Object-Oriented Programming System

OOP

Paradigma berorientasi objek adalah metodologi pemrograman yang mempromosikan desain dan pengembangan sistem perangkat lunak yang efisien menggunakan komponen yang dapat digunakan kembali yang dapat dirakit dengan cepat dan aman ke dalam sistem yang lebih besar.

Tujuan utama dari Pemrograman Berorientasi Objek adalah untuk mengimplementasikan konsep dunia nyata seperti:

  • Object (Entitas dunia nyata)
  • Classes (Template/ cetak biru)
  • Abstraction (Kontrol Visibilitas)
  • Inheritance (Turunan)
  • Polymorphism (Banyak bentuk)

 

Komponen OOP

1. Object

Object merupakan instance dari kelas. Entitas apapun yang memiliki pernyataan atau sifat disebut object. Contohnya seperti kursi, pena, meja, keyboard, dll. Dapat berupa fisik atau logis.

2. Class

Class merupakan kumpulan objek yang mempunyai properti yang sama. Class merupakan template atau blueprint dari objek yang dibuat. Class merupakan entitas logis. Class merupakan tipe data non primitive. Class tidak dapat berupa fisik (tidak mempunyai ruang memori). Member class adalah pemberi akses, objek, methods, instance variable, dan konstruktor.

3. Inheritance

Inheritance atau pewarisan adalah salah satu konsep dasar dalam Pemrograman Berorientasi Objek (OOP) yang memungkinkan sebuah class untuk mewarisi properti dan perilaku dari class lain. Inheritance memungkinkan pembuatan class baru yang merupakan versi modifikasi atau khusus dari sebuah class yang sudah ada.

Class yang diwarisi disebut sebagai class induk, superclass, atau base class, sedangkan class baru yang dibuat melalui inheritance disebut sebagai class anak, subclass, atau derived class. Class anak dapat mengakses semua properti dan method yang tidak bersifat private dari class induk dan dapat menambahkan properti dan method miliknya sendiri.

4. Polymorphism

Polymorphism atau polimorfisme adalah konsep dasar dalam Pemrograman Berorientasi Objek (OOP) yang memungkinkan objek dari kelas yang berbeda diperlakukan seolah-olah mereka adalah objek dari kelas yang sama. Polimorfisme memungkinkan fleksibilitas dan perluasan dalam desain perangkat lunak, karena memungkinkan beberapa objek untuk berbagi antarmuka atau perilaku yang sama, sambil mengimplementasikannya dengan cara mereka sendiri.

Polimorfisme dicapai melalui dua mekanisme: method overloading dan method overriding. Method overloading terjadi ketika dua atau lebih method di dalam satu kelas memiliki nama yang sama tetapi parameter yang berbeda. Method overriding terjadi ketika sebuah method di dalam subclass memiliki nama, tipe pengembalian, dan parameter yang sama dengan method pada superclass-nya.

5. Abstraction

Abstraction secara umum menyembunyikan implementasi dan mencapai akses fungsionalitas dengan mengekspos menggunakan keyword extend. Abstract class adalah kelas yang tidak mempunyai instance langsung apapun. Abstract operation adalah operasi yang belum komplit dan membutuhkan anak untuk mendapatkan implementasi dari operasi.

6. Encapsulation

Encapsulation adalah integrasi dari data dan operasi menjadi sebuah kelas. Encapsulation adalah menyembunyikan detail fungsional dari object yang dipanggil.

Framework Frontend

Framework frontend adalah pengembangan perangkat lunak yang menyediakan struktur dan set library untuk membangun User Interface (UI) dan mengelola presentation layer aplikasi web. Framework frontend memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi web interaktif dan responsif lebih efisien dengan menyediakan komponen UI pre-built dan menyederhanakan proses pengelolaan dan pemutakhiran status aplikasi.

 

React

logo-og

React adalah sebuah library JavaScript open-source yang digunakan untuk membangun aplikasi web front-end. React dikembangkan oleh Facebook dan dirilis pada tahun 2013. React difokuskan pada pembuatan UI dengan menggunakan konsep-konsep komponen, dimana setiap bagian dari UI dibangun dengan menggunakan komponen-komponen yang dapat digunakan kembali. React dapat digunakan untuk membuat aplikasi web single-page (SPA) yang dapat menjalankan semua tugas pada satu halaman web tanpa perlu melakukan reloading halaman. React menggunakan konsep “virtual DOM” yang memungkinkan perubahan data dan tampilan yang terjadi di dalam aplikasi dapat di-update secara efisien dan responsif, tanpa perlu melakukan reload halaman. React juga dapat digunakan bersama dengan library atau framework lain seperti Redux untuk manajemen state aplikasi dan React Router untuk pengaturan navigasi aplikasi. React sangat populer di kalangan developer karena mudah dipelajari, memiliki dukungan yang kuat dari komunitas, dan dapat digunakan untuk membangun aplikasi web yang kompleks dan responsif dengan cepat.

 

Angular

1_VKY-Ldkt-iHobItql7G_5w

Angular adalah sebuah framework frontend open-source yang dikembangkan oleh Google. Awalnya dikenal sebagai AngularJS, framework ini kemudian diupgrade ke Angular versi 2 dan selanjutnya. Angular menggunakan bahasa TypeScript, yang merupakan bahasa pemrograman yang di-develop oleh Microsoft, dan dapat digunakan untuk membuat aplikasi web dengan tampilan dinamis. Angular menyediakan banyak fitur untuk mempermudah pengembangan aplikasi web, termasuk templating, routing, validasi form, dependency injection, dan unit testing. Angular juga menyediakan banyak komponen UI yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi web, dan dapat diintegrasikan dengan berbagai library dan framework lainnya. Angular biasanya digunakan oleh tim pengembang untuk membangun aplikasi web skala besar yang kompleks, seperti aplikasi enterprise dan aplikasi bisnis. Dalam pengembangan web, Angular sering digunakan bersama dengan teknologi backend seperti Node.js atau Java.

