Browse By

“Digital Storage” Jurnal PTI Ke-3

Assalamualaikum wr wb

Hai semuanya, bertemu lagi sama saya Muhamad Adil Hidayat atau biasa di panggil adil, NPM : 2115061068 dari kelas PSTI C. Pada postingan kali ini saya akan membahas materi mata kuliah  Pengantar Teknologi Informasi Kelas PSTI C  yang disampaikan oleh bapak Rio Ariestia Pradipta, S.Kom, M.T.I

materi yang disampaikan pada Topic ke-8 adalah :

“DIGITAL STORAGE”

Shot of Corridor in Working Data Center Full of Rack Servers and Supercomputers with Cloud Storage Advantages Icon Visualization.

A.Pengertian

Digital storage merupakan tempat penyimpanan komputer yang menyimpan data, informasi, program, dan aplikasi. Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang mencatat dan /atau mengambil item dari dan ke media penyimpanan, pada penyimpanan terdapat duaproses intruksi yaitu proses reading dan writing.  Proses reading yaitu proses mentransfer data dari  penyimpanan ke memori, dan proses writung adalah proses mentransfer data dari memori ke memori. Banyak  jenis memori yang digunakan saat ini yaitu seperti Hard disk, solid state driver (SSD), USB flash drive bahkan cloud storage. Cloud storage adalah media penyimpanan file online atau digital seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive.

B. Sejarah Singkat

Dimulai pada tahun 1940an William Tube pertama kali dikenalkan dengan kapasitas memori sebesar 0,0625 Kilobyte. Digital storage berkembang sangat pesat, dimulai dari media penyimpanan digital dimana hardware membutuhkan satu ruangan penuh, kemudian menuju ke hardware yang cukup untuk dimasukkan ke saku, hingga sekarang dimana media penyimpanan digital hadir tanpa bentuk fisik hardware yang nyata, cloud storage

Dalam waktu lebih dari 50 tahun sejak pertama kali William Tube ini diperkenalkan, perkembangan digital storage semakin pesat dan maju seperti yang sudah dapat kita nikmati saat ini. Pengguna komputer tak perlu lagi takut akan perangkat penyimpanan data yang terlalu besar ukuran fisiknya maupun terlalu kecil untuk dapat memuat semua data yang dibutuhkan, karena perangkat penyimpanan data di jaman modern saat ini sudah dapat memenuhi kebutuhan para pengguna komputer.

C. Kapasitas Storage

tabel kapasitas penyimpanan harddisk

pada setiap media penyimpanan terrdapat batas mak maksimal penyimpana yang dapat ditampung  oleh media tersebut yang biasa sisebut dengan kapasitas penyimpanan. Kapasitas penyimpanan merupakan julah byte yang dapat ditampung/disimpan oleh media penyimpanan. Berikut ini merupakan tabel kapasitas penyimpanan

D. Macam-macam Storage

1.Magnetic Disk

Penyimpanan Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (secondary storage) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.Kelebihannya yaitu  Kapasitas penyimpanan pada media ini lebih besar dari media penyimpanan lainnya bahkan sudah mencapai Petabyte dan Kecepatan akses datanya tinggi.Namun magnetic disk juga memiliki kekurangan yaitu Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya.

Berikut dipaparkan beberapa media yang menggunakan jenis penyimpanan  Magnetic Disk :

Flashdisk , media penyimpanan ini memiliki bentuk yang kecil, sehingga membuat media penyimpanan ini menjadi praktis dan ringan  sehingga  mempermudah kita untuk membawanya kemanapun. Untuk kapasitas penyimpanannya sendiri Flashdisk mampu menampung hingga 1 TB.

download-_7_

Zip , memiliki jenis head yang sangat kecil sehingga hanya mampu menampung data hingga 750 MB. Zip Drive sangat populer di antara produk jenis super-floppy namun tidak pernah mencapai status standar untuk menggantikan floppy disk 3,5 inch.

zip

Disket , disket adalah media penyimpanan yang bersifat removeable, yang dapat di lepas-pasang dengan mudah. Disket bersifat read-only yang artinya tidak dapat menghapus dan memodifikasi data yang tersimpan.  Untuk saat ini sudah jarang yang menggunakan disket sebab ruang penyimpanannya yang kecil dan tergantikan oleh jenis media penyimpanan yang lebih canggih.

t_5f5850ed63b89_700

Memory Card ,  media penyimpanan satu ini dapat kita pakai pada perangkat komputer ataupun peralatan elektronik seperti handphone, laptop, kamera digital, speaker, ipod dan sebagainya.

memory-card-di-bawah-100rb

Hardisk SSD (Solid-State Drive) ,  SSD tidak bergantung kepada cakram dan magnet. SSD menggunakan jenis memori flash atau NAND. Pada SSD, semikonduktor menyimpan data dengan mengubah sirkuit arus listrik yang terdapat dalam SSD. SSD tidak memerlukan komponen bergerak untuk beroperasi. Oleh sebab itu, SSD bekerja lebih cepat dan lancar daripada HDD. Dan SSD bertahan lebih lama daripada HDD, sebab HDD rentan terhadap kerusakan dan haus akan pemakaian. SSD dapat dipakai pada PC generasi terbaru atau laptop kelas atas, smartphone, tablet, bahkan kamera video.

