Browse By

“Input and Output Devices” Jurnal PTI Ke-2

Assalamualaikum wr wb

Nama: Muhamad Adil Hidayat

Npm : 2115061068

Kelas: PSTI C

 

Hai semuanya, bertemu lagi sama saya M Adil Hidayat atau biasa di panggil adil.Pada postingan kali ini saya akan membahas materi mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi Kelas PSTI C  yang disampaikan oleh bapak Rio Ariestia Pradipta, S.Kom, M.T.I

materi yang disampaikan pada pertemua ke-7 adalah :

Input and Ouput Devices

input-output-devices-on-white-260nw-1545816392

A.Input Devices

Input atau lebih lengkapnya input device merupakan perangkat masukan yang dipasang sesuai port masing-masing yang berfungsi untuk memasukan data dan mentransfer data dari luar ke mikroprocessor yang berupa signal data maintance atau signal input. Biasanya signal input berupa data yang masuk dalam mikroprocessor. Sederhanya perangkat input adalah perangkat untuk memasukkan perintah atau data yang akan diproses oleh komputer.

Berikut beberapa contoh input device:

1.Keyboard

images

Keyboard merupakan bagian dari input device, yang berfungsi memasukan perintah berupa karakter atau kombinasinya.Ada macam-macam variasi keyboard untuk Komputer dan mobile devices yaitu: Built in keyboard, clip on tablet keyboard, dan on screen keyboard.

2. Pointing devices

pointers-2

Pointing devices adalah device/perangkat yang berfungsi untuk menjalankan/menggerakkan kursor pada komputer/laptop.Contoh Pointing Device adalah : Mouse, Touchpad, Trackball, Drawing Pad, dkk

3.Touch screen

touchscreen-jenis-dan-perbedaan

Touch screen adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.

4.Pen Input

download-_1_

adalah perangkat input yang menangkap tulisan tangan atau sapuan kuas dari informasi analog pengguna dan membuat tulisan tangan dibuat menggunakan “pena dan kertas” menjadi data digital, memungkinkan data yang akan digunakan dalam berbagai aplikasi. Pena jenis ini biasanya digunakan bersama dengan notebook digital , meskipun datanya juga dapat digunakan untuk aplikasi yang berbeda atau hanya sebagai grafik.

5. Motion, Voice and Video input

download-_2_

Motion Input:didukung oleh perangkat seluler, komputer, dan perangkat game. Itu juga bisa disebut sebagai pengenalan gerakan. Dengan input gerakan, gerakan dideteksi oleh perangkat yang berisi kamera dan kemudian gerakan diubah menjadi sinyal digital yang dapat dikirim ke perangkat seluler, komputer, atau game. Contoh penggunaan motion input:Sensor inframerah, Controller pada Nintendo Wii.

Voice input: Voice input adalah sebuah proses masuknya input dari suara yang didapat dari berbagai devices. Ada banyak macam voice input yaitu : Voice input (Microphone), Voice Recognition, Audio input , dan music production.

Video Input: Input video adalah proses menangkap gambar gerakan penuh dan menyimpannya di komputer atau media penyimpanan perangkat seluler. ada banyak perangkat untuk menginput video salah satunya adalah Webcam, Dengan Web Cams memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan video tatap muka, sehingga kita dapat menghubungi orang tanpa perlu bepergian. Untuk kualitas tergantung pada device dan kelancaran internet.

6.Scanners

download-_3_

Perangkat ini digunakan untuk memindai dokumen atau foto. Perangkat ini dapat membuat sebuah salinan dan untuk resolusi salinannya bergantung pada pengaturan resolusi yang dipilih. Contoh Perangkat scanner adalah:Scanner barcode, scanner drum, scanner film.

B.Output Devices

Output adalah hasil yang diharapkan dari input yang di proses.

Berikut contoh” ouput devices:

1. Monitor

download-_4_

Monitor merupakan bagian dari perangkat keluaran karena fungsinya yaitu menampilkan berbagai macam tampilan data yang perlu di ketahui oleh pengguna komputer, data yang di tampilkan monitor merupakan hasil olahan data yang di ambil dari perangkat penyimpanan yang kemudian di salin ke penyimpanan sementara, kemudian data tersebut di proses oleh komponen processor untuk di tampilkan pada layar monitor.

2.Printer

download-_6__1

Printer merupakan alat atau perangkat yang berfungsi untuk mencetak dokumen maupun gambar. Printer masuk dalam bagian perangkat keluaran karena tugasnya menampilkan data berupa hasil cetakan yang sebelumnya berupa softfile. Data yang di keluarkan oleh printer merupakan data yang di ambil dari perangkat penyimpanan yang telah di olah oleh processor.

3. Speaker

download-_5__1

Perangkat keluaran seperti speaker sebenarnya tidak hanya tersedia untuk komputer saja, tetapi juga untuk alat seperti tape, mixer, smartphone dan lain sebagainya. Speaker adalah alat yang berfungsi untuk mengeluarkan data berupa suara, data suara tersebut di ambil dari olahan processor yang mengolah data digital dengan fotmat tertentu. Data suara speaker umumnya di ambil dari perangkat masukan microfon yang langsung di keluarkan ke speaker ketika di gunakan untuk karaoke.

Sekian jurnal resume materi yang dapat saya sampaikan dari pertemuan kali ini di mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi. Semoga dari materi yang saya sampaikan dalam resume jurnal ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kurang dan salah kata saya mohon maaf, kepada Allah saya mohon ampun. Sampai jumpa di blog saya selanjutnya!

Terimakasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Refrensi

Buku Discovering Computers @2016 Shelly Cashman Serie

https://www.nesabamedia.com/pengertian-output-device-beserta-fungsi-dan-contoh-output-device-pada-komputer/

https://ofiskita.com/articles/detail/wah-ternyata-scanner-ada-banyak-jenisnya

https://www.jurnalponsel.com/pengertian-input-dan-output/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>