 

Vue.js

download (1)

Vue.js adalah sebuah framework JavaScript open-source yang digunakan untuk membangun aplikasi web front-end yang responsif dan interaktif. Vue.js sering dibandingkan dengan framework lain seperti React dan Angular, karena sifatnya yang ringan dan mudah dipelajari. Vue.js didesain untuk mempermudah pengembangan aplikasi web yang bersifat kompleks, dengan memanfaatkan komponen-komponen UI yang dapat digunakan kembali. Vue.js dapat digunakan untuk membuat aplikasi web single-page (SPA) yang dapat menjalankan semua tugas pada satu halaman web tanpa perlu melakukan reloading halaman. Vue.js menggunakan struktur MVVM (Model-View-ViewModel) untuk mengatur logika dan tampilan aplikasi web, serta memiliki dukungan yang kuat terhadap integrasi dengan library atau framework lain seperti Vuex untuk manajemen state dan Vue Router untuk pengaturan navigasi aplikasi. Dalam Vue.js, developer dapat memanfaatkan fitur-fitur seperti reactive data binding, directives, computed properties, dan event handling untuk membuat aplikasi web yang interaktif dan responsif. Vue.js sangat populer di kalangan developer karena mudah dipelajari dan memiliki dokumentasi yang lengkap dan jelas.

 

Bootstrap

bootstrap-icons

Bootstrap adalah sebuah framework front-end open-source yang dikembangkan oleh Twitter. Bootstrap menyediakan kumpulan komponen UI, seperti tombol, form, tabel, dan jumbotron, yang dapat digunakan untuk membangun tampilan website atau aplikasi web dengan cepat dan mudah. Bootstrap juga menyediakan sistem grid yang fleksibel, yang memudahkan pengaturan tata letak halaman web. Bootstrap didesain untuk memudahkan pengembangan website atau aplikasi web yang responsif dan mobile-friendly. Bootstrap memiliki fitur-fitur seperti auto-layout, responsive breakpoints, dan utility classes yang memudahkan pengaturan tampilan website agar dapat menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar dan perangkat. Bootstrap juga dapat digunakan bersama dengan berbagai library atau framework lain seperti Angular, React, dan Vue.js. Bootstrap sangat populer di kalangan developer karena mudah dipelajari, memiliki dokumentasi yang lengkap dan jelas, serta mendukung pengembangan website atau aplikasi web yang responsif dan modern.

Contoh penerapan framework pada pengembangan website http://if.unila.ac.id/

Beberapa fitur framework frontend yang sebaiknya dimiliki oleh sebuah website antara lain:

  1. Responsif: Sebuah website harus responsif agar dapat menyesuaikan tampilannya dengan ukuran layar yang berbeda, seperti pada desktop, tablet, dan ponsel. Untuk itu dapat digunakan Bootstrap yang merupakan framework yang paling populer dalam pembuatan website responsive serta memiliki fitur sistem grid yang fleksibel dan banyak komponen UI yang siap pakai.
  2. Mudah digunakan: Framework yang mudah digunakan dapat mempercepat proses pengembangan website dan memudahkan developer dalam menyesuaikan dan mengubah tampilan website. Untuk itu dapat digunakan berbagai framework frontend antara lain:
  • React: Framework frontend yang sangat populer dan mudah digunakan. React memungkinkan pengembang untuk memisahkan logika tampilan dari logika bisnis, sehingga memudahkan dalam pengembangan website.
  • js: Framework frontend yang mudah digunakan dan memiliki dokumentasi yang lengkap. Vue.js memungkinkan pengembang untuk mengatur tampilan website secara modular dan mudah dipelajari oleh pengembang pemula.
  • Angular: Framework frontend yang sangat fleksibel dan mudah digunakan. Angular memiliki banyak fitur yang siap pakai dan memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi web yang kompleks.
  1. Komponen UI: Framework yang menyediakan kumpulan komponen UI seperti tombol, form, tabel, dan jumbotron dapat membantu pengembangan website menjadi lebih cepat dan mudah. Untuk itu dapat digunakan berbagai framework frontend antara lain:
  • React: React adalah sebuah framework JavaScript yang populer untuk membuat tampilan UI. React menyediakan banyak komponen UI yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi web yang interaktif.
  • Angular: Angular adalah sebuah framework JavaScript yang dikembangkan oleh Google. Framework ini menyediakan banyak komponen UI yang siap pakai, seperti tombol, form, tabel, dan lain sebagainya.
  • js: Vue.js adalah sebuah framework JavaScript yang ringan dan mudah dipelajari. Framework ini menyediakan banyak komponen UI yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi web yang interaktif dan responsif.
  • Bootstrap: Bootstrap adalah sebuah framework CSS yang menyediakan banyak komponen UI, seperti tombol, form, tabel, dan lain sebagainya. Bootstrap juga menyediakan sistem grid yang memudahkan dalam merancang tata letak halaman web.
  1. Sistem grid: Sistem grid yang fleksibel dapat membantu pengaturan tata letak halaman web dengan mudah. Salah satu framework frontend yang menyediakan sistem grid adalah Bootstrap. Bootstrap menyediakan sistem grid yang responsif dan dapat disesuaikan dengan ukuran layar yang berbeda-beda. Dalam sistem grid Bootstrap, halaman web dibagi menjadi 12 kolom yang dapat digunakan untuk menempatkan elemen-elemen halaman seperti gambar, teks, tombol, dan lain sebagainya. Pengguna Bootstrap dapat dengan mudah menentukan jumlah kolom yang akan digunakan untuk setiap elemen halaman, serta menentukan tinggi dan lebar elemen dengan mudah.
  2. Dukungan cross-browser dan cross-platform: Framework yang mendukung cross-browser dapat memastikan tampilan website dapat ditampilkan dengan baik pada berbagai browser, seperti Chrome, Firefox, dan Safari. Serta framework yang mendukung cross-platform dapat memastikan tampilan website dapat ditampilkan dengan baik pada berbagai platform, seperti Windows, Mac, iOS, dan Android. Untuk itu dapat digunakan berbagai framework frontend antara lain:
  • ReactJS: ReactJS adalah framework JavaScript yang dikembangkan oleh Facebook. ReactJS menyediakan dukungan cross-browser dan cross-platform karena ia dapat dijalankan di berbagai platform dan browser, termasuk desktop, web, dan mobile.
  • Angular: Angular adalah framework JavaScript yang dikembangkan oleh Google. Angular menyediakan dukungan cross-browser dan cross-platform karena ia memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi web yang dapat berjalan di berbagai platform dan browser.
  • js: Vue.js adalah framework JavaScript yang relatif baru namun telah mendapatkan popularitas yang cukup tinggi. Vue.js menyediakan dukungan cross-browser dan cross-platform karena ia dapat dijalankan di berbagai platform dan browser.
  • Bootstrap: Bootstrap adalah framework CSS yang dikembangkan oleh Twitter. Bootstrap menyediakan dukungan cross-browser dan cross-platform karena ia dirancang untuk menyesuaikan tampilan halaman web pada berbagai platform dan browser.
  1. Dokumentasi yang baik: Framework yang memiliki dokumentasi yang baik dapat membantu developer dalam mempelajari dan memahami fitur-fitur yang disediakan oleh framework tersebut. Untuk itu dapat digunakan berbagai framework frontend antara lain:
  • ReactJS: ReactJS memiliki dokumentasi yang sangat lengkap dan mudah dipahami, bahkan untuk pemula sekalipun. Selain itu, dokumentasinya juga dilengkapi dengan contoh kode yang siap pakai.
  • js: Vue.js juga memiliki dokumentasi yang cukup lengkap dan mudah dipahami. Selain itu, dokumentasinya juga dilengkapi dengan contoh kode yang siap pakai.
  • Angular: Angular juga memiliki dokumentasi yang cukup lengkap dan mudah dipahami. Selain itu, dokumentasinya juga dilengkapi dengan contoh kode yang siap pakai.
  • Bootstrap: Bootstrap adalah framework CSS yang sangat populer. Dokumentasinya juga sangat lengkap dan mudah dipahami, dengan contoh kode yang siap pakai dan penjelasan yang jelas.
  1. Komunitas yang aktif: Framework yang memiliki komunitas pengembang yang aktif dapat membantu developer dalam mencari solusi dan sumber daya terkait pengembangan website. Untuk itu dapat digunakan berbagai framework frontend antara lain:
  • React: React adalah salah satu framework frontend yang sangat populer dan digunakan secara luas. React menyediakan komunikasi yang baik antara komponen-komponen melalui konsep “props” dan “state”. Properti (“props”) digunakan untuk mengirim data dari komponen induk ke komponen anak, sementara “state” digunakan untuk menyimpan data di dalam komponen dan memperbarui tampilan saat ada perubahan pada data tersebut.
  • Angular: Angular adalah framework frontend lain yang menyediakan fitur komunikasi yang baik. Angular menggunakan konsep “data binding” untuk menghubungkan data antara komponen. Data binding dapat dilakukan dalam dua arah, yaitu dari komponen ke tampilan dan sebaliknya, sehingga memudahkan untuk memperbarui tampilan saat ada perubahan pada data.
  • Vue.js: Vue.js juga merupakan framework frontend yang populer dan menyediakan fitur komunikasi yang baik. Vue.js menggunakan konsep “props” dan “events” untuk mengirim data antara komponen. Properti (“props”) digunakan untuk mengirim data dari komponen induk ke komponen anak, sementara “events” digunakan untuk mengirim data dari komponen anak ke komponen induk.

