Jurnal Perkuliahan RPL Pertemuan 14

Nama : Alya Zahradita Sironi

NPM : 2115061078

Kelas : Teknik Informatika A

Dosen Pengampu : Rio Ariestia Pradipta, S.Kom., M.T.I

SOFTWARE QUALITY ASSURANCE

0__mXL5OS3uMKd49OW

Dalam menjalankan proses software QA, ini beberapa yang diperlukan:

  • Laptop (Linux OS/ Mac)
  • Device utk pengujian
  • Pengetahuan pemrograman
  • Terbiasa dengan Git
  • Terbiasa dengan Agile (Scrum)

Objektifnya untuk QA, yaitu sebagai berikut:

  1. Memahami aspek software quality assurancequality control, dan kualitas software beserta praktik terbaik, alat dan teknik terbaik untuk para pengembang software.
  2. Memahami kualitas spesifikasi, desain, konsruksi dan kesesuaian yang dapat diterapkan ke dalam organisasi pengembangan software baik mikro maupun makro.
  3. Memahami pencapaian kualitas pada tingkat komponen dan mengeksplorasi kualitas proses dari sudut pandang implementasi bukan dari sudut pandang appraiser / assessor.
  4. Memahami dasar framework yang digunakan dalam melakukan aktivitas dan mengetahui langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai kesesuaian dengan model-model tersebut.
  5. Mampu menyusun dokumentasi aktivitas SQA.

Tugas Pokok dan Tanggung Jawab Terperinci QA

  • Memiliki tugas pokok dalam perencanaan prosedur jaminan kualitas suatu produk atau jasa
  • Menafsirkan dan menerapkan standar jaminan kualitas
  • Mengevaluasi kecukupan standar jaminan kualitas
  • Merancang sampel prosedur dan petunjuk untuk mencatat dan melaporkan data berkualitas
  • Meninjau pelaksanaan dan efisiensi kualitas dan inspeksi sistem agar berjalan sesuai rencana, melaksanakan dan memantau pengujian dan inspeksi bahan dan produk untuk memastikan kualitas produk jadi.
  • Mendokumentasikan audit internal dan kegiatan jaminan kualitas lainnya
  • Mengumpulkan dan menyusun data kualitas statistik
  • Menganalisis data untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan dalam sistem mutu
  • Mengembangkan, merekomendasikan dan memantau tindakan perbaikan dan pencegahan
  • Menyiapkan laporan untuk berkomunikasi hasil dari kegiatan kualitas
  • Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan mengatur intervensi pelatihan untuk memenuhi standar kualitas
  • Mengkoordinasikan dan dukungan di tempat audit yang dilakukan oleh penyedia eksternal
  • Mengevaluasi temuan audit dan menerapkan tindakan koreksi yang tepat
  • Mengelola dan memeriksa kegiatan manajemen risiko
  • Bertanggung jawab untuk sistem manajemen dokumen
  • Memastikan kepatuhan berkelanjutan dengan persyaratan peraturan kualitas dan industri yang ditetapkan perusahaan.

Soft skill yang harus diperlukan oleh seorang SQA:

  • Orientasi layanan pelanggan
  • Teliti
  • Detail
  • Pandai untuk komunikasi secara lisan dan tertulis
  • Mampu dalam pengumpulan data
  • Manajemen dan analisis
  • Menganalisis masalah dan pemecahan masalah perencanaan dan pengorganisasian keputusan Pengambilan keputusan
  • Mampu bekerja sama

ISO 9126 adalah standar terhadap kualitas perangkat lunak yang diakui secara internasional. ISO 9126 mendefinisikan kualitas produk perangkat lunak, model, karakteristik mutu, dan metrik terkait yang digunakan untuk mengevaluasi dan menetapkan kualitas sebuah produk software. Selain itu, standar ISO juga harus dipenuhi dari sisi manajemen. Jika manajemennya tidak memenuhi standar ISO maka hasil kerjanya pun tidak dapat diberikan sertifikat standar ISO.

CMMI adalah singkatan dari Capability Maturity Model Integration. Ini adalah kerangka kerja (framework) yang bisa digunakan untuk mengembangkan proses di dalam perusahaan.

Apa itu proses? Proses adalah cara kita melakukan suatu tugas. Misalnya, membuat proposal, menganalisa kebutuhan client, membuat kode program, dan kegiatan lainnya. Semua tata laksana kegiatan tersebut dikenal dengan nama proses atau prosedur.

CMMI membantu kita untuk memperbaiki proses di perusahaan/organisasi kita. Dengan membaiknya proses, diharapkan produk yang dihasilkan akan ikut menjadi baik.

