga merupakan suatu trend yang mencakup area luas dalam dunia teknologi dan industri. Selain itu, Big Data merujuk pada penggunaan teknologi yang melibatkan keberagaman data, perubahan, skala yang besar, dan infrastruktur konvensional untuk penanganan secara efektif.

Bagaimana karakteristik Big Data?

Big Data mempunyai 4 karakteristik yang menyebabkan database konvensional tidak mampu menangani data tersebut. 4 karakteristik ini disebut dengan “four Vs”.

1. Volume (Ukuran data)

Berbeda dengan data biasa yang berukuran kilobyte (1kb = 1.000 byte) hingga gigabyte (1 gb = 1.000.000 kb), big data berukuran terabyte (1tb = 1.000 gb) hingga (1 pt = 1.000 tb) bahkan lebih.

2. Velocity (Kecepatan Data)

Big data mempunyai pertumbuhan data (data velocity) yang sangat cepat. Data velocity adalah pertumbuhan ukuran data tiap detiknya. Big data mempunyai kecepatan data berkisaran antara 30 kb hingga 30 gb tiap detiknya. Dengan kecepatan data yang tinggi, teknologi yang digunakan harus mempunyai kecepatan hardware dengan algoritma yang optimal untuk membuat keputusan secara real time.

3. Variety ( Keanekaragaman Struktur Data)

Big data mempunyai berbagai struktur data yaitu structured data, semi-structured data, dan unstructured data.

  • Structured data adalah data yang dibuat, diproses, dan dimanipulasi dengan menggunakan database konvensional (traditional relational database management system). Misalnya data jumlah pengunjung suatu website setiap detiknya.
  • Semi-structured data adalah data yang tidak sesuai dengan arsitektur database management system data terstruktur, namun tetap memiliki tag-tag yang dapat digunakan untuk menentukan karakteristik dari variabel-variabel data tersebut. Misalnya file log, file XML, atau JSON.
  • Unstructured data adalah data yang benar-benar tidak terstruktur, yang umumnya datang dari aktivitas manusia sebagai pengguna sistem. Misalnya data dokumen word dan email.

4. Value (Nilai Data)

Big data mempunyai nilai data yang rendah terhadap kuantitasnya. Data engineering akan melakukan penataan data mentah sehingga data tersebut lebih bernilai. Kemudian data yang sudah ditata, dapat dilakukan analisis oleh data scientist.

Apa saja sumber Big Data ?

  • Social media
  • Communication data
  • Database
  • Network stream monitoring
  • IoT
  • Website
  • Cloud
  • Media

Apa saja Penggunaan dalam Big Data ?

  • Chatbot
  • Search engine
  • Internet of Things
  • Artificial Intelligence

Apa Manfaat Big Data ?

  • Predictive Analysis

Melakukan analisa prediksi dengan menggunakan data-data yang begitu besar.

  • Harness Data from social media

Prediksi data tadi bisa digabungkan dengan data-data lain seperti data dari sosial media.

  • Decision Making

Kemudian hasil analisanya bisa menghasilkan sebuah keputusan.

  • Recommendation

Keputusan tersebut nantinya bisa menjadi rekomendasi untuk melakukan optimasi.

  • Optimization

Optimasi dilakukan pada sebuah proses bisnis.

  • Innovation

Setelah dilakukan optimasi pada proses bisnis tersebut bisa menghasilkan inovasi yang nantinya akan mengembangkan sebuah proses ataupun sebuah bisnis.

Big Data In Agriculture

The Concept of Agricultural Big Data

Agricultural big data adalah banyak data yang diciptakan secara alami dari tingkatan yang berbeda mulai dari menebar benih sampai memanennya. Teknologi big data dalam pertanian dapat mengambil dan menganalisa banyak data dari berbagai sumber dari berbagai macam daerah. Kumpulan dari agricultural big data disebut sebagai “crowed source”, yang dapat dilakukan via kendaraan terbang atau drone, dengan kamera khusus atau smartphone mulai dari satelit sampai smartphone itu sendiri. Data-data tersebut disimpan dalam database dan diproses dengan algoritma. Agricultural big data dapat digunakan untuk meneliti karakteristik dari benih, pola cuaca, keadaan dari tanah seperti pH dan nutrisi, manajemen marketing, kebiasaan konsumen, dan lain-lain. Sumber datanya dapat berasal dari segi biologis, geospasial, dan lingkungan.

