• E-commerce merupakan singkatan dari Electronic Commerce. Ada banyak arti dari e-commerce itu sendiri, tapi yang paling penting disini adalah tentang persamaan e-commerce yang ada, diantaranya adalah:

1. E-commercemelibatkanlebih dari satu perusahaan dan dapat diaplikasikan hamper di setiap jenis hubungan bisnis

2. E-commerce mengizinkan untuk menjual produk-produk dan jasa secara online

Electronic Comerce (E- Commerce) secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/ perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen, manufaktur, internet service provider, dan pedagang perantara dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini media elektronik utama menggunakan internet.

Dampak dari adanya E-Commerce yaitu, mengubah perekonomian, struktur pasar dan industri, produk dan jasa serta aliran distribusinya, segmentasi pasar, nilai bagi konsumen, perilaku konsumen, lapangan pekerjaan dan pasar tenaga kerja. Dampaknya juga terjadi pada masyarakat dan politik, dan perspektif kita terhadap dunia dan diri kita didalamnya.

Namun dengan adanya E-Commerce dalam bidang barang, jasa, atau market place, juga dapat mempermudah dan lebih efisien juga efektif dalam berbelanja. Konsumen tidak perlu repot untuk langsing mendatangi toko atau penjual barang dan jasa yang ingin dibeli atau dilakukan.

  • Konsep Dasar E- Commerce
    1. Automation: Otomasi bisnis proses sebagai pengganti proses manual.
    2. Streamlining / Integration: Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif.
    3. Publishing: Kemudahan berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan  jasa yang diperdagangkan.
    4. InteractionPertukaran informasi/data antar pelaku bisnis dengan mengurangi semaksimal mungkin kesalahan yang terjadi.
    5. TransactionKesepakatan dua pelaku bisnis untuk bertransaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi pembayar (electronic payment).
  • ManfaatE-commerce

    Banyak manfaat dari penjualan secara online melalui media internet yaitu dengan adanya e-commerce suatu organisasi atau perusahaan dapat menjalankan bisnisnya untuk menjangkau seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri, beberapa manfaat e-commerce antara lain sebagai berikut :

    1. Kemampuan grafis internet mampu memperlihatkan produk apa adanya (natural) serta dapat membuat brosur berwarna dan menyebarkan tanpa ongkos kirim
    2. Lebih aman membuka took online disbanding membuka took biasa
    3. Berjalan di dunia maya internet tidak mengenal hari libur dan hari besar, semua transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja
    4. Tanpa batas-batas wilayah dan waktu sehingga memberikan jangkauan pemasaran yang luas dan tak terbatas oleh waktu
    5. Revenue stream (arus pendapatan) yang baru yang mungkin sulit atau dan tidak dapat diperoleh melalui cara konvensial
    6.    Menigkatkan market exposure (pangsa pasar)
    7. Menurunkan biaya operasi (operating cost).

PTI | E-Commerce

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>