CMMI dirumuskan oleh Software Engineering Institute di Carnegie Mellon University. Para peneliti di SEI telah mengamati proyek pembangunan perangkat lunak di seluruh dunia, mulai dari proyek kecil sampai proyek raksasa. Organisasi yang diteliti meliputi NASA, IBM, dan kontraktor Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Pengalaman yang dimiliki organisasi tersebut dirangkum dalam seperangkat aturan yang disebut CMMI.

Menurut American Society of Quality, Six Sigma adalah sebuah tool atau cara perusahaan dapat mengembangkan kapasitas proses bisnis. Tujuan metode ini adalah meningkatkan performa dan menurunkan kemungkinan kesalahan.

Pada akhirnya, Six Sigma mampu mewujudkan proses sebuah perusahaan yang kualitas produksinya lebih baik, meningkatkan keuntungan, dan bahkan meningkatkan semangat karyawan.

Six Sigma mendapatkan namanya dari kata “six” yang berarti enam (6) dan “sigma” yang berarti standar deviasi, yaitu salah satu ukuran sebaran data dalam ilmu statistika.

Metodologi ini berasal dari kurva lonceng dalam statistika, di mana satu sigma melambangkan satu standar deviasi dari mean atau rata-rata.

Jika suatu proses memiliki enam sigma yang terdiri dari tiga sigma di atas dan di bawah, tingkat  kegagalannya dinilai rendah. Secara sederhana, semakin tinggi nilai sigma, semakin kecil kemungkinan cacat sebuah proses.

Jurnal Perkuliahan RPL Pertemuan 11

Nama : Alya Zahradita Sironi

NPM : 2115061078

Kelas : Teknik Informatika A

Dosen Pengampu : Rio Ariestia Pradipta, S.Kom., M.T.I

 

KONSEP DESAIN PERANGKAT LUNAK

Prinsip Desain Perangkat Lunak dan Rekayasa Perangkat Lunak

Desain merupakan langkah utama pada fase (tahap, tingkatan, masa) pengembangan bagi suatu produk atau sistem yang direkayasa. Desain perangkat lunak berada pada posisi teknik inti dari suatu proses rekayasa perangkat lunak yang digunakan. pada dasarnya desain perangkat lunak memiliki prinsip atau aktivitas sebagai berikut.

  1. Desain Data (Data Design)
    Desain data merupakan suatu aktivitas pertama dan juga yang terpentig dari empat aktivitas desain yang dilakukan selama rekayasa perangkat lunak. Proses dalam pemilihan struktur didalam menentukan desain yang paling efisien dan juga yang sesuai kebutuhan. Desain data mentransformasikan model domain suatu informasi yang dibuat selama analisis ke dalam struktur data yang akan diperlukan untuk dapat menngimplementasikan perangkat lunak.
  2. Desain Arsitektur (Architectural Design)
    Pada desain arsitektur ini menentukan suatu hubungan diantara elemen-elemen struktur utama dan program.
  3. Desain Antar Muka (Interface Design)
    Pada desain interface menggambarkan bagaimana PL berinteraksi dengan sistem yang berinteroperasi dengan desain interface tersebut serta pengguna yang menggunakannya.
  4. Desain Prosedural (Procedural Design)
    Mentransformasikan elemen-elemen struktural dari desai arsitektur progrma ke dalam sebuah deskripsi prosedural dari komponen-komponen Perangkat lunak.

Desain perangkat lunak berupa model dan proses. Proses desain merupakan serangkaian langkah / tahap / step iteratif yang memungkinkan desainer menggambarkan semua aspek perangkat luank yang dibangun. Sedangkan Model Desain merupakan ekivalen rencana arsitek untuk membangun suatu sistem interface, model desain menyajikan totalitas dari hal-hal yang akan dibangun.

Prinsip-prinsip desain dasar untuk mengendalikan proses desain. Davis mengusulkan serangkaian prinsip bagi desain perangkat lunak, antara lain sebagai berikut :
  1. Proses desain tidak boleh menderita karena “tunnel vision”
  2. Desain harus dapat ditelusuri sampai pada model analisis.
  3. Desain tidak boleh “berulang”
  4. Desain harus ” Meminimalkan kesenjangan intelektual”
  5. Dsain harus mengungkapkan keseragaman dan integritasi.
  6. Desain harus terstruktur untuk mengakomodasi perubahan.
  7. Desain harus terstruktu untuk berdegradasi dengan baik , bahkan pada saat data dan event” menyimpang, / sedang menghadapi kondisi operasional.
  8. Desain bukanlah pengkodean
  9. Desain harus dinilai kualitasnya pada saat desain dibuat, bukan setelah jadi
  10. Desain harus dikaji untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan konseptual (semantik).