 

RPL: System Design

Pengertian

System Design adalah proses mengartikan elemen sistem seperti architecture (arsitektur), module (modul) dan component (komponen), interface (antarmuka) yang berbeda dari komponen tersebut dan data yang melewati sistem itu. System Design ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan khusus dari bisnis atau organisasi melalui rekayasa sistem yang koheren dan berjalan dengan baik.


Pengertian Class Diagram

Class Diagram adalah salah satu tipe diagram struktur dari Unified Modeling Language (UML) yang menggambarkan struktur sistem dengan menunjukkan sistem class, atributnya, metode, dan hubungan antar objek. Class diagram juga dapat membantu dalam memvisualisasikan struktur setiap kelas dari sebuah sistem. Bagian dari UML ini juga akan memperlihatkan kumpulan dari kelas, collaboration, interface dan relasi yang ada di dalam sistem. Class diagram banyak digunakan dalam pemodelan sistem berorientasi objek karena class diagram adalah satu-satunya diagram UML yang dapat dipetakan secara langsung dengan konsep object-oriented.


Fungsi Class Diagram

Fungsi utama class diagram adalah untuk memodelkan static view dari sebuah aplikasi. Adapun fungsi lain dari class diagram adalah sebagai berikut:

  • Menunjukkan struktur statis pengklasifikasi dalam suatu sistem dengan jelas.
  • Meningkatkan pemahaman mengenai gambaran umum atau suatu skema dari program yang dibuat.
  • Memberikan notasi dasar untuk diagram struktur lain yang ditentukan oleh UML.
  • Dapat menjadi bahan analisis bisnis, serta dapat digunakan untuk model sistem yang akan dibuat dari sisi bisnis.

Keunggulan Class Diagram

Keunggulan dari class diagram adalah:

  • Memberikan gambaran umum yang lebih jelas dan lebih relevan tentang skema aplikasi.
  • Membantu pelanggan mengomunikasikan persyaratan sistem.

Komponen Class Diagram

Saat membuat class diagram, ada tiga komponen utama, yakni:

  • Nama kelas, adalah komponen yang berisi nama-nama (nama sederhana) dari semua kelas yang ada. Penamaan kelas dapat dijelaskan dengan dua cara, yaitu: tulis nama kelas (nama sederhana) atau nama kelas (nama jalur) yang mendahului nama kelas.
  • Atribut merupakan komponen yang memuat atribut-atribut yang terdapat pada kelas dan dijelaskan secara detail dengan memasukkan jenis nilai yang terdapat pada atribut tersebut. Cara Menemukan Atribut: Use Case Use atau Menyelidiki Struktur
  • Metode/operasi adalah komponen yang menjelaskan metode atau prosedur tentang bagaimana kelas berinteraksi dengan data.

Sifat-Sifat Class

Sifat class (visibilitas) adalah properti ketika mendefinisikan atribut dan operasi kelas. Ada tiga tingkat visibilitas:

  1. Private (-): Tidak dapat diakses dari luar kelas.
  2. Protected (#): Hanya dapat dipanggil dan diwarisi dari kelas yang bersangkutan.
  3. Publik (+): Siapapun dapat mengakses publik.

