PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OBJECT ORIENTED PROGRAMMING)

th

OOP (Object-Oriented Programming) adalah paradigma pemrograman yang berfokus pada objek atau entitas dalam program. Konsep dasar dari OOP adalah pemodelan dunia nyata ke dalam program komputer dengan membuat objek yang memiliki sifat (atribut) dan perilaku (metode).

Objek dalam OOP dapat merepresentasikan sebuah benda, konsep, atau bahkan proses dalam dunia nyata. Setiap objek memiliki karakteristik atau sifat yang dikenal sebagai atribut, dan perilaku yang dikenal sebagai metode.

Atribut adalah variabel yang menyimpan nilai tertentu dalam sebuah objek. Sementara metode adalah fungsi atau prosedur yang memungkinkan objek untuk melakukan suatu tindakan atau manipulasi data yang ada pada atribut.

OOP mengandalkan konsep pewarisan (inheritance), di mana suatu kelas (class) dapat mewarisi sifat dan perilaku dari kelas yang lain. Hal ini memungkinkan pengembangan program yang lebih efisien dan modular, karena kelas-kelas baru dapat dibangun berdasarkan kelas yang sudah ada sebelumnya.Selain pewarisan, konsep penting lain dalam OOP adalah enkapsulasi (encapsulation) dan polimorfisme (polymorphism).

Tujuan dari OOP ini antara lain

  •  Dapat memungkinkan kemudahan pengembangan dan pemelharaan program karena dbangun dalam unit yang lebih kecil
  • Kode dapat digunaan kembali dalam berbaga aplikasi
  • Memungkinkan pengembang untuk membuat program yang dapat beradaptasi dengan berbagai situasi dan input yang berbeda, sehingga program menjadi lebih fleksibel.
  • Memungkinkan pengembang untuk membuat class-class baru yang lebih spesifik berdasarkan class-class yang sudah ada, tanpa harus menuliskan ulang kode yang sudah ada

 

CLASS AND OBJECT

  1. Class: Class adalah blueprint atau template untuk menciptakan sebuah objek. Class mendefinisikan atribut dan metode yang dimiliki oleh sebuah objek. Atribut pada class adalah variabel yang digunakan untuk menyimpan data, sedangkan metode adalah fungsi yang digunakan untuk melakukan operasi pada data. Class dapat digunakan untuk membuat banyak objek dengan atribut dan metode yang sama.
  2. Object: Object adalah instance atau hasil konkret dari sebuah class. Object dibuat dari sebuah class dengan menggunakan kata kunci “new”. Setiap object yang dibuat dari sebuah class memiliki atribut dan metode yang sama, tetapi nilainya dapat berbeda-beda.

Dalam kesimpulannya, class dan object adalah konsep fundamental dalam Pemrograman Berorientasi Objek (PBO). Class adalah blueprint atau template untuk menciptakan sebuah objek, sedangkan object adalah instance atau hasil konkret dari sebuah class. Setiap objek memiliki atribut dan metode yang sama, tetapi nilai atributnya dapat berbeda-beda.

Inheritance

Inheritance disebut juga pewarisan dalam Pemrograman Berorientasi Objek merupakan konsep di mana sebuah class baru dapat diturunkan dari class yang sudah ada, sehingga class baru tersebut dapat mewarisi properti dan metode yang sudah ada dari class yang diturunkan. Class yang diturunkan disebut sebagai subclass atau child class, sedangkan class yang diwarisi properti dan metodenya disebut sebagai superclass atau parent class.

Adapun cara kerjanya ialah subclass dapat mengakses properti dan metode yang sudah ada pada superclass, baik yang bersifat public maupun yang bersifat protected. Selain itu, subclass juga dapat menambahkan properti dan metode baru atau mengubah perilaku metode yang sudah ada pada superclass.

ABSTRACT CLASS AND INTERFACE

Abstract Class Interface
Tidak dapat tidak dapat dibuat menjadi objek langsung (Instantiate) atau hanya dapat digunakan sebagai parent class untuk class-class turunannya Dapat diimplementasikan oleh class-class yang berbeda tanpa mengubah struktur class tersebut.
Digunakan ketika ingin membangun hierarki class yang saling terkait Digunakan ketika ingin menentukan kontrak atau aturan yang harus diikuti oleh class-class yang mengimplementasikan interface tersebut, tetapi class-class tersebut tidak terkait secara hierarkis.
Dapat memiliki metode dengan implementasi yang sebagian atau seluruhnya sudah di-definisikan di dalam parent class Tidak memiliki implementasi, sehingga class yang mengimplementasikan interface harus mengimplementasikan semua metode yang didefinisikan di dalam interface.
Multiple inheritance atau pewarisan dari lebih dari satu parent class, sedangkan subclass hanya dapat mewarisi satu parent class. Multiple inheritance dari lebih dari satu interface, sehingga class yang mengimplementasikan interface dapat mengimplementasikan banyak interface sekaligus.

 

ENCAPCULATION

Dalam PBO merupakan  sebuah konsep yang menggabungkan data dan metode atau fungsi yang mengoperasikan data tersebut dalam satu unit atau unit terkapsulasi sehngga detail mplementasi dari luar kelas dapat tersembunyi dan membatasi akses langsung ke data dar luar kelas tersebut

Hal ini penting dalam PBO karena untuk menjaga integritas data dan meningkatkan keamanan program

 

POLYMORPHISM

Polymorphism adalah salah satu konsep penting dalam Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) yang mengacu pada kemampuan suatu objek untuk menerima dan merespons berbagai jenis pesan atau metode dengan cara yang sama. Dengan kata lain, objek dapat berubah bentuk (dalam hal ini, jenis pesan yang diterima) tergantung pada konteks penggunaannya.

Polymorphism dapat diimplementasikan dalam dua cara: melalui inheritance (pewarisan) dan interfaces. Dalam inheritance, subclass dapat mewarisi sifat dan metode dari superclass, sementara dalam interface, kelas dapat mengimplementasikan kontrak yang ditentukan dalam sebuah interface.

Ada dua jenis polymorphism dalam PBO, yaitu:

Compile-time Polymorphism: dikenal juga sebagai Static Polymorphism, terjadi pada saat compile-time saat tipe data objek atau method sudah diketahui. Contoh implementasi dari Compile-time Polymorphism dalam PBO adalah method overloading, di mana terdapat beberapa method dengan nama yang sama tetapi parameter yang berbeda.

Runtime Polymorphism: dikenal juga sebagai Dynamic Polymorphism, terjadi pada saat runtime saat tipe data objek atau method belum diketahui atau bisa berubah-ubah. Contoh implementasi dari Runtime Polymorphism dalam PBO adalah method overriding, di mana terdapat dua method dengan nama yang sama dalam subclass dan superclass yang saling berhubungan.

Contohnya dalam Java, kita dapat mengimplementasikan polymorphism dengan menggunakan inheritance dan overriding. Misalnya, kita memiliki class Animal dengan method suara() yang mencetak suara hewan tersebut. Kemudian, kita membuat class Dog dan class Cat yang merupakan subclass dari Animal. Dalam class Dog dan class Cat, kita meng-override method suara() dan mengimplementasikan perilaku yang berbeda.