Jika prinsip diatas sudah diterapkan dengan benar, maka RPL mampu menciptakan suatu desain yang mengungkapkan baik itu faktor kualitas internal dan juga eksternal.

Dalam konsep -konsep desain perangkat lunak terdapat :

  • Abstraksi

Abstraksi memungkinkan desainer menentukan prosedur dan data, dan masih menekan detail tingkat rendah.

Terdapat 3 macam bentuk abstraksi, yaitu :
a. Abstraksi prosedural.
Merupakan urutan instruksi yang diberi nama yang mempunyai fungsi tertentu dan terbatas.
b. Abstraksi data.
Kumpulan data yang bernama yang menggambarkan obyek data.
c. Abstraksi kontrol.
Mengimplikasikan suatu mekanisme kontrol program tanpa menentukan detail-detail internal

  • Penyaringan

Penyaringan stepwise (dengan serangkaian langkah) adalah strategi desain top-down yang diusulkan oleh Wiklaus Wirth. Kajian dari konsep tersebut adalah
“Pada setiap langkah (penyaringan), satu atau beberapa instruksi dari program yang diberikan didekomposisi ke dalam instruksi-instruksi yang lebih detail. Dekomposisi berurutan atau penyaringan spesifikasi berhenti bila semua instruksi diekspresikan dalam bentuk bahasa pemrograman atau komputer yang mendasar. Jika tugas-tugas disaring, maka data harus disaring juga, didekomposisi atau distruktur, dan adalah wajar untuk menyaring program dan spesifikasi data secara paralel” .

Abstraksi dan penyaringan adalah konsep kompementer. Kedua konsep tersebut membantu desainer dalam menciptakan suatu model desain lengkap jika desain berkembang.

  • Modularitas

Modularitas merupakan atribut tunggal dari perangkat lunak yang memungkinkan sebuah program untuk dikelola secara intelektual.
Meyer menyebutkan 5 kriteria yang memungkinkan kita untuk mengevaluasi suatu metode desain dengan merujuk pada kemampuannya untuk menentukan sistem modular yang efektif.
a. Dekomposisi modular.
b. Komposabilitas modular.
c. Kemampuan pemahaman modular.
d. Kontinuitas modular.
e. Proteksi modular.

  • Arsitektur Perangkat Lunak

Arsitektur perangkat lunak mencakup “struktur keseluruhan perangkat lunak dan cara dimana struktur memberikan integrasi konseptual bagi suatu sistem”.

Shaw dan Garlan menjelaskan sekumpulan properti yang seharusnya ditetapkan sebagai bagian dari desain arsitektural :
a. Properti struktural.
Menentukan komponen suatu sistem dan cara dimana komponen-komponen tersebut dikemas dan berinteraksi satu dengan yang lain.
b. Properti ekstra-fungsional.
Menekankan pada bagaimana arsitektur desain memenuhi persyaratan kinerja, kapasitas, reliabilitas, keamanan, adaptibilitas, dan karakteristik sistem yang lain.
c. Keluarga dari sistem yang berhubungan.
Desain harus memiliki kemampuan untuk memakai lagi blok bangunan arsitektural tersebut.

  • Hirarki Kontrol

Hirarki kontrol, disebut juga struktur program merepresentasikan organisasi komponen program serta mengimplikasikan suatu hirarki kontrol. Hirarki kontrol tidak mengimplikasikan aspek prosedural dari perangkat lunak, seperti urutan proses, kejadian/urutan dari keputusan, atau pengulangan operasi.

  • Partisi Struktural

Struktur progam harus dipartisi baik secara horizontal maupun vertikal.
Partisi horizontal menentukan cabang-cabang terpisah dari hirarki modular untuk setiap fungsi program mayor. Keuntungannya :
a. menghasilkan perangkat lunak yang lebih mudah diuji.
b. Membawa kepada perangkat lunak yang lebih mudah dipelihara.
c. Menghasilkan penyebaran efek samping yang lebih sedikit.
d. Menghasilkan suatu perangkat lunak yang lebih mudah untuk diperluas.
Partisi vertikal menyatakan bahwa kontrol dan kerja harus didistribusikan secara top-down dalam arsitektur program.

  • Struktural Data

Struktur data adalah representasi dari hubungan logis antara elemen-elemen data individual.