H554b10a7a8e8429eb0677b1a79c2bbb9g

Hardisk HDD (Hard Disk Drive) , HDD terdiri dari tumpukan cakram logan berputar atau piring. Pada setiap piring mempunyai triliunan fragmen kecil yang dapat dimagnetkan untuk mewakili bit (angka 1 dan 0 dalam kode biner). Untuk menuliskan informasi ke dalam HDD atau mendeteksi perubahan magnet agar dapat membaca informasi dari piring dapat dengan memagnetkan fragmen dan lengan aktuator dengan kepala baca atau tulis dapat memindai piring yang berputar. HDD biasanya digunakan sebagai satelit, server TV, perekam, dan media penyimpanan pada laptop atau PC.

pengertian-hardisk

2.Cloud Storage

Pengertian Cloud Storage

Cloud Storage tidak memiliki bentuk fisik melainkan ruang penyimpanannya terdapat pada internet yang dapat diakses secara online. Cara kerja Cloud Storage adalah dengan mengunggah file data untuk menyimpan data dan mengunduh untuk mengambil data.

Kelebihan Cloud Storage:

Cloud Storage sangat mudah digunakan dan tidak perlu membawa barang berupa fisik seperti media penyimpanan lainnya. Memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dan mempermudah kita dalam mengirim atau mentransfer file data ke orang lain dengan cepat tanpa menghawatirkan jarak. File atau data kita dapat dicadangkan untuk menghindari resiko kehilangan data. Dapat diakses di mana saja, menghemat biaya dan juga waktu.

Kekurangan Cloud Storage :

Kekurangan pada Cloud Storage adalah agar dapat mengakses kita memerlukan koneksi internet, membutuhkan kecepatan internet yang kebut dan waktu yang lama jika mengupload file yang besar

3. Optical Disk

51+g8JnYZcL._AC_SX355_cd

 

Optical Disk adalah media penyimpanan yang menggunakan laser bertenaga rendah yang dapat menulis dan membaca data. Cara kerja optical disk adalah bentuk fisik dari media penyimpanan berputar dengan sangat cepat yang mempengaruhi kecepatan transfer data dengan membaca data melalui optik yang berada pada perangkat pembacanya.

Kelebihan dan kekurangan Optical Disk :

Kelebihan dari optical disk adalah beratnya lebih ringan daripada jenis penyimpanan Magnetic Disk. Namun Optical Disk memiliki kekurangan yaitu kapasitas penyimpanan yang kecil daripada Magnetic Disk dan sensitif, data tidak dapat dibaca jika tergores.

Macam media penyimpanan yang termasuk ke dalam jenis Optical Disk :

CD , Pada CD data dibaca dan ditulis melalui sinar laser pada piringan yang menyebabkan akses kecepatannya lebih tinggi daripada disket.

CD-ROM , jenis piringan yang hanya dapat read-only dan hanya dapat dibaca. CD-ROM dapat menyimpan data berupa teks, gambar, grafik dan menyimpan informasi bersifat statis seperti kamus, arsip dan ensiklopedia. CD-ROM merupakan suatu database yang pengoperasiannya perlu perangkat komputer dengan hardisk, CD Drive dan printer jika diperlukan.

CD-WORM , adalah sebuah media penyimpanan yang dapat ditulis menggunakan komputer namun hanya bisa sekali rekaman. Artinya sesudah perekaman data tidak dapat diubah. CD-WORM dapat digunakan untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu, dan lain sebagainya untuk cadangan.

CD-RW , menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer lalu direkam discs. CR-RW dapat dihapus dan tercatat sekitar 1000 kali. CD-RW dapat digunakan dalam membuat CD audio dan diputar pada semua player atau untuk data discs yang berfungsi untuk mencadangkan dan mentransfer data.

DVD ,  adalah sebuah media penyimpanan yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar dari CD-ROM. Kapasitas penyimpanan DVD dapat mencapai 9 Gbytes. DVD sendiri banyak digunakan dalam perusahaan musik ataupun film.

Sekian jurnal resume materi yang dapat saya sampaikan dari pertemuan kali ini di mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi. Semoga dari materi yang saya sampaikan dalam resume jurnal ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kurang dan salah kata saya mohon maaf, kepada Allah saya mohon ampun. Sampai jumpa di blog saya selanjutnya!

Terimakasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sumber :

https://www.levatra.com/2016/05/pengertian-macam-media-penyimpanan-data.html

https://www.jurnalponsel.com/pengertian-storage/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>