 

 

 

 

COUPLING DAN COHESION

Coupling ialah  seberapa ketatnya hubungan antara dua kelas atau komponen dalam sebuah program. Semakin ketat hubungannya, semakin sulit untuk mengubah salah satu kelas tanpa mempengaruhi yang lainnya. Idealnya, coupling antara kelas-kelas dalam program seharusnya rendah, sehingga perubahan pada satu kelas tidak akan mempengaruhi kelas lainnya secara signifikan.

Sedangkan cohesion ialah seberapa terkait fungsionalitas kelas dalam sebuah program. Semakin terkait fungsionalitas kelas dengan tujuannya, semakin baik koherensi antara metode atau fungsi dalam kelas tersebut. Idealnya, kelas-kelas dalam program seharusnya memiliki tingkat cohesion yang tinggi, sehingga setiap kelas memiliki fokus dan tanggung jawab yang jelas.

Private, protected, dan public access modifier 

Access modifier adalah istilah dalam Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) yang digunakan untuk mengatur akses ke data atau metode pada suatu kelas. Terdapat tiga jenis access modifier dalam PBO, yaitu private, protected, dan public. Berikut adalah penjelasan perbedaan antara ketiga access modifier tersebut:

  1. Private: Private adalah access modifier yang paling ketat. Jika suatu data atau metode di-deklarasikan dengan private, maka hanya kelas yang mendefinisikan data atau metode tersebut yang dapat mengaksesnya. Data atau metode private tidak dapat diakses oleh kelas lain, bahkan kelas turunan.
  1. Protected: Protected adalah access modifier yang memungkinkan kelas turunan untuk mengakses data atau metode dari kelas induk, tetapi tidak memungkinkan kelas lain untuk mengakses data atau metode tersebut.
  2. Public: Public adalah access modifier yang paling longgar. Jika suatu data atau metode di-deklarasikan dengan public, maka data atau metode tersebut dapat diakses oleh kelas lain tanpa batasan.

KUIS PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Nama : Adilah Afifah
NPM : 2115061053
Kelas : TI D
Mata Kuliah : Pengetahuan Lingkungan
Dosen Pengampu : Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I

KEMISKINAN

data-kemiskinan

PENDAHULUAN  

Berbagai program yang dikembangkan pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan di Indonesia tampaknya telah berjalan on the track. Meskipun tidak terlalu signifikan, jumlah penduduk miskin yang dilaporkan terus mengalami penurunan (Bagong Suyanto, 2019). Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) diketahui bahwa angka kemiskinan, yang bulan Maret 2018 berhasil diturunkan menjadi satu digit sebesar 9,82 persen, pada bulan September 2018 menurun lagi menjadi 9,66 persen. Persentase jumlah penduduk miskin di daerah perkotaan pada September 2018 tercatat sebesar 6,89 persen dan turun menjadi 6,69 pada Maret 2019. Sementara itu, persentase penduduk miskin di daerah perdesaan pada September 2018 tercatat sebesar 13, 10 persen, lantas turun menjadi 12,85 pada Maret 2019. Jika di perkotaan jumlah penduduk miskin telah berhasil diturunkan hingga satu digit, untuk daerah perdesaan jumlah penduduk miskin tercatat masih dua gigit. Ini berarti sasaran tembak untuk program penanggulangan ke depan mau tidak mau harus difokuskan ke wilayah perdesaan.

Angka pengentasan kemiskinan di Provinsi Lampung hanya turun satu digit dari 14% menjadi 13%. Di Pulau Sumatera, Lampung masuk peringkat tiga dari bawah soal pengentasan kemiskinan. Apalagi di tingkat nasional, Lampung masih tertinggal jauh dari provinsi-provinsi lainnya. Anggota Komisi XI DPR RI Junaidi Auly menyampaikan hal ini usai mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi XI DPR RI ke Provinsi Lampung, Senin (29/7/2019). Menurut Junaidi, perlu langkah signifikan dan menyeluruh untuk menurunkan angka kemiskinan di Lampung. Pemerintah provinsi perlu menyusun peta jalan pemberdayaan masyarakat agar kemiskinan bisa terus ditekan. “Kita ingin ada terobosan-terobosan tertentu, sehingga pengentasan kemiskinan jadi signifikan. Jangan lagi Provinsi Lampung jadi peringkat tiga terbawah di Sumatra. Banyak potensi yang belum digali. Harusnya ada road map yang dibuat pemerintah provinsi bagaimana mengentaskan kemiskinan,” ulas legislator dapil Lampung I ini.  Politisi PKS ini berharap, semua instansi di Lampung melakukan langkah sinergi mengentaskan kemiskinan. Angka kemiskinan terlihat dari kesempatan kerja dan daya beli masyarakatnya. “Angka kemiskinan diperoleh dari kesempatan kerja dan peningkatan daya beli. Ketika meningkat daya belinya berarti kemiskinan makin terentaskan. Ketika kesempatan kerja lebih luas, banyak pengangguran jadi pekerja maka kemiskinan bisa teratasi,” kilah Junaidi. Sebelumnya, dalam pertemuan di Kantor Perwakilian Bank Indonesia Lampung, Pemda setempat menyebut sekitar 70% penduduk di Lampung tinggal di pedesaan dan angka kemiskinannnya justru ada di perkotaan. Begitu juga tingkat pengangguran terbuka di perkotaan jauh lebih tinggi daripada perdesaan. Banyak potensi ekonomi Lampung yang bisa kembali diberdayakan. Selain komoditi pertanian ada pula potensi pariwisata yang semuanya bisa menyumbang pada penurunan angka kemiskinan di Lampung.

1. Apa akar masalah yang terjadi?

Faktor penyebab kemiskinan seperti yang terjadi di Lampung saat ini dapat di simpulkan bahwa ada beberapa sumber ketidakadilan yang menyebabkan kemiskinan.

Pertama, terjadinya pendistribusian kepemilikan modal secara tidak adil. Hal ini terjadi agar ekonomi kapitalis dapat beroperasi, maka harus memiliki pasar buruh. Di mana tenaga mereka dapat ditukar dengan upah.

Kedua, tidak setaranya keuntungan yang diperoleh dari modal dan buruh. Perbedaan ini disebabkan karena pemilik alat-alat produksilah yang memutuskan pembayaran untuk setiap faktor produksi. Penentuan besarnya upah ini jelas dalam rangka memaksimalkan keuntungan yang diperoleh dan untuk mencegah penyusutan keuntungan dan kenaikan upah harus ditekan di bawah besarnya produktivitas.
Ketidakadilan pendapatan di dalam sistem tersebut di atas sungguh tragis karena menciptakan masyarakat terpinggirkan dan penderitaan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketiga, faktor kebijakan pembangunan pemerintah daerah yang keliru dan tidak berpihak pada kepentingan masyarakat miskin, pengelolaan pemerintahan yang tidak transparan dan tidak melibatkan partisipatif masyarakat, tingkat korupsi yang tinggi yang menyebabkan berkurangnya alokasi anggaran untuk suatu kegiatan pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat miskin, dan sempitnya lapangan kerja juga merupakan akar dari penyebab terjadinya kemiskinan di Lampung. Akibat dari kemiskinan, banyak penderitaan yang dialami masyarakat di Lampung, seperti terjadinya malnutrisi (gizi buruk), rendahnya pendidikan, terjadinya wabah penyakit, dan lain-lain.