Simbol Class Diagram

simbol-class-diagram

  • Generalization, menunjukan hubungan objek anak (descendent) dan induk (ancestor) dalam hal berbagai perilaku dan struktur datanya.
  • Nary Association, suatu upaya untuk menghindari asosiasi yang melebihi 2 objek.
  • Class, suatu himpunan dari objek-objek dalam sistem, yang kemudian berbagi atribut dan operasi yang persis sama.
  • Collaboration, berupa urutan aksi-aksi dalam sistem agar menghasilkan sebuah hasil yang terukur.
  • Realization, sebuah operasi yang benar-benar dilakukan oleh objek dalam sistem.
  • Dependency, suatu hubungan pada perubahan yang terjadi dalam independent yang mempengaruhi elemen yang tidak mandiri.
  • Association, bagian yang menghubungkan objek yang satu dengan yang lainnya.

Hubungan Antar Class Diagram

  • Association Relationship

Class yang memiliki association relationship dapat saling bertukar message/berkomunikasi satu sama lain. Dinotasikan dengan garis lurus (solid line) antara dua class.

Pada association, pasti ada multiplicity. Misalnya, pada sistem akademik mahasiswa, mahasiswa harus setidaknya enroll satu course, dan bisa memilih lebih dari satu course. Sementara, course bisa memiliki 0 atau lebih students.

  • Association Class

Pada association relationship, kita dapat menambahkan association class jika dibutuhkan informasi tambahan tentang relationshipAssociation class biasanya digunakan untuk relationship yang memiliki multiplicity yang besar. Contohnya, pada association relationship pada class student dan course.

  • Aggregation

Pada aggregationWhole class dan Part class bisa ada (exist) terpisah dari Whole class. Artinya, jika i dihapus, Part class akan tetap ada. Kita bisa memisalkan Team (Whole class) dan Player (Part class). Jika Team dibubarkan, player masih tetap ada dan bisa bermain di team lainnya.

  • Inheritance relationship

Inheritance relationship mirip dengan generalisasi pada use case. Terdapat parent dan child class. Pada inheritance, kita bisa mendefinisikan atribut umum dari child classes pada parent classChild class bisa memiliki tambahan atribut dan methods yang berbeda/unik.


Sumber:

https://www.visual-paradigm.com/guide/uml-unified-modeling-language/uml-class-diagram-tutorial/

https://tisucoding.com/contoh-class-diagram/

https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-system-design/


Project Kelompok 3 RPL:

Layanan Online Thrift Store

Anggota Kelompok:

  1. Dede Kurniawan (2115061072)
  2. Hazel Fathoni Friandra (211506112)
  3. Nur Kartikawati (2115061084)
  4. Vidya Adelia Anya (2115061019)

PL: Kuis

Permasalahan lingkungan yang terjadi di Lampung terkait tata kelola sampah.

Ditulis oleh Vidya Adelia Anya (2115061019).

Dosen: Rio Ariestia Pradipta, S.Kom, M.T.I


  1. Apa akar masalah yang terjadi?

Penyebab dari permasalahan sampah di Lampung khususnya kota Bandarlampung adalah produksi sampah yang terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, perubahan pola konsumsi, dan gaya hidup masyarakat telah meningkatkan jumlah timbulan sampah, jenis, dan keberagaman karakteristik sampah. Meningkatnya daya beli masyarakat terhadap berbagai jenis bahan pokok dan hasil teknologi serta meningkatnya usaha atau kegiatan penunjang pertumbuhan ekonomi suatu daerah juga memberikan kontribusi yang besar terhadap kuantitas dan kualitas sampah yang dihasilkan. Meningkatnya volume timbulan sampah memerlukan pengelolaan. Perkembangan laju volume timbunan sampah di kota Bandar Lampung megalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan produksi sampah telah menimbulkan masalah pada lingkungan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk perkotaan. Sementara, lahan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah juga makin terbatas. Kondisi ini makin memburuk manakala pengelolaan sampah di masing-masing daerah masih kurang efektif, efisien, dan berwawasan lingkungan serta tidak terkoordinasi dengan baik. Selain itu sistem persampahan yang ada di Kota Bandar Lampung saat ini masih menggunakan sistem pengelolaan sampah di kota-kota lain, dimana proses pengelolaannya dimulai dari asal limbah menuju tempat pembuangan sementara kemudian berakhir ditempat pembuangan akhir dengan menggunakan sitem open dumping (membuang langsung ke Tempat Pemrosesan Akhir). Adapun letak dari 4 tempat pembuangan sampah di Kota Bandar Lampung hanya di Teluk Betung Barat atau lebih dikenal dengan TPA Bakung dengan luas wilayah 14,1 Ha. Ratarata produksi sampah di Kota Bandar Lampung tiap orang perhari adalah 1-2 kg.

  1. Siapa yang terdampak?

Yang terdampak dari permasalahan sampah di Lampung ini adalah masyarakat Lampung itu sendiri terutama para masyarakat yang tidak memiliki kesadaran untuk berpartisipasi dalam pengelolaan sampah. Masyarakat yang tinggal di dekat TPA juga bisa terkena dampak dari permasalahan sampah ini.

  1. Analisa solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah!

Solusi atau upaya yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah dengan lebih menjaga lingkungan dan lebih bisa memanfaatkan sampah organik maupun anorganik dalam skala rumah tangga menjadi barang yang berguna. Agar tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman untuk masyarakat. Perlu dilakukan juga reduksi sampah atau bahkan sampai menyelesaikannya dapat dilakukan dari sumbernya, yaitu pada skala kawasan, ini merupakan implementasi dari prinsip-prinsip 3R dan P yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), recycle (mendaur ulang), dan mengolah sampah untuk dijadikan bahan yang lebih bermanfaat seperti kompos.

  1. Siapa saja yang harus menerapkan solusi berdasarkan analisa no.3?

Penanganan permasalahan sampah seperti yang disebutkan di atas tidak dapat hanya dilakukan oleh sekelompok orang saja. Kerjasama yang baik antara pemerintah, LSM dan masyarakat luas menjadi persyaratannya. Pemerintah merupakan penanggungjawab utama dalam pengelolaan dan perumusan kebijakan, baik secara langsung atau tidak langsung. Masyarakat menjadi peran utama dalam menerapkan solusi di atas. LSM juga berperan penting dalam membantu mewujudkannya.


