Probabilitas dan Statistika

Covid -19 atau Corona Virus

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

secara umum gejala yang menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:

1. Demam

2. Batuk

3. Sesak nafas

Virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa virus Corona juga menular dari manusia ke manusia.

Seseorang dapat tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:

  • Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19
  • Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan.

cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus ini, yaitu:

  • Hindari bepergian ke tempat-tempat umum yang ramai pengunjung (social distancing).
  • Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
  • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
  • Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
  • Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya.
  • Masak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
  • Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan.

Untuk orang yang diduga terkena COVID-19 atau termasuk kategori ODP (orang dalam pemantauan), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar virus Corona tidak menular ke orang lain, yaitu:

  • Jangan keluar rumah, kecuali untuk mendapatkan pengobatan.
  • Periksakan diri ke dokter hanya bila Anda mengalami gejala gangguan pernapasan yang disertai demam atau memenuhi kriteria PDP (pasien dalam pengawasan).
  • Usahakan untuk tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain.
  • Larang dan cegah orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk Anda sampai Anda benar-benar sembuh.
  • Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit.
  • Hindari berbagi penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengkapan tidur dengan orang lain.
  • Pakai masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain.
  • Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah.

Guna memastikan diagnosis COVID-19, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan berikut:

  • Uji sampel darah
  • Tes usap tenggorokan untuk meneliti sampel dahak (tes PCR)
  • Rontgen dada untuk mendeteksi infiltrat atau cairan di paru-paru

Pada kasus yang parah, infeksi virus Corona bisa menyebabkan beberapa komplikasi serius berikut ini:

  • Pneumonia
  • Infeksi sekunder pada organ lain
  • Gagal ginjal
  • Acute cardiac injury
  • Acute respiratory distress syndrome
  • Kematian

 

Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang sedang sakit, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

(https://www.alodokter.com/virus-corona)

Di bawah ini adalah grafik kenaikan jumlah corona di Indonesia

grafik korona

(https://news.detik.com/infografis/d-4952177/grafik-data-kasus-positif-corona-di-ri-selama-23-hari-per-24-maret-2020)

Pendidikan Kewarganegaraan

BAGAIMANA HARMONI KEWAJIBAN DAN HAK
NEGARA DAN WARGA NEGARA DALAM
DEMOKRASI YANG BERSUMBU PADA
KEDAULATAN RAKYAT DAN MUSYAWARAH
UNTUK MUFAKAT

Bentuk dari keterikatan kita terhadap negara adalah adanya hak dan kewajiban secara timbal balik, dalam tatanan kehidupan demokrasi Indonesia kita diharapkan berdisiplin diri melaksanakan kewajiban dan hak warga negara yang bersumbu pada kedaulatan rakyat dan musyawarah untuk mufakat

A. Menelusuri Konsep dan Urgensi Harmoni Kewajiban dan Hak
Negara dan Warga Negara

bagaimanakah hubungan antara hak dan kewajiban dan apa yang sebenarnya yang dimaksud oleh hak dan kewajiban tersebut. Hak adalah: Sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri. Contohnya: hak mendapatkan pengajaran, hak mengeluarkan pendapat. sedangkan Kewajiban adalah: Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Contohnya: melaksanakan tata tertib di sekolah, membayar SPP atau melaksanakan tugas yang diberikan guru dengan sebaik-baiknya dan sebagainya. Sebagai warga negara yang baik kita wajib membina dan melaksanakan hak dan kewajiban kita dengan tertib. Hak dan kewajiban warga negara diatur dalam UUD 1945 yang meliputi.

Untuk mencapai keseimbangan antara hak dan kewajiban, yaitu dengan cara mengetahui posisi diri kita sendiri. Sebagai seorang warga negara harus tahu hak dan kewajibannya. Seorang pejabat atau pemerintah pun harus tahu akan hak dan kewajibannya. Seperti yang sudah tercantum dalam hukum dan aturan-aturan yang berlaku. Jika hak dan kewajiban seimbang dan terpenuhi, maka kehidupan masyarakat akan aman sejahtera. salah satu contoh hak kita sebagai warga negara Indonesia :

–   Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak : “Tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan” (pasal 27 ayat 2).