Big Data in Smart Agriculture

Teknologi dari big data yang dapat mendorong penerapan smart agriculture adalah seperti benchmarking, analisa data, instalasi sensor, model yang berhubungan dengan prediksi dan manajemen untuk menghindari ancaman, dan untuk meningkatkan produksi optimal. Meski pada akhirnya keputusan ada di tangan manusia, model tersebut dapat membantu memberikan pilihan dan pertimbangan terbaik yang dapat diambil berdasarkan big data yang tersedia. Smart agriculture juga dipengaruhi oleh pull dan push factors dari penerapan big data, di mana Pull Factors adalah menarik data yang dihasilkan dengan menggunakan teknologi big data, dan Push Factors adalah menggunakan data yang didapatkan untuk digunakan dalam kerja lapangan.

Issues of Big Data in Agriculture

  • Big Data diharapkan memiliki dampak besar dalam Smart Farming dan terlibat keseluruhan rantai suplai.
  • Smart sensor dan perangkat memproduksi sejumlah besar data yang menyediakan kemampuan pengambilan keputusan yang belum pernah terjadi sebelumnya.
  • Big Data diharapkan dapat menyebabkan pergeseran besar dalam peran dan relasi kekuasaan diantara pemain tradisional dan non-tradisional.
  • Tata kelola ( termasuk kepemilikan data, privasi, keamanan ) serta model bisnis merupakan masalah utama yang akan ditangani dalam penelitian di masa yang akan datang.

 

BLOCKCHAIN FOR AGRICULTURE

images-1

Pengertian dari Blockchain

Pada jurnal kali ini saya akan membahas tentang Blockchain.

Secara umum blockchain adalah suatu program yang digunakan untuk ledger atau pembukuan sebagai pencatat keuangan. Blockchain merupakan sebuah  konsep  dimana  setiap  pengguna yang  tergabung  dalam  jaringan terdistribusi memiliki hak akses terhadap pembukuan tersebut. Salah satu fitur utama dari blockchain yaitu immutability, yang merupakan fitur untuk keamanan data agar tidak dapat diubah oleh seorang pengguna. Teknologi blockchain menawarkan keamanan data untuk meningkatkan kepercayaan pengguna melalui sistem data  terdistribusi. Blockchain juga memiliki kemampuan untuk mengotomatisasi pembayaran dalam cryptocurrency, menyediakan akses data transaksi secara desentralisasi yang aman dan terpercaya. Teknologi blockchain pertama kali dikenalkan melalui sistem bitcoin dan terus berkembang baik dalam hal manajemen,  privasi,  keamanan  dan  tata  kelola data.

 

Bagaimana cara kerja Blockchain?

914739236

  • Seseorang mengajukan permohonan transaksi
  • Permohonan tersebut diteruskan ke jaringan blockchain yang terdiri dari banyak komputer (node).
  • Tiap node akan melakukan validasi menggunakan algoritma khusus.
  • Validasi bisa berupa transaksi, kontrak, sampai catatan kejadian.
  • Setelah di validasi, transakasi baru ini dijadikan sebuah blok data.
  • Blok baru ini kemudian akan disambungkan ke blok yang sudah ada. Sambungan ini melibatkan parameter yang unik dan saling terhubung, sehingga mustahil untuk dimodifikasi di kemudian hari.
  • transaksi di nyatakan komplit.

Karakteristik Blockchain

  1. Open source dan transparan.
  2. Bersifat tidak terpusat (ter-desentralisasi).
  3. Tingkat inflasi yang jelas (datanya tersedia).
  4. Bersifat immunable alias tak bisa dibatalkan (kekal)
  5. Sangat sulit untuk di hack.

Kelebihan dan kekurangan Blockchain

Kelebihan

  • Desentralisasi Database.
  • Pengguna Mengontrol Informasi dan transaksi.
  • Data Konsisten dan akurat.
  • Aman.
  • Transaksi sebagai protokol.
  • Transparan, semua transaksi tidak bisa diubah atau dihapus.
  • Peer-to-peer menjamin keamanan, tahan dari serangan siber.

Kekurangan

  • Mahal.
  • Tidak ada cara membalikkan transaksi jika gagal.
  • Transaksi lamban karena harus diverifikasi oleh seluruh node.
  • Kompleks dalam memahami blockchain itu sendiri.
  • Seluruh informasi harus disebarluaskan.

 

Pemanfaatan Blockchain

Blockchain merupakan teknologi baru yang dikembangkan untuk sistem penyimpanan data digital. Teknologi ini terhubung melalui Cryptography dan penggunaannya sendiri tak bisa lepas dari mata uang Bitcoin dan Cryptocurrency. Cryptocurrency dapat dikatakan sebagai media mata uang digital yang pembukuannya dan pertukarannya ditempatkan secara online dan diamankan menggunakan cryptography yang kuat. Cryptocurrency ini dibuat dengan menggunakan metode blockchain. Sampai saat ini sudah banyak berkembang mata uang digital yang digunakan diseluruh dunia. Beberapa contohnya antara lain:

  • Bitcoin (BTC)

1028573_720

Bitcoin termasuk salah satu uang kripto populer dan paling banyak diperdagangkan. Pertumbuhan nilai aset kripto terus mengalami peningkatan. Sejak muncul pertama kali, Bitcoin ditargetkan masuk pada skala perdagangan global termasuk peer-to-peer dan digunakan sebagai digital cash, sehingga permintaannya tinggi.