  • Prosedur Perangkat Lunak

Prosedur perangkat lunak berfokus pada detail-detail pemrosesan dari masing-masing modul secara individual. Prosedur harus memberikan spesifikasi yang teliti terhadap pemrosesan, mencakup urutan event, poin-poin keputusan nyata, operasi repetitif, dan organisasi struktur data.

  • Penyembunyian Informasi

Prinsip penyembunyian informasi menyatakan bahwa bahwa modul ditandai dengan keputusan desain tersembunyi dari semua desain lain.

Cohesion and Coupling

1_wtFdHw_l_-muj2e6mowmYA

Coupling adalah ketergantungan modul satu dengan modul yang lain. Cohesion adalah keterikatan fungsi-fungsi didalam di dalam suatu modul. Cohesion dan Coupling merupakan ukuran untuk menilai rancangan class yang dibuat untuk perangkat lunak. Pada saat software dibuat, developer biasanya membagi software/perangkat lunak menjadi modul-modul yang kecil untuk memastikan bahwa modul yang dirancang menganut prinsip “Loose Coupling, High Cohesion”. Coupling adalah derajat ketergantungan suatu modul terhadap modul lainnya. Kita harus pastikan bahwa suatu modul seminimal mungkin tergantung atau berpengaruh terhadap modul lainnya. Tujuannya jika ada update secara internal di dalam suatu modul, modul-modul lainnya tidak akan terlalu kena pengaruh.
Selain itu Coupling juga dapat diartikan sebagai sebuah ukuran untuk mengukur berapa kuatnya sebuah element terhubung dengan element lain.Ukuran ini dipakai juga untuk mengetahui seberapa kuat informasi yang dimilikinya,atau ketergantungan ke elemen lain. Sebagai contoh jika anda bayangkan jika anda mengubah 1 modul A, tapi karena modul lain memiliki ketergatungan terhadap modul A, maka efek perubahan ini mungkin saja punya impact terhadap modul lain. Karena itu low coupling sangat penting dalam perencanaan software.

Sedangkan kohesi adalah keterikatan fungsi-fungsi di dalam suatu modul. Maksudnya adalah modul yang dibuat memiliki fungsi-fungsi yang serupa untuk satu tanggung jawab. Karena itu high cohesion sangat penting dalam perancangan software.

Modul kohesi melakukan suatu tugas tunggal pada suatu prosedur perangkat lunak yang memerlukan sedikit interaksi dengan prosedur yang sedang dilakukan di bagian lain dari suatu program. Karena itu high cohesion sangat penting dalam perancangan software.

Jurnal Perkuliahan RPL Pertemuan 10

Nama : Alya Zahradita Sironi

NPM : 2115061078

Kelas : Teknik Informatika A

Dosen Pengampu : Rio Ariestia Pradipta, S.Kom., M.T.I

CLASS DIAGRAM

overview-class-diagram

Definisi Class Diagram

Class diagram atau diagram kelas adalah salah satu jenis diagram struktur pada UML yang menggambarkan dengan jelas struktur serta deskripsi class, atribut, metode, dan hubungan dari setiap objek. Ia bersifat statis, dalam artian diagram kelas bukan menjelaskan apa yang terjadi jika kelas-kelasnya berhubungan, melainkan menjelaskan hubungan apa yang terjadi.

Diagram kelas ini sesuai jika diimplementasikan ke proyek yang menggunakan konsep object-oriented karena gambaran dari class diagram cukup mudah untuk digunakan.

Desain model dari diagram kelas ini sendiri dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama merupakan penjabaran dari database. Bagian kedua merupakan bagian dari modul MVC, yang memiliki class interfaceclass control, dan class entity.

Fungsi Class Diagram

Diagram kelas ini memiliki beberapa fungsi, fungsi utamanya yaitu menggambarkan struktur dari sebuah sistem. Berikut ini adalah fungsi-fungsi lainnya:

  • Menunjukan struktur dari suatu sistem dengan jelas.
  • Meningkatkan pemahaman tentang gambaran umum atau skema dari suatu program.
  • Dapat digunakan untuk analisis bisnis dan digunakan untuk membuat model sistem dari sisi bisnis.
  • Dapat memberikan gambaran mengenai sistem atau perangkat lunak serta relasi-relasi yang terkandung di dalamnya.

Keunggulan

Menurut LucidChart, class diagram memberikan beberapa keunggulan bagi pemrograman, terutama dalam bisnis. Berikut adalah beberapa keunggulan class diagram.

