Object Oriented Programming (OOP) – Tugas Resume Week 9 PBO

OOP atau Object Oriented Programming adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi pada objek yang memiliki data atau atribut serta method didalamnya. Tujuan dari menggunakan OOP adalah untuk mempermudah pekerjaan programmer ketika melakukan pengembangan program dengan mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari, pemrograman menjadi lebih fleksibel, dan dapat digunakan luas dalam skala besar. Dalam sebuah program, sebuah objek yang besar dibentuk dari gabungan beberapa objek yang lebih kecil, dimana objek tersebut saling berkomunikasi dan bertukar infomasi dengan objek yang lain untuk mencapai hasil akhir.

OOPs (Object Oriented Programming System)

Dalam object oriented programming, terdapat beberapa konsep yang menjadi dasar penggunaan OOP. Konsep tersebut adalah :

1. OBJECT

Object adalah instance dari class. Jika class secara umum mepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Contoh : dari class Mahasiswa kita dapat membuat object nama dan npm.

2. CLASS

Class merupakan suatu cetakan untuk menciptakan suatu instant dari Class berfungsi untuk menampung isi dari program yang akan di jalankan, di dalamnya berisi atribut / type data dan method untuk menjalankan suatu program. Contoh: class Mahasiswa, class Dosen.

3. INHERITANCE

Konsep inheritance adalah konsep untuk membentuk class baru yang memiliki fungsi turunan atau mirip dengan class yang ada sebelumnya. Konsep inheritance merupakan konsep dengan system hierarki atau bertingkat, dimana semakin ke bawah kelas maka menjadi semakin spesifik.

4. POLYMORPHISM

Konsep polymorphism adalah konsep dimana suatu objek yang berbeda dapat diakses melalui interface yang sama. Dalam konsep polymorphism menggunakan dua method yaitu method overriding dan method overloading.

5. ABSTRACTION

Konsep abstraction merupakan konsep dimana memungkinkan untuk memerintahkan suatu fungsi, tanpa harus mengetahui bagaimana fungsi tersebut bekerja. Konsep abstraction hanya menunjukkan hal penting kepada pengguna dan menyembunyikan detail internal. Abstraction dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru (blueprint) atau prototype untuk menciptakan sebuah objek.

6. ENCAPSULATION

Dalam Pemrograman Berorientasi Objek, enkapsulasi adalah suatu cara untuk menyembunyikan informasi dari suatu class. Dua hal yang mendasar dalam enkapsulasi yakni (Sasongko, 2008):

  1. Information hidding : Kita dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota class tersebut tidak dapat diakses dari luar, caranya adalah hanya dengan memberikan akses kontrol ‘private’ ketika mendeklarasikan atribut atau method.
  2. Interface to access data : Jika kita telah melakukan information hiding terhadap suatu atribut pada suatu class, kita dapat melakukan perubahan terhadap atribut yang kita sembunyikan tersebut dengan cara membuat suatu interface berupa method untuk menginisialisasi atau merubah nilai dari suatu atribut tersebut.

Encapsulation penting dalam Pemrograman Berorientasi Objek karena memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan keamanan program.
  • Mengurangi ketergantungan antara objek dan membuat program lebih modular.
  • Mempermudah perubahan, encapsulation membuat perubahan dalam sebuah objek dapat dilakukan tanpa mempengaruhi fungsi program secara keseluruhan.
  • Meningkatkan keterbacaan kode
ACCESS MODIFIER

Access modifier digunakan untuk hak akses user pada class, method, atau variabel. Dengan menggunakan modifier, kita dapat menentukkan siapa saja yang dapat menggunakan atau mengakses objek tersebut.

  • Private

Modifier private menunjukkan bahwa suatu class, method atau variabel hanya dapat diakses dari dalam kelas tersebut. Modifier ini biasanya digunakan untuk kelas, method, atau variabel yang memang ingin disimpan atau tidak dapat digunakan oleh kelas yang lain (tidak berguna untuk kelas yang lain).

  • Protected

Modifier protected ini digunakan kalau suatu class, method atau variabel ingin digunakan hanya oleh kelas-kelas yang satu paket dengan kelas tersebut atau sub kelas dari kelas tersebut baik yang satu paket atau lain paket.

  • Public

Pada modifier public ini bersifat umum, yaitu class, method, atau variable dapat dipanggil oleh semua kelas. Baik dari satu paket yang sama atau berlainan paket. Public juga akan memperbolehkan akses terhadap semua kelas yang diinstan dari kelas tersebut.

COUPLING DAN COHESION

Coupling merujuk pada tingkat ketergantungan antara dua kelas. Semakin tinggi tingkat ketergantungan antara kelas-kelas, semakin kuat coupling antara kelas-kelas tersebut. Coupling yang tinggi dapat menyebabkan masalah saat melakukan perubahan pada suatu kelas, karena perubahan tersebut dapat mempengaruhi kelas-kelas yang terkait.

Cohesion merujuk pada tingkat konsistensi dan kesatuan antara anggota-anggota dalam sebuah kelas. Semakin tinggi tingkat cohesion suatu kelas, semakin terfokus dan terorganisir anggota-anggota dalam kelas tersebut. Hal ini memudahkan pemeliharaan dan pengembangan program.

Sumber :

https://student-activity.binus.ac.id/himka/2021/12/05/konsep-object-oriented-programming-oop/

https://teknorial.com/blog/class-dan-object-pada-pemrograman-java/

Hidayat, Arfian. 2013. E-Book Pemrograman Berorientasi Objek. Semarang: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro.

Framework Frontend dan Contoh Penerapannya

Apa itu Frontend?


Front end adalah salah satu bagian dari website yang menampilkan tampilan pada para pengguna. Bagian ini dibuat dengan menggunakan HyperText Markup Language (HTML), Cascading Style Sheets (CSS), dan juga JavaScript. Sehingga, suatu URL bisa bekerja dan menampilkan situs website dengan baik.

Frontend Developer


Frontend Developer adalah seorang yang bertugas untuk menyajikan segala hal yang berinteraksi langsung dengan pengguna website tersebut. Hal-hal itu termasuk semua tampilan website (jenis huruf, ukuran, tombol-tombol, foto, video, artikel, dan lainnya) juga data-data yang pengguna masukkan. Secara awam, orang biasa menyebut posisi ini sebagai web developer. Seorang Frontend Developer harus mampu menerjemahkan hasil kerja Web Designer dan Backend Developer sehingga membuat hal tersebut dapat dinikmati oleh pengguna website. Dari segi peranan, Front End Developer berperan mengembangkan tampilan situs dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti CSS (Cascading Style Sheets), HTML (Hypertext Markup Language), dan Javascript. Selain itu Front end developer juga bertugas untuk mencari cara untuk membuat tampilan yang responsif atau tampilan website tersebut apabila dibuka kedalam platform lain maka tampilannya tersebut tidak berantakan. Maka dari itu dibutuhkan skill dan imajinasi yang cukup untuk seorang front end developer membuat tampilan web atau antarmukanya.

 Apa itu Framework?


Setiap bahasa pemrograman mempunyai macam-macam framework dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Framework tidak bisa lepas dari developer karena  dengan menggunakan framework merupakan salah satu cara untuk membuat website yang kita buat bisa menjadi lebih menarik dan dapat membuat pengunjung merasa nyaman berlama-lama pada website yang kita buat. Untuk frontend sendiri yang berada di sisi client atau bisa disebut sebagai visual yang akan dilihat oleh klien tentu membutuhkan sebuah framework. Frontend framework adalah kerangka kerja yang membuat front end developer lebih mudah dalam pengembangan suatu website. Dimana di dalam penggunaan framework bukan berarti tidak akan bertemu dengan kode justru dengan adanya framework akan ada beberapa aturan khusus jika kamu menggunakannya. Dengan kode tersebut dapat meningkatkan kinerja frontend karena bisa memanfaatkan beberapa fungsi dan plugin yang disediakan untuk mempersingkat dan mengoptimalkan kode yang dibuat. Dengan menggunakan framework tentu akan memberikan keuntungan di mana keuntungan menggunakan front end framework yaitu memudahkan untuk membuat website yang menarik, mempercepat pembuatan website, pemeliharaan website menjadi lebih mudah, dan kode program yang terstruktur.

