JURNAL PERKULIAHAN-REKAYASA PERANGKAT LUNAK

KONSEP DESAIN PERANGKAT LUNAK

Desain adalah langkah pertama dalam fase pengembangan bagi setiap produkatau sistem yang direkayasa. Desain dapat didefinisikan sebagai proses aplikasi berbagai teknik dan pronsip bagi tujuan pendefinisian suatu perangkat, suatu proses atau sistem dalam detail yang memadai untuk memungkinkan realisasi fisiknya.

Desain Perangkat Lunak dan Rekayasa Perangkat Lunak

Desain perangkat lunak berada pada inti teknik dari proses rekayasa perangkat lunak dan diaplikasikan tanpa memperhatikan model proses perangkat lunak yang digunakan. Begitu persyaratan perangkat lunak telah mulai dianalisis dan ditentukan, maka desain perangkat lunak menjadi yang pertama dari tiga aktivitas teknik – desain, pembuatan kode dan pengujian – yang diperlukan untuk membangun dan menguji perangkat lunak.

pada dasarnya desain perangkat lunak memiliki prinsip atau aktivitas sebagai berikut
  1. Desain Data (Data Design)Desain data merupakan suatu aktivitas pertama dan juga yang terpenting dari empat aktivitas desain yang dilakukan selama rekayasa perangkat lunak. Proses dalam pemilihan struktur didalam menentukan desain yang paling efisien dan juga yang sesuai kebutuhan.
    Desain data mentransformasikan model domain suatu informasi yang dibuat selama analisis ke dalam struktur data yang akan diperlukan untuk dapat menngimplementasikan perangkat lunak .
  2. Desain Arsitektur (Architectural Design)
    Pada desain arsitektur ini menentukan suatu hubungan diantara elemen-elemen struktur utama dan program.
  3. Desain Antar Muka (Interface Design)
    pada desain interface menggambarkan bagaimana PL berinteraksi dengan sistem yang berinteroperasi dengan desain interface tersebut serta pengguna yang menggunakannya.
  4. Desain Prosedural (Procedural Design)
    mentransformasikan elemen-elemen struktural dari desai arsitektur progrma ke dalam sebuah deskripsi prosedural dari komponen-komponen Perangkat lunak.

Prinsip Desain

Prinsip-prinsip desain yang umum dapat menjadi pedoman bagi para perancang perangkat lunak dalam membentuk model desain. Pada Software Engineering Body of Knowledge (SWEBOK) prinsip perancangan perangkat lunak adalah sebagai berikut:

1. Abstraction Abstraction (abstraksi) terkait dengan bagaimana berfokus dalam memandang objek dan mengambil hal yang penting dari objek tersebut. Tiga macam abstraksi yang dikenal adalah : abstraksi prosedur, data, dan kontrol (iterasi).

2. Coupling & Cohesion Coupling merupakan ketergantungan antar modul sedangkan cohesion merupakan keterikatan antara elemen penyusun modul.

3. Decompositon & modularization Prinsip ini menekankan pada penguraian (decompose) perangkat lunak yang ‘besar’ menjadi modul-modul atau elemen-elemen dimana masing-masing elemen memiliki fungsi dan tanggung jawab masing-masing.

4. Encapsulation Prinsip encapsulation berarti detail dari sebuah abstraksi tidak diketahui atau tidak dapat diakses oleh entitas yang lain di luarnya.

5. Separation of interface and implementation Dari sisi komponen perangkat lunak, prinsip ini berarti akses kepada sebuah komponen dari komponen yang lain melalui public interface yang telah didefinisikan pada komponen yang akan diakses tersebut.

6. Sufficiency, completeness & primitiveness Sufficiency dan completeness berarti abstraksi yang dilakukan telah menangkap semua karakteristik yang diperlukan sedangkan primitiveness artinya desain dapat diimplementasikan.

7. Separation of concern Prinsip ini terkait dengan arsitektur, dimana terdapat beberapa architectural view yang memudahkan stakeholder dalam mengelola kompleksitas perangkat lunak.

Konsep Desain Perangkat Lunak

Sebuah Perangkat Lunak harus didesain dengan mengejar faktor :

  • Ketegasan : Terhindar dari bug dan error yang dapat mengganggu PL.
  • Komoditas : Sesuai dengan keperluan dan kebutuhan.
  • Delight : Nyaman digunakan oleh pengguna PL.

4 Layer dalam desain Perangkat Lunak :

 

  • Desain Data

Terjemahan ERD & Data Dictionary ke dalam konteks lingkungan implementasi.

  • Desain Arsitektur

Rancang bangun dari PL, relasi dan posisi antar bagian utama dari PL dengan memanfaatkan “design pattern”.

  • Desain Antarmuka

Rancang bangun dari PL, relasi dan posisi antar bagian utama dari PL dengan memanfaatkan “design pattern”.

  • Desain Komponen

Desain detail masing-masing prosedur di dalam komponen.

Mengukur Kualitas Desain Perangkat Lunak

  1. Desain PL memiliki arsitektur yang :
  • Dibuat berdasarkan template dan design patterns yang telah teruji.
  • Berisi komponen yang memiliki karakteristik desain yang baik.
  • Dapat diimplementasikan secara bertahap.
  1. Desain PL bersifat modular
  2. Desain PL berisi representasi yang jelas dari data, arsitektur, antarmuka, komponen
  3. Desain PL memiliki struktur data yang pantas untuk setiap kelas
  4. Desain PL memiliki komponen yang functionally independent
  5. Desain PL memiliki antarmuka yang simpel
  6. Desain PL dilakukan dengan metode yang jelas dan telah terbukti
  7. Desain PL menggunakan representasi yang dapat dimengerti bersama

Tujuan Akhir Desain Perangkat Lunak

  1. Desain PL harus mengimplementasikan semua spesifikasi kebutuhan tertulis, dan juga memenuhi harapan tak tertulis dari pengguna.
  2. Desain PL harus terdokumentasi dan mudah dibaca serta dipahami oleh yang berkepentingan.
  3. Desain PL harus dapat digambarkan secara keseluruhan dari PL.

Konsep Utama Desain Perangkat Lunak

Separation of Concerns adalah pola pikit dasar yang harus dimiliki oleh semua Software Engineer dalam membangun Perangkat Lunak.

Konsep Desain OO

1. Abstraksi

Abstraksi memungkinkan desainer menentukan prosedur dan data, dan masih menekankan detail pada tingkat yang lebih rendah.

Terdapat 3 macam bentuk abstraksi, yaitu :
a. Abstraksi prosedural.
Berikut urutan instruksi yang diberi nama yang memiliki fungsi tertentu dan terbatas.
b. Abstraksi data.
Kumpulan data yang bernama yang menggambarkan obyek data.
c. Abstraksi kontrol.
Mengimplikasikan suatu mekanisme kontrol program tanpa menentukan detail-detail internal

  1. Modularitas

Modularitas merupakan atribut tunggal dari perangkat lunak yang memungkinkan sebuah program untuk dikelola secara intelektual.
Meyer 5 Kriteria yang memungkinkan kita untuk menemukan suatu metode desain dengan Merujuk pada kemampuan untuk menentukan sistem modular yang.
sebuah. Dekomposisi modular.
b. Komposabilitas modular.
c. Kemampuan pemahaman modular.
d. Kontinuitas modular.
e. Proteksi modular.

  1. Penyembunyian informasi
    Prinsip penyembunyian informasi menyatakan bahwa modul ditandai dengan keputusan desain tersembunyi dari semua desain lain.

