Browse By

Kuis Pengetahuan Lingkungan : Topic 14

Nama : Muhamad Adil Hidayat

NPM : 2115061068

Kelas : PSTI C

“QUIZ PENGLING TOPIC 14″

Soal !

Untuk bisa menjawab kuis silahkan mahasiswa mencari dari berbagai sumber (sertakan sumber yang  digunakan) tentang permasalahan lingkungan yang terjadi di Lampung secara umum.

Masalah disini boleh terkait hal berikut (pilih salah satu saja) :

  • Polusi Udara
  • Polusi Air
  • Polusi Tanah
  • Tata kelola sampah
  • Penyakit
  • Kependudukan
  • Pangan
  • Kemiskinan

Setelah mendapatkan permasalahan terkini berdasarkan sumber yang terpercaya, kemudian silahkan analisa hal berikut :

  1. Apa akar masalah yang terjadi?
  2. Siapa yang terdampak
  3. Analisa solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah
  4. Siapa saja yang harus menerapkan solusi berdasarkan analisa no.3?

Jawab:

Permasalahan lingkungan yang terjadi di Provinsi Lampung secara umum, terkait masalah Tata kelola sampah

1. Apa akar masalah yang terjadi?

Sampah merupakan salah satu masalah krusial yang ada di indonesia, terutama di bandar lampung sampah akan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan perubahan pola konsumsi serta gaya hidup masyarakat perkotan. Hal ini disebabkan perkembangan kawasan perkotaan yang sangat pesat yang dipengaruhi kemajuan teknologi, transportasi, pertambahan jumlah penduduk, pola konsumsi serta gaya hidup yang secara otomatis meningkatkan jumlah timbulan sampah. Di Bandar Lampung sampah terus menerus mengalami kenaikan dalam jumlah kuantitas, data yang didapatkan dari Dinas lingkungan hidup lampung menunjukan bahwa sampah yang diangkut menuju TPA Bakung berjumlah kurang lebih 800 ton per hari. Hal ini juga disebabkan oleh prilaku masyarakat lampung yang masih banyak membuang sampah sembarangan ke sungai yang berakibat pendangkalan sungai dan banjir saat curah hujan tinggi.

Dari penjelasan diatas dapat dirincikan bahwa akar masalah yang terjadi terkait masalah tata kelola sampah di lampung adalah sebagai berikut :

1. Sampah yang secara kuantitas selalu meningkat dikarenakan pertumbuhan jumlah penduduk dan pola konsumsi serta gaya hidup masyarakat lampung

2.  Masih banyak masyarakat lampung yang membuang sampah sembarangan ke sungai yang berakitbat pendangkalan sungai dan banjir saat curah hujan tinggi.

3. Timbunan sampah yang menggunung di TPA menimbulkan pencemaran lingkungan serta menambah produksi gas metana dari sampah.

2. Siapa yang terdampak?

Yang terdampak dari masalah diatas umumnya semua masyarakat yang tinggal di lampung. Contohnya masyarakat yang tinggal dekat sungai rawan terkena dampak banjir karena pencemaran sampah di sungai. Setelah itu masyarakat yang tinggal didekat TPA Bakung juga terkena dampak dikarenakan pencemaran lingkungan yang menyebabkan bau tidak sedap serta menambah produksi gas metana dari sampah.

3. Analisa solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah

Berdasarkan masalah yang terjadi berikut solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan atau mengurangi masalah sampah di provinsi lampung :

1. Memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

2. Memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah.

3. memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau (green business) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

4. Membiasakan hanya mengonsumsi barang/makanan yang kita butuhkan, mengonsumsi produk organik serta menggunakan energi bersih dan terbarukan.

5. Melibatkan inovasi teknologi untuk dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan sampah secara ramah lingkungan.

4. Siapa saja yang harus menerapkan solusi berdasarkan analisa no.3?

Dari solusi yang dipaparkan pada no 3, kita dapat mengetahui bahwa yang harus menerapkan solusi tersebut umumnya adalah seluruh warga yang tinggal dan berada di lampung. Khususnya Pemerintah, Masyarakat umum, pelaku usaha, serta produsen sebuah produk.

 

Sekian Jawaban quis Pengling topic 14 menurut pendapat dan pandangan saya, Akhir kata saya ucapkan terimakasih Wassalamualaikum Wr. Wb.

Refrensi

https://ipehijau.org/siapa-bertanggung-jawab-terhadap-sampah-plastik-konsumen-atau-produsen/

https://www.rmollampung.id/tata-kelola-sampah-di-kota-bandarlampung

https://www.mongabay.co.id/2021/02/20/pentingnya-peningkatan-tata-kelola-sampah-di-kawasan-perkotaan/

https://indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/2533/membenahi-tata-kelola-sampah-nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>