Framework Frontend


1. REACT
React adalah salah satu framework frontend yang dikembangkan oleh Facebook sejak tahun 2011. React bukan merupakan framework murni karena masih membutuhkan beberapa pendukung namun masih bisa dibilang seperti framework karena memiliki fitur unggulan. Fitur unggulan yang dimiliki react yaitu:
  • JSX atau extended JavaScript, dengan adanya JSX ini bisa memodifikasi DOM (document object model) menggunakan kode HTML.
  • Single Way Data Flow, aliran data pada react hanya satu arah saja dan menjadi fitur unggulan karena memudahkan dalam penanganan masalah.
  • Virtual DOM, virtual DOM akan mengolah perubahan yang kita buat dan akan dirender ulang pada bagian yang diubah.
Keunggulan React :
  • Komponen dalam react bisa digunakan berulang tanpa harus menuliskan kode yang sama atau react bisa disebut mendukung adanya reusable component.
  • Banyak sumber yang dapat membantu menyelesaikan masalah karena kepopulerannya yang membuat banyak situs yang membahas tentang react
  • Rendering react dinilai cukup cepat dan stabil sehingga mampu menangani banyaktrafik untuk membangun PW.
  • React dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis mobile atau bisadikenal dengan react native.
Kekurangan React :
  • Dokumentasi yang tidak konsisten dan berubah-ubah, mengingat react js adalah library open source yang memungkinkan banyak terjadi perubahan di dalamnya.
  • React tidak mendukung browser dengan versi lama seperti Internet Explorer versi lama.
2. Vue JS
Vue JS adalah salah satu front end framework javascript yang dikembangkan pada tahun 2013 oleh pembuat framework angular yaitu Evan you. Vue JS digunakan untuk mengembangkan SPA ( single page application). Beberapa fitur dalam Vue JS:
  • Vue JS juga memiliki virtual DOM seperti react js. Hal ini membuat Vue Js juga memiliki performa yang cepat dan stabil untuk trafik yang besar.
  • Komponen dalam Vue JS juga bisa digunakan berulang seperti react.
  • Fitur computed properties yang digunakan untuk melihat perubahan di dalam element tanpa harus melakukan penambahan kode.
  • Event handling atau v-on yang berfungsi sebagai atribut yang ditambahkan keelement DOM untuk melakukan perubahan event.
Kelebihan Vue JS :
  • Dokumentasi resmi dari vue js bisa dibilang cukup lengkap dan memudahkan pemula untuk mempelajarinya.
  • Mempunyai ukuran yang ringan yaitu sekitar 33 Kb saja. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk mengunduh dan mengembangkan website menggunakan framework ini.
  • Mampu berinteraksi dua arah karena memiliki konsep MVVM (Model View View Model).
Kekurangan Vue JS :
  • Komponen yang digunakan belum stabil.
  • Lebih sedikit dukungan seperti forum diskusi karena komunitas yang belum cukup besar.
3. Angular
Angular merupakan framework open source yang dikembangkan oleh Google sejak tahun 2009. Angular merupakan salah satu contoh front end framework yang dibangun dengan bahasa typescript dan memiliki konsep MVC ( Model View Controller). Sama seperti React dan Vue, Angular juga bisa digunakan untuk PWA dan SPA. Fitur unggulan Angular :a.Memiliki konsep MVC, dengan adanya pemisahan ini maka dapat dengan mudahmelakukan maintain dan pengolahan kode.b.Two-way Data Binding yang memudahkan untuk sinkronisasi antara view danmodel.Kelebihan Angular:Dokumentasi yang lengkap.Struktur dan arsitektur web dapat digunakan untuk skala besar.Dengan adanya Two-way Data Binding dapat memperkecil resiko error.Kekurangan Angular:Cukup kompleks dan sulit untuk dipelajari oleh orang awam.Memiliki ukuran yang terbilang cukup besar.Kurang mendukung SEO.
4. Fomantic-UI
Kelebihan Fomantic-UI:Mudah dipelajari.Memiliki elemen yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.Ukuran file yang kecil sehingga waktu load yang dibutuhkan rendah karena kamubisa memilih komponen yang akan kamu render.Kekurangan Fomantic-UI:Ukuran package yang terbilang sangat besar dibandingkan Foundation danBootstrapKurang cocok untuk kamu yang membutuhkan desain website yangkompleks.
5. Bootstrap
Framework ini dikenalkan pada tahun 2011 oleh Mark Otto dan Jacob Thornton.Bootstrap merupakan salah satu contoh front end framework CSS yang digunakanuntuk membuat desain visual dari suatu website dan bersifat open source. Frameworkini berbentuk template HTML dan CSS untuk kebutuhan seperti tombol, tipografi, dankomponen yang lainnya. Tidak hanya itu, bootstrap juga memiliki fitur libraryjavascript.Kelebihan yang dimiliki:Desain yang responsif sehingga bisa diakses oleh beragam perangkat.Memiliki dukungan javascript sehingga desain yang dibuat lebih interaktif.Fleksibelsetiap penggunaannya bisa menggunakan frame sehingga lebih cepat.Kekurangan Bootstrap:Jumlah HTML yang berlebihan bisa membuat code berantakan.Tidak support dengan semua browser.

 

Contoh Penerapan Framework Frontend (React JS)

Salah satu framework yang biasa digunakan untuk pengembangan sebuah website adalah React JS. Apabila website www.unila.ac.id dirancang dengan menggunakan framework ini, maka ada beberapa hal yang didapat dalam proses pengembangan antara lain sebagai berikut.

1. Mendukung reusable component

Reusable component menjadi nilai plus yang dimiliki library ini karena dapat mempercepat proses development. Apa maksudnya? Jadi react mengizinkan kamu untuk memanfaatkan komponen yang sudah dibuat sebelumnya dengan fungsi yang sama.

Selain optimal dan dapat mengurangi redudancy code, jika terjadi perubahan logika atau tampilan kamu tidak mengubah komponen satu persatu karena hanya berfokus pada satu komponen yang sudah di reusable tadi.

Contohnya seperti ini, kamu menggunakan component reusable banner pada page dashboard dan profile karena kedua page ini memiliki tampilan banner dan fungsi yang sama.

Lalu terjadi perubahan warna yang diinginkan, maka kamu tidak harus mengubahnya satu-satu, cukup pada reusable component banner tadi, jadi kerja kamu dijamin akan lebih cepat dan efisien.

2. Menjamin rendering cepat

React menawarkan virtual DOM untuk rendering website yang lebih cepat ketika terjadi perubahan. Maksudnya gini, semisal kamu membuka halaman profil dan mengubah nama di profil kamu, seharusnya yang akan diproses atau di render yaitu pada bagian nama aja kan?

Nah, itu dia yang disebut virtual dom. Jika tidak ada virtual dom maka semua yang ada pada website tersebut akan di render ulang, sedangkan keunggulan react sendiri yaitu memproses ulang pada bagian yang berubah saja. Ini yang menjadi alasan react memiliki performa lebih cepat.

3. Ramah SEO

React JS merupakan salah satu library javascript yang SEO friendly karena tidak semua library bisa diakses oleh berbagai mesin pencari.

Library ini akan berjalan disisi server, di render dan selanjutnya akan mengembalikan virtual DOM kepada browser menjadi laman biasa.

Proses ini lah yang membuat react dapat menangani kegagalan dari mesin pencari dalam memuat website javascript yang dikenal cukup berat.

4. Bersifat open source

Library buatan facebook ini bersifat open source yang artinya bisa berkembang terus karena semua orang bisa berpartisipasi di dalamnya.

Tidak hanya itu react juga didukung oleh komunitas kuat yaitu tim internal Facebook dan Instagram, React Github repository yang sudah lebih dari 1.000 kontributor, dan forum-forum diskusi yang masih sangat aktif.

5. Dilengkapi dengan developer tools

Developer tools disini yaitu fitur untuk debugging yang disediakan dalam ekstensi baik dari Google Chrome maupun Mozilla Firefox. Hal ini menjadi keunggulan yang dimiliki oleh library ini karena dapat mempermudah developer dalam mencari kesalahan aliran data yang diproses.

6. Kestabilan code yang terjamin

Dengan aliran data dari atas ke bawah atau parent ke child yang menjadi salah satu keunggulannya juga. Mengapa demikian? Karena jika terjadi perubahan pada child tidak akan berpengaruh pada parent.

Maka dari itu jika terjadi perubahan maka yang akan di render ulang hanya komponen yang berubah dan hal itu yang menjadikan kestabilan code yang terjaga.

7. Terdapat fitur pengembangan aplikasi mobile

Terlepas dari react js sebagai library pengembangan aplikasi website, react juga menyediakan library untuk aplikasi mobile yaitu react native.

 

 

 

 

Sumber :

Prasetiyo, Sofyan Mufti. 2022. Pembahasan Mengenai Front-End Web Developer dalam Ruang Lingkup Web Development. Tangerang Selatan: Jurnal Multidisiplin Ilmu.

https://accurate.id/teknologi/front-end-adalah/

Kusuma Putra Kota Mojokerto).Jurnal Manajemen Informatika, 7(2), 94-100.Mahmud, N. M. (2020).Membuat Front End Website Menggunakan React App danMaterial-UI.

Jurnal Perkuliahan | Pertemuan 12 Rekayasa Perangkat Lunak

DESIGN CONCEPT

Desain dilakukan agar kualitas dapat diukur dan dijamin jauh sebelum dilakukan implementasi fisik, sehingga resiko dan dampak dari resiko yang ditimbulkan akan menjadi seminimal mungkin.

Teknik desain Perangkat Lunak berbeda dengan teknik desain pada umumnya (desain bangunan, desain mikrokontroller, desain karya seni), karena Perangkat Lunak bersifat intangible (tidak nyata, tidak bisa diraba)Namun, telah dikembangkan berbagai macam metode yang dapat digunakan spesifik untuk keperluan desain Perangkat Lunak.


Konsep Desain Perangkat Lunak

Sebuah Perangkat Lunak harus didesain dengan mengejar faktor :

  • Firmness : Terhindar dari bugs dan error yang dapat mengganggu jalannya perangkat lunak.
  • Commodity : Sesuai dengan keperluan dan kebutuhan.
  • Delight : Nyaman digunakan oleh pengguna perangkat lunak.

4 Layer dalam desain Perangkat Lunak

    • Desain Data
    • Desain Arsitektur
    • Desain Antarmuka
    • Desain Komponen

Software Engineering : Design Engineeing- Component Level Design ( Part 2 )

1. Desain Data : Translasi ERD & Data Dictionary ke dalam konteks lingkungan implementasi.

2. Desain Arsitektur : Rancang bangun dari PL, relasi dan posisi antar bagian utama dari PL dengan memanfaatkan “design patterns”.