Sumber:

https://adoc.pub/i-pendahuluan-masalah-sampah-memang-tidak-ada-habisnya-perma.html

 

PTI: Building Solutions – Kuis

1. Menurut anda bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) pada saat ini di Indonesia? menurut pandangan anda dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi apa yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara umum dan bagaimana kita menyikapinya?

Jawab:

Seiring perkembangan zaman perkembangan teknologi informasi dapan memudahkan manusia untuk beraktifitas melihat berita dan mencari berbagai informasi yang beredar di dunia maya.dengan kemajuannya teknologi ada dua dampak negatif dan positif tentang teknologi saat ini. Mulai dari berita apapun yang mungkin bisa kita lihat pada social media banyak sekali beredar informasi informasi yang bermanfaat bagi kita untuk bisa memaksimalkan segala aktifitas yang ada saat ini. Perlu kita ketahui juga bahwa dengan teknologi segala aktifitas bisa berjalan dengan mudah dan praktis sehingga membantu banyak untuk kegiatan kita kedepannya.

Menurut saya dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi yang akan sangat berpengaruh di dalam masyarakat Indonesia sebagai berikut:

  1. E-Payment merupakan sistem pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara. Saat ini banyak start up yang memfasilitasi pihak penjual dan pembeli dengan memberikan jaminan keamanan transaksi e-commerce. Untuk menjamin keamanan transaksi tersebut, start up yang menjadi perantara akan bekerja sama dengan sejumlah lembaga perbankan untuk mulai memfasilitasi e-payment secara aman, cepat dan praktis. Dengan menggunakan fasilitas e-payment, pihak penjual dan pihak pembeli akan mendapatkan beragam manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu keamanan transaksi lebih terjaga dibandingkan dengan melakukan transaksi secara cash atau secara transfer rekening pribadi.
  2. E-Learning adalah Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan suatu sistem elektronik atau juga komputer sehingga mampu untuk mendukung suatu proses pembelajaran yang dikemukakan oleh (Michael, 2013:27). E-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan komputer. Dengan dikembangkannya di jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis web, sehingga kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet. Penyajian e-learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif. Sistem e-learning ini tidak memiliki batasan akses, inilah yang memungkinkan pelatihan bisa dilakukan lebih banyak waktu.
  3. E-commerce adalah pembelian dan penjualan barang serta jasa, atau pengiriman dana atau data, melalui jaringan elektronik, terutama internet. Definisi e-commerce menurut David Baum (1999) adalah satu set teknologi, aplikasi-aplikasi, dan proses bisnis yang dinamis untuk menghubungkan perusahaan, konsumen, dan masyarakat melalui transaksi elektronik dan pertukaran barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Dalam menyikapi perkembangan teknologi di Indonesia, kita harus dapat mengikuti perkembangan tersebut karena pengembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sikap yang dapat diambil adalah mengetahui dan menyesuaikan teknologi dalam penggunaannya, yaitu tidak melanggar manfaat penggunaan teknologi informasi secara bijak, aturan hukum dan hukum agama, kita mengubah cara pandang dengan cara dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tidak berlebihan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.


2. Analisa kasus berikut ini. Anda adalah seorang yang paham tentang dunia TIK, kemudian seorang kawan meminta bantuan berdasarkan kemampuan anda di bidang TIK. Kawan anda adalah seorang vlogger terkenal, dia meminta bantuan anda untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO)yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vlogger teman anda, dengan bantuan anda rumah ini akan menjadi sebuah SOHO yang nyaman digunakan untuk kerja. Saat ini tempat ini adalah rumah besar dua lantai yang kosong dengan 1 ruang besar dan 5 kamar tidur yang akan dijadikan ruang kerja. Tempat kerja dengan teknologi multimedia yang terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi agar memudahkan pekerjaan tim vlogger. Di tempat itu menjadi kantor soho tim dan akan dikerjakan produksi video, research market, podcast studio, broadcast stream live. Menurut analisa anda apa saja yang harus anda kerjakan dan apa saja yang anda butuhkan untuk membangun sebuah multimedia soho untuk mendukung kerja tim vlogger kawan anda?

Jawab:

Berdasarkan analisa kasus tersebut, yang dimana terdapat seorang kawan yang merupakan seorang vlogger terkenal dan meminta bantuan untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO) yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vloggernya. Situasi saat ini memang membuat sebagian besar masyarakat diminta work from home (WFH). Untuk para vlogger, mungkin bukan suatu hal yang sukar jika menetapkan keputusan untuk melakukan pekerjaan dari rumah, karena mereka dapat mengendalikan sepenuhnya pekerjaan. Small Office Home Office (SOHO) bisa menjadi solusinya. Konsep ini menggabungkan antara hunian dan perkantoran. Sehingga orang-orang yang terpaksa bekerja di rumah bisa merasa nyaman.

sohoo-300x223

Pada dasarnya jaringan SOHO menggunakan konsep jaringan sederhana yang biasanya menggunakan switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah seperti DSL(Digital subscriber line) atau internet kabel.  Jaringan SOHO juga memungkinkan berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar dan musik dapat di akses antara beberapa komputer lokal. Konsep sederhana jaringan SOHO sama seperti type jaringan LAN yang tidak terhubung dengan jaringan luar (internet). Topologi yang digunakan yaitu dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wifi. Sehingga dengan menerapkan konsep seperti ini maka proses pengiriman data dari client ke server akan berlangsung cepat. Untuk koneksi antara client dengan server harus dilakukan konfigurasi setiap perangkat dengan menambahkan ip address dimana dengan ip ini maka setiap perangkat akan saling berhubungan atau berkomunikasi.

