• +6285218326465
  • Angilham2@gmail.com

Probabilitas dan Statistik

Nama    : Ahmad Ilham

Npm      : 1915061059

Prodi     : Teknik Informatika

COVID-19

 

covid-19-4922384 [Recovered]

 

            Penyakit koronavirus 2019(COVID-19)adalah penyakit menular  yang disebabkan oleh SARS, salah satu jenis koronavirus.Penyakit ini mengakibatkan pandemi COVID-19.Penderita COVID-19 dapat mengalami demam,batuk kering,dan kesulitan bernapas.Sakit tenggorokan,pilek atau bersin lebih jarang ditemukan.Pada penderita paling rentan,penaykit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan.Infeksi menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan dari saluran pernapasan yang sering dihasilkan saat batuk atau bersin.Waktu dari paparan virus hingga timbulnya gejala klinis berkisar antara 1-14 hari dengan rata-rata 5 hari.

Sampai saat ini telah terjadi 665,236 kasus yang terjadi di seluruh dunia dengan 30,900 angka kematian dan 142,467 kasus sembuh.USA dan Italy menjadi negara dengan kasus COVID-19 tertinggi di dunia,yaitu 123,776 dan 92,472 mengalahkan China dengan angka 81,439.Di Indonesia pandemi COVID-19 pertama kali terjadi pada tanggal 01 Maret 2020.Update per 29 Maret 2020 sendiri telah terjadi 1,155 kasus di Indonesia dengan  102 kasus meninggal dan 59 kasus dinyatakan sembuh.DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kasus terbanyak di Indonesia yaitu terkonfirmasi 627 dengan meninggal 62 dan sembuh 43.Diikuti oleh provinsi Jawa Barat  terkonfirmasi 119 dengan meninggal 6 dan sembuh 17.

Screenshot (19)

sumber : https://www.worldometers.info/coronavirus/coronavirus-cases/

Screenshot (20)

sumber : https://www.worldometers.info/coronavirus/coronavirus-death-toll/

Tindakan pencegahan untuk mengurangi kemungkinan infeksi antara lain

  • tetap berada di rumah, menghindari bepergian dan beraktivitas di tempat umum
  • sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama minimum 20 detik
  • tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak dicuci
  • mempraktikkan higiene pernapasan yang baik.

CDC merekomendasikan untuk menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin dan menggunakan bagian dalam siku jika tidak tersedia tisu. Strategi pembatasan fisik diperlukan untuk mengurangi kontak antara orang yang terinfeksi dengan kerumunan besar seperti dengan menutup sekolah dan kantor, membatasi perjalanan, dan membatalkan pertemuan massa dalam jumlah besar. Perilaku pembatasan fisik juga meliputi menjaga jarak dengan orang lain sejauh 6 kaki (sekitar 1,8 meter).

Melihat apa yang terjadi di Indonesia sekarang ini,sepertinya kasus akan terus bertambah dilihat dari tindakan-tindakan yang dilakukan masyarakat yang memanfaatkan liburnya sekolah-sekolah untuk beribur bersama keluarga.Hal itu malah akan menyebabkan mudahnya penularan sehingga kasus akan teru bertambah.

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_koronavirus_2019

https://www.worldometers.info/coronavirus/#countries

https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/29/110300665/update-rincian-kasus-corona-di-29-provinsi-di-indonesia

Rangkuman Pkn IV

BAGAIMANA HARMONI KEWAJIBAN DAN HAK

NEGARA DAN WARGA NEGARA DALAM

DEMOKRASI YANG BERSUMBU PADA

KEDAULATAN RAKYAT DAN MUSYAWARAH

UNTUK MUFAKAT?

1. Menelusuri Konsep dan Urgensi Harmoni Kewajiban dan Hak  Negara dan Warga Negara

Semenjak zaman pemerintahan raja-raja di Indonesia,rakyat mengenal konsep kewajiban dibandingkan konsep hak.Yang mana dulu,kita harus wajib patuh kepada raja secara mutlak.keadaan tersebut juga berlangsung di zaman penjajahan di Nusantara.Perjuangan melawan imperialisma adalah bukti nyata bahwa sejarah kebudayaan kita tidak hanya di konsep kewajiban.Para pejuang kemerdekaan melawan kaum penjajah tak lain karena hak-hak dari pribumi yang dirampas dan dijarah.Akhirnya perjuangan yang bak membawa tongkat estafet itu berbuah hasil,yaitu kemerdekaan yang memungkinkan kita mengenal hak.akibatnya tumbuhlah mentalitas yang gemar menuntut hak dengan berbagai cara termasuk kekerasan.

Hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain mana pun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya. Wajib adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain mana pun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan. Kewajiban dengan demikian merupakan sesuatu yang harus dilakukan (Notonagoro, 1975).