3. Desain Antarmuka : Merancang metode interaksi antar komponen PL dan terhadap pengguna.

4. Desain Komponen : Desain detail masing-masing prosedur di dalam komponen.

Mengukur Kualitas Desain Perangkat Lunak

  • Desain Perangkat Lunak memiliki arsitektur yang :
    • Dibuat berdasarkan template dan design patterns yang telah teruji.
    • Berisi komponen yang memiliki karakteristik desain yang baik.
    • Dapat diimplementasikan secara bertahap.
  • Desain Perangkat Lunak bersifat modular
  • Desain Perangkat Lunak berisi representasi yang jelas dari data, arsitektur, antarmuka, komponen
  • Desain Perangkat Lunak memiliki struktur data yang pantas untuk setiap kelas
  • Desain Perangkat Lunak memiliki komponen yang functionally independent
  • Desain Perangkat Lunak memiliki antarmuka yang simpel
  • Desain Perangkat Lunak dilakukan dengan metode yang jelas dan telah terbukti
  • Desain Perangkat Lunak menggunakan representasi yang dapat dimengerti bersama

Arsitektur Perangkat Lunak

Arsitektur perangkat lunak mencakup “struktur keseluruhan perangkat lunak dan cara dimana struktur memberikan integrasi konseptual suatu sistem”.

Arsitektur Perangkat Lunak adalah penggambaran secara konseptual terhadap keseluruhan struktur dari Perangkat Lunak. Pada engineering yang tangible, arsitektur dapat dengan mudah dilakukan lewat penggambaran 2 dimensi maupun 3 dimensi. Lain halnya dengan Perangkat Lunak yang tidak memiliki wujud fisik.

Shaw dan Garlan menjelaskan properti yang seharusnya ditetapkan sebagai bagian dari desain arsitektural :

  • Properti struktural.
    Menentukan komponen suatu sistem dan cara dimana komponen-komponen tersebut dikemas dan berinteraksi dengan yang lain.
  • Properti ekstra-fungsional.
    Menekankan bagaimana desain arsitektur memenuhi persyaratan kinerja, kapasitas, reliabilitas, keamanan, adaptibilitas, dan karakteristik sistem yang lain.
  • Keluarga dari sistem yang berhubungan.
    Desain harus memiliki kemampuan untuk memakai lagi blok bangunan arsitektural tersebut.

Model yang dapat digunakan dalam representasi Arsitektur Perangkat Lunak :

  • Model Struktural : Komponen-komponen apa saja yang ada pada Perangkat Lunak.
  • Framework Models : Kerangka & pola apa yang digunakan.
  • Dynamic Models : Bagaimana Perangkat Lunak bereaksi pada setiap use case.
  • Model Proses : Proses teknis dari berjalannya Perangkat Lunak.
  • Model Fungsional : Hirarki secara fungsional dari komponen Perangkat Lunak.

Design Patterns

Design Patterns adalah pola-pola desain khusus yang dapat diguna-ulang untuk keperluan tertentu. Analoginya, jika ingin membangun jembatan layang, gunakan pattern cakar ayam untuk pondasinya. Tujuan utama design patterns adalah implementasi cara yang sudah teruji, dan memudahkan komunikasi.

Aspects

Sebuah aspect adalah fitur yang beririsan dengan fitur-fitur lainnya pada saat desain Perangkat Lunak. Misal :

    • Fitur A : Mahasiswa dapat membuka halaman kuliah virtual yang dia ikuti.
    • Fitur B : Dosen dapat membuka halaman kuliah virtual yang dia ampu.
    • Fitur C : Pengguna yang membuka halaman kuliah harus tervalidasi terdaftar pada Mata Kuliah tersebut.

C beririsan dengan A dan B (karena Mahasiswa dan Dosen harus terlebih dahulu tervalidasi sebelum dapat membuka halaman kuliah virtual), C adalah aspect dari desain PL tersebut.

Aspects harus diakomodir pada desain PL, sehingga dapat diimplementasikan pada fitur-fitur lain yang beririsan. Misalnya dengan membuat modul Session yang bertugas khusus melakukan autentikasi dan validasi untuk seluruh sistem.

Refactoring

Desain dilakukan secara iterative, berulang-ulang. Pada setiap iterasi, dilakukan refactoring yaitu optimasi dengan menghilangkan / memperbaiki :

    • Redundansi
    • Elemen desain tak terpakai
    • Algoritma yang tidak efisien / tidak perlu
    • Struktur Data yang badly designed
    • Faktor lain yang dapat diperbaiki.

Prinsip terpenting dalam refactoring : perubahan yang dilakukan tidak boleh mempengaruhi berjalannya system secara keseluruhan.

Sumber Referensi :

Roger Pressman, Edisi 7 Buku 1 Pendekatan Praktisi Edisi 7, Penerbit Andi Yogyakarta (Versi Indonesia)

Ian Sommerville, Edisi 6, Rekayasa Perangkat Lunak, Penerbit Erlangga (Versi Indonesia)

http://eprints.undip.ac.id/52811/1/Book_Chapter_-_Software_Design.pdf

Jurnal Perkuliahan | Pertemuan 10 Rekayasa Perangkat Lunak

System Design dan Class Diagram

 

System Design

System design adalah proses mengartikan elemen sistem seperti architecture (arsitektur), module (modul) dan component (komponen), interface (antarmuka) yang berbeda dari komponen tersebut dan data yang melewati sistem itu. System design ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan khusus dari bisnis atau organisasi melalui rekayasa sistem yang koheren dan berjalan dengan baik.

Class Diagram

Pengertian class diagram

Class adalah sebuah spesifikasi yang jika di-instansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi).

Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain

Diagram Class memberikan pandangan secara luas dari suatu sistem dengan menunjukan kelas kelasnya dan hubungan mereka. Diagram Class bersifat statis: menggambarkan hubungan apa yang terjadi bukan apa yang terjadi jika mereka berhubungan.

Class diagram merupakan salah satu jenis diagram pada UML yang digunakan untuk menampilkan kelas-kelas maupun paket-paket yang ada pada suatu sistem yang nantinya akan digunakan. Diagram ini dapat memberikan sebuah gambaran mengenai sistem maupun relasi-relasi yang terdapat pada sistem tersebut.

Fungsi Class Diagram
  • Class diagram dapat membantu melihat gambaran dengan jelas.
  • Memberi gambaran model data program.
  • Skema aplikasinya mudah dipahami.
  • Buat representasi visual dari apa yang dibutuhkan sistem.
  • Dalam membuat program, class diagram dapat digunakan sebagai bahan referensi.
Komponen Class Diagram
  1. Class name, merupakan sesuatu yang yang mewakili dari nama kelas.
  2. Atribut, merupakan properti dari sebuah kelas, atribut melambangkan batas nilai kelas yang mungkin terdapat dalam objek kelas.
  3. Proses atau method, sesuatu yang dapat dilakukan atau diproses oleh sebuah kelas.
Penamaan Class
  • Setiap kelas harus memiliki sebuah nama yang dapat digunakan untuk membedakannya dari kelas lain.
  • Penamaan class menggunakan kata benda tunggal yang merupakan abstraksi yang terbaik.
  • Nama kelas dapat dituliskan dengan 2 cara, yaitu : Hanya menuliskan nama dan kelas (simple name) atau Nama kelas diberi prefix nama package letak class tersebut (path name)
  • Penulisan nama kelas, huruf pertama dari setiap kata pada riama kelas ditulis dengan menggunakan huruf kapital. Contohnya, Customer dan FraudAgent.
jenis class
  1. Boundary Class: Class yang berinteraksi dengan aktor langsung (user interface). Form, input, Ul ini masuk disini.
  2. Entity Class: Class yang berhubungan dengan data, penyimpanan data/file.
  3. Control Class: Class yang berhubungan dengan pemrosesan, penghitungan, kalkulasi, komputasi, query, dst.
Simbol-simbol class diagram

LENGKAP] Pengertian, Manfaat Hingga Contoh Class Diagram

 

 

Sumber Referensi:

Roger Pressman- Edisi 7 Buku 1 Pendekatan Praktisi Edisi 7, Penerbit Andi Yogyakarta (Versi Indonesia)

Ian Sommerville, Edisi 6, Rekayasa Perangkat Lunak, Penerbit Erlangga (Versi Indonesia)

 

  • Kelompok 4 PSTI D
  • Judul Project : E – Stock (Sistem pengecekan stok barang di gudang)

Anggota :

  1. Ajeng Ayu Hiemas Praditha          (2115061077)
  2. Annisya Rianta Raudatuljannah (2115061008)
  3. Faiz Ridho Utomo                            (2115061037)
  4. Panca Rulian Effendi                     (2115061117)

KUIS | Topic 14 Pengetahuan Lingkungan

  • Nama : Annisya Rianta Raudatuljannah
  • NPM : 2115061008
  • Kelas : PSTI-D
  • Dosen Pengampu : Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I

 

Permasalahan Kemiskinan di Provinsi Lampung

Angka Kemiskinan di Lampung Masih Tinggi – Harian Pilar

Kota Bandar Lampung merupakan Ibu Kota Propinsi Lampung. Oleh karena itu, selain merupakan pusat kegiatan pemerintahan, sosial, politik, pendidikan dan kebudayaan, kota ini juga merupakan pusat kegiatan perekonomian daerah Lampung. Kota Bandar Lampung terletak di wilayah yang strategis karena merupakan daerah transit kegiatan perekonomian antar pulau Sumatera dan pulau Jawa, sehingga menguntungkan bagi pertumbuhan dan pengembangan kota Bandar Lampung sebagai pusat perdagangan, industri dan pariwisata. Ibukota Propinsi Lampung ini berada di Teluk Lampung yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera. Kota Bandar Lampung memiliki luas wilayah 197,22 km2 yang terdiri dari 20 kecamatan dan 126 kelurahan.