Kelas Desain

  • Kelas yang ada pada tahap desain dapat dibedakan menjadi :
  • Kelas Analisis : Yaitu kelas hasil turunan dari tahap analisis, dengan melakukan modifikasi dan adaptasi terhadap lingkungan implementasi. Misal : kelas Mahasiswa, pada tahap desain ditambahkan fungsi getSummary() untuk mendapatkan rangkuman identitas yang akan ditampilkan pada dashboard.
  • Kelas Batas : Yaitu kelas yang terlibat dalam pembangunan antarmuka PL. Misal : bentuk kelas-kelas, dsb.
  • Kelas Controller : Yaitu kelas yang dibuat untuk mengatur PL. Misal : kelas Main, kelas SessionController, dsb

Arsitektur perangkat lunak

Arsitektur perangkat lunak mencakup “struktur keseluruhan perangkat lunak dan cara dimana struktur memberikan integrasi konseptual suatu sistem”.

Shaw dan Garlan menjelaskan properti yang seharusnya ditetapkan sebagai bagian dari desain arsitektural :
a. Properti struktural.
Menentukan komponen suatu sistem dan cara dimana komponen-komponen tersebut dikemas dan berinteraksi dengan yang lain.
b. Properti ekstra-fungsional.
Menekankan bagaimana desain arsitektur memenuhi persyaratan kinerja, kapasitas, reliabilitas, keamanan, adaptibilitas, dan karakteristik sistem yang lain.
c. Keluarga dari sistem yang berhubungan.
Desain harus memiliki kemampuan untuk memakai lagi blok bangunan arsitektural tersebut.

Model yang dapat digunakan dalam representasi Arsitektur PL :

  • Model Struktural : Komponen-komponen apa saja yang ada pada PL.
  • Framework Models : Kerangka & pola apa yang digunakan.
  • Dynamic Models : Bagaimana PL bereaksi pada setiap use case.
  • Model Proses : Proses teknis dari berjalannya PL.
  • Model Fungsional : Hirarki secara fungsional dari komponen PL.

-Aspek

Sebuah aspek adalah fitur yang beririsan dengan fitur-fitur lainnya pada saat desain PL.

-Perbaikan

Refinement membantu designer untuk detil detil dari level terendah dari abstraction. Abstraksi dan penyempurnaan merupakan konsep yang saling melengkapi.

-Pemfaktoran ulang

Desain dilakukan secara iteratif, berulang-ulang. Pada setiap iterasi, dilakukan refactoring yaitu optimasi dengan menghilangkan / memperbaiki :

  • Redundansi
  • Elemen desain tak terpakai
  • Algoritma yang tidak efisien / tidak perlu
  • Struktur Data yang dirancang dengan buruk
  • Faktor lain yang dapat diperbaiki.

Prinsip terpenting dalam refactoring : perubahan yang dilakukan tidak boleh mempengaruhi berjalannya sistem secara keseluruhan.


SUMBER REFERENSI

https://rplhlw117a04.wordpress.com/2015/11/16/konsep-desain/

http://eprints.undip.ac.id/52811/1/Book_Chapter_-_Software_Design.pdf

https://ilmurplkitabersama.blogspot.com/2020/05/desain-perangkat-lunak.html

 

 

SYSTEM DESIGN DAN CLASS DIAGRAM

SYSTEM DESIGN

System Design merupakan proses yang melibatkan penempatan hasil analisis kebutuhan dan spesifikasi sistem ke dalam model. Pengembang harus menjelaskan bagaimana data dibangun, fungsi diimplementasikan sebagai arsitektur perangkat lunak, prosedur yang tepat diimplementasikan, dan antarmuka didefinisikan (di karakterisasi). Pengembang mungkin mendefinisikan pemodelan berdasarkan perilaku sistem atau arsitektur saat membuat model. Sistem akan digambarkan dalam bentuk model seperti use case diagram, data flow diagram, sequence diagram, entity relationship diagram, dan lain-lain sebagai hasil dari kegiatan ini.

CLASS DIAGRAM

1. PENGERTIAN CLASS DIAGRAM

Class diagram adalah diagram yang menggambarkan struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas yang akan dibuat untuk membangun sistem. kelas memiliki 3 bagian utama yaitu attribute, operation, dan name. kelas-kelas yang ada pada struktur sistem harus dappat melakukan fungsi-fungsi sesuai dengan kebutuhan sistem. susunan struktur kelas yang baik pada diagram kelas sebaiknya memiliki jenis-jenis kelas berikut:

  • Kelas Main: Yaitu kelas yang memiliki fungsi awal dieksekusi ketika sistem dijalankan.
  • Kelas Interface: Kelas yang mendefinisikan dan mengatur tampilan ke pemakai. Biasanya juga disebut kelas boundaries.
  • Kelas yang diambil dari pendefinisian usecase: Merupakan kelas yang menangani fungsi-fungsi yang harus ada dan diambil dari pendefinisian usecase.
  • Kelas Entitas: Merupakan kelas yang digunakan untuk memegang atau membungkus data menjadi sebuah kesatuan yang diambil maupun akan disimpan ke basis data.

Kelas memiliki apa yang disebut atribut dan metode atau operasi.

  • atribut merupakan variabel-variabel yang dimiliki oleh suatu kelas
  • operasi atau metode adalah fungsi-fungsi yang dimiliki oleh suatu kelas

Diagram kelas mendeskripsikan jenis-jenis objek dalam sistem dan berbagai hubungan statis yang terdapat di antara mereka. Diagram kelas juga menunjukkan properti dan operasi sebuah kelas dan batasan-batasan yang terdapat dalam hubungan-hubungan objek tersebut.

Diagram kelas menggambarkan struktur dan deskripsi classpackage dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.

Kelas memiliki tiga area pokok :

  1. Nama
  2. Atribut
  3. Operasi
  • Class name,merupakan sesuatu yang yang mewkaili dari nama kelas.
  • Atribut, merupakan properti dari sebuah kelas, atribut melambangkan batas nilai kelas yang mungkin terdapat dalam objek kelas.
  • Proses atau method, sesuatu yang dapat dilakukan atau diproses oleh sebuah kelas.

Selain itu, atribut dan proses dapat memiliki salah satu sifat berikut ini;

  • Private, tidak dapat dipanggil atau digunakan oleh kelas lain, itu artinya hanya dapat digunakan oleh kelas sendiri.
  • Protected, hanya dapat dipanggil dan digunakan oleh kelas-kelas bersangkutan serta turunannya dari kelas itu sendiri.
  • Public, dapat dipanggil dan digunakan oleh siapa saja yang memerlukannya.
  • Package, hanya dapat dipanggil dan digunakan oleh instancesebuah kelas di paket yang sama.

Fungsi class diagram

Diagram kelas ini memiliki beberapa fungsi, fungsi utamanya yaitu menggambarkan struktur dari sebuah sistem. Berikut ini adalah fungsi-fungsi lainnya:

  • Menunjukan struktur dari suatu sistem dengan jelas.
  • Meningkatkan pemahaman tentang gambaran umum atau skema dari suatu program.
  • Dapat digunakan untuk analisis bisnis dan digunakan untuk membuat model sistem dari sisi bisnis.
  • Dapat memberikan gambaran mengenai sistem atau perangkat lunak serta relasi-relasi yang terkandung di dalamnya.

Keunggulan

Menggunakan diagram kelas memberikan banyak keunggulan bagi proses pengembangan perangkat lunak dan dalam bisnis. Berikut ini adalah keunggulan dari diagram kelas:

  • Diagram kelas berfungsi untuk menjelaskan suatu model data untuk sebuah program, baik model data sederhana maupun kompleks.
  • Memberikan gambaran umum tentang skema aplikasi dengan jelas dan lebih baik.
  • Membantu kamu untuk menyampaikan kebutuhan dari suatu sistem.

