Home » Tips » Mengenal Ukuran Foto dan Video Pada Instastory

Mengenal Ukuran Foto dan Video Pada Instastory

Bagi Anda yang menggunakan sosial media Instagram pastinya sudah tahu tentang Instastory. Fitur tersebut biasa digunakan untuk membagikan momen-momen dalam format story. Agar mendapatkan hasil yang bagus, pengguna harus mengetahui terlebih dahulu tentang ukuran story Instagram. Jika sampai kurang pas, hasil instastory Anda dapat terpotong.

Berapakah Ukuran Foto Instastory?

ukuran instastory

Jika Anda senang melakukan upload foto ke menu story, maka menurutĀ ppdbkepri.id wajib hukumnya untuk memperhatikan ukurannya. Hal itu karena dengan ukurannya yang pas, maka tampilan post story juga akan bagus. Secara umum, size foto untuk postingan story adalah 1080x1920px. Apabila smartphone Anda kualitasnya bagus, biasanya size tersebutlah yang terbaik digunakan.

Namun, jika kualitas dari kamera masih di bawah size tersebut, maka bisa diganti menjadi 720x1280px sampai dengan 450x800px. Pada saat menggunakan format foto, ukuran yang dapat diunggah sekitar 30 MB dengan format PNG ataupun JPEG.

Pada umumnya, banyak orang yang memilih untuk mengecilkan size fotonya agar dapat terlihat lebih sempurna, meskipun mempunyai resolusi lebih kecil. Terlebih lagi jika akun IG tersebut memang digunakan untuk kebutuhan promosi, maka harus diperhatikan lagi soal masalah ukurannya.

Berapakah Ukuran Video Instastory?

Sama halnya dengan story foto, pada format video pun pengguna dapat melakukan pengaturan. Untuk melakukan hal tersebut, pengguna dapat menggunakan bantuan aplikasi editing. Pada dasarnya, size video pada Insta Story ini adalah 1080x1920px dengan ratio 9:16. Minimal resolusi dari video tersebut adalah 720px dengan maksimal size sekitar 4 GB.

Ukuran ini memang kerap kali kurang diperhatikan oleh banyak orang. Mereka biasanya akan langsung melakukan repost ke story tanpa melihat kualitas serta size video. Jika seperti ini, tentu hasil instastory akan menjadi kurang menarik karena gambar bisa pecah. Apalagi pada saat ukurannya lebih diperkecil lagi, maka akan semakin tampak kekurangannya.

Mengetahui ukuran story Instagram baik gambar maupun video merupakan hal yang penting. Apalagi jika Anda adalah seorang selebgram ataupun pemilik akun online shop. Dengan memperhatikan hal ini, Anda dapat memaksimalkan fungsi dari instastory tersebut.


Leave a comment