Kota Bandar Lampung terletak pada ketinggian 0 sampai 700 meter diatas permukaan laut dengan topografi yang terdiri dari : 1. Daerah pantai yaitu sekitar Teluk Betung bagian selatan dan Panjang 2. Daerah perbukitan yaitu sekitar Teluk Betung bagian utara 3. Daerah dataran tinggi serta sedikit bergelombang terdapat di sekitar Tanjung Karang bagian Barat yang dipengaruhi oleh gunung Balau serta perbukitan Batu Serampok dibagian Timur Selatan. 4. Teluk Lampung dan pulau-pulau kecil bagian Selatan. Pada Tahun 2018, penduduk Bandar Lampung berjumlah 1.033.803 jiwa dengan sex ratio 101, yang berarti jumlah penduduk laki-laki lebih banyak daripada penduduk perempuan. Kepadatan penduduk paling besar terdapat di Kecamatan Tanjung Karang Timur yakni 19.302 jiwa/km2, sedangkan kecamatan yang paling kecil kepadatan penduduknya adalah Kecamatan Sukabumi yaitu 2.566 jiwa/km2.

Apa akar masalah yang terjadi?

Jumlah penduduk miskin dengan tingkat pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan di Provinsi Lampung mencapai 1,05 juta orang pada Maret 2020. Jumlah tersebut naik 12,34 persen atau 7,84 ribu orang dibandingkan pada September 2019 sebesar 1,04 juta orang.

“Sementara, jika dibandingkan dengan Maret tahun sebelumnya, jumlah penduduk miskin menurun sebanyak 14,34 ribu orang,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung Faizal Anwar pada konferensi persnya di Bandar Lampung, Rabu (15/7).

Dia mengatakan, berdasarkan daerah tempat tinggal, pada periode September 2019 – Maret 2020, jumlah penduduk miskin di daerah perkotaan naik sebesar 12,41 ribu orang. Sedangkan di daerah pedesaan turun sebesar 4,57 ribu orang.

Persentase kemiskinan di perkotaan naik dari 8,60 persen menjadi 9,02 persen. Sementara di perdesaan turun dari 13,96 persen menjadi 13,83 persen.

Menurut dia, secara umum periode Maret 2015 – September 2019 tingkat kemiskinan di Provinsi Lampung mengalami penurunan baik dari sisi jumlah maupun persentase, perkecualian pada Maret 2016, Maret 2018, dan Maret 2020. Kenaikan kemiskinan pada Maret 2016 disebabkan kenaikan harga barang kebutuhan pokok salah satunya beras sebagai makanan pokok.

Hal sama juga kenaikan terjadi pada Maret 2018 dipengaruhi harga komoditas bahan pokok yang belum terkendali. Salah satunya disebabkan gagal panen akibat banjir di sejumlah wilayah di Lampung. Sedangkan kenaikan tingkat kemiskinan pada Maret 2020, salah satunya disebabkan kenaikan harga sejumlah bahan pokok.

Di lain sisi, dia mengatakan garis kemiskinan naik sebesar 4,38 persen yakni dari Rp 434.675 per kapita per bulan pada September 2019 menjadi Rp 453.733 per kapita per bulan pada Maret 2020. Sementara pada periode Maret 2019 – Maret 2020 menjadi Rp 453.733 per kapita per bulan pada Maret 2020.

Siapa yang terdampak?

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Faizal Anwar mengatakan, secara umum, pada periode Maret 2015-September 2020 angka kemiskinan di Provinsi Lampung terus mengalami penurunan baik dari sisi jumlah maupun persentase yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Penduduk usia kerja yang terdampak Covid-19 pada September 2020 mencapai 655,9 ribu jiwa (10,25%). Hal itu ikut mendorong naiknya angka kemiskinan Lampung, di mana ada sebanyak 52 ribu menjadi penganggur dan 549,7 ribu pekerja mengalami pengurangan jam kerja.

Namun, pada Maret 2021 penduduk usia kerja yang terdampak Covid-19 turun menjadi tinggal 340,3 ribu jiwa (5,28%). Kucuran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan membaiknya nilai tukar petani membuat jumlah penduduk miskin di Lampung berkurang di triwulan pertama tahun ini.

Bagaimana solusinya?

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Ir. Okmal, M.Si, penanggulangan kemiskinan itu ada empat strategi yaitu :

  • Pertama, mengurangi beban pengeluaran warga, antara lain memberikan jaminan kesehatan kepada warga miskin baik bersumber dari pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten. Kemudian ada bantuan rumah swadaya bagi warga yang berpenghasilan rendah, pemasangan sambungan air bersih, pemberian seragam gratis, pemberian beasiswa untuk siswa miskin, pemberian makanan pendamping untuk keluarga pasien miskin di rumah sakit, Pamsimas, dan pendampingan operasi katarak.
  • Kedua, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin, dimana bentuk kegiatan berupa bantuan pupuk untuk petani kopi, bantuan ternak kambing, bantuan sembako bagi keluarga miskin. Lalu, melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi penyandang cacat, pengembangan lumbung pangan bagi warga serta pelatihan bagi warga binaan serta pelatihan sablon.
  • Ketiga, mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil, antara lain ada program pengembangan industri kreatif, pengembangan industri agro, pembinaan dan pengembangan BUM Pekon, pengembangan wirausahaan, serta sertifikat produk industri.
  • Keempat, mensinergikan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan antara lain yang sudah dilakukan koordinasi penanggulangan kemiskinan tingkat kabupaten melalui TKPK (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan) serta melakukan verifikasi dan validasi data fakir miskin.

Selain itu, pemerintah perlu memastikan tersalurkannya program bantuan sosial secara tepat waktu, yakni sebelum dampak krisis menjadi terlalu besar terhadap rumah tangga. Ketepatan sasaran dan  ketepatan waktu penyaluran bantuan menjadi kunci efektivitas program dalam menanggulangi penurunan kesejahteraan rumah tangga.

Siapa saja yang harus menerapkan solusi ini?

Solusi hanya akan menjadi angan-angan apabila tidak ada yang menerapkannya. Untuk itu, pemerintah dan masyarakat harus menerapkan solusi ini agar tercapainya tujuan-tujuan yang telah direncanakan. Program pemerintah yang dijalankan saat ini dinilai sudah baik secara konsep. Namun, belum bisa dinilai secara menyeluruh karena hanya sebagian kecil saja yang terealisasi. Sementara kemiskinan juga masih dan semakin menjamur. Untuk itu, diperlukan adanya koordinasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat demi mewujudkan hasil yang baik pula.

Permasalahan kemiskinan merupakan tantangan utama pembangunan Kota Bandar Lampung dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Meskipun tingkat kemiskinan Kota Lampung selama tahun-tahun terakhir ini terus menunjukkan penurunan, namun masih tingginya angka kemiskinan dibanding wilayah lainnya yg sudah baik, ini mengisyaratkan pada kita bahwa  Lampung masih harus menaruh perhatian pada kemiskinan sebagai prioritas dalam kebijakan pembangunan.

sumber :

https://puspensos.kemensos.go.id/kemiskinan-di-kota-bandar-lampung

https://republika.co.id/berita/qdi8uw368/penduduk-miskin-di-lampung-105-juta-orang

https://medialampung.co.id/empat-strategi-untuk-penanggulangan-kemiskinan/

KUIS | Topic 11 Pengantar Teknologi Informasi


Nama : Annisya Rianta Raudatuljannah
NPM : 2115061008
Kelas : PSTI – D
Dosen Pengampu : Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I

 

Menurut anda bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) pada saat ini di Indonesia? menurut pandangan anda dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi apa yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara umum dan bagaimana kita menyikapinya?

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini berkembang semakin pesat, memudahkan dalam berbagai permasalahan, penciptaan informasi, pemeliharaan saluran, transmisi selektif, penerimaan selektif, penyimpanan dan penelusuran, serta penggunaan yang akhirnya adanya evaluasi kritis dan umpan balik. Perkembangan teknologi informasi juga dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas.

Peran teknologi informasi merupakan segala teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Contoh teknologi informasi adalah komputer, telepon, televisi, handphone, dan alat lain yang merupakan alat elektronik. Teknologi informasi (TI) turut berkembang sejalan dengan perkembangan peradaban manusia. Perkembangan teknologi informasi meliputi perkembangan infrastruktur TI, seperti hardware, software, teknologi penyimpanan data (storage), dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi sangat berpengaruh di era industri 4.0 karena mengandalkan teknologi informasi dalam segala bidang, dari ekonomi, pendidikan, kesehatan, pemerintahan dan lain-lain. Karena teknologi informasi sangat memudahkan manusia dalam memproduksi, mengolah data dan menyebarkan informasi. Sehingga teknologi informasi di era ini sangat cepat perkembangannya. Semakin berkembangnya teknologi informasi sehingga tenaga kerja manusia bisa beralih menjadi tenaga mesin. Selain dari kecepatannya tenaga mesin juga lebih terjamin keakuratan serta keberhasilannya dalam bekerja.

Beberapa perkembangan teknologi yang terjadi pada berbagai bidang di Indonesia saat ini, yaitu :

Bidang Distribusi dan Transportasi

Kegiatan Distribusi dan Transportasi banyak menggunakan bantuan teknologi komputer dalam sebuah aplikasi yang mempermudah memesan kendaraan, pesan antar barang maupun makanan. Dan sudah banyak ditemukan di Indonesia berbagai pengemudi ojek online seperti gojek, grab, dll.