Hubungan antar kelas

Setelah kita mengetahui penjelasan tentang diagram kelas, sekarang kita akan membahas hubungan antar kelasnya. Ada tiga hubungan dalam diagram kelas. Berikut ini adalah penjelasannya:

Asosiasi
Pertama ada asosiasi. Asosiasi dapat diartikan sebagai hubungan antara dua class yang bersifat statis. Biasanya asosiasi menjelaskan class yang memiliki atribut tambahan seperti class lain.

Agregasi
Agregasi adalah hubungan antara dua class di mana salah satu class merupakan bagian dari class lain, tetapi dua class ini dapat berdiri masing-masing.

Pewarisan
Pewarisan atau inheritance dapat disebut juga generalization dalam class diagram adalah suatu kemampuan untuk mewarisi seluruh atribut dan metode dari class asalnya (superclass) ke class lain (subclass).

Simbol Class Diagram

Berikut ini adalah simbol yang terdapat dalam class diagram, beberapa menyerupai simbol flowchart.

simbol-classs-diagram

Simbol di atas digunakan untuk menunjukan sebuah kelas pada struktur sistem. Aturan penulisan yang berlaku tidak diperkenankan menggunakan spasi, sebagai contohnya nampak pada gambar di atas. Simbol ini memiliki tiga susunan sebagai berikut. Nama class Atribut Operasi dimana ketiga komponen di atas tersebut telah dijelaskan maksudnya pada bagian sebelumnya.
Simbol lingkaran ini digunakan dalam class diagram untuk menunjukan interface atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan antar muka. Konsep dalam interface ini sama dengan pemrograman berorientasi objek atau kita kenal OOP.
Simbol asosiasi yang memiliki bentuk garis ini digunakan untuk menghubungkan class satu dengan class lainnya.
Simbol class diagram yang satu ini nampak sama dengan simbol sebelumnya, namun meskipun demikian simbol ini memiliki nama yang berbeda, yaitu indirected asociation atau dalam Bahasa Indonesia simbol asosiasi berarah. Simbol ini memiliki kegunaan yang sama dengan simbol sebelumnya, yaitu untuk menghubungkan antar class. Namun yang menjadi perbedaan ialah penggunaannya, yaitu ketika suatu class digunakan oleh class lainnya.
Simbol ini bernama generalisasi, yang mana digunakan untuk menghubungkan antar class, baik khusus maupun umum. Sehingga apabila kita menemukan sebuah class yang memiliki makna umum dan khusus dapat dihbungkan menggunakan simbol ini.
Nama simbol ini yaitu aggregation, barangkali simbol satu ini tidak akan ditemukan di diagram lain, contohnya di flowchart atau yang memerlukan notasi lain. Simbol ini di pakai untuk menghubungkan kelas satu dengan kelas lainnya. Namun kelas tersebut haruslah memiliki makna yang sama. Maka, dapat disimpulkan simbol atau notasi ini digunakan jika suatu kelas merupakan bagian dari kelas lainnya.
Simbol satu ini dikenal dengan defedency, yang mana Bahasa Indonesianya adalah ketergantungan. Simbol ini digunakan untuk menunjukan suatu kelas yang menggunakan kelas lain. Seperti yang dapat kalian lihat, defedency ini memiliki simbol panah dengan garis yang putus-putus.

Sama halnya dengan ERD, class diagram memiliki kardinalitas, berikut kardinalitas dari class diagram;

multyplicity

Contoh penerapannya

Berikut ini adalah contoh dari diagram kelas sistem perpustakaan.

perpustakaan

 

Nama Anggota Kelompok 2 Rekayasa Perangkat Lunak:

1. ADINDA AYU PUSPITANINGRUM

2. AHMED ZYAD ZAYED AL SHURAFA

3. EZLYNO RAMADAN TARIGAN

4. HILDA MUTIARA VANI

Judul Project: Online Book Store system


 

Sumber Referensi

 


https://rifqimulyawan-com.cdn.ampproject.org/v/s/rifqimulyawan.com/blog/pengertian-system-design/amp/?amp_gsa=1&amp_js_v=a9&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16507172782907&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&ampshare=https%3A%2F%2Frifqimulyawan.com%2Fblog%2Fpengertian-system-design%2F

https://www.dicoding.com/blog/memahami-class-diagram-lebih-baik/

KUIS PENGETAHUAN LINGKUNGAN-PERMASALAHAN LINGKUNGAN YANG TERJADI DI LAMPUNG

Nama: ADINDA AYU PUSPITANINGRUM

NPM: 2115061109

Kelas: PSTI-D

Dosen Pengampu: Rio Ariestia Pradipta, S.Kom, M.T.I


PERMASALAHAN LINGKUNGAN YANG TERJADI DI LAMPUNG (POLUSI UDARA)

Udara merupakan faktor yang penting dalam kehidupan, manusia setiap detik selama hidupnya membutuhkan udara. Udara berbentuk gas, udara terdapat dimana-mana. Namun dengan meningkatnya pembangunan fisik, pusat-pusat industri dan transportasi, kualitas udara mengalami perubahan, banyak penyakit yang timbul akibat dari pencemaran udara.

Apa akar masalah yang terjadi?

Sumber pencemaran udara di Kota Bandar Lampung secara umum terdiri dari 2 (dua) sumber utama pencemaran yaitu dari sumber utama yang tidak bergerak dan sumber utama yang bergerak. Sumber utama yang tidak bergerak antara lain kegiatan industri pengolahan adalah proses aktivitas industri dengan menggunakan teknologi guna menghasilkan barang. Di samping proses produksi yang merupakan sumber pencemaran, kegiatan pembakaran bahan bakar yang dipergunakan untuk proses utilitas industri juga merupakan sumber pencemaran udara.Sedangkan sumber pencemar utama dari sumber bergerak adalah kendaraan bermotor dengan polutan berupa karbon monoksida sebesar lebih kurang 60% dan polutan berupa hidrokarbon berkisar lebih kurang 15%.

Siapa yang terdampak?

Udara merupakan faktor yang penting dalam kehidupan, manusia setiap detik selama hidupnya membutuhkan udara. Udara berbentuk gas, udara terdapat dimana-mana. Namun dengan meningkatnya pembangunan fisik, pusat-pusat industri dan transportasi, kualitas udara mengalami perubahan, banyak penyakit yang timbul akibat dari pencemaran udara. Masyarakat di kota maupun desa apalagi penduduk disekitar lingkungan industri, pengguna transportasi, dan masyarakat yang ada di rumah sekalipun dapat menjadi terdampak dari polusi udara yang tidak sehat.

Analisa solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah

Solusi untuk menyelesaikan masalah polusi udara ini adalah suatu upaya yang dimaksudkan untuk menurunkan jumlah dan kadar pencemaran udara dari sumber. Secara umum kondisi kualitas udara di Kota Bandar Lampung masih relatif baik, meskipun demikian upaya pencegahan dan mempertahankan kondisi tersebut melalui kegiatan monitoring secara berkala terhadap industriindustri potensi sumber pencemar tetap dilakukan, dikaitkan pula dengan telah adanya Surat Edaran Gubernur Lampung Nomor 660.33/0298/Bapedalda/2000 tanggal 11 Februari 2000 tentang Pemeriksaan Mutu/ Kualitas Udara di Daerah. Penyeselaian masalah ini dapau dilakukan melalui penyuluhan dan sosialisasi peraturan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pada umumnya dan dunia usaha, terutama pada industri-industri yang dalam proses produksinya berpotensi besar menyebabkan pencemaran udara Upaya pengendalian pencemaran udara yang dilakukan oleh berbagai pihak yang melibatkan seluruh komponen masyarakat merupakan langkah nyata untuk terlaksananya program pemerintah dalam pelestarian lingkungan hidup. Adanya hutan kota dan taman juga juga sangat membantu dalam mengurangi polusi udara ini karena dapat mengurangi beban udara yang diakibatkan oleh buangan knalpot kendaraan bermotor maupun mobil.

