Browse By

“Computing Component” Jurnal PTI ke-1

Assalamualaikum wr wb

Nama: Muhamad Adil Hidayat

Npm : 2115061068

Kelas: PSTI C

 

Hai semuanya, bertemu lagi sama saya M Adil Hidayat atau biasa di panggil adil,Pada pertemuan hari Sabtu, 23-Oktober-2021 saya mengikuti zoom meeting dari mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi Kelas PSTI C dimana hari itu materi disampaikan oleh bapak Rio Ariestia Pradipta, S.Kom, M.T.I

Kali ini saya akan menuliskan apa saja yang saya dapat di perkuliahan Pengantar Teknologi Informasi pada pertemuan kali ini.

COMPUTING COMPONENTS”

Dalam bahasa indonesia computing components berarti komponen komputer. Lalu apa itu komponen komputer?

Komponen-komponen-Komputer

Komponen komputer berupa perangkat keras dan perangkat lunak. Perbedaan dari kedua perangkat ini ialah perangkat keras dapat dilihat oleh mata atau bisa disebut juga memiliki bentuk fisik sedangkan perangkat lunak tidak memiliki bentuk fisik. Komponen komponen di atas berfungsi untuk menjalankan komputer. Berikut merupakan bagian-bagian dari komponen komputer:

1.Case

81aTR8dQDOS._AC_SL1500_

Casing adalah sebuah rumah atau tempat dari komponen komputer yang umumnya berbentuk kotak. Case merupakan tempat diletakkannya kumpulan-kumpulan hardware komputer, seperti motherboard, harddisk, DVD ROM dan perangkat Keras lainnya. Casing ini berfungsi untuk melindungi komputer elektronik atau mobile device (perangkat seluler) dari kerusakan. Case ini terbuat dari logam atau plastik dan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Di zaman sekarang, case tidak hanya digunakan sebagai pelindung komponen pc, case juga digunakan untuk estetika atau keindahan dari pc tersebut. Terbukti dizaman sekarang case umumnya memakai tempered glass di sampingnya untuk memamerkan isi dari komponen” tersebut, dan juga sudah banyak case yang memiliki fitur rgb serta cable management untuk mempercantik tampilan komputer.

2.Motherboard

91foynygunl-sl1500-021c7edf0176abfc13d5da76bf98e03e

Motherboard merupakan suatu jenis papan sirkuit elektronik yang memiliki fungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain-lain. Motherboard sendiri berupa papan utama yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berfungsi menghubungkan masing-masing perangkat serta seluruh komponen penyususn komputer. Motherboard merupakan kompenen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC akan disatukan.

3.Processor

YphVtZLIBR

Processor adalah otak dari sebuah komputer, processor adalah perangkat yang mengontrol keseluruhan sistem komputer dalam menjalankan instruksi, mengolah data dan sebagai pusat dari kegiatan komputer.

Processor berisikan sebuah control unit dan unit logika arithmetics(ALU).

  • Control unit adalah sebuah komponen dari processor yang lebih sering mengkoordinasikan suatu operasi dari computer.
  • Arithmetic Logic Unit (ALU) menampilkan operasi aritmatika, membandingkan, dan operasi yang lain.

4. Cloud Computing

Cloud computing adalah metode penyampaian berbagai layanan melalui internet. Sumber daya yang dimaksud contohnya adalah aplikasi seperti penyimpanan data, serverdatabase, jaringan, dan perangkat lunak. Penyimpanan berbasis cloud memungkinkan untuk menyimpan file selama memiliki akses ke internet. Pengguna rumahan dan bisnis memilih komputasi awan karena berbagai alasan, yaitu:

  • Penghematan biaya
  • aksesibilitas
  • Ruang angkasa tabungan
  • Skalabilitas

5. Data Representation

Representasi data merupakan cara bagaimana nilainya disimpan di dalam memori komputer.

Data Representation memiliki 2 jenis yaitu

  • Signal Analog

Signal Analog bersifat kontinuitas atau berlanjut dan bervariasi dalam setiap kekuatan dan kualitasnya.