2. Siapa yang terdampak

Berdasarkan akar permasalahan sebelumnya, orang yang tergolong kedalam kelompok miskin yaitu orang-orang yang tidak mampu memenuhi standar kebutuhan hidupnya. Selain itu orang-orang yang dikatakan miskin yaitu mereka yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar seperti pangan, gizi, sandang, papan, pendidikan, dan kesehatan. Orang yang tidak mampu melakukan usaha yang produktif juga dapat dikatakan miskin. Selain itu ketidakmampuan menjangkau sumber daya sosial dan ekonomi baik akibat rendahnya daya tawar (bargaining position) maupun keterbatasan modal, teknologi, dan sumber daya manusia juga merupakan foktor dari penyebab kemiskinan.

3. Solusi Permasalahan

Adapun solusi untu menangani kemiskinan di provinsi Lampung seperti:

  1. Menyediakan fasilitas-fasilitas publik yang berhubungan dengan masalah optimalisasi distribusi pendapatan.
  2. Redistribusi Pendapatan secara lebih baik
  3. Pembangunan Sektor Pertanian,  karena sektor tersebut memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pendapatan masayrakat dipedesaan sehingga dapat mengurangi jumlah masyarakat miskin.
  4. Pembangunan Sumber Daya manusia, dimana pembangunan ini diperlukan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyrakat secara umum. Untuk mewujudkan hal tersebut maka dilakukan peningkatan lembaga pendidikan, kesehatan dan gizi.

4. Pihak yang berperan

Berdasarkan penjelasan diatas, tentunya untuk membantu mengurangi angka kemiskinan di provinsi lampung diperlukannya dukungan dari berbagai pihak, masyarakat maupun pemerintah.  Pemerintah lebih ditekankan untuk mengatasi permasalahan kemiskinan,  namun masyarakat juga harus berperan aktif dan mendukung program-program pemerintah yang sesuai dengan kondisi permasalahan tersebut. Jangan sampai program-program yang di jalankan oleh pemerintah tidak sejalan dengan kondisi masyarakat yang hanya mementingkan kebutuhan pribadi saja. Oleh karena itu program pemerintah dalam mengatasi kemiskinan diharapkan dapat membawa dampak yang lebih baik kedepannya agar kemiskinan di Indonesia dapat teratasi.

Sumber :

https://puspensos.kemensos.go.id/kemiskinan-di-kota-bandar-lampung

https://reckypratamablog.wordpress.com/2017/10/30/analisa-indikator-dan-faktor-faktor-penyebab-kemiskinan-di-provinsi-lampung-beserta-penanggulangannya/

https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/250347/pengentasan-kemiskinan-di-lampung-masih-rendah

KUIS MK PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (PTI)

Nama : Adilah Afifah
NPM : 2115061053
Kelas : PSTI – D
Dosen Pengampu :  Rio Ariesta Pradipta, S.Kom, M.T.I
“MENURUT ANDA BAGAIMANA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) PADA SAAT INI DI INDONESIA? MENURUT PANDANGAN ANDA DALAM 10 TAHUN KEDEPAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI APA YANG AKAN SANGAT BERPENGARUH DI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA SECARA UMUM DAN BAGAIMANA KITA MENYIKAPINYA?”

Di era revolusi industri 4.0 saat ini perkembangan teknologi informasi dan komputer begitu pesat, bahkan di Indonesia sendiri. Dengan adanya kemajuan teknologi ini dapat memudahkan atau membantu pekerjaan manusia serta menjadi solusi dari berbagai permasalahan yang sedang dihadapi. Kemajuan teknologi informasi dan komputer memberikan memiliki banyak manfaat dan peran dalam berbagai bidang kehidupan, seperti di bidang kesehatan, pendidikan, bidang ekonomi dan sebagainya. Dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komputer dapat meningkatkan kinerja yang dapat memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Saat ini banyak bentuk dari  teknologi informasi dan komputer yang berkembang di Indonesia, misalnya e-education, e-commerce, e-medicine, e-government dan sebagainya. Menurut pandangan saya, dalam 10 tahun ke depan perkembangan teknologi yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia adalah dalam bidang e-commerce dan penggunaan e-money.

E-commerce

E-commerce atau electronic commerce adalah sebuah konsep yang dapat digambarkan dengan kegiatan atau proses jual beli atau pertukaran barang secara online, jasa, dan informasi melalui jaringan informasi seperti internet. Melihat kondisi global yang sedang dilanda pandemi covid-19 membuat peningkatan  pengguna e-commerce. Sebab dengan adanya e-commerce masyarakat dapat berbelanja secara online untuk membeli berbagai macam kebutuhan tanpa perlu keluar rumah. Pada tahun 2020, berdasarkan laporan bank Indonesia terjadi kenaikan transaksi e-commerce sebesar 266.3 triliun rupiah yang mengalami peningkatan sebesar 29.6%. Dari data tersebut pengguna e-commerce mungkin akan terus bertambah setiap tahunnya. Dengan adanya kegiatan e-commerce diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Penggunaan e-money

Dengan maraknya pengguna e-commerce maka penggunaan e-money juga semakin meningkat. Menurut bank Indonesia E-money atau uang elektronik adalah alat pembayaran dalam bentuk elektronik yang di mana nilai uangnya di simpan dalam media elektronik tertentu. Menurut data bank Indonesia pada tahun 2021, penggunaan e-money mengalami peningkatan sebesar 32,3% yang setara dengan Rp.266 triliun. Dengan data tersebut, memungkinkan beberapa tahun ke depan penggunaan teknologi di bidang fintech, terutama penggunaan e-money akan terus meningkat. Penggunaan e-money memberikan banyak manfaat dan kemudahan, namun perlu diingat, resiko dari penggunaan e-money juga besar. Maka dari itu, diperlukan kehati-hatian dari pengguna itu sendiri untuk mengurangi resiko dari dampak negatif e-money.

Perkembangan teknologi informasi dan komputer tidak dapat kita hindari, maka dari itu kita perlu tau cara menyikapi perkembangan teknologi tersebut agar tidak terpengaruh oleh dampak negatifnya. Salah satu cara kita untuk menyikapi perkembangan teknologi adalah dengan memperbanyak literasi mengenali perkembangan teknologi, baik dan buruknya teknologi. Serta berpikir secara terbuka dan kritis terhadap teknologi-teknologi yang ada dan selalu berhati-hati dalam penggunaan teknologi.

