Kuliah Kunjungan Lapangan ke PT Telkomsel Regional Lampung

Pada hari Senin, 17 Juli 2017 kami mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Lampung angkatan 2015 mengunjung PT Telkomsel Regional Lampung dalam rangka Kuliah Kunjungan Lapangan (KKL) untuk mata kuliah Jaringan Komputer. Dengan di bimbing oleh pak Gigih Forda Nama S.T., M.T.I  selaku dosen penanggung jawab mata kuliah tersebut. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 10.00WIB-13.00WIB. Kedatangan kami disambut hangat oleh General Manager Telkomsel regional Lampung yaitu Bapak Tengku Erfansyah, S.T., M.M.

Banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan saat berkunjung ke sana diantaranya seperti sejarah telkomsel,infrastruktur IT yang dimiliki Telkomsel, teknologi 2G, 3G, 4G dan beberapa layanan produk digital yang dikelola Telkomsel yang disampaikan langsung oleh tim Telkomsel. Pada kunjungan ini kami juga di persilahkan untuk melihat ke ruangan data center yang dimiliki Telkomsel.

Telkomsel memiliki 430 GraPARI, 480 Mobile GraPARI dan 780 Mobile COMBAT.       Pengguna Telkomsel terdiri dari 170juta pelanggan yang 90juta diantaranya merupakan  pelanggan data dan 12juta pelanggan 4G.

Pada materi Youth and Community menjelaskan tentang fitur-fitur yang dimiliki oleh telkomsel diantaranya adalah :

  • 4G Lte : dengan koneksi 4G Lte maka akses internet bisa lebih cepat dan berkualitas
  • Game Max : untuk kalangan muda yang suka bermain game maka telkomsel menyediakan fitur ini dengan penggunaan data yang khusus untuk mengakses game.
  • Music Max : untuk kalangan muda yang suka mendengarkan musik maka telkomsel menyediakan fitur ini dengan penggunaan data yang khusus untuk mengakses aplikasi-aplikasi streaming lagu.
  • t-cash : sebagai sarana pembayaran dengan menggunakan poin telkomsel yang diisi ulang pada gerai GraPARI.
  • t-bike : sebagai aplikasi agar kendaraan kita dapat dikendalikan sendiri sehingga dapat menjaga keamanan kendaraaan.

Pada materi Radio System Network  menjelaskan tentang spektrum frekuensi dimana setiap operator memiliki jalannya masing-masing per-provider (SDA). Semakin besar frekuensi nya maka akan semakin besar peluang suatu provider untuk berkembang pesat.  Dijelaskan juga tentang 2G (GERAN) yang mana memiliki 800CDMA dan 900 GSM frekuensinya adalah 1800Mhz apabila banyak yang memakai jaringan 2G maka koneksi akan lemot, 3G(UTRAN) dengan frekuensi 2100Mhz ,4G (EUTRAN) dengan frekuensi 1800Mhz.

Jaringan-jaringan untuk mengakses telepon, sms dan internet :

  • BSC merupakan induk BTS.
  • SMC merupakan jaringan yang digunakan untuk akses sms.
  • HLR untuk nomor yang tersimpan.
  • SGSN dan GSN untuk pengaksesan internet.

Penjelasan tentang MISDN yaitu Mobile Subscriber ISDN number. Misalnya terdapat nomor : +628117217200

  • +62 : merupakan nomor kode negara
  • 811 : merupakan nomor kode jaringan yang dituju
  • 721 : merupakan nomor pendaftaran lokasi
  • 7200 : merupakan nomor pelanggan

Pelayanan-pelayanan :

  1. Voice BSC base transceiver controller, MSC ke tujuan.
  2. 3G : dari MC ke MSC tujuan.
  3. sms bts  ke bsc dilanjutakan ke mac lalu ke sms center ke tujuan.
  4. data ms ke bts ke bsc ke sgsn serving gprs support node ke ggsn dateway gprs  support node tersambung ke internet.

Jalur Jaringan pada Telkomsel :

Foto Teknik Informatika Unila.

Apabila kita ingin bergabung dengan Telkomsel maka dapat registrasi online melalui link : https://recruitment.telkomsel.com/vm_searching/basic#collapseOne

berikut ini beberapa dokumentasi saat kunjungan :

Foto Teknik Informatika Unila.

 

Foto Teknik Informatika Unila.

Foto Teknik Informatika Unila.

 

TUGAS 1 TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG 2015/2016

Awalnya jurusan yang saya inginkan adalah kedokteran,tidak terpikirkan dalam otak saya untuk masuk ke teknik informatika. Saya masuk melalui jalur SNMPTN dan teknik informatika saya isi pada pilihan kedua. Saya memilih teknik informatika disarankan oleh orang tua saya. Tadinya saya bingung karena tidak begitu mengerti bagaimana nanti kuliahnya, tetapi setelah saya browsing di google tentang bagaimana itu teknik informatika saya pun lumayan tertarik. Di google itu saya membaca artikel ada seseorang yang bisa membuat sebuah program dan menurut saya itu sangat hebat. Saya juga akhirnya mengetahui bahwa peluang kerja untuk teknik informatika itu sangat banyak dan pada akhirnya saya ingin serius melaksanakan perkuliahan di jurusan teknik informatika.

Teknik elektro adalah jurusan yang pada tahun 2014 membuka program studi baru yaitu teknik informatika. Sebenarnya teknik informatika ini adalah bagian dari materi yang dipelajari di teknik elektro. Sekarang teknik elektro memiliki akreditasi B sedangkan teknik informatika belum memiliki akreditasi karena ini adalah program studi yang baru berjalan selama 2 tahun. Dikabarkan tahun depan teknik informatika akan mendapatkan akreditasi C. Walaupun demikian persaingan untuk masuk ke teknik informatika sangat ketat. Kurang lebih 2000 pendaftar yang mendaftar namun hanya 40 orang yang diterima.

Teknologi informasi adalah sesuatu yang dapat membantu manusia untuk mengetahui tentang apa yang sedang terjadi atau yang menjadi topik perbincangan dunia dengan mudah, serta suatu hal yang memudahkan dua orang atau lebih yang berada ditempat yang berbeda untuk saling berhubungan. Salah satu contohnya adalah yahoo. Selain untuk berkomunikasi,chatting,dan video call, Yahoo juga menyediakan informasi yang sedang hangat untuk diperbincangkan. Gunakanlah teknologi informasi sebagai sarana yang positif,jangan digunakan untuk yang negatif seperti membuka situs-situs yang tidak baik.