Sama seperti infrastruktur pada umumnya, SOHO Network terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

  1. Router: Router berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan internet kepada satu atau lebih perangkat.
  2. Switch: menyediakan konektivitas antara berbagai stasiun akhir dan server di kantor, untuk keperluan pertukaran data yang ada.
  3. Wireless Access Point : Perangkat keras yang digunakan dalam jaringan area lokal nirkabel untuk mengirim dan menerima data.
  4. PC Server : Berfungsi untuk mengelola semua aktivitas yang terjadi di dalam jaringan, seperti penyimpanan data atau file.
  5. PC Client : Berfungsi untuk mengakses semua informasi yang dimiliki oleh server.

Sumber:

https://idcloudhost.com/bagaimana-perkembangan-teknologi-informasi-saat-ini/

https://sis.binus.ac.id/2019/10/10/apa-itu-e-payment-bagaimana-konsep-pembayaran-elektronik/

https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/e-learning-untuk-pelatihan-jarak-jauh

https://www.merdeka.com/sumut/e-commerce-adalah-pembelian-dan-penjualan-secara-elektronik-berikut-selengkapnya-kln.html 

https://bpptik.kominfo.go.id/2014/12/19/645/e-commerce/

http://okta350.blogspot.com/2018/12/membuat-small-office-home-office-soho.html

https://kumparan.com/berita-update/perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-di-indonesia-radio-internet-1umPw56bFTn/full

https://nds.id/apa-itu-soho-network/

PTI: Communicating Digital Content

Hai semua! Ketemu lagi sama aku, Vidya. Kali ini aku akan menuliskan materi tentang Communicating Digital Content yang disampaikan oleh Pak Rio.


Pengertian Communicating Digital Content

Communicating digital content atau konsep komunikasi digital adalah konsep komunikasi berbasis komputer untuk mengirim dan menerima pesan atau bertukar kabar lewat platform digital. Konsep komunikasi digital selalu berkembang tergantung pada penemuan-penemuan alat berbasis teknologi internet. Komunikasi digital disebut juga komunikasi di dunia maya. Dalam dunia maya terdapat hidup yang transparan, tempat privasi mencair. Dunia digital, tanpa kabel ini telah membuat kita terhubung dengan orang lain secara global dan saling berbagi pengalaman.


Network (Jaringan)

Jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat yang akan terhubung bersama melalui komunikasi perangkat dan media transmisi. Kegunaan dari jaringan sebagai berikut:

  1. Memfasilitasi komunikasi
  2. Sharing perangkat keras
  3. Sharing data dan informasi
  4. Sharing perangkat lunak
  5. Mentransfer dana

Jenis-jenis Jaringan Komputer

  1. Personal Area Network (PAN)
  2. Local Area Network (LAN)
  3. Metropolitan Area Network (MAN)
  4. Wide Area Network (WAN)
  5. Jaringan Client Server
  6. Jaringan Peer to Peer

Network Communication Standars and Protocol

  1. Ethernet
  2. Token ring
  3. TCP /IP
  4. Wi-Fi
  5. Bluetooth
  6. UWB
  7. IrDA
  8. RFID
  9. NFC
  10. LTE

Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer

  1. Server
  2. NIC (Network Interface Card)
  3. Kabel jaringan
  4. Hub dan Switch
  5. Router
  6. Bridge
  7. Modem
  8. Repeater
  9. Wireless card

Media Transmisi

Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data) karena jarak yang jauh maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode atau isyarat dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

Kualitas dan kemampuan suatu media transmisi pada umumnya tergantung pada beberapa faktor yaitu sebagai berikut:

  1. Bandwidth (Lebar Pita), yaitu lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam media transmisi. Satuan bandwidth adalah Hertz.
  2. Noise, yaitu gangguan yang terjadi pada saat transmisi data melalui media transmisi tertentu. Noise pada dasarnya adalah sinyal yang tidak diinginkan oleh pengirim maupun penerima.
  3. Radiasi, yaitu kebocoran sinyal dari media karena adanya karakteristik listrik yang tidak diinginkan pada media yang bersangkutan.
  4. Attenuation, yaitu tingkat kehilangan energi saat perambatan sinyal atau pelemahan sinyal pada saat perambatan.

Sumber:

Vermaat, M. E., Sebok, S. L., Freund, S. M., Campbell, J. T., & Frydenberg, M. (2015). Discovering Computers© 2016. Cengage Learning.

Sakti, E. M. S. (2015). Jaringan Komputer. Fakultas teknik Universitas Persada Indonesia YAI

https://id.wikipedia.org/wiki/Konsep_komunikasi_digital

https://mediaindonesia.com/teknologi/433330/jaringan-komputerpengertian-jenis-transmisi-dan-topologi

https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-jaringan-komputer/

PTI: Operating Systems

Hai semua! Ketemu lagi sama aku, Vidya. Kali ini aku akan menuliskan materi tentang Operating Systems yang disampaikan oleh Pak Rio.


Pengertian Operating Systems

Pengertian-Operating-System

Operating system adalah perangkat lunak sistem yang mampu mengelola sumber daya dari software dan hardware agar dapat berjalan dengan baik dan memudahkan proses interaksi dengan user. Awal mula dari terciptanya sebuah sistem operasi adalah generasi pertama yaitu pada tahun 1945-1955 pada generasi ini adalah awal terciptanya sebuah komputasi elektronik yang mampu menggantikan peran sistem komputasi mekanik. Lalu pada generasi dua pada tahun 1955-1965 sudah ada pekerjaan yang dilaksanakan secara real-time dalam satu rangkaian yang saling berurutan atau yang dinamakan IBSYS dan FMS. Generasi ketiga pada tahun 1965-1980 dimana pada tahun-tahun ini operating system sudah digunakan untuk kebutuhan banyak user dengan melakukan komunikasi secara online. Generasi keempat dari tahun 1980 sampai sekarang sudah jauh lebih kompleks dari era sebelumnya.


Fungsi Operating Systems

Operating systems berfungsi sebagai mediator untuk mengelola sumber daya yang ada pada komputer, menyediakan layanan ke pengguna sehingga membuatnya menjadi lebih mudah bagi pemrogram dan program aplikasi, memudahkan dalam memanfaatkan dalam mengakses dan menggunakan fasilitas dan layanan, serta bisa berfungsi untuk mengelola data yang ada dalam komputer dan mengatur perangkat lunak atau keras agar bisa bekerja dengan stabil. Secara umum layanan tersebut meliputi bidang-bidang: pembuatan program, eksekusi program, akses ke perangkat Input/Output (I/O), akses terkontrol ke file, deteksi error dan respons, dan accounting.