  • Mampu mengilustrasikan model data untuk sistem informasi, terlepas dari apakah model data tersebut rumit atau sederhana.
  • Memberikan gambaran umum mengenai skema aplikasi dengan lebih baik.
  • Membantumu menyampaikan secara visual kebutuhan spesifik apa pun dari suatu sistem dan menyebarkan informasi tersebut ke bisnis.
  • Terdapat bagan terperinci yang menyoroti kode spesifik yang perlu diprogram dan diterapkan ke struktur yang sesuai.
  • Menyediakan deskripsi implementasi independen dari tipe yang digunakan dalam sistem untuk kemudian diteruskan di antara komponen-komponennya.

Komponen Penyusun Class Diagram

Diagram kelas memiliki tiga komponen penyusun. Berikut ini adalah komponen-komponennya:

Contoh_komponen_class_diagrampng-1024x538

  • Komponen atas
    Komponen ini berisikan nama class. Setiap class pasti memiliki nama yang berbeda-beda, sebutan lain untuk nama ini adalah simple name (nama sederhana).

  • Komponen tengah
    Komponen ini berisikan atribut dari class, komponen ini digunakan untuk menjelaskan kualitas dari suatu kelas. Atribut ini dapat menjelaskan dapat ditulis lebih detail, dengan cara memasukan tipe nilai.

  • Komponen bawah
    Komponen ini menyertakan operasi yang ditampilkan dalam bentuk daftar. Operasi ini dapat menggambarkan bagaimana suatu class dapat berinteraksi dengan data.

  • Komponen tambahan
  1. Class, yang merepresentasikan obyek atau sekumpulan obyek yang memiliki persamaan struktur.
  2. Signals, yaitu simbol yang mewakili komunikasi asinkron satu arah antara objek aktif.
  3. Tipe data yang terbentuk dengan melakukan pengklasifikasi yang menentukan nilai data. Tipe data ini dapat menghasilkan tipe primitif dan pencacahan.
  4. Packages yang dirancang untuk mengatur pengklasifikasi terkait dalam diagram. Komponen ini dilambangkan dengan bentuk persegi panjang.
  5. Interface, yaitu sekumpulan atribut yang mendefinisikan sekumpulan perilaku yang kohesif. Komponen ini mirip dengan class, namun harus memiliki setidaknya satu class untuk mengimplementasikannya.
  6. Enumerations, yang menggambarkan tipe data yang ditentukan pengguna. Komponen enumerations mencakup kelompok pengenal yang mewakili nilai-nilai pencacahan.
  7. Objek, adalah item yang dapat ditambahkan ke dalam class diagram untuk mewakili contoh konkret atau prototipe.
  8. Artifacts,  yaitu elemen model yang mewakili entitas konkret dalam sistem perangkat lunak. Misalnya, dokumen, database, file yang dapat dieksekusi, komponen perangkat lunak, dan sebagainya.

Hubungan Antar Class

Setelah kita mengetahui penjelasan tentang diagram kelas, sekarang kita akan membahas hubungan antar kelasnya. Ada tiga hubungan dalam diagram kelas. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Asosiasi
    Pertama ada asosiasi. Asosiasi dapat diartikan sebagai hubungan antara dua class yang bersifat statis. Biasanya asosiasi menjelaskan class yang memiliki atribut tambahan seperti class lain.

Contoh_Asosiasi-1024x538

  • Agregasi
    Agregasi adalah hubungan antara dua class di mana salah satu class merupakan bagian dari class lain, tetapi dua class ini dapat berdiri masing-masing.

Contoh_agregasi-1024x538

  • Pewarisan
    Pewarisan atau inheritance dapat disebut juga generalization dalam class diagram adalah suatu kemampuan untuk mewarisi seluruh atribut dan metode dari class asalnya (superclass) ke class lain (subclass).

Contoh_pewarisan-1024x538

Relasi dalam Class Diagram

WhatsApp Image 2022-04-23 at 12.15.40

Contoh Class Diagram

Berikut ini adalah contoh dari diagram kelas sistem perpustakaan.

Contoh_class_diagram-1024x538

Kesimpulan

Jadi, itulah pembahasan tentang class diagram. Diagram kelas sendiri merupakan salah satu jenis diagram UML yang digunakan untuk menggambarkan serta mendeskripsikan class, atribut, metode, dan hubungan dari setiap objek. Ia juga memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah dapat memberikan gambaran mengenai sistem atau perangkat lunak serta relasi-relasi yang terkandung di dalamnya.

KUIS PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Nama : Alya Zahradita Sironi

NPM : 2115061078

Kelas : Teknik Informatika A

Dosen Pengampu : Rio Ariestia Pradipta, S.Kom., M.T.I

 

PENANGANAN SAMPAH PLASTIK DI TELUK LAMPUNG

Sampah-Plastik1

Apa akar masalah yang terjadi?