Bidang Pendidikan

perkembangan teknologi informasi dibidang pendidikan yang paling dapat kita lihat dan kita rasakan adalah proses belajar mengajar dilakukan secara daring tanpa harus bertatap muka secara langsung, baik itu menggunakan aplikasi zoom, google meet, google classroom, E-learning dan lain-lain.

Bidang Ekonomi

Perkembangan teknologi informasi di bidang ekonomi lebih tepat nya pada perkembangan sistem perdagangan elektronik atau e-commrece. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Bidang Kesehatan

Perkembangan teknologi informasi dibidang kesehatan pun juga sudah ada seperti konsultasi dengan dokter terpercaya tanpa harus bertatap muka, bertanya seputar kesehatan dalam sebuah aplikasi buatan komputer seperti misalnya halodoc. Kemudian tersedia juga e-medicine untuk membantu menebus obat atau membeli obat di apotek yang terhubung dalam aplikasi.

Menurut saya dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi yang akan sangat berpengaruh di dalam masyarakat Indonesia sebagai berikut :

  1. Mobil Listrik : hampir semua perusahaan produsen mobil sudah mencanangkan bahwa hingga 2023 mendatang, akan jadi transisi untuk mengakhiri era mobil bensin. Diharapkan di atas tahun 2023, jalanan dipenuhi mobil baru yang berbasis listrik. Di dekade mendatang, diharapkan mobil bensin sudah tidak ada. Di Indonesia, deretan regulasi menguntungkan sudah diberikan untuk pengguna mobil listik, dan diharapkan harga mobil listrik pun jadi makin terjangkau untuk penggunaan yang lebih meluas.
  2. Layanan Berbasis Smartphone : dalam 10 tahun dari sekarang, teknologi 5G akan jadi standar dalam kehidupan kita. Hal ini akan berdampak pada banyak hal. Segala sesuatunya akan selalu berbasis smartphone karena internet cepat yang terhubung di dalamnya. Aspek yang akan paling terasa adalah soal pembayaran mobile. Ketika sekarang saja pembayaran cashless sudah umum, di 10 tahun mendatang, bermodal aplikasi dompet digital di smartphone kita, transaksi keuangan tak akan mengenal ‘kertas’ lagi.
  3. Drone Pengantar Barang : Drone pengantar barang ini sangat diupayakan pengembangannya, mengingat waktu pengiriman yang jadi lebih singkat dan juga efisiensi biaya yang jauh lebih murah ketimbang barang yang diantar manusia.
  4. Kasir Otomatis : teknologi ini berbasis tiga hal, camera vision, sensor rak, serta teknologi RFID yang menggunakan identifikasi elektromagnetik untuk melacak tag di produk yang dibeli, sehingga tagihan bisa langsung masuk ke rekening Anda. Kemudahan tanpa antri bagi konsumen dan pelacakan barang yang kosong bagi ritel akan membuat proses belanja akan makin efisien.

 

Bagaimana Menyikapi hal tersebut?

Perkembangan teknologi memang sangat berpengaruh dan mempermudah kehidupan dalam segala bidang kehidupan namun jangan sampai kita sebagai manusia yang kendalikan teknologi maka dari itu kita sebagai manusia harus memiliki pola pikir yang kritis untuk terbuka terhadap hal-hal baru kemudian menganalisis serta mengevaluasi hal-hal baru tersebut agar dapat menyikapi perkembangan teknologi lalu tidak meninggalkan norma atau aturan yang ada menciptakan atau menerima teknologi baru boleh-boleh saja tetapi tetap harus berprinsip pada nilai-nilai yang sudah ada.

 

Analisa kasus berikut ini. Anda adalah seorang yang paham tentang dunia TIK, kemudian seorang kawan meminta bantuan berdasarkan kemampuan anda di bidang TIK. Kawan anda adalah seorang vlogger terkenal, dia meminta bantuan anda untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO)yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vlogger teman anda, dengan bantuan anda rumah ini akan menjadi sebuah SOHO yang nyaman digunakan untuk kerja. Saat ini tempat ini adalah rumah besar dua lantai yang kosong dengan 1 ruang besar dan 5 kamar tidur yang akan dijadikan ruang kerja. Tempat kerja dengan teknologi multimedia yang terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi agar memudahkan pekerjaan tim vlogger. Di tempat itu menjadi kantor soho tim dan akan dikerjakan produksi video, research market, podcast studio, broadcast stream live. Menurut analisa anda apa saja yang harus anda kerjakan dan apa saja yang anda butuhkan untuk membangun sebuah multimedia soho untuk mendukung kerja tim vlogger kawan anda?

Berdasarkan kasus tersebut, terdapat seorang kawan yang merupakan seorang vlogger terkenal dan meminta bantuan untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO) yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vloggernya. Situasi pandemi saat ini memang membuat sebagian besar masyarakat diminta work from home (WFH). Untuk para vlogger, mungkin bukan suatu hal yang sulit jika harus melakukan pekerjaan dari rumah karena mereka dapat mengendalikan sepenuhnya pekerjaan. Small Office Home Office (SOHO) bisa menjadi solusinya. Konsep ini menggabungkan antara hunian dan perkantoran. Sehingga orang-orang yang terpaksa bekerja di rumah bisa merasa nyaman.

SOHO (Small Office Home Office) adalah istilah yang mengacu pada bisnis atau usaha kecil yang dilakukan dirumah. Mobilitas kita yang semakin tinggi dan semakin terbatasnya jarak dan waktu membuat rumah bisa sebagai pilihan untuk melakukan usaha dengan nilai strategi yang tinggi. Pada dasarnya jaringan SOHO menggunakan konsep jaringan sederhana yang biasanya menggunakan switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah seperti DSL ( Digital subscriber line ) atau kabel internet. Jaringan SOHO (Small Office Home Office) merupakan jaringan sederhana yang menggunakan perangkat keras switch untuk mengakses layanan broadband kantor kecil contohnya adalah rumah. Jaringan Soho membutuhkan Router Mikrotik, Internet, PC client, PC server. Konsep sederhana jaringan SOHO sama seperti tipe jaringan LAN (Local Area Network) yang tidak terhubung dengan jaringan luar (internet). Topologi yang digunakan yaitu dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wifi. Sehingga dengan menerapkan konsep seperti ini maka proses pengiriman data dari client ke server akan berlangsung cepat.

SOHO Network terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

  1. Router: Router berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan internet kepada satu atau lebih perangkat.
  2. Switch: menyediakan konektivitas antara berbagai stasiun akhir dan server di kantor, untuk keperluan pertukaran data yang ada.
  3. Wireless Access Point : Perangkat keras yang digunakan dalam jaringan area lokal nirkabel untuk mengirim dan menerima data.
  4. PC Server : Berfungsi untuk mengelola semua aktivitas yang terjadi di dalam jaringan, seperti penyimpanan data atau file.
  5. PC Client : Berfungsi untuk mengakses semua informasi yang dimiliki oleh server.

 

 

 

 

 

sumber :

https://idcloudhost.com/bagaimana-perkembangan-teknologi-informasi-saat-ini/

https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/e-learning-untuk-pelatihan-jarak-jauh

https://bpptik.kominfo.go.id/2014/12/19/645/e-commerce/

https://kumparan.com/berita-update/perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-di-indonesia-radio-internet-1umPw56bFTn/full

https://nds.id/apa-itu-soho-network/

Jurnal Perkuliahan | Topic 10 Pengantar Teknologi Informasi

Communicating Digital Content


Jaringan-Komputer

Teknologi komunikasi digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner. Bilangan biner tersebut akan membentuk kode-kode yang merepresentasikan suatu informasi tertentu. Setelah melalui proses digitalisasi informasi yang masuk akan berubah menjadi serangkaian bilangan biner yang membentuk informasi dalam wujud kode digital. Kode digital tersebut nantinya akan mampu dimanipulasi oleh komputer. Komunikasi digital menggambarkan sebuah proses dalam yang ditransfer oleh dua atau lebih komputer atau perangkat data, instruksi, dan informasi.

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer merupakan dua bahkan lebih komputer yang telah terhubung antara satu dengan yang lain serta dipakai untuk berbagai data. Adanya jaringan komputer dibangun menggunakan kombinasi dari hardware serta software. Dalam pembuatan jaringan komputer, adanya switch juga router memakai protocol dan algoritma supaya bisa bertukar informasi serta bisa membawa data sampai ke titik akhir sesuai keinginan.

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer dapat membantu penggunanya dalam beberapa hal, seperti :

  • Data sharing : Jaringan komputer memungkinkan beberapa perangkat untuk saling berbagi data seperti dokumen, video, aplikasi, dan sebagainya tanpa perlu menyalin secara manual menggunakan flash drive atau hard drive.
  • Hardware sharing : Saat sebuah perangkat terhubung ke dalam jaringan komputer, maka seluruh pengguna jaringan tersebut dapat mengaksesnya. Sebagai contoh, sebuah printer yang terhubung ke jaringan dapat digunakan oleh beberapa komputer sekaligus.
  • Data backup : Adanya jaringan komputer juga memungkinkan untuk mencadangkan data dari satu perangkat ke perangkat lain melalui internet. Manfaat jaringan komputer ini bermanfaat untuk mengamankan data dari kerusakan atau hal yang tidak terduga.

