Browse By

Kuis Pengantar Teknologi Informasi : Topic 11

Nama : Muhamad Adil Hidayat

NPM : 2115061068

Kelas : PSTI C

“QUIZ PTI TOPIC 11″

  1. Menurut anda bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) pada saat ini di Indonesia? menurut pandangan anda dalam 10 tahun kedepan perkembangan teknologi apa yang akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara umum dan bagaimana kita menyikapinya?

Jawab:

Menurut saya tentang perkembangan teknologi informasi dan komputer di Indonesia pada saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, apalagi di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini yang membuat penggunaan teknologi semakin meningkat dikarenakan hampir semua kegiatan sekolah, dan pekerjaan dilaksanakan secara daring di rumah.  Perkembangan tik di Indonesia saat ini dimanfaatkan oleh perusahaan serta institusi pendidikan yang menjadi pusat inovasi untuk perubahan-perubahan teknologi. Banyaknya TIK yang berkembang diindonesia saat ini berupa segala fasilitas menggunakan fitur elektronik seperti e-education, e-commerce, e-medicine, e-government, dan sebagainya. Teknologi IoT juga merupakan salah satu perkembangan teknologi informasi yang banyak digunakan di berbagai macam industri salah satunya digunakan di industri pertanian seperti drone yang dapat memonitoring suhu, kelembaban udara, serta intensitas cahaya untuk kepentingan pertanian. perkembangan iot di indonesia lainnya juga ada seperti Smart city, smart Public transportation, digital payment dan lain sebagainya yang sudah banyak diterapkan di masa sekarang ini.

Menurut pandangan saya 10 tahun kedepan terkait perkembangan teknologi yang akan berpengaruh di kehidupan masyarakat indonesia secara umum adalah perkembangan teknologi di bidang  Kecerdasan Buatan Atau sering disebut sebagai AI (Artifical Intelligence). perkembangan ini akan sangat berpengaruh di kehidupan indonesia secara umum dikarenakan AI merupakan tren teknologi baru yang dikenal karena keunggulannya dalam pengenalan gambar dan ucapan seperti navigasi serta asisten pribadi smartphone, mungkin dalam 10 tahun kedepan akan banyak robot-robot yang memiliki teknologi Ai yang menyerupai manusia yang akan menggantikan pekerjaan manusia. Contohnya pada saat ini sudah ada robot bernama tommy yang dipekerjakan di rumah sakit circolo di verese italia, robot ini digunakan untuk membatasi kontak langsung antara dokter, perawat dan pasien sehingga dapat mengurangi resiko penyebaran penyakit/virus. Tak hanya itu, di Korea Selatan juga ada robot yang telah digunakan untuk mengukur suhu dan mendistribusikan hand sanitizer lho. McDonald bahkan telah menguji coba robot untuk memasak di dapurnya.

Untuk menyikapi perkembangan Teknologi Informasi dan Komputer ini menurut pandangan saya kita manusia perlu tau cara menyikapi perkembangan teknologi tersebut agar tidak terpengaruh oleh dampak negativenya, kita harus memiliki pola pikir adaptif agar dapat neradaptasi dengan perkembangan teknologi, kita juga harus memiliki pemikiran terbuka akan hal-hal baru. untuk itu kita dapat membatasi penggunaan teknologi yang memiliki dampak negative pada kehidupan kita.

  1. Analisa kasus berikut ini. Anda adalah seorang yang paham tentang dunia TIK, kemudian seorang kawan meminta bantuan berdasarkan kemampuan anda di bidang TIK. Kawan anda adalah seorang vlogger terkenal, dia meminta bantuan anda untuk membangun sebuah environment Small Office Home Office (SOHO)yang akan digunakan sebagai tempat kerja tim vlogger teman anda, dengan bantuan anda rumah ini akan menjadi sebuah SOHO yang nyaman digunakan untuk kerja. Saat ini tempat ini adalah rumah besar dua lantai yang kosong dengan 1 ruang besar dan 5 kamar tidur yang akan dijadikan ruang kerja. Tempat kerja dengan teknologi multimedia yang terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi agar memudahkan pekerjaan tim vlogger. Di tempat itu menjadi kantor soho tim dan akan dikerjakan produksi video, research market, podcast studio, broadcast stream live. Menurut analisa anda apa saja yang harus anda kerjakan dan apa saja yang anda butuhkan untuk membangun sebuah multimedia soho untuk mendukung kerja tim vlogger kawan anda?

Jawab:

Setelah saya analisa kasus tersebut, saya sebagai seseorang yang paham tentang dunia TIK diminta untuk membangun SOHO Yang digunakan untuk tempat kerja tim vlogger teman saya.Terkait kenyamanan Tim Pada SOHO ini saya akan menggunakan teknologi smart home dimana dapat menunjang pekerjaan tim vlogger untuk melakukan pekerjaannya dengan cepat. dengan adanya smart home maka dapat memudahkan para tim untuk berinteraksi satu sama lain serta untuk kenyamanan tim yang tak perlu repot untuk mengganti suhu ac, menyetel music, mengganti warna lampu yang bisa disesuaikan oleh cuaca/mood seseorang karna hanya perlu mengucapkan oleh kata-kata maka smart home akan bekerja sesuai keinginan user.

Kemudian terkait konsep jaringan saya akan menggunakan switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah seperti DSL (Digital Subscriber Line) atau internet kabel. Konsep jaringan ini memungkinkan berbagai sumber daya seperti printer, dokumen, gambar, serta music dapat mudah diakses di antara beberapa komputer lokal yang terhubung dengan internet kabel.  perangkat yang dibutuhkan untuk membangun jaringan SOHO ini antara lain Pc Server, Pc Client, Switch, Wifi, Router Mikrotik.

Sekian Jawaban quis PTI topic 11 menurut pendapat dan pandangan saya, Akhir kata saya ucapkan terimakasih Wassalamualaikum Wr. Wb.

Refrensi

https://kumparan.com/berita-update/perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-di-indonesia-radio-internet-1umPw56bFTn/full
http://okta350.blogspot.com/2018/12/membuat-small-office-home-office-soho.html
https://catatanshand.blogspot.com/2018/03/Pengertian-jaringan-soho.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>