 

 

“ANALISA KASUS BERIKUT INI. ANDA ADALAH SEORANG YANG PAHAM TENTANG DUNIA TIK, KEMUDIAN SEORANG KAWAN MEMINTA BANTUAN BERDASARKAN KEMAMPUAN ANDA DI BIDANG TIK. KAWAN ANDA ADALAH SEORANG VLOGGER TERKENAL, DIA MEMINTA BANTUAN ANDA UNTUK MEMBANGUN SEBUAH ENVIRONMENT SMALL OFFICE HOME OFFICE (SOHO)YANG AKAN DIGUNAKAN SEBAGAI TEMPAT KERJA TIM VLOGGER TEMAN ANDA, DENGAN BANTUAN ANDA RUMAH INI AKAN MENJADI SEBUAH SOHO YANG NYAMAN DIGUNAKAN UNTUK KERJA. SAAT INI TEMPAT INI ADALAH RUMAH BESAR DUA LANTAI YANG KOSONG DENGAN 1 RUANG BESAR DAN 5 KAMAR TIDUR YANG AKAN DIJADIKAN RUANG KERJA. TEMPAT KERJA DENGAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA YANG TERHUBUNG DENGAN JARINGAN INTERNET KECEPATAN TINGGI AGAR MEMUDAHKAN PEKERJAAN TIM VLOGGER. DI TEMPAT ITU MENJADI KANTOR SOHO TIM DAN AKAN DIKERJAKAN PRODUKSI VIDEO, RESEARCH MARKET, PODCAST STUDIO, BROADCAST STREAM LIVE. MENURUT ANALISA ANDA APA SAJA YANG HARUS ANDA KERJAKAN DAN APA SAJA YANG ANDA BUTUHKAN UNTUK MEMBANGUN SEBUAH MULTIMEDIA SOHO UNTUK MENDUKUNG KERJA TIM VLOGGER KAWAN ANDA?”

Small office home office atau yang disingkat SOHO adalah sebuah perkantoran berskala kecil sampai menengah yang biasanya menjadikan rumah sebagai tempatnya. SOHO memiliki sebuah jaringan sederhana dengan menggunakan hardware switch untuk mengakses suatu layanan dari broadband. SOHO menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) untuk menghubungkan beberapa unit komputer dalam lingkup kerja tersebut dengan menerapkan topologi star melalu koneksi internet seperti WiFi.

Komponen Jaringan SOHO

 

Untuk membangun sebuah multimedia SOHO dan mendukung kerja tim vlogger yang nantinya akan memproduksi sebuah video, research market, podcast studi dan broadcast stream live, maka diperlukan beberapa komponen penting yaitu :

  1. PC – Server, PC – Server berfungsi untuk mengelola semua aktivitas yang terjadi di dalam jaringan, seperti penyimpanan data atau file.
  2. PC – Client, PC – Client berfungsi untuk mengakses semua informasi yang dimiliki oleh server.
  3. Router, router berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan internet kepada satu atau lebih perangkat.
  4. Switch, switch berfungsi sebagai jembatan sebuah jaringan.
  5. WiFi, wiFi berfungsi sebagai penghubung perangkat ke jaringan internet

 

Referensi : 

Faizah, S. N., & Prakoso, J. A. (2021). Analisis Perubahan Konsumsi E-commerce Di Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 10(2), 74-83.

Abyong., I. SOHO Networking.

Jurnal Perkuliahan Perkenalan Teknologi Informasi Topic 10 : Comunicating Digital Content

Digital_Communication_EWM_SA_Digital_Agency_Geneva

Comunicating Digital Content

Komunikasi digital  adalah komunikasi berbasis komputer untuk mengirim dan menerima pesan atau bertukar kabar lewat platform digital. Konsep komunikasi digital selalu berkembang tergantung pada penemuan-penemuan alat berbasis teknologi internet. Komunikasi digital disebut juga komunikasi di dunia maya. Dalam dunia maya terdapat hidup yang transparan, tempat privasi mencair. Dunia digital, tanpa kabel ini telah membuat kita terhubung dengan orang lain secara global dan saling berbagi pengalaman.

Network adalah istilah populer dari jaringan komputer. Network merupakan kumpulan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain, dengan menggunakan peralatan tertentu. Dalam sebuah jaringan komputer, penggunaan peralatan tertentu ini dapat diakses secara bersama-sama (seperti disk dan printer) dan berhubungan dengan komputer induk sistem lain, yang letaknya berjauhan.

Jenis Jenis jaringan komputer

  • LAN (Local Area Network) adalah sebuah network yang menghubungkan atau mnegkoneksikan tiap computer dan juga device dalam area geografis yang terbatas.
  • WLAN (wireless LAN) adalah sebuah LAN yang digunakan tanpa menggunakan kabel.
  • MAN (Metropolitas Area Network) adalah
  • WAN (Wide area network) adalah network atau jaringan yang menjangkau area yang lebih luas.
  • PAN (Personal Area Network) adalah sebuah network yang mengkoneksikan computer dan device dalam sebuah ruang workspace secara wireless dan juga kabel.

Berdasarkan Media Penghantar

Berdasarkan jenis media penghantarnya, network dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Wire Network

Wire network adalah network yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jenis kabel yang umum digunakan pada network biasanya terbuat dari bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan fiber optik atau serat optik.

2. Wireless Network

Wireless network menggunakan media penghantar berupa gelombang radio atau cahaya. Oleh sebab itu, pengguna dapat dengan mudah mengakses network tanpa harus memasang kabel pada komputernya.

Standar dan Protokol Komunikasi Jaringan

1. Ethernet

Ethernet atau Internet adalah standar jaringan yang tidak menentukan pusat komputer atau perangkat di jaringan ( node ) harus mengontrol ketika data dapat ditransmisikan.

2. Cincin Token

Token ring standar menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan berbagi atau melewati sinyal khusus.

3. TCP / IP

TCP / IP protokol adalah jaringan yang mendefinisikan bagaimana pesan ( data ) dirutekan dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

4. Wifi

Wi-Fi mengidentifikasi jaringan apa pun berdasarkan standar 802.11 yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara satu sama lain.

5. Bluetooth

Bluetooth adalah protokol jaringan yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk mengirimkan data.

7. Ultra – Wideband ( UWB )

UWB (ultra-wideband) adalah standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi dengan kecepatan tinggi satu sama lain.

8. IrDA

IrDA mentransmisikan data secara nirkabel melalui gelombang cahaya inframerah ( IR ).

9. RFID

RFID adalah protokol yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag yang ditempatkan di atau dilampirkan ke objek, hewan, atau seseorang.

10. NFC

NFC atau komunikasi jarak dekat adalah protokol, berdasarkan RFID, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio jarak dekat untuk berkomunikasi antara dua perangkat atau objek yang dilengkapi dengan teknologi NFC.