  • Signal Digital

Signal Digital adalah salah satu dari dua pernyataan yaitu, on atau off.

6.Memory

How_to_upgrade_RAM_memory_in_your_PC-Thumb

Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit).

Komputer dan mobile device berisikan dua tipe dari sebuah memori, yaitu:

  • Volatile Memory

Dapat kehilangan isi data ketika komputer dimatikan. Contoh: RAM

  • Nonvolatile Memory

Tidak akan kehilangan isi data ketika komputer dimatikan. Contoh: ROM, Flash Memory dan CMOS.

RAM memiliki dua tipe yaitu Dynamic RAM (DRAM) dan Static RAM (SRAM).

7. Adapters

Meskipun sirkuit di banyak komputer saat ini mengintegrasikan semua fungsi yang diperlukan, ada beberapa yang memerlukan kemampuan tambahan dalam bentuk adaptor. Desktop dan server menggunakan adapter card; Mobile computers menggunakan adapter USB.

Adaptor card berfungsi meningkatkan fungsi komponen dari unit sistem desktop dan/atau menyediakan koneksi ke periferal

  • Slot ekspansi adalah soket pada motherboard desktop atau server yang dapat menampung kartu adaptor
  • Dengan Plug and play, komputer secara otomatis dapat mengenali perangkat periferal saat Anda menginstalnya
  • Adaptor USB meningkatkan fungsi komputer seluler dan/atau menyediakan koneksi ke perangkat peripheral2021-10-25

Dua adaptor card yang populer adalah sound card dan video card. Sound card meningkatkan kemampuan menghasilkan suara dari komputer pribadi dan memungkinkan suara dimasukkan melalui mikrofon dan output melalui speaker eksternal atau headphone. Video card, juga disebut graphic card, mengubah output komputer menjadi sinyal video yang berjalan melalui kabel ke monitor, yang menampilkan gambar di layar.

8.Buses

Setiap saluran, yang disebut buses, memungkinkan berbagai perangkat baik di dalam maupun yang terpasang pada unit sistem untuk berkomunikasi satu sama lain. Sama seperti kendaraan yang berjalan di jalan raya untuk berpindah dari satu tujuan ke tujuan lain, bit berjalan di bus.

2021-10-25 (1)

Buses digunakan untuk mentransfer bit dari perangkat input ke memori, dari memori ke prosesor, dari prosesor ke memori, dan dari memori ke perangkat output atau penyimpanan. Buses terdiri dari bus data dan bus alamat. Data bus digunakan untuk mentransfer data aktual, dan alamat bus digunakan untuk mentransfer informasi tentang di mana data harus berada di memori.

9.Power Supply & Battery

Hb372438c0bba4e188826ef121972b220C

Power Supply atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Catu Daya adalah suatu alat listrik yang dapat menyediakan energi listrik untuk perangkat listrik ataupun elektronika lainnya.  Pada dasarnya Power Supply atau Catu daya ini memerlukan sumber energi listrik yang kemudian mengubahnya menjadi energi listrik yang dibutuhkan oleh perangkat elektronika lainnya. Komputer dan perangkat seluler dapat berjalan menggunakan catu daya atau baterai. Baterai biasanya adalah baterai  lithium-ion yang dapat diisi ulang.

2021-10-25 (2)

 

Sekian jurnal resume materi yang dapat saya sampaikan dari pertemuan kali ini di mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi. Semoga dari materi yang saya sampaikan dalam resume jurnal ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kurang dan salah kata saya mohon maaf, kepada Allah saya mohon ampun. Sampai jumpa di blog saya selanjutnya!

Terimakasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Refrensi

– Buku Discovering Computers @2016 Shelly Cashman Serie

– https://indonesiancloud.com/mengenal-cloud-computing/

– http://sangerengdewaraja.blogspot.com/2016/10/representasi-data.html

– https://elekkomp.blogspot.com/2018/10/pengertian-adaptor-dan-fungsinya.html

-https://www.terwujud.com/2014/06/pengertian-dan-fungsi-casing-komputer.html

-https://pakdosen.co.id/motherboard-adalah/

-https://pakdosen.co.id/pengertian-memori/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>