Sampah plastik merupakan persoalan penting yang dihadapi Provinsi Lampung saat ini. Data Dinas Lingkungan Hidup [DLH] Provinsi Lampung menunjukan, tiap masyarakat rata-rata menghasilkan sampah sebanyak 0,45 kilogram/hari. Sementara, masih berdasarkan data DLH 2020, timbunan sampah di Lampung mencapai 1.630.317,05 ton/tahun.

Achmad Jon Viktor, Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, mengatakan keadaan ini tidak terlepas dari fenomena belanja sistem online. Menurut dia, banyak masyarakat yang menggunakan jasa kirim dengan plastik yang berlapis.

Ia menjelaskan, kendala Pemerintah Lampung dalam mengelola sampah plastik sekali pakai adalah minimnya sarana prasarana. Secara umum, armada angkutan sampah belum memadai dan pemanfaatan kembali sampah plastik baru sebatas mengharapkan bank sampah dan lapak rongsok.

Menurut Viktor, upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung untuk mengurangi sampah adalah berkoordinasi dalam hal pengelolaan dengan dinas di tingkat kabupaten dan kota. Selain itu, pihaknya juga mengadakan sosialisasi terutama di daerah yang belum menerima layanan angkutan sampah.

Wilayah Teluk Lampung sendiri masuk dalam wilayah administrasi Kota Bandar Lampung, Kabupaten Pesawaran, dan Kabupaten Lampung Selatan yang terletak pada pangkal teluk, sedangkan di arah selatan-tenggara atau mulut teluk berhadapan langsung dengan Selat Sunda. Di sekitar wilayah ini, terdapat beberapa aktivitas pertambakan yang sering membuang limbah pascapanen langsung ke laut, selain sampah yang berasal dari limbah rumah tangga dan kapal-kapal besar yang hanyut sampai ke tepi.

Siapa yang terdampak?

Dampak sampah plastik yang tidak tertangani dapat mencemari lingkungan dan sulit terurai. Terlebih, pemanfaatan sampah di Lampung masih sangat sedikit. Material sampah tersebut anorganik, jadi sulit terurai. Prosesnya dari polimer yang dibentuk dari bahan-bahan asal minyak. Itu yang menyebabkan sulit terurai, rata-rata butuh 30-100 tahun dan menyebabkan kerusakan dalam proses siklus lingkungan.

Dampak sampah plastik akan makin terasa saat mencemari saluran-saluran air dan masuk tubuh manusia dalam bentuk mikroplastik. Mikroplastik bila masuk dalam tubuh manusia bisa menyebabkan kanker dan penyakit lain. Bisa juga menyebabkan kegagalan multiorgan. Paling bahaya akan menyerang ginjal dan hati karena sifatnya sangat beracun.

Sampah plastik yang tidak tertangani juga dapat mencemari pesisir. Hasil observasi sepuluh tahun terakhir terhadap sampah plastik dan logam berat di Teluk Lampung, keberadaannya mencapai radius 3 kilometer dari bibir pantai.

Dari hasil riset kandungan PAH [Polyaromatik Hidrokarbon] juga cukup tinggi, semacam senyawa kimia yang merupakan hasil penguraian sampah plastik berasal dari bahan oleokimia,

Analisa solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah

Hal paling mendasar adalah meminta penjual untuk mengurangi pembungkus plastik. Kita juga dapat memanfaatkan kembali pembungkus plastik setelah dibersihkan, lalu dipilah untuk didaur ulang.

Semua pihak baik pemerintah maupun non pemerintah terkait harus dapat bekerja secara komprehensif agar masalah sampah, khususnya sampah laut di Pesisir Teluk Lampung, segera bisa diatasi. Dalam hal ini, pemerintah akan mengambil keputusan terkait langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh masing-masing pihak.

Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Provinsi Lampung, Ahmad Lianurzen mengatakan, Pemerintah Pusat menargetkan Provinsi Lampung dapat mengurangi sampah plastik di laut hingga 70 persen pada 2025 mendatang. Target ini, lanjut Lianurzen, dapat terealisasi jika manajemen pengolahan sampah dan limbah dapat terbangun dengan baik.

Pemerintah Provinsi Lampung harus mengembangkan Kawasan Teluk Lampung menjadi kawasan wisata terintegrasi. Untuk itu, pemerintah harus berkomitmen mengentaskan masalah sampah laut ini.