11. LTE

LTE adalah standar jaringan yang menentukan seberapa tinggi kecepatan transmisi seluler menggunakan radio siaran untuk mengirimkan data untuk komunikasi seluler.

sumber :

https://mediaindonesia.com/teknologi/433330/jaringan-komputerpengertian-jenis-transmisi-dan-topologi

https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/protokol_jaringan_komputer_pengertian_fungsi_dan_jenisnya-710

https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-jaringan-komputer/

JURNAL PERKULIAHAN PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (PTI) – TOPIC 9

OPERATING SYSTEM

 5_Advantages_and_Disadvantages_of_Operating_System_Limitations_&_Benefits_of_Operating_System

Perangkat computer dan smartphone menjadi sangat penting dan diperlukan saat ini. Disebabkan computer atau smartphone menjadi perangkat yang sangat membantu dalam bidang informasi dan komunikasi. Untuk dapat mengelola bidang informasi dan komunikasi agar lebih efektif maka dibutuhkan sistem operasi pada device. Sistem operasi menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan karena memiliki peran penting dalam memanajemen setiap aktivitas pada perangkat komputer. Yang akan sangat berhubungan dengan pemakaian perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), dan fitur yang lainnya.

 

A. Pengertian Operating System

Operating system merupakan sebuah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras(Hardware) dan perangkat lunak(Software), serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

 

B. Fungsi Operating System

Sebagai suatu perangkat lunak dalam komputer, sistem operasi memiliki beberapa fungsi penting dan tanpa adanya sistem operasi maka komputer tidak dapat menjalankan program dan fungsinya. Beberapa fungsi utama dari sistem operasi adalah sebagai berikut :

  1. Memory Management

Manajemen memori terbagi menjadi dua fokus utama, yaitu primary memory dan main memory. Dimana primary memory merupakan kebutuhan penyimpanan yang diutamakan seperti RAM. Main memory merupakan penyimpanan yang dapat diakses langsung melalui CPU.

  1. Device Management

Sistem operasi mempunyai fungsi untuk mengatur komunikasi antar perangkat melalui setiap driver. Untuk program yang berperan untuk menangani hal tersebut adalah I/O Controller.

  1. File Management

Sistem operasi dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi pada dokumen, mulai dari tahap awal hingga akhir yang mengatur kebutuhan detail setiap informasi. Kemudian, mengelola lokasi, fungsionalitas sistem, dan fitur yang lainnya. Fase pengaturan tersebut disebut dengan file system yang biasanya dimasukkan ke dalam direktori pencarian untuk memudahkan penggunaannya.

  1. Processor Management

Sistem operasi dapat mendukung proses multiprogramming untuk menentukan fase mana yang menggunakan prosesor dalam jangka waktu tertentu.

 

C. Komponen Dalam Sistem Operasi

Adapun komponen utama dalamsistem operasi sebagai berikut :

1. File

Merupakan file yang terbentuk atau dijalankan melalui sebuah sistem operasi.

2. Kernel

Kernel adalah perangkat lunak (software) yang membentuk sistem dan memiliki tugas untuk melayani berbagai macam program aplikasi secara aman dan mudah.

3. User Interface

Sistem operasi mempunyai karakteristik antarmuka yang menjadikan interaksi antara pengguna dengan komputer.

 

D. Jenis – Jenis Sistem Operasi

Adapun jenis – jenis sistem operasi berdasarkan cara kerjanya sebagai berikut.

1. Batch OS

Batch OS merupakan jenis sistem operasi yang dapat menyatukan beberapa pekerjaan, sehingga menjadi lebih cepat terselesaikan dan tidak terlalu berat untuk implementasinya.

2. Distributed OS

Distributed OS menggunakan beberapa processor di berbagai mesin untuk memudahkan komputasi yang nantinya diberikan kepada user secara cepat dengan akurasi yang tepat.

3. Mobile OS

Mobile OS merupakan operating system yang didesain khusus untuk kebutuhan perangkat mobile. Android dan iOS adalah sebuah platform sistem operasi yang dibuat khusus untuk kebutuhan aplikasi dalam perangkat mobile.

4. Multitasking / Time – Sharing OS

Dengan menggunakan sistem multitasking, setiap pengguna dapat mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dalam perangkat CPU yang sama.

5. Network OS

Dalam menggunakan jaringan (network), OS juga berperan sebagai pengatur data, keamanan, user, dan fungsi dari networking itu sendiri.

6. Real – Time OS

Fungsi yang terakhir adalah real time OS, dimana interval atau jarak waktu pemrosesan dan respons input yang kecil.

 

E. Cara Kerja OS

Baik Windows, Linux, atau Mac OS tentunya memiliki paradigma yang mungkin berbeda. Namun secara umum cara kerja sistem operasi adalah sebagai berikut : pertama, sistem operasi akan dimuat dalam perangkat komputer menggunakan boot program, dimana proses booting dilakukan saat menyalakan PC atau device lain. Setelah itu, OS bertugas untuk mengatur dan mengelola setiap program aplikasi pada perangkat yang anda gunakan.

Aplikasi tersebut akan membuat permintaan kepada API (Application Programming Interface) agar user tidak perlu mengetahui bagian dapur dalam software yang sedang digunakan. Tugas dari sebuah OS akan mengeksekusi berbagai instruksi yang dilakukan melalui user. Sehingga, tujuan utama dari sebuah operating system tentu saja untuk mempermudah proses user dalam menggunakan aplikasi dengan efektif dan efisien.

 

F. Contoh Sistem Operasi

OS

Sistem operasi utama yang digunakan computer pada umumnya (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 golongan besar:

  • Keluarga Microsoft Windowsterdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012, windows 10 dan windows 11.
  • Keluarga Unixyang memakai antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  • Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Appleyang biasa dinamakan Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer memakai sangat jumlah sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dllnya.

 

 

Referensi :

https://www.sekawanmedia.co.id/sistem-operasi/ (Diakses pada 11/10/2021)

https://fti.ars.ac.id/blog/content/mengenal-sistem-operasi (Diakses pada 11/10/2021)

https://p2k.itbu.ac.id/en3/3080-2950/Sistem-Operasi_26088_set-of-indonesian-cyclopedia-q-itbu.html (Diakses pada 11/10/2021)

Jurnal Perkuliahan Pengantar Teknologi Informasi 8 : Digital Storage

Pengertian

Media penyimpanan adalah bahan fisik tempat komputer menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang mencatat dan /atau mengambil item dari dan ke media penyimpanan. Banyak sekali jenis penyimpanan yang sekarang banyak digunakan,diantaranya : eksternal hard disk, solid state driver, usb flash drive sampai dengan penyimpanan cloud storage. Saat ini Cloud Storage banyak digunakan karena jenis media penyimpanan online ini dapat digunakan transparan bagi pengguna.

Didalam ruang penyimpanan terdapat dua instruksi yaitu membaca dan menulis. Membaca adalah proses pengiriman barang dari medium penyimpanan ke memori, sedangkan menulis adalah proses pengiriman barang dari memori ke media penyimpanan.

Peran media penyimpanan pada perangkat komputer sangat penting, karena media penyimpanan yang mengatur mengenai berjalannya sebuah proses dan menyimpan data dengan aman. Media penyimpanan Komputer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Media penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk), Media Penyimpanan Optical (Optical Disk), dan Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage).