Siapa saja yang harus menerapkan solusi berdasarkan analisa no.3?

Masyarakat dan pemerintah memiliki peran penting dalam melakukan upaya pencegahan polusi udara. Contoh peran pemerintah yang dilakukan adalah pengendalian pada tahap perencanaan, yang pelaksanaannya disesuai kan dengan ketentuan yang berlaku, pengendalian pada tahap pelaksanaan operasional, seperti pemasangan alat hisap debu dan penetapan emisi standar, baik yang bergerak maupun tidak, pemantauan dan Pengawasan terhadap emisi atau ambien dan upaya pengendalian oleh masing-masing penanggungjawab kegiatan, penyediaan ruang terbuka hijau (RT H) dan taman Hutan Kota serta penyelamatan jalur hijau di wilayah perkotaan sebagai paru-paru kota, dan penertiban kendaraan bermotor yang tidak layak jalan terutama kendaraan angkutan kota dengan pembatasan ijin trayek dan wajib uji kendaraan bermotor oleh Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Kepolisian Daerah untuk penertiban masyarakat yang terpantau memberikan dampak buruk terhadap pencemaran udara. Sedangkan pentingnya peran masyarakat dalam upaya ini adalah mendukung program pemerintah melalui peransertanya dalam langkah-langkah sosialisasi dilingkungannya dengan pemahaman dan ketaatannya terhadap kelestarian lingkungan, mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam pelaksanaan uji emisi gas buang kendaraan bermotor di wilayah kota.


 

SUMBER REFERENSI:

http://perpustakaan.menlhk.go.id/pustaka/images/docs/Laporan%20SLHD%20Bandar%20Lampung%202007.pdf

 

KUIS Mata Kuliah PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (PTI) – TOPIK 11

Nama: ADINDA AYU PUSPITANINGRUM

NPM: 2115061109

Kelas: PSTI-D

Dosen Pengampu: Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, MTI


 

Jawab pertanyaan dibawah ini dengan analisa yang anda ketahui dari materi yang sudah pernah dipelajari sebelumnya :

1. Menurut anda bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) pada saat ini di Indonesia? menurut pandangan anda dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi apa yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara umum dan bagaimana kita menyikapinya?

Jawab:

Kemajuan teknologi yang semakin hari semakin cepat ini tentunya membuat banyak perubahan terhadap sebuah negara tidak terkecuali di Indonesia. Dari pesatnya perkembangan teknologi informasi ini membawa banyak pengaruh positif maupun negatif. Dimasa depan perkembangan teknologi informasi dan komputer ini pasti akan berkembang lebih pedan dan luas sebagai pengguna kita harus menyikapi hal ini dengan baik dan benar. Walaupun teknologi semakin maju kita juga tidak bisa melupakan ketradisionalan budaya yang memang seharusnya kita lestarikan meskipun hal tersebut dapat digantikan oleh teknologi pada masa mendatang, selain itu juga kita harus memanfaatkan teknologi ini untuk perkembangan dan kemajuan negara kita sendiri.


 

2. Analisa kasus berikut ini. Anda adalah seorang yang paham tentang dunia TIK, kemudian seorang kawan meminta bantuan berdasarkan kemampuan anda di bidang TIK. Kawan anda adalah seorang vlogger terkenal, dia meminta bantuan anda untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO)yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vlogger teman anda, dengan bantuan anda rumah ini akan menjadi sebuah SOHO yang nyaman digunakan untuk kerja. Saat ini tempat ini adalah rumah besar dua lantai yang kosong dengan 1 ruang besar dan 5 kamar tidur yang akan dijadikan ruang kerja. Tempat kerja dengan teknologi multimedia yang terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi agar memudahkan pekerjaan tim vlogger. Di tempat itu menjadi kantor soho tim dan akan dikerjakan produksi video, research market, podcast studio, broadcast stream live. Menurut analisa anda apa saja yang harus anda kerjakan dan apa saja yang anda butuhkan untuk membangun sebuah multimedia soho untuk mendukung kerja tim vlogger kawan anda?

Jawab:

Dari analisa pada kasus diatas untuk membangun sebuah lingkungan Small Office Home Office (SOHO) yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vloggernya. Situasi saat ini memang membuat sebagian besar masyarakat diminta work from home (WFH).  Untuk para vlogger, mungkin bukan suatu hal yang sukar jika menetapkan keputusan untuk melakukan pekerjaan dari rumah, karena mereka dapat sepenuhnya mengendalikan pekerjaan. Small Office Home Office (SOHO) bisa menjadi solusinya. Konsep ini menggabungkan antara hunian dan perkantoran. Sehingga orang-orang yang terpaksa bekerja di rumah bisa merasa nyaman. Pada dasarnya jaringan SOHO menggunakan konsep jaringan sederhana yang biasanya menggunakan switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah seperti DSL(Digital subscriber line) atau kabel internet. Jaringan SOHO juga memungkinkan berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar dan musik yang dapat diakses antara beberapa komputer lokal. Konsep sederhana jaringan SOHO sama seperti tipe jaringan LAN yang tidak terhubung dengan jaringan luar (internet). Topologi yang digunakan yaitu dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wifi. Sehingga dengan menerapkan konsep seperti ini maka proses pengiriman data dari client ke server akan berlangsung cepat.

Adapun perangkat yang dibutuhkan yaitu:

  1. PC SERVER
  2. PC Client
  3. SWITCH
  4. Wifi
  5. Router Mikrotik

 

 

KONSEP KOMUNIKASI DIGITAL

Konsep Komunikasi Digital adalah konsep-konsep penting dalam komunikasi digital termasuk internet dan juga mencakup elemen-elemen yang tidak ada pada internet, seperti CD-ROMmultimedia, atau perangkat lunak komputer virtual reality (gambar tiga dimensi yang seperti nyata). Internet memungkinkan hampir semua orang di belahan dunia manapun untuk saling berkomunikasi dengan cepat dan memudahkan manusia dalam berkomunikasi satu sama lain tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Internet telah berkembang secara fenomenal, baik dari jumlah penggunanya maupun jumlah host computer (komputer induk). Konsep komunikasi digital akan selalu berkembang sesuai dengan perubahan zaman yang dipengaruhi dengan penemuan alat-alat berbasis teknologi yang terus berkembang.Manfaat dari sistem komunikasi seperti ini dengan cepat dipahami dan ditangkap cepat oleh masyarakat, karena dapat diakses di mana saja. Dengan perkembangan zaman komunikasi yang dilakukan tidak hanya sekadar bincang-bincang, tetapi komunikasi mengalami perkembangan dengan ditemukannya alat-alat teknologi. Lalu muncul komunikasi digital, yang mana kita melakukan interaksi dan penyampaian pesan melalui beberapa perangkat tambahan seperti komputerhandphoneinternet dan masih banyak lagi.

Pengertian Komunikasi digital

Komunikasi digital disebut juga komunikasi online. Komunikasi digital  adalah komunikasi berbasis komputer untuk mengirim dan menerima pesan atau bertukar kabar lewat platform digital. Konsep komunikasi digital selalu berkembang tergantung pada penemuan-penemuan alat berbasis teknologi internet. Komunikasi digital disebut juga komunikasi di dunia maya. Dalam dunia maya terdapat hidup yang transparan, tempat privasi mencair. Dunia digital, tanpa kabel ini telah membuat kita terhubung dengan orang lain secara global dan saling berbagi pengalaman.

Jenis–jenis jaringan komputer

1. PAN (Personal Area Network) Jenis jaringan ini mencakup wilayah yang lebih kecil, misalnya saja pada kantor, dan rumah. Biasanya, banyak digunakan hanya untuk keperluan internet, serta printer. Dan tidak memerlukan resources yang besar untuk menggunakan jaringan PAN.