–   Hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan: “setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.”(pasal 28A).

Dan salah satu contoh kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia :

–   Wajib menaati hukum dan pemerintahan. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi :

segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.

–   Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945

menyatakan  : “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya

pembelaan negara”.

kita sebagai warga negara yang berdemokrasi harus bangun dari mimpi kita yang buruk ini dan merubahnya untuk mendapatkan hak-hak dan tak lupa melaksanakan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia.

secara filosofis tetap mengindikasikan adanya pandangan bangsa Indonesia bahwa hak asasi tidak dapat berjalan tanpa dibarengi kewajiban asasi. Dalam konteks ini Indonesia menganut paham harmoni antara kewajiban dan hak ataupun sebaliknya harmoni antara hak dan kewajiban.

URGENSI INTEGRASI NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

Nama Mahasiswa  : Alya Nurul Fakhira
NPM                          : 1955061008
Mata Kuliah            : Pendidikan Kewarganegaraan
Nama Dosen MK    : Rio Ariestia Pradipta

Permasalahan Integrasi Nasional Yang Dilihat Dari Konflik Papua Dan Aceh

BAB I : PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Indonesia adalah negara yang berasaskan ideologi pancasila, yang berarti visi dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia adalah untuk terwujudnya kehidupan yang berjunjung tinggi ketuhanan, kemanusiaan yang adil, kesatuan dan persatuan, dan berkerakyatan. Fungsi pancasila sebagai ideologi negara Indonesia yakni sebagai sarana persatuan masyarakat, sehingga dapat di jadikan prosedur penyelesaian konflik.

Integrasi nasional adalah usaha dan mempersatukan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional.mengintegrasi itu memang sulit tapi kita sebagai bangsa Indonesia berusaha untuk emmpersatukan perbedaan apalagi bangsa Indonesia ini sangat beragam agama, suku, dan ras. Maka dari itu yang tadinya sulit menjadi mungkin karena perbedaan tersebut.

Sebagai warga negara Indonesia kita tidak bisa hanya diam saja melihat terjadinya konflik yang berada di Papua dan Aceh, kita harus mellihat apa yang menjadi latar belakang dari masalah tersebut. Walaupun kita tidak bisa langsung turun tangn untuk menyelesaikan masalah setidaknya kita tahu apa yang terjadi dengan bangsa Indonesia ini.

TUJUAN

Mengetahui permasalahan yang terjadi di Papua dan Aceh dan mencari solusi terbaik yang bisa dilakukan oleh Pemerintah dan  seluruh lapisan masyarakat indonesia.

RUANG LINGKUP

Seluruh rakyat Indonesia

BAB II : PEMBAHASAN

Latar belakang permasalahan di papua :

  • Diskriminasi terhadap warga papua, seringnya warga papua didiskriminasi oleh warga lain sehingga warga papua melewati titik batas kesabarannya dan mengakibatkan rasa sakit hati yang dialami oleh warga papua karena sselalu didiskriminasi.
  • Belum terselesaikannya masalah hak asasi manusia (HAM) yakni masalah wasior, wamena, paaniai, dan kasus mapenduma.
  • Terjadinya kegagalan pembangunan di papua yang melingkupi bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi rakyat.
  • masalah sejarah dan status politik integrasi Papua ke Indonesia yakni Orang-orang Papua belum merasa integrasi ke Indonesia dilakukan dengan benar.