Jadi,hak dan kewajiban merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan.Menurut teori korelasi yang dianut oleh pengikut ultilitarisme,ada hubungan timbal balik antara hak dan kewajiban.Menurut mereka setiap kewajiban seseorang berkaitan dengan hak orang lain, dan begitu pula sebaliknya.Mereka berpendapat bahwa kita baru dapat berbicara tentang hak dalam sarti sesungguhnya,jika ada korelasi itu,hak yang tidak ada kewajiban yang sesuai dengannya tidak pantas disebut hak.Hal ini sejalan dengan filsafat kebebasannya Mill(1996) yang menyatakan bahwa lahirnya hak asasi manusia dilandasi dua hak yang paling fundamental,yaitu hak persamaan dan hak kebebasan.

2. Menanya Alasan Mengapa Diperlukan Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Indonesia

Hak dan kewajiban warga negara dan hak asasi manusia dewasa ini menjadi amat penting untuk di kaji mendalam mengingat negara kita sedang menumbuhkan kehidupan demokrasi.

Analisa masalah yang terjadi di Aceh dan Papua

Nama : Ahmad Ilham

Npm   : 1915061059

Mata Kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan

Nama Dosen MK   : Rio Ariestia Pradipta

Analisa Masalah Gerakan-gerakan disintegrasi di Indonesia

Latar belakang GAM dan OPM

Sebelum terjadinya GAM,di Aceh ternyata telah terjadi gerakan pemberontakan juga yaitu Darul Islam /Tentara Islam Indonesia(DI/TII). Pemberontakan separatis GAM pertama kali dimulai pada tanggal 4 Desember 1976 ketika itu M. Hasan Ditiro mendeklarasikan kemerdekaan Aceh.Hal ini dilatar belakangi oleh, ketika pemerintahan Soekarno menyatakan akan memberi hak isitimewa kepada Aceh dengan otonomi luas dibidang agama,hukum,adat dan pendidikan.Tetapi selama bertahun-tahun hal tersebut tidak direalisasikan oleh pemerintah saat itu.oleh karena hal itu tercetus lah Gerakan Aceh Merdeka(GAM).Pada tahun 1980-an GAM menguat dengan merasionalisasikan status politik dan memperkuat angkatan militernya. Pada tahun 1990-an pemerintah telah melakukan pendekatan berupa diskusi tentang perdamaian tetapi tidak pernah mencapai kesepakatan yang sesuai dikedua belah pihak.Serangan terakhir yang dilancarkan oleh GAM yaitu pada tahun 2001 yang menyebabkan hilangnya ribuannya dari militer bahkan warga sipil juga.

Selain GAM ada juga gerakan lain yang sama yang secara kebetulan juga berasal dari ujung Indonesia,yakni Papua.Banyak sebab yang melatarbelakangi lahirnya gerakan ini mungkin masalah terbesar yang dapat saya tangkap ialah kurangnya perhatian pemerintah pada daerah.Kenapa saya berpendapat begitu?Contohnya ialah Minimnya pembangunan infrastruktur didaerah ini,kekerasan politik yang belum tertangani yang bahkan telah meluas.

APA SOLUSINYA DARI KEDUA MASALAH DIATAS ?

1. Gerakan Aceh Merdeka(GAM)

Menurut saya solusi terbaik yang harus dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan melakukan diskusi yang menghasilkan kesepakatan yang sama menguntungkannya dikedua belah pihak.Pemerintah seharusnya lebih terbuka kepada masyarakat dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang berlawanan dengan Pancasila.Karena hal itu nanti akan berdampak pada sudut pandang mereka.Merekan mungkin akan berpikir bahwa pemerintah sangat tidak jujur dalam menjalankan tugas yang telah diberikan.Hal tersebut mungkin akan melahirkan organisasi baru yang akan melakukan makar,karena ketidakjujuran dari pemerintah itu sendiri.

2. Organisasi Papua Merdeka(OPM)

Pada masalah disintegrasi yang dilakukan oleh OPM ini sepertinya bermusyawarah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena sulitnya pertemuan yang akan diadakan antara pemerintah dan OPM.Menurut saya solusi yang terbaik ialah dengan melakukan pendekatan melalui infrastruktrur dan Pendidikan.Dengan melakukan hal tersebut mungkin saja mereka bisa melihat bahwa negara Indonesia mulai memperhatikan mereka dan dari rasa itu akan timbul kemauan untuk melakukan musyawarah.

 

Sumber Referensi :

http://theconversation.com/memahami-akar-masalah-papua-dan-penyelesaiannya-jangan-gegabah-87785

#https://www.slideshare.net/elygoroleba/analisis-konflik-gam-ri

 

Rangkuman Pkn III

URGENSI INTEGRASI NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

  • Integrasi Nasional

Integrasi menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) adalah pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat.

Integrasi berarti kesempurnaan atau keseluruhan.berasala dari bahasa latin integer, yang berarti utuh atau menyeluruh.

Integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan-perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional.