Selain itu, pemerintah juga harus menyediakan tempat pembuangan sementara (TPS) dan tempat pembuangan akhir (TPA) diberbagai wilayah. Pemerintah dan non pemerintah juga harus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat terkait masalah dan solusi untuk penanganan sampah seperti menjalankan sebuah program yang akan membantu mengurangi sampah plastik.

Siapa saja yang harus menerapkan solusi tersebut?

Semua pihak, baik pemerintah maupun non pemerintah. Karena masalah sampah ini tidak bisa ditangani hanya oleh satu pihak, semua pihak harus memberikan kontirbusi agar target yang diinginkan dapat tercapai. Contohnya, penjual harus mengurangi penggunaan plastik, masyarakat umum juga harus mengurangi penggunaan plastik seperti membawa botol minum sendiri dari rumah, dan pemerintah harus menyediakan banyak tempat pembuangan di berbagai wilayah, serta petugas kebersihan juga harus ikut terlibat dalam solusi ini.

 

SUMBER REFERENSI

https://www.mongabay.co.id/2020/12/09/sampah-sumber-segala-masalah-lingkungan-di-teluk-lampung/

https://www.mongabay.co.id/2021/06/09/harus-ada-solusi-penanganan-sampah-plastik-di-lampung/

http://bappeda.lampungprov.go.id/berita-pemerintah-targetkan-kurangi-sampah-plastik-di-teluk-lampung-hingga-70-persen.html

COP26 Indonesia

Nama : Alya Zahradita Sironi

NPM : 2115061078

Kelas : PSTI A

JURNAL PERKULIAHAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN PERTEMUAN 11

COP26

joko-widodo-memberikan-pidato-di-ktt-cop26-1

Apa itu COP26?

COP26 adalah rangkaian pertemuan tingkat tinggi yang membahas tentang perubahan iklim. COP singkatan dari Conference of the Parties. Dan angka 26 adalah angka yang menunjukkan urutan pertemuan yang terbaru.

COP26 akan berlangsung pada tanggal 31 Oktober 2021. Pertemuan atau konferensi tingkat tinggi (KTT) itu, diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang mengurusi persoalan perubahan iklim.

COP, menurut laman resmi PBB, adalah badan pembuat keputusan tertinggi dari konvensi perubahan iklim. Semua negara yang termasuk pihak konvensi COP, akan meninjau pelaksanaan konvensi dan menggunakan instrumen hukum dalam mengambil keputusan yang diperlukan.

Keputusan-keputusan tersebut khususnya akan berdampak pada perjuangan mengatasi masalah krisis iklim yang saat ini telah mengkhawatirkan kehidupan umat manusia di bumi.

Mengapa COP dibentuk?

Secara sederhana, dapat dipahami bahwa COP adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) perubahan iklim. KTT ini pertama kali dilaksanakan di Berlin, Jerman, pada tahun 1995 yang lalu.

KTT selanjutnya terus dilakukan tiap tahun di beberapa negara lintas benua, yakni Asia, Eropa, Amerika juga Afrika.

Tujuan utama dari COP adalah melaksanakan konvensi untuk menentukan kerangka kerja atas kebijakan melawan perubahan iklim. Hal yang dibahas adalah perjanjian internasional yang ditandatangani setiap negara dan teritori di dunia.

Utamanya, untuk membatasi dampak aktivitas manusia atas iklim. Aktivitas manusia dalam berbagai bidang seperti misalnya industri, telah banyak menimbulkan kerusakan alam.

Pemanasan global yang terjadi atas kerusakan tersebut, oleh para ilmuwan dikhawatirkan akan menimbulkan bencana yang serius bagi kehidupan manusia.

Apa yang diharapkan dari COP26?

  • Menjaga tujuan agar kenaikan suhu tidak lebih dari 1,5 derajat celsius
  • Mencapai kesepakatan untuk waktu penghentian penggunaan bahan bakar fosil seperti batu bara sebagai sumber energi
  • Mengalokasikan 100 miliar dolar AS (Rp1.420 triliun) untuk pendanaan iklim tahunan guna membantu negara berkembang mengurangi emisi karbon
  • Dalam waktu 14-19 tahun ke depan, semua mobil baru yang dijual adalah mobil nol emisi
  • Mengakhiri deforestasi pada akhir dekade
  • Mengurangi emisi metana, hidrokarbon dengan rumus kimia CH4 yang jauh lebih berbahaya dari pada karbon dioksida.