 

Cara untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di papua :

  • masyarakat Indonesia harus menghilangkan tindakan diskriminasi kepada warga papua.
  • Pemerintah harus lebih mementingkan mana yang seharusnya lebih di butuhkan untuk masalah pembangunan.
  • Pemerintah harus bersikap adil kepada seluruh masyarakat di Indonesia

 

 

Latar belakang permasalaahan di Aceh :

GAM merupakan organisasi separatisme. Tujuan didirikannya GAM adalah untuk mengupayakan Aceh dapat lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan membuat negara kesatuan sendiri. GAM sendiri merupakan salah satu contoh disintegrasi di Indonesia. Latar belakang kenapa bisa terbentuknya GAM karena perbedaan budaya antar aceh dan daerah lain di Indonesia.

Cara untuk menyelesaikan konflik yang trjadi di aceh :

  • Masyarakat harus bisa menghormati satu sama lain dan harus ada rasa toleransin terhadap budaya yang ada di Indonesia.
  • Pemerintah lebih bisa melakukan pendekatan sosial dan budaya

 

BAB III : PENUTUP

Dapat di simpulkan dari latar belakang permasalahan yang terjadi di Papua dan Aceh tidak sepenuhnya terjadi karena pemerintah tetapi ada juga dari faktor masyarakat Indonesia, jadi kita sebagai masyarakat Indonesia harus saling menghormati perbedaan, menghormati satu sama lain,  meninggalkan pekerjaan yang negative dan harus banyak melakukan pekerjaan yang positif .

 

Pendidikan Kewarganegaraan

Urgensi Integrasi Nasional Sebagai Salah Satu Parameter Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Tantangan Bangsa :

  • Berbagai suku
  • Wilayah luas dan menyebar
  • Sumber daya

Indonesia dari sisi perkembangan budaya yaitu bermacam-macam nya budaya Indonesia tapi Indonesia tetap satu, salah satu faktor kenapa Indonesia bisa bersatu yaitu karena perbedaan.

Sebagai bangsa jati diri kalian apa ? jati diri kita sebagai bangsa yaitu sifat religious, menghormati bangsa dan manusia lain, persatuan, gotong royong dan musyawarah, keadilan sosial. contohnya kita sebagai orang Indonesia pasti selalu melakukan musyawarah untuk mencapai kata mufakat.

Jawaban tantangan bangsa diatas yaitu dengan persatuan yang ada di sila ke-3 pancasila. Apa makna persatuan di sila ke-3 ?

Makna sila ke 3 Pancasila adalah walaupun masyarakat Indonesia terdiri dari beragam pulau, suku, bahasa daerah, agama, warna kulit tapi masyarakat Indonesia mempunyai ideologi yang satu yaitu ideologi pancasila dan seperti yang sudah tertera di sumpah pemuda yaitu bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan berbahasa satu bahasa Indonesia.

Apa itu rasa nasionalisme sempit ? Apa perbedaan rasa nasionalisme sempit dan luas ?

Nasionalisme dalam arti luas adalah perasaan cinta atau bangga terhadap tanah air dan bangsanya yang tinggi, tetapi terhadap bangsa lain tidak memandang rendah.
Nasionalisme dalam arti sempit adalah perasaan kebangsaan atau cinta terhadap bangsanya yang sangat tinggi dan berlebihan, namun terhadap bangsa lain memandang rendah
contoh rasa nasionalisme sempit yaitu mahat maghandi, dia hanya mempunyai rasa tersebut untuk orang hindu di India, seperti yang kita tahu orang Islam di Hindu tidak dihormati jangan kan di hormati mereka di sana di siksa.

Kita sebagai orang Indonesia tidak bisa menganut rasa nasionalisme sempit, karena di Indonesia sangat banyak berbagai agama, ras, dan suku kalau kita menganut rasa nasionalisme sempit Indonesia tidak akan pernah bersatu.

INTEGRASI NASIONAL

Integration berarti kesempurnaan atau keseluruhan, integration berasal dari bahasa latin “integer” yag berarti utuh atau menyeluruh.