Dalam realitas nasional integrasi nasional dapat dilihat dari tiga aspek yakni aspek politik, ekonomi, dan sosial budaya. Dari aspek politik, lazim disebut integrasi politik, aspek ekonomi (integrasi ekonomi), yakni saling
ketergantungan ekonomi antar daerah yang bekerjasama secara sinergi,dan aspek sosial budaya (integrasi sosial budaya) yakni hubungan antara suku, lapisan dan golongan. Berdasar pendapat ini, integrasi nasional
meliputi: 1) Integrasi politik, 2) Integrasi ekonomi, dan 3) integrasi sosial budaya.

1.) Integritas Politik

Dalam tataran integrasi politik terdapat dimensi vertikal dan horizontal.Dimensi yang bersifat vertikal menyangkut hubungan elit dan massa, baik antara elit politik dengan massa pengikut, atau antara penguasa dan rakyat guna menjembatani celah perbedaan dalam rangka pengembangan proses politik yang partisipatif. Dimensi horizontal menyangkut hubungan yang berkaitan dengan masalah teritorial, antar daerah, antar suku, umat
beragama dan golongan masyarakat Indonesia.

2.) Integritas Ekonomi

Integrasi ekonomi berarti terjadinya saling ketergantungan antar daerah dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup rakyat. Adanya saling ketergantungan menjadikan wilayah dan orang-orang dari berbagai latar
akan mengadakan kerjasama yang saling menguntungkan dan sinergis. Disisi lain, integrasi ekonomi adalah penghapusan (pencabutan) hambatan-hambatan antar daerah yang memungkinkan ketidaklancaran hubungan
antar keduanya, misal peraturan, norma dan prosedur dan pembuatan aturan bersama yang mampu menciptakan keterpaduan di bidang ekonomi.

3.) Integritas Sosial Budaya

Integrasi ini merupakan proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang berbeda tersebur dapat meliputi ras, etnis, agama bahasa, kebiasaan,sistem nilai, dan lain sebagainya. Integrasi sosial budaya juga berarti kesediaan bersatu bagi kelompok-kelompok sosial budaya di masyarakat,misal suku, agama, dan ras.

Contoh-contoh negara yang berintegrasi :

1.) Indonesia

2.) Amerika

3.) Arab saudi

Contoh-contoh negara yang belum mampu berintegrasi :

1.) Israel

2.) India

3.) Myanmar

 

Terima Kasih

Rangkuman Pkn II

Esensi dan Urgensi Identitas Nasional sebab salah satu Determinan Pembangunan Bangsa dan Karakter Identitas Nasional

  • Identitas Nasional

Makna identitas di KBBI adalah: ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang; jati diri.Jadi,Identitas nasional adalah jati diri atau ciri-ciri dari bangsa indonesia. Identitas nasional yang dimiliki bangsa Indonesia tercantum dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada Bab XV tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan Pasal 35, 36A, 36B, dan 36 C.

Identitas Bangsa Indonesia dapat dilihat dari :

1. Bendera negara sang merah putih

2. Bahasa Negara Bahasa Indonesia

3. Lambang Negara Garuda Pancasila

4. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

5. Dasar Falsafah Negara Pancasila

  • Jati Diri Bangsa

Jati diri merupakan siapa anda sesungguhnya.Jati diri bangsa indonesia menentukan dari bangsa indonesia.Jati diri bangsa indonesia dapat dilihat dari :

1. Sifat Religius

2. Menghormati Bangsa dan Manusia Lain

3. Persatuan

4. Gotong royong dan Musyawarah

5. Keadilan Sosial

 

 

Rangkuman Pkn I

HAKIKAT PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN UTUH SARJANA ATAU PROFESIONAL

  • Pendidikan Adalah Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya dan memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri,kepribadian,kecerdasan,akhlak mulia,serta keteramplan yang diperlukan dirinya,masyarakat,bangsa dan negara.(UU no 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1)Pendidikan menurut psikologi terbagi atas 3 hal,yaitu:
    • Kognitif
    • Afektif
    • Psikomotorik

 

 

  • Kewarganegaraan

Kewarganegaraan adalah segala hal yang berhubungan dengan warga negara.(UU RI No. 12 tahun 2006 Pasal 1 Ayat 2)

Jadi, pendidikan kewarganegaraan adalah program pendidikan yang berintikan demokrasi politik yang diperluas dengan sumber-sumber pengetahuan lainnya,pengaruh-pengaruh positif dari pendidikan sekolah,masyarakat,dan orang tua,yang kesemuanya diproses guna melatih para siswa untuk berpikir kritis,analitis dan bersikap demokratis.

Tujuannya adalah untuk membuat warga negara yang baik dan terdidik.

  • Program sarjana merupakan jenjang pendidikan akademik bagi lulusan SMA atau sederajat yang mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah.

Lulusan sarjana diharapkan dapat :

  1. Menjadi intelektual dan/atau ilmuwan yang berbudaya
  2. mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja
  3. mampu mengembangkan diri menjadi profesional
  • Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dapat menjadi sumber penghasilan,perlu keahlian,kemahiran atau kecakapan,memiliki standar mutu,ada norma dan diperoleh melalui pendidikan profesi.

 

TERIMA KASIH

Hello world!

Welcome to Web-Informatika Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!