2. LAN (Local Area Network) Jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil. Contoh penerapan jaringan LAN yaitu sistem jaringan pada sekolah, kantor, maupun rumah. Banyak orang yang cenderung menggunakan konektivitas tertentu, terutama pada token ring dan ethernet. Selain itu, LAN juga menyediakan teknologi jaringan wireless dengan menggunakan WIfi dan lebih dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

3. CAN (Campus Area Network) Jaringan CAN dapat dibilang memiliki kesamaan dengan MAN, namun lebih terbatas dalam ruang lingkup kampus atau akademisi. Untuk jaringan ini, lebih banyak digunakan untuk keperluan praktek lab, email, pembaruan kelas, dan lain sebagainya.

4. MAN (Metropolitan Area Network) MAN adalah jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat yang lain dalam ruang lingkup kota pada jaringan yang sama. Jenis jaringan ini lebih besar dari dari jaringan LAN.

5. WAN (Wide Area Network) WAN merupakan kumpulan dari LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN cenderung untuk menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

6. Internet, adalah jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Ruang lingkup dari internet mencakup hampir seluruh penjuru dunia. Siapapun dapat mengakses berbagai sumber informasi dalam berbagai perangkat komputer, seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV, dan lain sebagainya.

7. VPN (Virtual Private Network) VPN merupakan salah satu solusi untuk menyediakan koneksi internet yang lebih aman. VPN dapat membuat jalur aman untuk kebutuhan transmisi data. Saat ini, banyak sekali platform yang menjual VPN secara gratis, maupun menyediakan akses premium.

Standar dan Protokol Komunikasi Jaringan

  • Ethernet

Internet adalah standar jaringan yang tidak menentukan pusat komputer atau perangkat di jaringan (node) harus mengontrol ketika data dapat ditransmisikan.

  • cincin token

Token ring standar menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan berbagi atau melewati sinyal khusus

  • TCP/IP

TCP / IP protokol adalah jaringan yang mendefinisikan bagaimana pesan (data) dirutekan dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

  • Wifi

Wi-Fi mengidentifikasi jaringan apa pun berdasarkan standar 802.11 yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara satu sama lain

  • Bluetooth

Bluetooth adalah protokol jaringan yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk mengirimkan data

  • UWB

UWB (ultra-wideband) adalah standar jaringan yang menentukan bagaimana dua Perangkat UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi dengan kecepatan tinggi satu sama lain

  • IrDA

IrDA mentransmisikan data secara nirkabel melalui gelombang cahaya inframerah (IR)

  • RFID

RFID adalah protokol yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan di atau dilampirkan ke objek, hewan, atau seseorang

  • NFC

NFC (komunikasi jarak dekat) adalah protokol, berdasarkan RFID, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio jarak dekat untuk berkomunikasi antara dua perangkat atau objek yang dilengkapi dengan teknologi NFC

  • LTE

LTE adalah standar jaringan yang menentukan seberapa tinggi kecepatan transmisi seluler menggunakan radio siaran untuk mengirimkan data untuk komunikasi seluler

Macam  – macam Perangkat jaringan komputer

Sekarang, telah banyak dikembangkannya berbagai macam perangkat jaringan komputer untuk membantu dan mengoptimalkan kinerja sistem jaringan. Berikut ini merupakan beberapa macam perangkat yang sering anda jumpai dan anda gunakan.

1. Server

Server berfungsi sebagai tempat atau media untuk menyimpan informasi, serta mengelola jaringan komputer. Server memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari client. Karena tujuan dari dibuatnya server memang untuk melayani komputer client.

2. NIC (Network Interface Card)

NIC dapat disebut juga dengan LAN Card Expansion Board yang digunakan supaya komputer dapat terhubung dengan jaringan. Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yaitu ethernet (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik).

3. Kabel jaringan

Kabel merupakan media untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang lain. Terdapat beberapa jenis kabel untuk pembuatan saluran jaringan. Diantaranya adalah kabel coaxial, fiber optic, dan twisted pair.

4. Hub dan Switch

Switch merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer. Secara fisik, bentuk dari switch sama dengan hub, namun jika dilihat dari sisi logika switch sama dengan bridge.

Switch memiliki dua tipe, yaitu unmanaged switch yang merupakan tipe termurah. Dan managed switch yang merupakan tipe termahal.

5. Router

Router adalah perangkat jarkom yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN ke dalam suatu jaringan WAN, serta mengelola lalu lintas dari data di dalamnya. Router dapat menentukan jalur terbaik, karena memiliki tabel routing untuk melakukan pencatatan terhadap semua alamat dalam jaringan.

6. Bridge

Bridge adalah sebuah piranti yang digunakan untuk meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasarkan informasi pada sebuah data link. Bridge juga memiliki fungsi untuk membagi jaringan yang besar menjadi beberapa jaringan kecil.

7. Modem

Modem merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat komputer, dengan penyedia layanan internet atau disebut juga dengan Internet Service Provider (ISP).

8. Repeater

Repeater adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk memperkuat dan meregenerasi jaringan dan sinyal yang masuk. Repeater berusaha untuk mempertahankan integritas dari sinyal jaringan. Kelemahan dari repeater sendiri adalah tidak dapat melakukan filter traffic dalam jaringan.

9. Wireless card

Wireless card merupakan perangkat yang wajib digunakan apabila anda ingin terhubung dalam jaringan nirkabel. Rata – rata komputer jenis terbaru sudah menggunakan perangkat yang mendukung wireless card. Namun, anda juga bisa menambahkannya sendiri pada komputer anda.

 

 

SUMBER:

https://www.kompasiana.com/mardety/5f53650c097f3624d51b1092/orang-pintar-wajib-baca-komunikasi-digital-manfaat-dan-efek-negatif?page=2&page_images=1

https://id.wikipedia.org/wiki/Konsep_komunikasi_digital

https://mediaindonesia.com/teknologi/433330/jaringan-komputerpengertian-jenis-transmisi-dan-topologi

https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-jaringan-komputer/

 

JURNAL PTI: OPERATING SYSTEM

APA ITU OPERATING SYSTEM?

Operating system (OS) adalah set program yang mengkoordinasikan semua aktivitas setiap perangkat keras dari komputer atau mobile device. Operating system atau system operasi menjadi penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Ssitem operasi juga mengatur aplikasi-aplikasi yang tidak sama agar dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.

Operating system memiliki beberapa fungsi yaitu: 
  • Memuat, mengeksekusi, dan menjalankan sebuah program.
  • Menjaga keamanan data dari serangan siber. Operating system yang baik memiliki fitur untuk menjaga data dan program agar tetap aman.
  • Mengatur disk (media penyimpanan). Hal ini termasuk mengelola seluruh drive yang terpasang di komputer, seperti hard drive, optical disk drives, dan flash drive.
  • Mengatur proses yang berjalan. Operating system dirancang untuk mengalokasikan sumber daya dan mengatur berbagai proses komputer. Misalnya, membagikan informasi, melindungi proses komputer, dan sinkronisasi proses komputer.
  • Mengontrol perangkat. Operating system akan membuka atau memblokir akses perangkat, seperti CD/DVD dan USB. Jika perangkat terdeteksi memiliki masalah seperti virus, sistem operasi akan memblokir perangkat dan memberikan notifikasi masalah tersebut.
  • Mengontrol proses pencetakan. Sistem operasi akan mengontrol printer yang terhubung ke komputer dan mengatur materi apa saja yang harus dicetak.
  • Menampilkan antarmuka atau yang biasa disebut user interface (UI). User interface adalah bagian dari operating system yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan dan menerima informasi. Lalu, termasuk pula dengan menu, jendela, dan metode interaksi antara pengguna yang digunakan.