Jenis-jenis Operating Systems

  1. DesktopOperating systems: Contohnya seperti Windows, OS X, UNIX, Linux, dan Chrome OS.
  2. ServerOperating systems: Cntohnya seperti Windows server, Mac OS Server, UNIX, dan Linux.
  3. MobileOperating systems: Contohnya seperti Google Android, Apple iOS, dan Windows Phone.

Sumber:

  1. Vanya Karunia Mulia Putri, (2021), Sistem Operasi Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Contohnya.
  2. Watrianthos, R., & Purnama, I. (2018). Buku Ajar Sistem Operasi. Uwais Inspirasi Indonesia.

IP: Internet of Things for Agriculture

Hai semua! Balik lagi sama aku, Vidya. Kali ini aku akan membahas materi yang dibahas oleh Pak Rio yaitu mengenai Internet of Things pada bidang pertanian.


Pengertian IoT

Internet of Things adalah suatu deskripsi konsep atau program dimana sebuah objek dari jaringan fisik atau ”things” yang dipasang dengan menggunakan sensor, software dan juga teknologi lain. Dengan tujuan agar bisa terhubung dan untuk mentransmisikan, menukarkan, atau mengirimkan data antar divisi dan sistem lain yang menggunakan jaringan internet tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia. Internet of Things mampu menghubungkan seluruh device yang berbeda dengan cara menambahkan sensor dan kecerdasan digital, sehingga akan memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi secara real-time tanpa harus melibatkan campur tangan manusia.

Internet of things atau sering disebut dengan IoT saat ini mengalami banyak perkembangan. Perkembangan IoT dapat dilihat mulai dari tingkat konvergensi teknologi nirkabel, microelectromechanical (MEMS), internet, dan QR (Quick Responses) Code. IoT juga sering diidentifikasi dengan RFID (Radio Frequency Identification) sebagai metode komunikasi.


Prinsip Kerja IoT

Pada sektor pertanian Internet Of Thing (IoT) dapat diterapkan dalam bentuk teknologi sensor untuk mendeteksi serangan hama, penggunaan air, sensor untuk mengetahui emisi lingkungan. IoT juga dapat mempermudah petani dalam mengawasi lahan produksi melalui smartphone. Dengan diterapkannya teknologi IoT pada sektor pertanian diharapkan dapat membantu dan meningkatkan hasil panen di Indonesia.


Unsur-unsur IoT

Unsur-unsur yang terdapat dalam Internet of Things adalah sebagai berikut:

  1. Sensor
  2. Artificial Intelligence (Al) atau kecerdasan buatan
  3. Konektivitas atau koneksi jaringan
  4. Perangkat Mikro
  5. Engagement (Keterlibatan Aktif)

Manfaat IoT

Manfaat dari diterapkannya teknologi IoT pada sektor pertanian adalah untuk mewujudkan pertanian presisi (precision farming) atau irigasi pintar. Dengan diterapkannya IoT berupa sensor pada lahan pertanian dapat memberikan informasi detail mengenai tingkat kesuburan, topografi, mengukur dan memprediksi cuaca, informasi keasaman dan suhu tanah kepada para petani. Bahkan salah satu perusahaan di bidang Teknologi Pertanian yaitu BIOPS Agrotekno, mengembangkan sebuah solusi IoT yang bernama ENCOMOTION untuk memonitor kondisi lingkungan dan menentukan kebutuhan air tanaman.


IoT for Agriculture

smart-farming

Smart Farming adalah capital intensive dan hi-tech system yang memungkinkan untuk menanam makanan secara bersih & berkelanjutan untuk massa. Terutama, smart farming dapat dikenal sebagai penerapan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) modern ke dalam pertanian. Dalam skenario smart farming berbasis IoT, sistem dibangun untuk memantau ladang tanaman dengan menggunakan sensor (kelembaban tanah, suhu, kelembaban, cahaya, dll.) dan untuk mengotomatisasi sistem irigasi. Dengan cara ini, petani akan dapat memantau kondisi lapangan dari lokasi mereka saat ini. Dibandingkan dengan pertanian konvensional, smart farming berbasis IoT jauh di depan dalam permainan dan sangat efisien.

Dengan penerapan smart farming berbasis IoT, akan memungkinkan untuk menargetkan operasi pertanian konvensional serta mungkin ada tuas baru untuk meningkatkan tren pertumbuhan atau umum lainnya dalam pertanian, seperti pertanian keluarga, pertanian organik, dan juga sebagai pendorong pertanian yang sangat transparan.


Sumber:

https://www.biopsagrotekno.co.id/smart-farming/

http://www.biopsagrotekno.co.id/penerapan-internet-of-things/

PTI: Digital Storage

Hai semua! Ketemu lagi sama aku, Vidya. Kali ini aku akan menuliskan materi tentang Digital Storage yang disampaikan oleh Pak Rio.


Pengertian Digital Storage

Digital storage adalah bahan fisik tempat komputer menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang mencatat dan /atau mengambil item dari dan ke media penyimpanan. Banyak sekali jenis penyimpanan yang digunakan saat ini seperti eksternal hard disk, solid state driver (SSD), usb flash drive sampai dengan penyimpanan cloud storage. Cloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data transparan bagi pengguna.


Cara Kerja Digital Storage

Didalam ruang penyimpanan terdapat dua instruksi yaitu membaca dan menulis. Membaca adalah proses pengiriman barang dari media penyimpanan ke memori, sedangkan menulis adalah proses pengiriman barang dari memori ke media penyimpanan.


Jenis-jenis Digital Storage

  1. Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)

           Penyimpanan-magnetik

Penyimpanan Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (secondary storage) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.

Kelebihan: Kapasitas penyimpanan pada media ini lebih besar dari media penyimpanan lainnya bahkan sudah mencapai Petabyte dan Kecepatan akses datanya tinggi.

Kekurangan: Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya.

Beberapa contoh media Magnetic Disk yaitu disket, hard disk, flash disk, memory card, dan zip drive.

  1. Penyimpanan Optical (Optical Disk)

Penyimpanan optical adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah.