Sumber :

https://www.idntimes.com/news/world/pri-145/perubahan-iklim-apa-itu-cop26-dan-mengapa-itu-penting-c1c2/6

G20 Indonesia

Nama : Alya Zahradita Sironi

NPM : 2115061078

Kelas : PSTI A

JURNAL PERKULIAHAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN PERTEMUAN 11

G20

617f4a7e54ea7

Apa itu G20?

G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20  merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Sejarah G20

Dibentuk pada 1999 atas inisiasi anggota G7, G20 merangkul negara maju dan berkembang untuk bersama-sama mengatasi krisis, utamanya yang melanda Asia, Rusia, dan Amerika Latin. Adapun tujuan G20 adalah mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

G20 pada awalnya merupakan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Namun sejak 2008, G20 menghadirkan Kepala Negara dalam KTT dan pada 2010 dibentuk pula pembahasan di sektor pembangunan. Sejak saat itu G20 terdiri atas Jalur Keuangan (Finance Track) dan Jalur Sherpa (Sherpa Track). Sherpa diambil dari istilah untuk pemandu di Nepal, menggambarkan bagaimana para Sherpa G20 membuka jalan menuju KTT (Summit).

Alasan Indonesia Bisa Masuk G20

  • Pertumbuhan ekonomi di Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Di saat krisis ekonomi melanda pada 2007-2008, pemerintahan Presiden SBY berhasil mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga menyentuh angka 4 persen.

Berkat hasil positif tersebut, Indonesia di era SBY berhasil menembus deretan tiga besar negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Asia.

Pada saat itu, Indonesia di era SBY hanya kalah dari dua negara dengan populasi penduduk terbesar, yakni China dan India.

Dengan masuknya ke forum negara G-20, Indonesia diharapkan dapat berkontribusi pemikiran dan solusi atas setiap masalah perekonomian global.

  • Krisis Ekonomi 1997-1998

Indonesia merupakan satu dari sekian banyak negara yang terkena imbas krisis ekonomi pada 1997-1998.

Dengan masuknya ke forum negara G-20, Indonesia diharapkan dapat sharing pengalamannya ketika menghadapi krisis ekonomi pada 1997-1998 guna dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk menghadapi setiap masalah perekonomian global.

  • Sambungan telepon SBY dengan Perdana Menteri Australia dan Presiden Amerika Serikat

Undangan masuk forum G-20 diperoleh Indonesia setelah SBY berkomunikasi dengan Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd dan Presiden Amerika Serikat, John Bush.

Perlu diketahui bersama, Amerika Serikat dikenal sebagai pemegang kuasa penuh atas siapa-siapa yang ingin masuk forum G-20.

Sementara Australia dikenal sebagai deputy sherrif Amerika Serikat atau dengan kata lain dikenal sebagai sekutu penting Amerika Serikat

Manfaat bagi Indonesia

  • Presidensi G20 di tengah pandemi membuktikan persepsi yang baik atas resiliensi ekonomi Indonesia terhadap krisis.
  • Merupakan bentuk pengakuan atas status Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia, yang juga dapat merepresentasikan negara berkembang lainnya.
  • Momentum presidensi ini hanya terjadi satu kali setiap generasi (+ 20 tahun sekali) dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memberi nilai tambah bagi pemulihan Indonesia, baik dari sisi aktivitas ekonomi maupun kepercayaan masyarakat domestik dan internasional.
  • Indonesia dapat mengorkestrasi agenda pembahasan pada G20 agar mendukung dan berdampak positif dalam pemulihan aktivitas perekonomian Indonesia.
  • Menjadi kesempatan menunjukkan kepemimpinan Indonesia di kancah internasional, khususnya dalam pemulihan ekonomi global. Dari perspektif regional, Presidensi ini menegaskan kepemimpinan Indonesia dalam bidang diplomasi internasional dan ekonomi di kawasan, mengingat Indonesia merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang menjadi anggota G20.
  • Membuat Indonesia menjadi salah satu fokus perhatian dunia, khususnya bagi para pelaku ekonomi dan keuangan. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan (showcasing) berbagai kemajuan yang telah dicapai Indonesia kepada dunia, dan menjadi titik awal pemulihan keyakinan pelaku ekonomi pascapandemi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
  • Pertemuan-pertemuan G20 di Indonesia juga menjadi sarana untuk memperkenalkan pariwisata dan produk unggulan Indonesia kepada dunia internasional, sehingga diharapkan dapat turut menggerakkan ekonomi Indonesia.

Sumber :

https://www.bi.go.id/id/G20/Default.aspx

https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-352921687/3-alasan-indonesia-bisa-masuk-negara-g20-salah-satunya-berkat-keberhasilan-sby-mendongkrak-ekonomi-ri