    Selain itu, dikenal juga istilah desktop operating system yang merupakan operating system yang bekerja pada desktop, laptop dan juga tablet. Contohnya:

    • Windows
    • Mac OS
    • UNIX
    • Linux
    • Chrome OS

    SUMBER:

    https://kumparan.com/how-to-tekno/operating-system-definisi-fungsi-dan-jenisnya-1vx7JnWiDbf

JURNAL PERKULAHAN PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI: PENYIMPANAN DIGITAL

Pengertian

Media penyimpanan adalah bahan fisik tempat komputer menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang mencatat dan /atau mengambil item dari dan ke media penyimpanan. Banyak sekali jenis penyimpanan yang sekarang banyak digunakan,diantaranya : eksternal hard disk, solid state driver, usb flash drive sampai dengan penyimpanan cloud storage. Saat ini Cloud Storage banyak digunakan karena jenis media penyimpanan online ini dapat digunakan transparan bagi pengguna.

Didalam ruang penyimpanan terdapat dua instruksi yaitu membaca dan menulis. Membaca adalah proses pengiriman barang dari medium penyimpanan ke memori, sedangkan menulis adalah proses pengiriman barang dari memori ke media penyimpanan.

Peran media penyimpanan pada perangkat komputer sangat penting, karena media penyimpanan yang mengatur mengenai berjalannya sebuah proses dan menyimpan data dengan aman. Media penyimpanan Komputer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Media penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk), Media Penyimpanan Optical (Optical Disk), dan Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage).

1. Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)

Penyimpanan Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (penyimpanan sekunder) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.

Macam-macam media dari Magnetic Disk :

  • Disket (floppy disk), pertama kali diperkenalkan hanya pada tahun 1969. Saat itu bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dihapus maupun dihapus.
  • Hard disk adalah jenis disk yang bersifat tetap, tidak perlu dikeluar-masukkan seperti halnya disket floppy. Umumnya terbuat dari bahan logam padu yang berbentuk piringan atau pelat.
  • Flashdisk adalah perangkat penyimpan dari jenis floppy drive lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan.
  • Memory Card, yaitu Media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan komputer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video gam console

2.  Penyimpanan Optical (Optical Disk).

Penyimpanan optical adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah.

Macam-macam media dari Optical Disk :

  • CD (compact disk) atau laser optical disk merupakan jenis piringan optik yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan ditangani melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses piringan optis jauh lebih tinggi daripada disket.
  • CD-ROM adalah CD yang dipakai untuk menyimpan data yang sifatnya read only atau hanya dapat dibaca. Pada umumnya produk-produk CD-ROM merupakan suatu pangkalan data (database), yang pengoperasiannya memerlukan paling sedikit seperangkat personal komputer dengan hard disk, CD drive, dan printer bila diperlukan.
  • CD-WORM kepanjangan dari Write once read many dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bissa dilakukan sekali. Sesuda perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan.
  • CD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.
  • DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes.

3. Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

Cloud Storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Pada dasarnya teknologi Cloud Storage merupakan pengembangan dari sistem Komputasi Awan atau yang disebut juga dengan istilah cloud computing. Cloud computing adalah sebuah istilah dalam ilmu komputer yang mencakup  komputasi  awan  yang berbasis internet atau biasa dalam dunia IT dengan sebutan “The Cloud”. Istilah lain dalam   komputasi awan teknologi yaitu Sebuah jaringan komputer yang saling berhubungan dengan komputer lain yang dapat dijalankan secara bersamaan. Tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umumnya seperti CD atau hard disk, teknologi Cloud Storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang Anda perlukan untuk mengakses file digital anda hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet.

SUMBER:

https://id.wikipedia.org/wiki/Penyimpanan_magnetik

https://www.mahada.co.id/souvenir-flashdisk-macam-macam-media-penyimpanan-data-digital/#:~:text=Optical%20Disk%20(Penyimpanan%20Optical),yang%20ada%20pada %20perangkat%20pembacanya.

JURNAL PERKULIAHAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN G20 dan COP26

Apa itu G20 DAN COP26?

G20 adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa atau bisa juga disebut Group of Twenty, dikutip dari laman Kementerian Keuangan (kemenkeu.go.id).

1062748_720

Latar belakang pembentukan forum ini berawal dari terjadinya Krisis Keuangan 1998 dan pendapat yang muncul pada forum G7 mengenai kurang efektifnya pertemuan itu bila tidak melibatkan kekuatan-kekuatan ekonomi lain agar keputusan-keputusan yang mereka miliki memiliki pengaruh yang lebih besar dan mendengarkan kepentingan-kepentingan yang mungkin tidak tercakup dalam kelompok kecil itu. Kelompok ini menghimpun hampir 90% produk nasional bruto (PNB, GNP) dunia, 80% total perdagangan dunia dan dua per tiga penduduk dunia.

Tujuan berdirinya G20 adalah mengatasi utama terkait dengan ekonomi global, seperti masalah keuangan internasional, mitigasi perubahan iklim, dan pembangunan berkelanjutan. Dari sisi keanggotaan, G20 terdiri dari sebagian besar ekonomi terbesar di dunia, termasuk negara-negara industri dan berkembang. Kelompok ini secara keseluruhan berfokus sekitar 90 persen dari produk dunia bruto (PDB), 75-80 persen dari perdagangan internasional, dua dari populasi dunia, dan kira-kira setengah dari luas daratan dunia.

Manfaat G20 bagi Indonesia:

Menurut Menko Perekonomian, terdapat 3 aspek manfaat dari pelaksanaan G20, yaitu:

Aspek Ekonomi

  • Kunjungan delegasi negara G20 akan dapat meningkatkan konsumsi domestik, peningkatan PDB, hingga menyerap tenaga kerja.
  • Mendorong  kepercayaan  dari investor global untuk pemulihan ekonomi dan mendorong kemitraan global yang saling menguntungkan.

Aspek Pembangunan Sosial

  • Indonesia mendorong topik terkait dengan produksi dan distribusi vaksin.

Aspek Politik

  • Memperluas hubungan antar negara di dunia.
  • membantu negara lain yang sedang kesulitan di masa pandemi.
  • Mewujudkan bentuk keamanan dan perdamaian dunia.

COP26

s960_GOVUK__1_

Conference of the Parties (COP) atau Pertemuan Para Pihak, COP adalah forum tingkat tinggi tahunan bagi 197 negara untuk membicarakan perubahan iklim dan bagaimana negara-negara di dunia berencana untuk menanggulanginya. Perwakilan dari berbagai negara, NGO, bisnis, grup keagamaan, ilmuwan, serta delegasi dari berbagai masyarakat adat akan menghadiri COP26.

Pertemuan ini akan sangat penting dan menjadi pertemuan tingkat tinggi pertama di mana kita akan mengevaluasi kemajuan yang telah dilakukan, begitu pula kegagalannya , sejak Persetujuan Iklim Paris ditandatangani pada 2015 yang dikenal sebagai Paris Accord, perjanjian yang pada dasarnya adalah rencana kemanusiaan untuk menghindari bencana iklim

Kesepakatan ini menyatakan bila pemanasan global terus naik melampaui 1,5 derajat celcius di atas suhu yang pernah dialami di era praindustri, maka banyak perubahan di planet ini yang tidak dapat dihindarkan lagi.Maka rencana yang sudah dibuat harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, dan untuk itulah fungsinya COP. Saat pertemuan di Paris 2015  atau COP21 disusunlah target-target utama bagi kita semua untuk menghindari bencana perubahan iklim. Semua negara yang terlibat berjanji untuk:

1. Mengurangi gas rumah kaca

2. Meningkatkan produksi energi yang dapat diperbarui

3. Mempertahankan tingkat suhu global agar kenaikannya tidak sampai dua derajat celcius dan kenaikan idealnya maksimal 1,5 derajat celcius

4. Berkomitmen menyisihkan miliaran dolar untuk membantu negara-negara miskin menghadapi dampak perubahan iklim

Hasil yang Diharapkan Dari COP26

COP26 adalah pertemuan tingkat pertama di mana setiap negara juga memiliki tantangan baru. Adapun lebih dari 100 negara berkembang telah bersepakat untuk mengungkapkan jelang COP26, yang antara lain:

  • Pendanaan dari negara-negara maju untuk memerangi maupun menanggulangi perubahan iklim.
  • Kompensasi dari negara-negara maju atas dampak yang akan menimpa mereka
  • Uang dari kelompok negara maju untuk membantu mereka menerapkan ekonomi yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, diharapkan pertemuan tingkat tinggi ini akan menemukan cara terbaik menerapkan sistem pasar karbon dan kredit karbon. Sistem ini merupakan mekanisme agar negara penghasil karbon untuk membayar emisi yang dikeluarkannya, dan negara yang menerapkan ekonomi hijau untuk menjual kredit karbon.