Kelebihan: Beratnya lebih ringan dari beberapa media penyimanan Magnetic Disk.

Kekurangan: Kapasitas memorinya lebih kecil dari Magnetic Disk dan jika tergores maka resikonya data tidak akan terbaca.

Beberapa contoh media Optical Disk yaitu CD, CD-ROM, WORM, CD-RW (Compact Disk Rewriteable), DVD (Digital Video Disc), dan Cloud Storage.


Cloud Storage 

Cloud Storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan.

Kelebihan Cloud Computing:

  1. Menghemat biaya dan ruang infratructure pembelian sumber daya komputer.
  2. Bisa mengakses file dimana saja dan kapan saja.
  3. Bisa menghemat waktu pada perusahaan sehingga bisa langsung fokus pada perkembangan infrastructure.
  4. Dapat dengan mudah di monitoring dari satu server.
  5. Operasional dan manajemen lebih mudah dan sederhana.
  6. Menghemat biaya operasional pada sistem informasi yang dibangun.
  7. Kolaborasi yang terpercaya.

Kekurangan Cloud Computing:

  1. Komputer akan menjadi lemot  atau lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali bila internet putus.
  2. Komputer akan menjadi lambat kinerjanya jika koneksi internet kita juga lambat.
  3. Komputer akan menjadi sangat lambat karena diakses oleh banyak pengguna sehingga server akan menerima banyak sekali permintaan.
  4. Jika tidak mempunyai backup yang handal maka hal terburuk ini akan timbul karena semua data berada di satu server pada cloud computing.

Sumber:

https://www.levatra.com/2016/05/pengertian-macam-media-penyimpanan-data.html

Misty E. Vermaat, Susan L. Sebok, Steven M. Freund. Jennifer T. Campbell, and Mark Frydenberg. Discovering Computers @2018: Digital Technology, Data ,and Devices.

PL: G20 dan COP26

Halo semua! Balik lagi sama aku, Vidya. Di postingan kali ini, aku akan membahas materi yang disampaikan oleh Pak Rio mengenai event G20 dan COP26.


Group of Twenty (G20)

fin logo g20-01

G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Secara resmi G20 dinamakan The Group of Twenty (G20) oleh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral atau Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Kelompok ini dibentuk tahun 1999 sebagai forum antar pemerintah yang secara sistematis menghimpun kekuatan-kekuatan ekonomi maju dan berkembang untuk membahas isu-isu penting perekonomian dunia.


Tujuan G20

Tujuan utama G20 adalah menghimpun para pemimpin negara ekonomi maju dan berkembang utama dunia untuk mengatasi tantangan ekonomi global. Pertemuan para pemimpin Negara G20 dilakukan setiap setahun sekali, sedangkan pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dilakukan beberapa kali dalam setahun.


Dampak G20 bagi Indonesia

Indonesia akan mendapat banyak keuntungan dengan menjadi tuan rumah Group of Twenty (G20) pada 2022. Salah satu keuntungan yang didapat Indonesia dengan menjadi presidensi G20 adalah bisa mengarahkan agenda. Keuntungan lain dengan posisi Indonesia sebagai tuan rumah adalah pemerintah bisa mengharapkan dampak positif dari hadirnya delegasi berbagai negara ke Indonesia. Ini akan sangat membantu pemulihan pariwisata dan industri di Indonesia.

Presidensi G20 memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi Indonesia. Termasuk pada sektor perdagangan dan investasi. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) juga menilai hal itu akan berdampak positif pada iklim investasi di Indonesia. Momentum presidensi G20 dinilai dapat digunakan untuk mempromosikan keberhasilan Undang Undang Cipta Kerja. Sehingga Indonesia dapat menjadi negara tujuan investasi di Asia dan global. Pemimpin negara-negara yang membawa perwakilan pengusaha di negaranya akan menilai bahwa Indonesia layak menjadi tujuan investasi.

Selain itu, presidensi G20 juga akan berdampak pada branding dunia bisnis di Indonesia. Indonesia dinilai akan memperoleh pengakuan internasional, visibilitas, dan branding positif bagi turisme Indonesia, komunitas industri dan bisnis.


COP26

COP26-UK-Presidency

COP26 merupakan singkatan dari Conference of the Parties ke-26 yaitu badan pembuat keputusan tertinggi dari United Nations Framework Convention on Climate Change, yang ditanda tangani pada 1992. Namun COP baru berlangsung pertama kali pada tahun 1995. Dalam forum tingkat tinggi tahunan ini, ada 197 negara yang terlibat pertemuan untuk membicarakan dan menanggulangi isu perubahan iklim global. COP pertama diadakan Maret 1995 di Berlin, Jerman. Untuk tahun ini, COP26 digelar di Glasgow, Skoltlandia, Inggris Raya pada 1-12 November 2021.


Tujuan COP

Tugas utama COP adalah melakukan peninjauan target-target setiap negara terkait emisi yang diajukan. Pelaksanaan COP akan digilir di antara lima wilayah PBB, yakni Afrika, Asia, Amerika Latin dan Karibia, Eropa Tengah dan Timur dan Eropa Barat dan Lainnya.


Dampak COP26 bagi Indonesia

Konferensi Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa Bangsa terkait perubahan iklim edisi ke-26 atau COP26 merupakan momentum bagi Indonesia untuk menarik investasi hijau sebesar mungkin. Indonesia memiliki potensi besar untuk menurunkan emisi dari sektor kehutanan, energi, transportasi sebesar 650 Mton CO2e dan 398 Mton CO2e dengan bantuan pendanaan internasional. Oleh karena itu, gelaran COP26 merupakan momentum Indonesia untuk menjadi negara destinasi Green Investment.

Sebagai negara yang telah meratifikasi Paris Agreement, Indonesia juga telah memiliki target-target yang akan dicapai terkait pengurangan emisi dan perubahan iklim. Salah satunya pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29% (tanpa syarat dan dilakukan secara mandiri) dan 41% (dengan dukungan internasional) pada 2030. Dalam upaya pemenuhan target pengurangan emisi ini, pemerintah perlu mendapat dukungan dari semua pihak terutama dari perusahaan-perusahaan yang secara langsung proses produksinya terkait dengan emisi gas rumah kaca seperti perusahaan tambang.