Macam-macam Media Penyimpanan

1.  Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)
Penyimpanan Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (secondary storage) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.

Macam-macam media dari Magnetik Disk :

  • Disket (floppy disk), pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus.
  • Hard disk adalah jenis disk yang bersifat tetap, tidak perlu dikeluar-masukkan sebagaimana disket floppy. Umumnya terbuat dari bahan logam padu yang berbentuk piringan atau pelat.
  • Flashdisk adalah piranti penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan.
  • Memory Card, yaitu Media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video gam console

2.  Penyimpanan Optical (Optical Disk)
Penyimpanan optical adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah.

Macam-macam media dari Magnetik Disk :

  • CD (compact disk) atau laser optical disk merupakan jenis piringan optik yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan ditangani melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses piringan optis jauh lebih tinggi daripada disket.
  • CD-ROM adalah CD yang dipakai untuk menyimpan data yang sifatnya read only atau hanya dapat dibaca. Pada umumnya produk-produk CD-ROM merupakan suatu pangkalan data (database), yang pengoperasiannya memerlukan paling sedikit seperangkat personal komputer dengan hard disk, CD drive, dan printer bila diperlukan.
  • CD-WORM kepanjangan dari Write once read many dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bissa dilakukan sekali. Sesuda perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan.
  • CD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.
  • DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes.

3.  Penyimpanan Awan (Cloud Storage)
Cloud Storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Pada dasarnya teknologi Cloud Storage merupakan pengembangan dari sistem Komputasi Awan atau yang disebut juga dengan istilah cloud computing. Cloud computing adalah sebuah istilah dalam ilmu komputer yang berarti komputasi awan yang berbasis internet atau biasa dalam dunia IT dengan sebutan “The Cloud”. Istilah lain dalam teknologi cloud computing yaitu Sebuah jaringan komputer yang saling berhubungan dengan komputer lain yang dapat dijalankan secara bersamaan. Tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umumnya seperti CD atau hard disk, teknologi Cloud Storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang anda perlukan untuk mengakses file digital anda hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet.

Sumber :

Discovering Computers 2016: Tools, Apps, Devices, and Impact of Technology.

https://id.wikipedia.org/wiki/Penyimpanan_magnetik

G20 DAN COP26

1175820145p

G20

G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20 merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Forum ini telah bertemu setiap tahun sejak 1999 dan mencakup, sejak 2008, KTT tahunan, dengan partisipasi dari masing-masing Kepala Negara dan Pemerintahan.

Selain KTT, pertemuan tingkat menteri, pertemuan Sherpa (bertugas melakukan negosiasi dan membangun konsensus di antara para Pemimpin), kelompok kerja dan acara khusus diselenggarakan sepanjang tahun.

  • Tujuan G20

Tujuan utama G20 adalah menghimpun para pemimpin Negara ekonomi maju dan berkembang utama dunia untuk mengatasi tantangan ekonomi global. Pertemuan para pemimpin Negara G20 dilakukan setiap setahun sekali, sedangkan pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dilakukan beberapa kali dalam setahun.

  • Indonesia Resmi Terima Presidensi G20

Indonesia resmi meneruskan estafet presidensi G20 dari Italia dan untuk pertama kalinya akan memegang presidensi G20 pada tahun 2022. Penyerahan presidensi tersebut dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma yang berlangsung di La Nuvola, Roma, Italia, pada Minggu, 31 Oktober 2021. Selain itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah sekaligus Presiden G20 pada 2022, sesuai kesepakatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-15 di Riyadh, Arab Saudi.

Jokowi menjelaskan bahwa presidensi G20 Indonesia akan mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar ‘Recover Together, Recover Stronger’. Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia di G20.

KTT G20, Roma, Italia, 30-31 Oktober 2021

Pada 30 dan 31 Oktober 2021, para pemimpin G20 bertemu untuk pertemuan puncak dua hari yang diselenggarakan oleh kepresidenan G20 Italia di Roma. Charles Michel , Presiden Dewan Eropa, dan Ursula von der Leyen , Presiden Komisi Eropa, mewakili Uni Eropa. Di akhir pertemuan, para pemimpin G20 mengadopsi deklarasi para pemimpin G20 .

Para pemimpin G20, bertemu di Roma pada 30 sampai 31 Oktober, untuk mengatasi tantangan global yang paling mendesak saat ini dan untuk menyatukan upaya bersama untuk pulih lebih baik dari krisis COVID-19 dan memungkinkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif di negara kita dan di seluruh dunia. Sebagai forum utama untuk kerjasama ekonomi internasional, berkomitmen untuk mengatasi krisis kesehatan dan ekonomi global yang berasal dari pandemi, yang telah mempengaruhi miliaran jiwa, secara dramatis menghambat kemajuan menuju pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan mengganggu rantai pasokan global dan internasional. mobilitas. Dengan mengingat hal ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para profesional kesehatan dan perawatan, pekerja garis depan, organisasi internasional, dan komunitas ilmiah atas upaya tanpa henti mereka untuk mengatasi COVID-19.

Pada KTT tersebut, para pemimpin G20 sepakat untuk:

  • Pertahankan tujuan membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat dibandingkan dengan tingkat pra-industri dalam jangkauan.
  • Mempercepat tindakan mereka untuk mencapai emisi gas rumah kaca nol global atau netralitas karbon pada atau sekitar pertengahan abad.
  • Menegaskan kembali komitmen pendanaan iklim negara-negara maju untuk bersama-sama memobilisasi $100 miliar per tahun, dan menyambut komitmen baru oleh beberapa anggota G20.
  • Menerapkan aturan baru untuk sistem pajak internasional yang lebih stabil dan lebih adil , termasuk pajak perusahaan minimum global 15%, pada tahun 2023.
  • Memajukan upaya untuk memastikan akses yang lebih baik dan lebih tepat waktu ke vaksin COVID-19 di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.
  • Membentuk Gugus Tugas Gabungan Keuangan-Kesehatan G20 untuk memastikan pembiayaan yang memadai untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi.

 

COP26

COP26 merupakan singkatan dari Conference of the Parties ke-26 yaitu badan pembuat keputusan tertinggi dari United Nations Framework Convention on Climate Change, yang ditanda tangani pada 1992. Namun COP baru berlangsung pertama kali pada tahun 1995. Dalam forum tingkat tinggi tahunan ini, ada 197 negara yang terlibat pertemuan untuk membicarakan dan menanggulangi isu perubahan iklim global. COP pertama diadakan Maret 1995 di Berlin, Jerman. Untuk tahun ini, COP26 digelar di Glasgow, Skoltlandia, Inggris Raya pada 1-12 November 2021.