SUMBER:

https://news.detik.com/berita/d-5791362/cop26-adalah-pertemuan-perubahan-iklim-apa-saja-hasil-yang-diharapkan/1

https://id.wikipedia.org/wiki/G20

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/03/071227770/apa-itu-cop26-dan-mengapa-penting?page=all

 

INPUT DAN OUTPUT DEVICE

ALAT INPUT

1. KEYBOARD

Keyboard merupakan Perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam aplikasi dan mengetik perintah ke dalam antarmuka CLI. Kelebihan dari perangkat ini adalah mudah untuk dipakai dan entri teks yang cepat ke dalam dokumen. Namun metode yang digunakan perangkat ini lebih lambat dibandingkan dengan memasukkan data secara langsung.

2. KEYPAD NUMERIK

Numeric Keypad, yaitu alat yang dapat menginputkan data seperti keyboard. Tetapi keypad numerik digunakan pada mesin ATM, terminal pos, pin, ponsel dan lain-lain. Perangkat ini terdepan untuk memasukkan data numerik seperti Pin atau harga di POS, namun dalam penggunaanya sering terkendala pada kunci yang terlalu kecil dan kesulitan dalam pengetikan huruf.

3. MOUSE

Mouse, berfungsi untuk mengontrol pointer atau kursor yang ada di layar. Dengan adanya perangkat ini membuat kita lebih mudah dalam menavigasikan menu pilihan dan lebih cepat memilih dibandingkan dengan menggunakan keyboard. Namun jika digunakan dengan tidak hati-hati perangkat ini akan mudah rusak, dan dalam penggunaannya harus memerlukan permukaan yang datar.

4. PAD SENTUH

Perangkat yang digunakan sebagai penunjuk pada laptop ini merupakan bagian dari keyboard sehingga tidak membutuhkan alat secara terpisah. Touch Pad, memiliki fungsi sama seperti mouse. Akan tetapi kebanyakan orang lebih nyaman menggunakan mouse pengaplikasiannya yang lebih mudah.

5. BOLA PELACAK

Tracker Ball, fungsinya kurang lebih sama dengan mouse dan touch pad. Perangkat input Tracker Ball ini biasa digunakan oleh pengguna yang cenderung memiliki keterbatasan motilitas pada tangan mereka, sehingga kurang familiar dan cenderung memiliki yang mahal. Namun perangkat ini lebih mudah digunakan dari pada mouse atau touch pad.

6. REMOTE CONTROL

Merupakan perangkat yang banyak digunakan untuk mengontrol saluran TV dan pilihan menu, sistem multimedia, dan aplikasi industri. penggunaan remote kontrol ini dapat dilakukan melalui jarak jauh sampai batas tertentu. Tetapi jika penggunaan remote control terhalangi oleh suatu benda maka signal remote akan mengalami gangguan yang dapat mempengaruhi efektivitas perangkat yang satu ini.

7. JOYSTICK

Joystick biasa digunakan didalam game yaitu untuk mengatur pergerakan atau pun bisa juga digunakan untuk simulator. Lebih mudah digunakan daripada keyboard. Namun, lebih sulit untuk dioperasikan daripada mouse.

8. DRIVING WHEEL

Driving Wheel, digunakan bagi pemain game Racing/Driving. atau bisa juga sebagai inputan untuk alat simulator. Alat ini membuat aktivitas mengemudi lebih akurat daripada keyboard. Namun sayang, perangkat ini mahal dan pergerakan perangkat ini bisa dikatakan terlalu sensitif.

9. SCANNER

Perangkat ini digunakan untuk dokumen atau foto. Perangkat ini dapat membuat sebuah aplikasi dan resolusi untuk menghapusnya berdasarkan pada pengaturan yang dipilih.

10. WEB CAMS

Digunakan oleh pengguna yang ingin memiliki konferensi web (Skype Call). Dengan Web Cams yang memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan video tatap muka, sehingga kita dapat menghubungi orang tanpa perlu. Untuk kualitas tergantung pada koneksi internet.

11. Layar sentuh
Yaitu komputer layar yang dapat digunakan sebagai perangkat input di berbagai perangkat seperti tablets, Point of sale, smartphone dan lain-lain. layar sentuh sangat mudah digunakan dalam menyeleksi suatu pilihan menu. Namun karena menggunakan sentuhan, terkadang pilihan secara tidak sengaja terseleksi oleh sentuhan lain. selain itu layar juga bisa kotor.

5. Proyektor

  • ENTRI DATA LANGSUNG DAN PERANGKAT TERKAIT

1. Magnetic strip reader
Digunakan untuk membaca data yang terdapat pada sebuah kartu yang memiliki sinyal  magnetik . Biasanya digunakan pada kartu bank, kartu permainan, voucher, dan kunci/kartu hotel.

2. Chip and pin reader
Digunakan dalam  terminal POS  untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu debit dan kartu kredit.

3. Contactless Cards
Aplikasi ini dapat digunakan ketika pengguna melakukan pembayaran menggunakan teknologi RFID tanpa menggunakan password (PIN). biasanya digunakan untuk pembayaran dalam jumlah kecil.

4. RFID (Radio Frequency Identification)
Perangkat ini dapat menggunakan gelombang radio untuk membaca informasi yang disimpan pada tag (chip silicon kecil atau diletakkan pada stiker).

OUTPUT DEVICE

1. Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
Monitor yang berfungsi sebagai layar untuk menampilkan output. Merupakan output utama pada komputer dan memiliki harga yang relatif murah, namun bisa berdampak pada kerusakan mata jika tidak diposisikan dengan benar. Monitor berfungsi sebagai layar untuk menampilkan output.

2. LCD (Liquid Crystal Display) Monitor
Monitor ini hampir sama dengan CRT Berfungsi untuk menampilkan output pada komputer dan berbentuk lebih kecil serta ringan sehingga mengkonsumsi lebih sedikit listrik, harganya sendiri sedikit lebih mahal ketimbang monitor lainnya.

 

3. IPS (In-Plane Switching) /LCD Monitor
Merupakan keluaran yang biasanya berada pada tampilan utama, yang memiliki sudut pandang lebih luas. Secara umum, monitor ini digunakan oleh para seniman grafis profesional.

5. Proyektor
Digunakan ketika menampilkan sesuatu dalam layar yang besar dan berasal dari komputer atau TV.

8. Printer Inkjet
mencetak data ke dalam kertas (volume output rendah), yang memiliki harga murah dengan resolusi tinggi.

9. Printer Laser Printer
laser sering ditemui untuk melakukan pencetakan dengan volume output yang tinggi. Cenderung mahal namun memiliki hasil beton berkualitas tinggi dan konsumsi waktu yang cepat.