 

JENIS – JENIS JARINGAN KOMPUTER

Ada beberapa jenis jaringan komputer, yaitu :

  1. Local Area Network (LAN)

    LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Sebuah gedung sekolah, kantor, juga rumah yang jaringannya isi satu LAN. Namun terkadang dalam satu gedung akan disini banyak LAN yang terletak mungkin di per kamar. Terkadang adanya LAN bisa menjangkau kelompok bangunan sekitarnya. Jaringan TCP/IP,  LAN ternyata sering namun tidak bisa di implementasikan dalam subnet IP tunggal.

  2. Metropolitan Area Network (MAN)

    MAN merupakan jaringan komputer yang bertugas menghubungkan 2 bahkan lebih antar jaringan LAN dalam satu kota. Jika jarak yang menjadi penghubung dalam membangun jaringan, artinya jaringan MAN telah digunakan. MAN sebenarnya lebih besar daripada LAN, namun lebih kecil daripada WAN. Adanya MAN memakai perangkat khusus serta kabel supaya bisa menghubungkan LAN.

  3. Wide Area Network (WAN)

    WAN sering disebut dengan sekumpulan LAN yang sudah tersebar geografis. Ada perangkat jaringan dikenal dengan router yang berfungsi menghubungkan antar LAN menuju WAN. Pada jaringan IP, adanya router yang digunakan untuk menyimpan alamat LAN juga alamat WAN.

  4. Person Area Network (PAN)

    Tidak jauh beda dengan LAN, adanya PAN umumnya mencangkup berbagai wilayah yang lebih kecil lagi, misalkan jaringan di kantor atau rumah. Secara umum jenis jaringan digunakan bagi resource misalkan, printer juga  internet.

  5. Campus Area Network (CAN)

    Jaringan komputer CAN dikatakan mirip MAN, namun terbatas dalam universitas bahkan akademi. Jaringan satu ini biasanya disiapkan dalam kegiatan pendidikan, misalkan praktik lab, pembaruan kelas, ujian, email, pemberitahuan dan lain sebagainya.

  6. Internet

    Internet merupakan berbagai jenis jaringan komputer yang paling besar yang penah dibuat oleh manusia. Adanya internet bisa menghubungkan berbagai jutaan perangkat dengan komputasi yang masuk dalam Laptop, PC, Workstation, Webcam, tablet, TV, CCTV, smartphone.  Supaya bisa menghubungan antar perangkat ini, ada banyak infrastruktur dan teknologi yang harus digunakan. Kegunaan internet tersedia untuk banyak orang, sebab siapa saja dapat terhubung dengan internet dan internet dianggap juga jaringan yang tidak aman.

  7. Virtual Private Network (VPN)

    VPN merupakan solusi dalam menyediakan berbagai koneksi pada internet secara lebih aman. Misalkan, di sebuah perusahaan mempunyai 2 kantor, satunya ada di Jakarta serta yang lain d Bandung. Hal ini masing-masing perusahaan bisa memakai VPN dalam menghubungkan antar 2 kantor tersebut. kegunaan VPN untuk membuat jalur aman pada internet serta dapat digunakan dalam transmisi data.

 

TOPOLOGI PADA JARINGAN KOMPUTER

Jaringan Komputer ada topologinya yang mengacu dengan tata letak sebuah perangkat yang harus terhubung. Biasanya topologi dikenal dengan bentuk bahkan struktur virtual pada jaringan. Bentuknya tidak pasti sesuai dengan tata letak fisik yang sebenarnya pada perangkat jaringan.

1. Topologi Bus

Jaringan bus memakai kabel untuk tulang punggungnya, kabel ini fungsinya sebagai media dalam berkomunikasi dan berkomunikasi dengan perangkat yang lain di jaringan dengan mengirim pesan siaran lewat kabel yang dihubungkan oleh 2 perangkat, namun penerimanya saja yang dituju dan benar-benar menerima serta memproses pesan itu.

Keuntungan

  • Hemat kabel.
  • Layout kabel sederhana .
  • Jika salah satu computer mati, maka tidak mengganggu computer lain.
  • Mudah dikembangkan.

Kerugian

  • Deteksi kesalahan sangat kecil.
  • Lalu lintas yang padat sehingga sering terjadi tabrakan file data yang dikirim.
  • Apabila salah satu client rusak atuau kabel putus maka jaringan akan rusak.

 

2. Topologi Ring

Jaringan cincin mempunyai dua tetangga dengan tujuan komunikasi. Pesan perjalanan lewat cincin menuju arah yang baik dan sama dengan “searah jarum jam” bahkan “berlawanan arah jarum jam”.

Keuntungan

  • Hemat kabel, lebih murah dari pada topologi star
  • Dapat menghindari tabrakan file data yang dikirim karena data mengalir dalam satu arah.
  • Mudah untuk membangunnya.
  • Semua computer memiliki status yang sama.

Kerugian

  • Peka terhadap kesalahan.
  • Pembangunan jaringan lebih kaku, apabila kabel terputus maka semua komputer tidak dapat digunakan

 

3. Topologi Bintang

Jaringan pada rumah sering menggunakan topologi ini yang punya titik koneksi terpusat yang dikenal “hub node” dan mungkin adalah hub jaringan, router, dan switck. Topologi ini dihubungkan dengan hub melalui Unshielded Twisted Pair atau UPT Ethernet.

Keuntungan

  • Fleksibilitas tinggi.
  • Penambahan/perubahan computer sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain.
  • Control terpusat sehingga mudah dalam pengelolaan jaringan.
  • Kemudahan mendeteksi isolasi kesalahan/kerusakan.
  • Jika salah satu computer (bukan computer pusat) rusak maka tidak akan mempengaruhi yang lain.

Kerugiaan

  • Perlu penanganan khusus.
  • Jika computer pusat rusak maka computer lain juga akan rusak.

 

4. Topologi Pohon

Topologi ini bergabung bersama topologi bintang dalam membentuk topologi bus. Dengan bentuknya paling sederhana, biasanya perangkat jun saja yang bisa terhubung secara langsung ke bus pohon dan per hub mempunyai fungsi sebagai akar daripada pohon perangkat.

Keuntungan

  • Control manajemen lebih mudah karna bersifat terpusat dan berbagi tingkatan jenjang.
  • Mudah dikembangkan.
  • Didukung oleh software dan hardware dari beberapa perusahaan.

Kerugian

  • Jika salah satu node rusak maka node yang ada di jenjang berikutnya ikut rusak.
  • Dapat terjadi tabrakan file.
  • Lebih sulit untuk mengkonfigurasi dan memasang kabel dari pada morfologi lain.

 

5. Topologi Mesh

Topologi ini diperkenalkan dengan konsep rute, tidak sama dengan topologi lain berbagai besan yang bisa dikirim di jaringan mesh bisa mengambil salah satu atau beberapa jalur yang kemungkinan dari sumber menuju tujuan.

Keuntungan

  • Mampu menampung banyak pengguna topologi mesh yang sedang aktif

Kerugian

  • Membutuhkan banyak kabel, sehingga banya gangguan jaringan

 

 

 

 

 

 

sumber :

Discovering Computers 2016: Tools, Apps, Devices, and Impact of Technology. Chapter 10.

https://kominfo.bengkulukota.go.id/dasar-dasar-jaringan-komputer/

https://www.gurupendidikan.co.id/jaringan-komputer/

Jurnal Perkuliahan | Topic 9 Pengantar Teknologi Informasi

Operating System


Screenshot (472)

Sebuah PC, laptop, smartphone ataupun device lainnya membutuhkan sistem operasi untuk dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.

Sistem operasi atau dalam bahasa inggris disebut sebagai operating system (OS) menjadi penghubung antara software – hardware –brainware (client).

OS ini akan mengatur supaya keseluruhan komponen di atas bisa berkomunikasi dengan baik sehingga mampu melayani kebutuhan si pengguna komputer atua client.

Tanpa adanya sistem operasi, maka suatu device seperti komputer, ponsel maupun konsol game tidak bisa digunakan. Sebab OS inilah yang nantinya akan yang mengatur seluruh perangkat yang ada di dalam alat- alat tersebut.

 

pengertian

Operating System atau Sistem Operasi merupakan suatu perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk mengatur sumber daya dari perangkat keras (Hardware) serta perangkat lunak (Software), dan juga digunakan sebagai jurik (daemon) untuk program komputer.

Tanpa ada adanya OS, maka client tidak bisa menjalankan program aplikasi yang ada di dalam komputer mereka, kecuali hanya program booting.

Sistem operasi memiliki penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan pemakaian memori, penyimpanan data, pemrosesan data, serta sumber daya yang lainnya. Bagian OS yang nantinya akan melakukan task inti tersebut dikenal sebagai Kernel.

Secara umum, sistem operasi terdiri atas beberapa bagian, antara lain:

  1. Mekanisme Boot yaitu untuk meletakan kernel ke dalam memori yang ada di komputer.
  2. Kernel merupakan inti dari suatu OS
  3. Command Interpreter atau shell, berfungsi untuk membaca suatu inputan dari client.
  4. Pustaka-pustaka, merupakan penyedia kumpulan beberapa fungsi dasar serta standar yang bisa dipanggil oleh aplikasi lain.
  5. Driver, fungsinya untuk bisa berhubungan dengan hardware eksternal.