Conference of the Parties (COP) atau Pertemuan Para Pihak, COP adalah forum tingkat tinggi tahunan bagi 197 negara untuk membicarakan perubahan iklim dan bagaimana negara-negara di dunia berencana untuk menanggulanginya. Perwakilan dari berbagai negara, NGO, bisnis, grup keagamaan, ilmuwan, serta delegasi dari berbagai masyarakat adat akan menghadiri COP26. Termasuk juga media dari berbagai negara yang akan meliput perhelatan akbar ini.

COP akan berlangsung selama dua minggu dengan struktur cara yang sedikit berbeda; biasanya diawali dengan negosiasi teknis, kali ini diawali dengan konferensi pemimpin dunia dalam dua hari pertama. Penyelenggara masih mengupayakan keamanan kesehatan COP26, menimbang banyaknya negara yang masih sulit untuk mengakses vaksin Covid-19. Greenpeace sendiri lebih memilih COP26 hanya diselenggarakan jika benar-benar aman untuk dihadiri seluruh pesertanya. Seperti dikutip dari BBC, pertemuan ini adalah bagian dari Konvensi Kerangka Kerja PBB atas Perubahan Iklim, yaitu perjanjian internasional yang ditandatangani setiap negara dan teritori di dunia yang bertujuan membatasi dampak aktivitas manusia atas iklim.

COP26 menandakan pertemuan ke-26 sejak konvensi PBB itu diberlakukan pada 21 Maret 1994. Tahun ini pertemuan berlangsung di Glasgow – kota terbesar di Skotlandia, Inggris Raya, pada 1-2 November 2021. Pertemuan ini akan sangat penting dan menjadi pertemuan tingkat tinggi pertama di mana kita akan mengevaluasi kemajuan yang telah dilakukan, begitu pula kegagalannya , sejak Persetujuan Iklim Paris ditandatangani pada 2015 yang dikenal sebagai Paris Accord, perjanjian yang pada dasarnya adalah rencana kemanusiaan untuk menghindari bencana iklim.

  • Pentingnya COP26

    Tahun ini COP26 berlangsung di Glasglow, Skotlandia, pada 1-12 November 2021. Jadi, apa sebenarnya yang ingin dicapai COP26? Ada empat poin utama yang akan dibahas selama konferensi menurut tuan rumahnya, Inggris :

    • Komitmen mencapai ‘Net Zero’ dan menjaga kenaikan suhu agar tidak lebih dari 1,5 derajat celsius. Untuk melakukan ini, negara-negara perlu mempercepat penghentian penggunaan batu bara, mengekang deforestasi, mempercepat peralihan ke ekonomi yang lebih hijau. Mekanisme pasar karbon juga akan menjadi bagian dari negosiasi.
    • Lebih banyak beradaptasi untuk melindungi masyarakat dan habitat alami. Karena iklim sudah berubah, negara-negara yang sudah terkena dampak perubahan iklim perlu melindungi dan memulihkan ekosistem, serta membangun pertahanan, sistem peringatan, dan infrastruktur yang tangguh.
    • Memobilisasi keuangan Pada COP15. Negara-negara yang kaya berjanji untuk menyalurkan $100 miliar per tahun ke negara-negara yang kurang mampu pada tahun 2020, untuk membantu mereka beradaptasi dengan perubahan iklim dan mengurangi kenaikan suhu lebih lanjut. Namun, janji itu tidak ditepati, dan COP26 akan sangat penting untuk mengamankan dana, dengan bantuan lembaga keuangan internasional, serta menetapkan target keuangan iklim baru yang akan dicapai pada tahun 2025.
    • Work together to deliver. Artinya berkerja sama membangun kolaborasi antara pemerintah, bisnis, dan masyarakat sipil, dan tentu saja, menyelesaikan Paris Rulebook agar Perjanjian dapat beroperasi sepenuhnya.

Sumber :

https://www.consilium.europa.eu/en/meetings/international-summit/2021/10/30-31/#

https://dunia.tempo.co/read/1522505/agenda-ktt-g20-perubahan-iklim-dan-absennya-xi-jinping-putin-dan-kishida

https://ekonomi.bisnis.com/read/20211103/9/1461415/ktt-cop26-momentum-indonesia-jadi-destinasi-investasi-hijau

https://www.bi.go.id/id/G20/Default.aspx#:~:text=G20%20adalah%20forum%20kerja%20sama,%2C%20dan%2080%25%20PDB%20dunia.

https://www.g20.org/about-the-g20.html

https://www.dfat.gov.au/trade/organisations/g20

https://ukcop26.org/uk-presidency/what-is-a-cop/

PTI TOPIC 7 INPUT OUTPUT

perangkat input:

1. Keyboard

Perangkat yang satu ini digunakan untuk memasukkan data ke dalam aplikasi dan mengetik perintah ke dalam CLI interface. Kelebihan dari perangkat ini adalah mudah untuk dipakai dan entri teks yang cepat ke dalam dokumen. Namun sayangnya metode yang digunakan perangkat ini lebih lambat dibandingkan dengan entri data secara langsung.

2. Numeric Key Pad

Perangkat yang satu ini biasa digunakan untuk melakukan penginputan data numerik menuju ATM, Terminal POS, Chip dan Pin, Ponsel, dan lain-lain. Perangkat ini terdepan untuk memasukkan data numerik seperti Pin atau harga di POS, namun dalam penggunaanya sering terkendala pada kunci yang terlalu kecil dan kesulitan dalam pengetikan huruf.

3. Mouse 

Perangkat ini mungkin tidak asing untuk kita, alat yang biasa di gunakan untuk mengontrol penunjuk pada layar, baik dalam memilih windows, mengklik ikon, pilihan menu, serta penunjuk posisi. Dengan adanya perangkat ini membuat kita lebih mudah dalam menavigasikan menu pilihan dan lebih cepat untuk memilih pilihan dibandingkan dengan menggunakan keyboard. Namun jika digunakan dengan tidak hati-hati perangkat ini akan mudah rusak, dan dalam penggunaannyapun harus memerlukan permukaan yang datar.

4. Touch Pad

Perangkat yang digunakan sebagai penunjuk pada laptop ini merupakan bagian dari keyboard jadi tidak membutuhkan alat terpisah. Namun beberapa orang berpendapat bahwa dalam penggunaannya cenderung lebih susah dibandingkan dengan penggunaan perangkat laptop dengan bantuan mouse.

5. Tracker Ball

Perangkan input Tracker Ball ini biasa digunakan oleh pengguna yang cenderung memiliki keterbatasan motilitas pada pergelangan tangan mereka, sehingga kurang familiar dan cenderung memiliki harga yang mahal. Namun apabila mengenyampingkan dua hal tadi sebenarnya perangkat input yang satu ini lebih mudah digunakan dibandingkan mouse. Perangkat ini juga lebih akurat dalam mengemukakan pointer.

6. Remote Controll

Merupakan perangkat yang banyak digunakan untuk mengontrol saluran TV dan pilihan menu, sistem multimedia, dan aplikasi industri. Perangkat ini dapat digunakan dalam jarak tertentu, tetapi tidak ada sinyal dan mungkin terhalang oleh hambatan atau dinding, yang dapat mempengaruhi efektivitas perangkat yang satu ini.