Integer berarti kesediaan bersatu meskipun memiliki perbedaan.Integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional

 

 

 

Pendidikan Kewarganegaraan

ESENSI DAN URGENSI IDENTITAS NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU DETERMINAN PEMBANGUNAN BANGSA DAN KARAKTER

Pengertian Identitas Nasional adalah suatu jati diri dari suatu bangsa. Artinya, jati diri tersebut merupakan milik suatu bangsa dan berbeda dengan banga lainnya. Dalam garis besarnya, identitas nasional merupakan suatu jati diri yang tidak hanya mengacu pada individu tertentu, namun juga berlaku untuk suatu kelompok/organisasi/negara.

Kata identitas berasal dari “identity” yang berarti ciri – ciri, tanda – tanda, ciri khas, jati diri pada perorangan atau suatu kelompok tertentu yang bisa membedakannya dengan orang lain atau kelompok yang lainnya.

Sedangkan kata “nasional” merupakan gambaran akan identitas yang melekat pada diri seseorang atau suatu kelompok tertentu atau organisasi yang lebih besar berdasarkan kesamaan fisik, budaya, ragam, bahasa, sejarah, cita – cita, serta tujuan.

Dari pengertian di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa identitas nasional adalah suatu kumpulan nilai budaya yang tumbuh dan berkembang pada macam – macam aspek kehidupan, baik dari ratusan suku atau budaya yang ada dihimpun menjadi satu kesatuan, seperti Indonesia. Di mana identitas nasional Indonesia sendiri mengacu pada Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Koenta Wibisono juga menuturkan pengertian identitas nasional sebagai manifestasi akan nilai – nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri khusus sehingga bangsa tersebut berbeda dengan bangsa lainnya.

Apa yang membedakan orang Indonesia dan orang Asing ?

Orang Indonesia pastinya lebih dekat rasa sosialisasinya di bandingkan dengan orang Asing.

Apa itu jati diri ?

Jati Diri adalah suatu hal yang ada di dalam diri kita, Dengan meliputi Karakter, Sifat, Watak dan kepribadian nya. Jati Diri itu adalah segala hal tentang diri Anda.

Apa itu jati diri bangsa indonesia ?

Jati diri bangsa Indonesia adalah sifat religius, menghormati bangsa dan manusia lain, persatuan, gotong royong dan musyawarah, keadilan sosial. 5 hal tersebut yang memacu kepada pancasila sebagai jati diri bangsa.

Pendidikan Kewarganegaraan

Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kemampuan Utuh Sarjana atau Profesional

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta diddik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.(UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1)

Kewarganegaraan adalah segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara.(UU RI No. 12 Tahun 2006 Pasal 1 ayat 2). Kewarganegaraan secara umum adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan warga negara dengan negara artinya keanggotaan yang menunjukkan hubungan atau ikatan antara negara dengan warga negara.

Pendidikan Kewarganegaraan adalah program pendidikan yang berintikan demokrasi politik yang diperluas dengan sumber – sumber pengetahuan lainnya, pengaruh – pengaaruh positif dari pendidikan sekolah, masyarakat, dan orang tua yang kesemuanya itu diproses guna melatih para siswa untuk berpikir kritis, analitis, bersika dan bertindak demokratis dalam mempersiapkan hidup demokratis yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

UU RI No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Program sarjana merupakan jenjang pendidikan akademik bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat sehingga mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah.

Lulusan program sarjana diharapkan dapat menjadi intelektual dan/atau ilmuan yang berbudaya, mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja, mampu mengambangkan diri menjadi profesional, mampu menemukan, memahami, dan merumuskan, cara penyelesaian masalah yang terkait dengan bidang ilmu yang didalami, lulusan sarjana juga diharapkan dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajarinya itu sesuai dengan bidang ilmu masing – masing serta menggunakannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.

UU RI No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dapat menjadi sumber penghasilan, perlu keahlian, kemahiran, atau kecakapan, memiliki standar mutu, ada norma dan diperoleh melalui pendidikan profesi.