  • Litecoin (LTC)

202108191434-main

Aset crypto Litecoin juga memiliki likuiditas yang tinggi. Di pasaran, Litecoin saat ini sudah beredar dengan jumlah 84 juta atau lebih. Keunggulan dari Litecoin ada pada proses penambahan yang singkat yaitu 2 menit dibanding aset crypto lainnya. Bahkan untuk sekarang, Litecoin masih dijadikan andalan para investor.

  • Etherum (ETH)

9515202bcd7bd58822959422bb8d7563

Aset crypto Ethereum ini banyak diperdagangkan dan proses pencairan dananya tergolong mudah dibanding yang lain. Aset crypto Ethereum merupakan mata uang digital dengan konsep smart contract yang memungkinkan developer untuk merilis aplikasi di smartphone.

  • Cardano (ADA)

download

Mata uang crypto Cardano termasuk blockchain pertama dunia yang sistemnya lebih efisien.

 

Blockchain tidak hanya dimanfaatkan sebagai pengelolaan mata uang digital tetapi juga dapat dimanfaatkan pada sektor lain seperti:

  1. Pencatatan Transaksi Keuangan.
  2. Pembayaran Online.
  3. Mempermudah Perdagangan Saham.
  4. Manajemen Identitas Online pada E-Commerce.
  5. Logistik.

 

Pemanfaatan Blockchain pada pertanian

Banyak sekali pemanfaatan yang dimiliki oleh blockchain yang dapat diterapkan di berbagai bidang, tak terkecuali di sektor pertanian. Blockchain dapat dimanfaatkan menjadi solusi untuk mengatasi beberapa permasalahan-permasalahan yang ada di bidang pertanian. Contohnya seperti:

  • Stabilisasi Harga Pangan Dalam persoalan lonjakan harga pangan

Dalam hal ini banyak solusi yang dicoba diupayakan oleh berbagai pihak termasuk pemerintah. Namun salah satu masalahnya yaitu berada di logistik.

  • Pelacakan Data dan hasil pertanian yang kurang transparant

Saat ini kita memang masih belum mampu melacar jalur distribusi ataupun alur dari hasil pertanian dengan lebih transparan.

Berikut adalah solusi pertanian yang bisa dibuat melalui blockchain:

1. Tracebility atau Pelacakan Produksi Tanaman dan Pangan

Blockchain dapat membuat pertanian menjadi praktik yang berkelanjutan dengan mengoptimalkan sumber daya pertanian termasuk air, tenaga kerja, dan pupuk menggunakan pendekatan yang disederhanakan. Dengan memanfaatkan blockchain sebagai pelacakan produksi tanaman dan pangan dapat memfasilitasi petani dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengambil keputusan yang optimal.

2. Supply Chain di Bidang Pertanian.

Pelacakan Supply chain dari makanan dan hasil pertanian sangat penting untuk mengeksplorasi sumber  dari mana makanan itu berasal sehingga dapat memastikan bahwa makanan yang disediakan aman untuk dimakan. Dengan adanya pemanfaatan blockchain dapat membantu pemangku kepentingan yang berbeda untuk mengakses informasi terkait dengan kualitas makanan di setiap tahap. Blockchain menghadirkan transparansi dalam ekosistem rantai pasokan makanan sehingga akan lebih mudah untuk mengetahui kapan dan bagaimana makanan telah terkontaminasi.

Sampai dengan hari ini kebutuhan blockchain di dunia pertanian terus bertambah dan semakin kompleks, dengan segala potensinya blockchain mampu menarik minat penggunanya mulai dari industri pertanian dan perkebunan skala kecil hingga skala besar untuk menyempurnakan layanan mereka, dengan suksesnya pemanfaatan blockchain di sektor pertanian di luar negeri maka hal ini menjadi lampu hijau untuk perusahaan penyedia layanan blockchain di Indonesia untuk mengenalkan layanan blockchain mereka seperti blockchain Vexanium ke sektor pertanian di Indonesia.

 

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada jurnal kali ini, lebih dan kurang saya mohon maaf, Terimakasih.

Wasalamualaikum wr.wb

Referensi :