7. Joystick

Digunakan dalam permainan komputer dan simulator, joystick lebih mudah digunakan daripada keyboard. Namun, lebih sulit untuk dioperasikan daripada mouse.

8. Driving Wheel

Merupakan perangkat yang sering digunakan gamer dalam permainan komputer (balapan / mengemudi) dan simulator. Alat ini membuat aktivitas mengemudi lebih akurat daripada keyboard. Namun sayang, perangkat ini mahal dan pergerakan perangkat ini bisa dikatakan terlalu sensitif.

9.Scanners

Perangkat ini digunakan untuk memindai dokumen atau foto. Perangkat ini dapat membuat sebuah salinan dan untuk resolusi salinannya bergantung pada pengaturan resolusi yang dipilih.

10.Web Cams

Digunakan oleh pengguna yang ingin memiliki konferensi web ( Skype Call ). Dengan Web Cams memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan video tatap muka, sehingga kita dapat menghubungi orang tanpa perlu bepergian. Untuk kualitas tergantung pada koneksi internet.

Direct Data Entry and Associated Devices

1. Magnetic strip readers : digunakan untuk membaca data yang terdapat pada sebuah kartu yang memiliki sinyal magnetic. Biasanya digunakan pada kartu bank, kartu permainan, voucher, dan kunci/kartu hotel.

2. Chip and pin reader : digunakan dalam POS terminals untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu debit dan kartu kredit.

3. Contactless Cards

Aplikasi ini dapat digunakan ketika pengguna melakukan pembayaran menggunakan teknologi RFID tanpa menggunakan password (PIN). Biasanya digunakan untuk pembayaran dalam jumlah kecil.

4. RFID (Radio Frequency Identification)

Perangkat ini dapat menggunakan gelombang radio untuk membaca informasi yang disimpan pada tag (chip silicon kecil atau diletakkan pada stiker).

perangkat Output

1. CRT (Cathode Ray Tube) Monitor

Monitor yang berfungsi sebagai layar untuk menampilkan output

2. LCD (Liquid Crystal Display) Monitor

Monitor ini hampir sama dengan CRT yang digunakan sebagai layar untuk menampilkan output.

3. IPS (In-Plane Switching) /LCD Monitor

Secara umum, monitor ini digunakan oleh professional graphic artist.

4. Touch screen : merupakan layar computer yang dapat digunakan sebagai imput device.

5. Projector : digunakan ketika menampilkan sesuatu dalam layar yang besar dan berasal dari computer atau TV.

8. Inkjet Printer

Berfungsi dalam mencetak data ke dalam kertas ( low output volume ).

9. Laser Printer

Laser printer sering ditemui untuk melakukan pencetakan dengan high output volume.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=9xQjaxvQLFs

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI TOPIC 6

COMPUTING COMPONENTSmotherboard_bus

Pada perkuliahan topik 6, kita membahas mengenai Computing Components atau komponen – komponen yang terdapat pada komputer. Komponen – komponen tersebut berfungsi untuk menjalankan serta membentuk sebuah komputer dan saling berkaitan satu sama lain. Apabila salah satu komponen tersebut tidak berfungsi, maka sebuah komputer sulit bahkan tidak dapat beroperasi.

Adapun komponen – komponen pada komputer antara lain :

  1. Inside The Case
  2. Motherboard
  3. Prosessors
  4. Cloud Computing
  5. Data Representation
  6. Memory
  7. Adapters
  8. Buses
  9. Power Supply & Battery
  1. Inside The Case (Case Computer)

Case komputer adalah kotak berbahan logam dan plastik yang berisi komponen-komponen utama komputer, seperti papan sirkuit utama (motherboard), CPU, dan suplai daya (power supply). Bagian depan case ini umumnya memiliki tombol On-Off dan satu atau lebih drive optikal.

  1. Motherboard (Papan Induk)

Motherboard adalah papan sirkuit yang memiliki berbagai komponen komputer yang saling terhubung dan berfungsi menghubungkan komponen penyusun komputer. dimana cara kerjanya yaitu mengatur hal teknis seputar BIOS (Basic input Ouput System), Chipset (pengatur koneksi input-ouput),RAM (memori penyimpanan data sementara),VGA  (memori penyimpan data grafis), Processor  & Additional card (PCI,ISA).

  1. Prosessors

Processors sering disebut sebagai otak dari komputer karena berfungsi untuk mengintruksi dalam pengoperasian komputer. Adapun jenis processors yang paling sering kita dengar yaitu ada Intel dan AMD.

  1. Cloud Computing

Cloud computing ini memberikan kemudah untuk pengaksesnya. Hal ini dikarenakan dengan cloud computing, kita dapat menyimpan serta mengolah data secara virtual.

  1. Data Representation

Ada 2 jenis Data Representation, yaitu Representasi analog dan digital. Pada representasi analog, kuantitas suatu besaran dinyatakan dengan tegangan arus atau jarak perpindahan yang sebanding dengan nilai tersebut. Sedangkan, dalam representasi digital sebuah kuantitas dinyatakan tidak secara proporsional terhadap nilainya tetapi dinyatakan dengan simbol digital.

  1. Memory

Memori adalah media penyimpanan data atau informasi sementara pada komputer . Memori merupakan komponen yang penting didalam suatu komputer yang berada didalam CPU (Central Processing Unit). Memori ini akan menyimpan setiap program dan data yang diproses oleh prosesor. Ada banyak jenis memori antara lain, RAM, ROM, CMOS, Memory Cache, dll.

  1. Adapter

Adapter merupakan komponen komputer untuk  meningkatkan ekspansi nirkabel yang ada di laptop atau komputer. adapter berbentuk seperti slot USB pada umum nya berbentuk USB Tipe A, ataupun USB tipe c, yang dapat dihubungkan ke slot adapter tersebut.

  1. Buses

Dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya. Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus. Intel Pentium 4 memiliki bus prosesor (Front-Side Bus), bus AGP, bus PCI, bus USB, bus ISA (yang digunakan oleh keyboard dan mouse), dan bus-bus lainnya.

  1. Power Supply and Battery

Power Supply adalah salah satu hardware di dalam perangkat komputer yang berperan untuk memberikan suplai daya. Pada dasarnya Power Supply membutuhkan sumber listrik yang kemudian diubah menjadi energi yang menggerakkan perangkat elektronik. Sistem kerjanya cukup sederhana yakni dengan mengubah daya 120V ke dalam bentuk aliran dengan daya yang sesuai kebutuhan komponen-komponen tersebut. perangkat komputer dapat berjalan karena menggunakan komponen baterai. Baterai yang dapat diisi ulang biasanya menggunakan baterai lithium-ion.

 

Sumber :

https://edu.gcfglobal.org/en/tr_id-computer-basics/komponenkomponen-utama-dasar-sebuah-komputer/1/

https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-motherboard/15140

https://www.asani.co.id/blog/pengertian-prosesor-dan-cara-kerja

https://id.wikipedia.org/wiki/Bus_sistem

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-power-supply.html