 

fungsi

Sistem operasi mempunyai berbagai fungsi vital yang ada di dalam komputer. Berikut ini merupakan beberapa fungsi sistem operasi, antara lain :

  • Resource manager merupakan pengelolaan sumber daya sekaligus mengalokasikannya. Sebagai contoh: CPU, memori, disk drive serta perangkat yang lainnya.
  • Coordinator, mengkoordinasi sekaligus menyediakan fasilitas sehingga kegiatan yang kompleks bisa diatur serta dapat diproses secara berurutan.
  • Interface atau tatap muka, merupakan sebagai media perantara antara user dengan hardware atau perangkat keras yang menyediakan tampilan terhadap user yang lebih mudah untuk dipahami serta bersahabat.
  • Guardian, menyediakan akses kontrol serta tugasnya untuk melindungi file sekaligus mengawasi data dan juga program.
  • Optimizer, merupakan penjadwal masukan (input) yang dilakukan oleh user, proses komputasi pengaksesan basis data, serta penggunannya.
  • Gate Keeper, berfungsi untuk mengendalikan hak akses user dalam mengendalikan yang berhak untuk masuk ke dalam sistem serta mengawasi apa saja yang akan dilakukannya.
  • Accountant, berfungsi untuk mengatur waktu CPU, pemakaian memori, pemanggilan I/O, disk storage, serta waktu koneksi terminal.
  • Server, berfungsi untuk melayani user komputer, pengelolaan sumber daya sekaligus mengalokasikannya. Sebagai contoh: CPU, memori, disk drive serta perangkat lainnya.

 

macam – macam OS

1. Sistem Operasi Android

sistem operasi android

Sistem operasi Android merupakan OS dengan basis linux yang didesain secara khusus untuk diterapkan di dalam perangkat mobile seperti smartphone maupun komputer tablet.

OS Android pada mulanya dikembangkan oleh Android, Inc yang dengan support dana dari Google. Hingga pada akhirnya google akhirnya membelinya OS ini pada tahun 2005. Lalu OS ini mulai dirilis di tahun 2007.

Kelebihan:

  • Sifatnya open source
  • Multitasking
  • Didukung degan aplikasi yang tersedia dari Google Play Store
  • Mendukung penggunaan USB Mass Storage

Kekurangan:

  • Rawan diserang oleh malware
  • Pemakaian baterai yang boros

Contoh:

  • Android cupcake
  • Donut
  • Eclair
  • Froyo
  • Gingerbread
  • Honeycomb
  • Ice Cream Sandwich
  • Jelly Bean Kitkat
  • Lollipop
  • Marsmallow
  • Nougat
  • OS android Oreo

2. Sistem Operasi Windows

windows

Windows adalah OS terbesar di dunia yang pada waktu ini telah banyak dijadikan sebagai opsi untuk membantu mengakomodir keperluan sehari-hari. Mulai dari komputer instansi, akademisi, sampai keperluan pribadi.

OS Windows sudah mampu menampilkan tampilan yang menarik dengan dukungan visual grafis GUI. OS Windows sejatinya adalah hasil dari revolusi MS DOS yang beberapa tahun sebelumnya masih menggunakan basis tulisan tanpa gambar.

Kelebihan:

  • User Friendly
  • Aplikasi OS Windows yang melimpah
  • Lebih mudah untuk proses instalasi

Kekurangan:

  • Tidak open source
  • Mudah untuk diretas sebab memiliki sistem keamanan yang masih lemah
  • Berbayar serta lumayan mahal
  • Rentan terserang serangan virus

3. Sistem Operasi Linux

sistem operasi linux

Sistem Operasi Linux sudah diperkalan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Linux  merupakan sistem operasi open-source yang mana kalian dapat memodifikasi Linux serta menggunakan sekaligus mendistribusikan kembali secara bebas.

Secara umum, user linux memasang serta akan melakukan konfigurasi sendiri terhadap konfigurasi sistemnya.

Linux mempunyai beberapa macam atau distro, antara lain ialah sebagai berikut:

  • Ubuntu
  • Red Hat
  • Fedora
  • Slackware
  • Backtrack
  • CentOS
  • Debian
  • Mandriva
  • dsb

Kelebihan:

  • Open Source
  • Perkembangannya sangat kencang sebab dikembangkan oleh banyak orang
  • Gratis tidak terdapat biaya lisensi

Kekurangan:

  • Tidak dianjurkan untuk user baru atau awam
  • Instalasi yang terbilang susah
  • Aplikasi Linux terbatas

4. Sistem Operasi Mac OS

Mac OS

Mac OS merupakan singkatan dari Machintosh operating System yang mana adalah sistem operasi eksklusif yang hanya ada di dalam komputer besutan Apple saja.

MacOS sudah diluncurkan sejak pada tahun 1984 yang pertama kali dipakai di dalam komputer bernama LISA. LISA merupakan komputer hasil racikan dari Steve Jobs selepas dia menempuh perjalanan spiritual di India.

Karena perangkat apple tergolong perangkat mahal, maka user dari OS ini relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan user Windows.

Kelebihan:

  • Lebih stabil
  • Mempunyai keamanan tinggi serta tidak mudah untuk diretas
  • Tampilan antarmuka atau interface cocok untuk keperluan multimedia
  • Aman dari Virus

Kekurangan:

  • Kurang optimal untuk gaming
  • Harganya relatif mahal
  • Tidak open source

Contoh:

  • OS X
  • Lion 2011
  • Mountain Lion 2012
  • Mavericks 2013
  • Yosemite 2014
  • El Capitan yang dirilis pada 2015

 

 

 

 

 

sumber :

Discovering Computers 2016: Tools, Apps, Devices, and Impact of Technology.

Vanya Karunia Mulia Putri, (2021), Sistem Operasi Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Contohnya.

Watrianthos, R., & Purnama, I. (2018). Buku Ajar Sistem Operasi. Uwais Inspirasi Indonesia.

https://www.yuksinau.id/sistem-operasi/

Jurnal Perkuliahan | Topic 8 Pengantar Teknologi Informasi

 Digital Storage

Digital Storage

Digital Storage merupakan tempat komputer menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Banyak jenis media penyimpanan dengan kapasitas yang bervariasi.

Fungsi Storage


  • Media Penyimpanan

Fungsi utama Storage, yakni sebagai media penyimpanan. Kita bisa menyimpan berbagai jenis file di Storage. Dan umumnya kita juga biasa mengunakan Storage untuk menyimpan berbagai jenis data.

  • Media Akses

Ketika data sudah kita simpan di Storage, kita bisa membukanya kapanpun dan dimanapun selama ada gadget untuk meletakkan Storage tersebut. Saat itulah Storage berperan sebagai media akses.

Selain itu, Storage juga bisa berperan sebagai media proses. Artinya, ketika kita melakukan pekerjaan dengan gadget, hasil kerjaan akan secara otomatis disimpan sementara pada Storage. Dengan begitu kita tak akan kehilangan data.

Storage memiliki dua jenis, yaitu Primary storage (Internal) dan Secondary storage (eksternal).

Primary Storage

Primary storage disebut juga dengan memori internal. Primary Storage ini memiliki akses yang lebih cepat bila dibanding dengan secondary storage. Namun, memiliki kapasitas sedikit lebih terbatas bila dibandingkan dnegan secondary storage. Primary  Storage biasanya digunakan pada CPU atau processor untuk mengolah data.

Berikut contoh primary storage.

  • RAM (Random Access Memory)

Baik atau Buruk, Jika Penggunaan RAM Komputer Selalu Tinggi?? Berikut  Penjelasannya - Pintar Komputer

RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara untuk membantu processor dalam mengola data, karena harddisk belum bisa menangani secara langsung dalam mengolah data di processor.

  • ROM (Read Only Memory)

Pengertian ROM Dan Fungsinya Beserta Cara Kerjanya

ROM merupakan memori yang meyimpan data dan hanya bisa dibaca oleh pengisi ROM sendiri. ROM di pasang oleh pabrik pembuatnya, dan dibuat secara khusus.

Secondary Storage

Secondary storage merupakan media penyimpanan yang bersifat permanen, yang berfungsi untuk memroses data yang berada di CPU. Media penyimpanan ini permanen karena tidak tergantung pada listrik, sehingga listrik padam atau menyalapun masih bisa digunakan dan data tersebut masih ada.

  • Hard Disk

Harddisk adalah sebuah media penyimpanan luar yang menggukanan disk (piringan). Harddisk paling banyak digunakan sebagai media penyimpanan luar utama, untuk penyimpanan hasil install system operasi, software aplikasi, penyimpanan data, dan sebagainya.

  • Flash Drive

Buy SeeDete 32GB USB Flash Drives, USB Stick, Thumb Drive Rotated Design, Memory  Stick with LED Light for External Storage and Backup Data, Jump Drive, 3  Pack 32GB (3 Colors: Black Red

Flash drive merupakan teknologi pengembangan dari zip drive yang menggunakan teknologi flash. Flash adalah chip memori yang menyimpan data dan dihubungkan dengan interface USB yang dalam perkembangannya sudah mencapai versi USB 2.1. penggunaan flash drive semakin marak karena berukuran kecil tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar dan  bisa di dapat dengan harga yang terjangkau.

Cloud Storage

Cloud Storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Pada dasarnya teknologi Cloud Storage merupakan pengembangan dari sistem Komputasi Awan atau yang disebut juga dengan istilah cloud computing.

Perbandingan 4 Layanan Cloud Storage Terbaik - IDCloudHost

Cloud computing adalah sebuah istilah dalam ilmu komputer yang berarti komputasi awan yang berbasis internet atau biasa dalam dunia IT dengan sebutan “The Cloud”. Istilah lain dalam teknologi cloud computing yaitu sebuah jaringan komputer yang saling berhubungan dengan komputer lain yang dapat dijalankan secara bersamaan.

Tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umumnya seperti CD atau hard disk, teknologi Cloud Storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang anda perlukan untuk mengakses file digital anda hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet. Untuk dapat menyimpan data pada media ini kita diharuskan untuk mengunggah file tersebut dan untuk mengambil data kita harus mengunduh file tersebut. 

Kelebihan Cloud Computing :

  1. Menghemat biaya dan ruang infratructure pembelian sumber daya komputer.
  2. Bisa mengakses file dimana saja dan kapan saja.
  3. Bisa menghemat waktu pada perusahaan sehingga bisa langsung fokus pada perkembangan infrastruktur.
  4. Dapat dengan mudah di monitoring dari satu server.
  5. Operasional dan manajemen lebih mudah dan sederhana.
  6. Menghemat biaya operasional pada sistem informasi yang dibangun.
  7. Kolaborasi yang terpercaya.

Kekurangan Cloud Computing :

  1. Komputer akan menjadi lemot  atau lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali bila internet putus.
  2. Komputer akan menjadi lambat kinerjanya jika koneksi internet kita juga lambat.
  3. Komputer akan menjadi sangat lambat karena diakses oleh banyak pengguna sehingga server akan menerima banyak sekali permintaan.
  4. Jika tidak mempunyai backup yang handal maka hal terburuk ini akan timbul karena semua data berada di satu server pada cloud computing.

 

 

 

 

sumber :

Discovering Computers 2016: Tools, Apps, Devices, and Impact of Technology.

https://nurfahri.web.ugm.ac.id/2017/09/16/pengantar-teknologi-informasi-digital-storage/

https://www.jurnalponsel.com/pengertian-storage/

Misty E. Vermaat, Susan L. Sebok, Steven M. Freund. Jennifer T. Campbell, and Mark Frydenberg. Discovering Computers @2018: Digital Technology, Data ,and Devices.

Jurnal Perkuliahan | Topic 11 Pengetahuan Lingkungan

Apa itu G20 ?


G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Angggota dari G20 adalah Australia, Argentina, Brasil, China, Uni Eropa, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Mesiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

Forum ini mengadakan pertemuan setiap tahun dan memulai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tahunan pertamanya pada 2008 dengan partisipasi dari masing-masing Kepala Negara dan pemerintahan.

Forum G20 membahas dua arus isu yakni Finance Track dan Sherpa Track.

Fokus isu yang dibahas pada finance track adalah ekonomi dan keuangan, seperti kebijakan fiskal; moneter dan riil; investasi infrastruktur; regulasi keuangan; inklusi keuangan; dan perpajakan internasional. Pembahasan isu diatas dilakukan oleh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral masing-masing negara anggota.

Sementara itu, fokus isu yang dibahas pada sherpa track meliputi geopolitik, antikorupsi, pembangunan, perdagangan, energi, perubahan iklim, kesetaraan gender. Pembahasan isu-isu tersebut dilakukan oleh kementerian terkait pada tingkat menteri masing-masing negara anggota.

Indonesia Resmi Terima Presidensi G20


Infografis Indonesia Terima Tongkat Estafet Presidensi G20. (Liputan6.com/Trieyasni)

Indonesia resmi meneruskan estafet presidensi G20 dari Italia dan untuk pertama kalinya akan memegang presidensi G20 pada tahun 2022. Penyerahan presidensi tersebut dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma yang berlangsung di La Nuvola, Roma, Italia, pada Minggu, 31 Oktober 2021. Selain itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah sekaligus Presiden G20 pada 2022, sesuai kesepakatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-15 di Riyadh, Arab Saudi.

Jokowi menjelaskan bahwa presidensi G20 Indonesia akan mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar ‘Recover Together, Recover Stronger‘. Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia di G20.

Dampak G20 bagi Indonesia


Indonesia akan mendapat banyak keuntungan dengan menjadi tuan rumah Group of Twenty (G20) pada 2022. Salah satu keuntungan yang didapat Indonesia dengan menjadi presidensi G20 adalah bisa mengarahkan agenda. Keuntungan lain dengan posisi Indonesia sebagai tuan rumah, pemerintah bisa mengharapkan dampak positif dari hadirnya delegasi berbagai negara ke Indonesia. Ini akan sangat membantu pemulihan pariwisata dan industri di Indonesia.

Presidensi G20 memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi Indonesia. Termasuk pada sektor perdagangan dan investasi. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) juga menilai hal itu akan berdampak positif pada iklim investasi di Indonesia. Momentum presidensi G20 dinilai dapat digunakan untuk mempromosikan keberhasilan Undang Undang Cipta Kerja. Sehingga Indonesia dapat menjadi negara tujuan investasi di Asia dan global. Pemimpin negara-negara yang membawa perwakilan pengusaha di negaranya akan menilai bahwa Indonesia layak menjadi tujuan investasi.

Selain itu, presidensi G20 juga akan berdampak pada branding dunia bisnis di Indonesia. Indonesia dinilai akan memperoleh pengakuan internasional, visibilitas, dan branding positif bagi turisme Indonesia, komunitas industri dan bisnis.

Pro Kontra G20


Beberapa waktu lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melontarkan penilaian kontroversial. Dia berpendapat masuknya Indonesia dalam forum 20 negara perekonomian terbesar dunia (G20) itu tidak ada manfaatnya.

Susi justru melihat kerugian yang harus diterima Indonesia ketika ikut G20. Kerugian itu harus dialami di sektor kelautan. Semisal, nilai ekspor Tuna Indonesia mencapai USD 700 juta. Gara-gara G20, Indonesia tidak dapat kemudahan zero persen tarif dan harus membayar tarif 14 persen dengan nilai USD 105 juta. Susi mendesak agar aturan terkait perikanan dalam G20 tidak merugikan sektor perikanan Indonesia.

Pendapat Susi itu tentu bertolak belakang dengan pernyataan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang membangga-banggakan capaian Indonesia masuk forum G20. Capaian itu dimasukkan dalam salah satu prestasi pemerintah yang sanggup mengantar Indonesia sejajar dengan negara besar di dunia.

Apa itu COP26 ?


Disaster Displacement at COP26

COP26 merupakan singkatan dari Conference of the Parties ke-26 atau diartikan sebagai Pertemuan Para Pihak. COP adalah forum tingkat tinggi tahunan bagi 197 negara untuk membicarakan perubahan iklim dan bagaimana negara-negara di dunia berencana untuk menanggulanginya. COP berkumpul untuk menangani hal-hal yang terkait dengan Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim, atau UNFCCC, yang merupakan perjanjian besar PBB yang menyatakan bahwa negara-negara perlu bersatu untuk mencari tahu cara menghentikan pemanasan global.

Setahun sekali, perwakilan dari semua negara dalam perjanjian berkumpul untuk menuntaskan aksi dan kebijakan perubahan iklim internasional terkait UNFCCC. COP26 adalah nama spesifik dari pertemuan besar perubahan iklim tahun ini.

COP26 berlangsung di Glasglow, Skotlandia pada 31 Oktober–12 November 2021. COP26 memiliki empat agenda yang merupakan penyempurnaan dari COP edisi sebelumnya demi mencapai tujuan utama konfrensi tersebut, yaitu menekan laju pemanasan global. Keempat agenda tersebut adalah menyetujui langkah perubahan komitmen pengurangan emisi, memperkuat adaptasi terhadap dampak perubahan iklim, mengalirkan pendanaan untuk aksi iklim, dan meningkatkan kerja sama internasional dalam transisi energi dan transportasi ramah lingkungan.

Dampak COP26 bagi Indonesia


Konferensi Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa Bangsa terkait perubahan iklim edisi ke-26 atau COP26 merupakan momentum bagi Indonesia untuk menarik investasi hijau sebesar mungkin.

Indonesia memiliki potensi besar untuk menurunkan emisi dari sektor kehutanan, energi, transportasi sebesar 650 Mton CO2e dan 398 Mton CO2e dengan bantuan pendanaan internasional. Oleh karena itu, gelaran COP26 merupakan momentum Indonesia untuk menjadi negara destinasi Green Investment.

Sebagai negara yang telah meratifikasi Paris Agreement, Indonesia juga telah memiliki target-target yang akan dicapai terkait pengurangan emisi dan perubahan iklim.

Salah satunya pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29% (tanpa syarat dan dilakukan secara mandiri) dan 41% (dengan dukungan internasional) pada 2030. Dalam upaya pemenuhan target pengurangan emisi ini, pemerintah perlu mendapat dukungan dari semua pihak terutama dari perusahaan-perusahaan yang secara langsung proses produksinya terkait dengan emisi gas rumah kaca seperti perusahaan tambang.

 

 

 

sumber :

https://ekonomi.bisnis.com/read/20211030/9/1460044/indonesia-menjadi-presidensi-g20-tahun-2022-apa-itu-g20

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4699456/headline-indonesia-pegang-presidensi-g20-tahun-2022-arti-penting-dan-strategisnya

https://nasional.tempo.co/read/1523337/indonesia-resmi-terima-presidensi-g20-jokowi-undang-para-pemimpin-dunia-ke-bali/full&view=ok

https://www.merdeka.com/peristiwa/pro-dan-kontra-usulan-susi-agar-indonesia-keluar-dari-g20.html

https://www.viva.co.id/berita/dunia/1418841-dibuka-tadi-malam-apa-itu-cop26-dan-mengapa-begitu-penting

https://ekonomi.bisnis.com/read/20211103/9/1461415/ktt-cop26-momentum-indonesia-jadi-destinasi-investasi-hijau