 

COMPUTING COMPENENTS

1. KASUS

Casing adalah sebuah tempat dari komponen komputer. Didalam casing komputer biasanya berisi seperti motherboard, prosesor, harddisk, DVD ROM dan perangkat-perangkat lainnya. Casing ini berfungsi untuk melindungi komputer elektronik atau mobile device (perangkat seluler) dari kerusakan. Case ini terbuat dari logam atau plastik dan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.

NZXT_H500_casing_pc_dekstop_gaming_design_game_office_CASE_K

2. MOTHERBOARD

Motherboard adalah papan sirkuit utama komputer yang disebut papan sistem, yang memiliki fungsi menyediakan tata letak terbaik, karena semua komponen yang penting dari komputer. Banyak komponen elektronik terpasang ke motherboard. Pada komputer pribadi, sirkuit untuk prosesor, memori, dan komponen lainnya berada pada chip komputer. Chip pada komputer juga disebut chip, adalah sirkuit terintegrasi dari bahan semikonduktor dalam ukuran kecil. Chip komputer juga disebut sirkuit terintegrasi atau IC. Setiap chip berisi banyak transistor yang membentuk prosesor.

5df8a0eee9b84

3. PROSESOR

Prosesor, juga disebut unit pemrosesan pusat (CPU), menafsirkan dan menjalankan instruksi dasar yang mengoperasikan computer. Fungsi prosessor adalah Memastikan komputer bekerja dengan baik, menjalankan proses informasi pada komputer, memberikan perintah kepada tiap komponen komputer, menjaga performa komputer, menunjang kegiatan spesifik komputer, mengolah perhitungan algoritma, menjaga stabilitas komponen komputer, mendukung kebutuhan spesifik komputer. Komponen dari prosessor yaitu Control Unit (CU), Artimatics Logical Unit (ALU), Register Unit (RU). ada beberapa jenis dan merek prosesor yang beredar di pasaran: Intel, AMD (Advanced Micro Devices), IBM (International Bussiness Machines Corporation), Apple, IDT (Integrated Device Technology). Tiga hal dasar yang dilakukan prosesor yaitu: Menggunakan ALU untuk melakukan operasi matematis, memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi lain, mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain.

98prosesorpcintelamdspesifikasiterbaikterbaru2016hargamurah

4. CLOUD COMPUTING

Cloud computing adalah pengiriman berbagai layanan melalui Internet. Sumber daya ini termasuk alat dan aplikasi seperti penyimpanan data, server, database, jaringan, dan perangkat lunak. Cloud Computing terdiri dari bagian depan dan bagian belakang, terhubung satu sama lain melalui jaringan. Ujung depan mencakup perangkat keras dan perangkat lunak, yang mana user berinteraksi untuk mengakses cloud, sedangkan Bagian belakang terdiri dari server dan perangkat penyimpanan yang mengelola dan menyimpan sumber daya yang diakses oleh pengguna. Alasan pengguna rumahan dan bisnis memilih cloud computing dikarenakan : Aksesibilitas,  Penghematan biaya, Penghematan ruang, Skalabilitas.

1200px-Cloud_computing-id.svg

5. DATA REPRESENTATION

Untuk memahami bagaimana komputer memproses data, kita harus tahu bagaimana komputer merepresentasikan data. Representasi data terdapat 2 jenis, yaitu representasi analog dan digital. Ucapan manusia adalah analog karena menggunakan sinyal kontinu (bentuk gelombang) yang bervariasi dalam kekuatan dan kualitas. Sebagian besar komputer adalah digital. Komputer adalah perangkat elektronik yang ditenagai oleh listrik, yang juga hanya memiliki dua keadaan: hidup dan mati. Sirkuit di komputer atau perangkat seluler mewakili keadaan hidup atau mati secara elektronik dengan ada atau tidak adanya muatan elektronik. Delapan bit yang dikelompokkan bersama sebagai satu unit disebut byte. Satu byte mewakili satu karakter di komputer atau perangkat seluler.

Teknik-representasi-data-populer-untuk-informasi-demam-Tidak terstruktur

6. MEMORI

Memori terdiri dari komponen elektronik yang menyimpan instruksi dan menunggu untuk dieksekusi oleh prosesor, data yang dibutuhkan oleh instruksi, dan hasil pemrosesan data (informasi). Memori menyimpan tiga kategori dasar item : -Sistem operasi dan program lain yang mengontrol atau memelihara komputer dan perangkatnya. -Aplikasi yang menjalankan tugas tertentu, seperti pengolah kata. -Data yang diproses oleh aplikasi dan informasi yang dihasilkan. jenis memori ada RAM dan ROM. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara yang dapat segera diakses oleh prosesor saat diperlukan. ROM adalah media penyimpanan yang bersifat permanen dan tidak memungkinkan data didalamnya dapat dimodifikasi. Secara umum ada dua tipe RAM yaitu Dynamic RAM (DRAM diucapkan DEE-ram), dan Chip Static RAM (SRAM diucapkan ESS-ram).

RAM

 

ramROM
ROM

 

 

7. ADAPTERS

Adapter adalah sebuah rangkaian yang berguna untuk mengubah tegangan AC yang tinggi menjadi DC yang rendah. Adapter card, juga disebut kartu ekspansi atau papan adaptor, adalah papan sirkuit yang meningkatkan fungsi komponen dari unit sistem desktop atau server dan/atau menyediakan koneksi ke perangkat periferal. Dua adaptor card yang populer adalah sound card dan video card. Sound card meningkatkan kemampuan menghasilkan suara dari komputer pribadi dan memungkinkan suara dimasukkan melalui mikrofon dan output melalui speaker eksternal atau headphone. Video card, juga disebut graphic card, mengubah output komputer menjadi sinyal video yang berjalan melalui kabel ke monitor, yang menampilkan gambar di layar.

kartu video 2

8. BUSES 

Bus adalah sebuah subsistem yang mentransfer data atau listrik antar komponen komputer di dalam sebuah komputer atau antar komputer. Pada computer mungkin memiliki 3 jenis buses yaitu : System Bus, Backside Bus, Expansion Bus.

1071083973

9. POWER SUPPLY DAN BATTERIES

power supply merupakan sebuah alat yang mengubah arus listrik DC menjadi AC pada komputer kita yang bertujuan untuk dapat memberikan daya pada perangkat kita,sedangkan baterai merupakan wadah penampung daya listrik yang mana kita dapat menggunakan bahkan ketika kita tidak tersambung ke stopkontak dan dapat diisi ulang. Komputer dan perangkat seluler dapat berjalan menggunakan catu daya atau baterai. Baterai biasanya adalah baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang. Beberapa perangkat seluler dan komputer, seperti beberapa laptop ultra tipis, tidak memiliki baterai yang dapat dilepas.

pl17042093-uninterruptible_power_supply_battery_charging_current_0_5a_battery_backup_power_supply

SUMBER:

https://www.nesabamedia.com/pengertian-memori/

https://www.investopedia.com/terms/c/cloud-computing.asp

https://id.wikipedia.org/wiki/Memori_(komputer)

https://www.teknoblas.com/2019/10/komponen-komponen-komputer.html

https://www.asani.co.id/blog/pengertian-prosesor-dan-cara-kerja

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-cloud-computing-defenisi-fungsi-dan-cara-kerja/

https://elekkomp.blogspot.com/2018/10/pengertian-adaptor-dan-fungsinya.html

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/08/pengertian-power-supply-komputer-fungsi-cara-kerja-jenis.html

https://www.merdeka.com/jabar/fungsi-motherboard-pada-komputer-kenali-setiap-bagiannya-kln.html#:~:text=Fungsi%20motherboard%20yang%20pertama%20yaitu,Ini%20dikenal%20sebagai %20Hub%20Komponen .